Resep Jajanan 1000an Untuk Jualan (Bisa Dicoba Di Rumah)

Berjualan kuliner kini semakin meroket popularitasnya. Banyak resep jajanan 1000an untuk jualan yang bisa dibuat sendiri di rumah. Minimnya modal yang di miliki menjadi faktor utama yang membuat seorang pedagang memilih menjalankan usaha kuliner. Sebab jajanan 1000an tidak membutuhkan modal yang besar. Selain modal yang minim, harga jual yang murah tentu menjadi salah satu keunggulan tersendiri dari jajanan 1000an ini.


Resep Jajanan 1000an Untuk Jualan (Bisa Dicoba Di Rumah)
Ilustrasi Jajanan Aneka Kue.


Berikut ini adalah pembahasan mengenai apa saja resep jajanan 1000an untuk jualan yang dapat ditiru. Tentu saja resepnya akan mudah dan juga menghemat modal.


Jika mendengar kata ‘1000an’, maka identik dengan uang jajan anak-anak TK, sampai usia sekitar SD. Maka dari itu, resep jajanan 1000an untuk jualan ini, diperuntukkan bagi pedagang yang ingin mencoba peruntungan dagang di lingkungan pemukiman penduduk, atau sekolahan.

Selain murah, tentu saja ada rasa dan kualitas yang mesti dijaga, agar para pelanggan cilik tetap kembali jajan lagi.

Mari simak beberapa resep jajanan seharga 1000an yang bisa dijadikan bisnis sampingan di rumah:


Resep Donat.

Siapa bilang kalau bikin donat itu ribet dan mesti mengeluarkan modal yang banyak (seperti Dunkin Donuts)? Tidak mesti seperti itu, apalagi untuk para pedagang yang baru saja merintis usahanya. Ada kok resep donat dengan modal kecil dan murah, contohnya resep berikut dibawah ini.

Resep donat ini memakai bahan-bahan yang terjangkau. Sehingga para ibu rumah tangga, dan juga pedagang pemula dapat mencoba membuat donat ini sebagai jajanan 1000an untuk jualan.


Resep Jajanan 1000an Untuk Jualan (Bisa Dicoba Di Rumah)
Ilustrasi Donat 1000an.

Bahan-bahan (untuk 22 Porsi).

500 gr tepung terigu
250 ml air
2 sdm ragi instan
5 sdm gula pasir
4 sdm margarin
Garam secukupnya
Topping sesuai selera

Langkah Membuat.

Buat adonan dengan mencampur ragi instan dan 1 sdm gula serta air hangat. Aduk hingga kalis lalu tunggu hingga berbuih sebagai tanda bahwa ragi aktif.

Tutup wadah dengan plastik atau kain basah. Diamkan adonan hingga 45 menit dengan suhu ruangan, hingga adonan mengembang 2 kali lipat.

Siapkan wadah atau mangkok yang lain untuk mencampur bahan seperti gula, air, dan juga tepung terigu. Gunakan tangan untuk menguleni sampai adonan menjadi setengah kalis. Masukkan garam dan margarin lalu lanjutkan menguleni sampai kalis.

Setelah dirasa sudah kalis dan mengembang, bagi adonan menjadi beberapa bagian. Dapat membagi menjadi 40 gr untuk donat yang tidak dilubangi dan 35 gr jika donat dilubangi dengan jari. Biarkan adonan donat kembali sampai kira-kira 25 menit.

Setelah dirasa cukup, lubangi adonan dengan alat atau spluit atau jari yang sudah diberi tepung agar tidak menempel lalu lumuri adonan yang sudah dibentuk dengan tepung dan diamkan selama 15 menit.

Goreng adonan dengan api kecil dan balik satu kali agar minyak tidak meresap banyak. Angkat donat setelah warnanya berubah kecoklatan, kemudian tiriskan. Donat dapat diberi toping meses atau gula untuk dibandrol harga 1000an. 

Resep Risoles.

Risoles adalah makanan umum yang sudah banyak beredar di tengah masyarakat. Namun, membuat risoles tidaklah sesulit yang dibayangkan. Tepat sekali rasanya jika ingin menjadikan risoles sebagai resep jajanan 1000an untuk jualan. Alat dan bahannya pun sangat murah dan tidak memakan modal terlalu banyak.


Resep Jajanan 1000an Untuk Jualan (Bisa Dicoba Di Rumah)
Ilustrasi Risoles

Berikut ini penjelasannya.

Bahan-bahan (untuk 100 Porsi).

Bahan kulit:

1 kg tepung terigu (dapat menggunakan yang bermerek maupun yang kiloan)
1 bungkus penyedap rasa
2000 ml air (bisa disesuaikan)
1 butir telur
5 sendok makan minyak goreng sebagai pelengket

Bahan Isi :

1/2 kg Ubi jalar merah
1/2 kg ubi jalar putih
5 siung bawang merah(haluskan)
3 siung bawang putih(haluskan)
1 batang daun bawang
Garam secukupnya
Bahan pelengkap
Tepung terigu secukupnya (untuk membalur adonan risoles)
Air secukupnya (untuk mengaduk tepung terigu)
Tepung panir yang sudah diblender agar lebih halus
Minyak secukupnya untuk menggoreng

Langkah Membuat.

Bahan Isi :

Potong dadu ubi jalar yang sudah dikupas lalu cuci hingga bersih, tiriskan. Selanjutnya potong juga daun bawang lalu taruh di campuran potongan dadu ubi jalar.

Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan, lalu masukan ubi jalar dan daun bawang. Masukkan penyedap seperti garam, tumis sebentar aja hingga wangi. Berikan air secukupnya hingga tumisan terendam lalu biarkan selama 10 menit hingga air meresap dan ubi jalar empuk.

Angkat adonan jika air sudah meresap dan ubi sudah empuk lalu taruh di mangkuk.

Bahan kulit: 

Campurkan semua bahan lalu aduk sampai merata dan tidak menggumpal dapat juga menggunakan blender agar adonan lebih halus lalu saring adonan.

Dadar adonan bahan kulit sebanyak 1 sendok sayur menggunakan penggorengan datar dengan api kecil dan beri sedikit minyak agar tidak lengket. Setelah menjadi kulit, dapat langsung diberi isi isian yang sudah matang sebanyak 1 sendok makan, lalu lipat.

Usahakan jangan terlalu banyak memberi isian agar risoles tidak terlalu bengkak dan pecah ketika digoreng. Lakukan selama berulang hingga adonan dan isian habis.

Bahan pelengkap :

Cairkan tepung terigu dan juga air lalu beri sedikit penyedap, aduk rata. Celupkan risoles ke dalam cairan tepung dan guling ke tepung panir. Lakukan berulang hingga semua risoles sudah diberi pelengkap.

Untuk membuat tepung panir lebih merekat, dapat memasukkan risoles ke kulkas terlebih dahulu.

Setelah dimasukkan ke kulkas selama beberapa menit, goreng risoles. Ketika menggoreng risoles usahakan jangan dibolak-balik terus menerus. Hal ini bertujuan agar risoles yang digoreng tidak gampang hancur.

Pudding Telor Ceplok.

Pudding berbentuk telor ceplok atau telor mata sapi adalah kudapan yang menyejukkan tenggorokan, serta mengenyangkan yang sudah familiar di Indonesia. Bahkan pudding ini termasuk dalam resep jajanan 1000an untuk jualan, lho.

Penasaran? Berikut ini penjelasannya.

Bahan-bahan (untuk 50 Porsi).

1 bungkus agar-agar rasa jeruk/mangga (yang berwarna kuning)
1 bungkus agar-agar rasa lecy
8 sdm gula pasir
4 sdm kental manis putih merek apapun 
Pewarna makanan secukupnya (disarankan untuk menggunakan pewarna kuning telur)
Air sesuai takaran dari bungkus agar-agar.

Langkah Membuat.

Membuat kuning telur: 

Campurkan 3,5 gelas air, gula pasir, agar-agar rasa jeruk atau mangga, 3 tetes pewarna makanan dan kental manis dengan takaran 1 sendok makan.

Aduk rata bahan kuning telur tadi lalu nyalakan api kecil saja, masak sampai mendidih. Setelah mendidih, angkat lalu diamkan sambil masukkan fruit acid, aduk rata lalu biarkan hingga uap panasnya hilang.

Setelah adonan dingin, tuang 3 sdm adonan ke cetakan kecil untuk kue talam. Dinginkan di kulkas.

Membuat putih telur:

Campurkan 3,5 gelas air, agar-agar rasa leci, gula pasir 4 sdm, susu 3 sdm. Masak hingga mendidih lalu ulangi langkah yang pertama.

Setelah diperkirakan agar sudah mendingin, ambil agar kuning telur pertama dalam cetakan kue talam lalu letakkan pada wadah mika kecil. Tuangkan adonan putih telur tadi sebanyak 3 sendok makan.

Dinginkan di kulkas, dan pudding pun siap di jual.

Es krim.

Es krim merupakan makanan wajib di kala musim panas sudah mulai tiba. Rasa dingin dan manis dari es krim ini sangat disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Es krim pun kini menjadi inspirasi pedagang-pedagang untuk berjualan makanan yang satu ini.


Resep Jajanan 1000an Untuk Jualan (Bisa Dicoba Di Rumah)
Ilustrasi Abang-abang Penjual Es Krim 1000an.

Berikut ini adalah es krim yang menjadi resep jajanan 1000an untuk jualan yang murah dan enak.

Bahan-bahan (untuk 35 Porsi).

2 sendok makan tepung maizena
2 sachet kental manis putih merek apapun
4 sendok makan gula pasir
2 gelas air minum
1 sachet santan kental (dari 1 butir kelapa)
1 sendok makan SP atau ovalet
Pewarna makanan 3 macam stroberi, pandan, dan cokelat (pilih sesuai selera)

Langkah Membuat.

Larutkan tepung maizena dengan setengah gelas air, aduk merata agar adonan tidak menggumpal.

Masukan santan, gula, susu kental manis (yang sudah dilarutkan agar lebih mudah diaduk) dan sisa air tadi lalu dimasak hingga mendidih. Adonan harus selalu diaduk agar adonan tidak mudah menggumpal ketika dimasak.

Setelah semua tercampur dan adonan telah mendidih, dinginkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan kedalam freezer.

Setelah biang es beku, keruk es menggunakan garpu atau sendok. Masukkan SP atau Ovalet kedalam biang es lalu mixer hingga tercampur rata.

Setelah selesai, bagi adonan menjadi 3 lalu beri warna sesuai selera pada masing-masing adonan. Setelah warna tercampur merata, masukkan es ke dalam wadah dan usahakan dibuat layer agar tampilan menjadi lebih cantik.

Masukan es yang sudah di layer ke dalam freezer hingga beku. Voila, es krim sudah dapat dinikmati atau diedarkan.

Resep Sambosa.

Sambosa adalah makanan sejenis risoles namun bentuknya segitiga, sedangkan risoles berbentuk gulungan. Cara membuatnya hampir sama, dan modal yang dikeluarkan pun juga sama murahnya.

Sambosa juga dapat menjadi jajanan unik yang bisa dijual dengan harga 1000an.

Berikut proses pembuatannya.

Bahan-bahan.

1 resep rogut (sejenis isian tumisan wortel dan kentang yang dipotong dadu kecil, lalu dicampur dengan mayonnaise)
6 bungkus kulit lumpia siap pakai
1/4 kg tepung terigu
100 gr tepung beras
2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
5 sendok makan terigu untuk lem

Langkah Membuat.

Buatlah rogut. Potong wortel dan kentang menjadi dadu kecil lalu tumis dengan bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan. Beri air sedikit agar wortel dan kentang menjadi empuk. Setelah dirasa cukup empuk, angkat dan dinginkan. Setelah dingin, pisahkan air dengan tumisan lalu campurkan tumisan dengan mayonnaise, aduk hingga rata.

Campur terigu dengan air lalu aduk untuk digunakan sebagai lem. Lipat kulit lumpia hingga berbentuk segitiga, beri isian lalu lem dengan terigu cair.

Campurkan terigu, tepung beras, gula dan garam dan air secukupnya. Adonan ini harus dibiarkan cair untuk dijadikan celupan sambosa sebelum digoreng, agar sambosa tidak mudah pecah dan menyerap minyak. Goreng sambosa hingga setengah matang sebelum dibekukan.

Goreng sambosa beku dalam minyak panas sebelum dihidangkan. Bolak balik sambosa agar matangnya merata. Lalu sajikan.

Itulah di atas beberapa resep jajanan 1000an untuk jualan yang dapat dipraktekkan di rumah, maupun untuk ide usaha. Jajanan ini cocok untuk semua usia, dan modal yang dikeluarkan juga relatif kecil, sehingga cocok untuk pedagang pemula yang baru merintis usahanya.

Sebagai sebuah rintisan usaha, maka yang harus senantiasa diperhatikan adalah rajin promosi dan mencari lokasi yang strategis.

Selain bisa dijual di rumah, Anda dapat pula memilih area jualan di dekat sekolahan, agar dapat lebih mudah memasarkan produk jajanan makanan ini.

Harga yang ramah dikantong para siswa, ditambah dengan cita rasa yang lezat, tentu akan membuat jajanan ini laku keras. Dengan beberapa resep di atas, usaha kuliner dengan modal dan harga jual murah ini insya Allah bisa Anda jalankan.

Artikel Menarik Lainnya : 10 Usaha Modal 3 Juta Dengan Omset Yang Menggiurkan (Plus Tipsnya)

Demikianlah info tentang resep jajanan 1000an untuk berjualan yang bisa Anda coba.

Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Resep Jajanan 1000an Untuk Jualan (Bisa Dicoba Di Rumah)"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel