Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Jaringan Lemot Telkomsel (Patut Dicoba)




Salah satu alasan orang memilih jaringan telkomsel dibandingkan provider yang lain adalah karena kekuatannya. Dibandingkan provider yang lain, Telkomsel dikenal memiliki jaringan yang kuat dan stabil di seluruh daerah di Indonesia. 

Namun tidak ada sesuatu yang sempurna, ada kalanya jaringan Telkomsel pun bisa menghilang atau lemot. 

Jika hal itu terjadi, lalu bagaimana cara mengatasi jaringan lemot telkomsel tersebut? 

Yuk kita ulas!

Perlu diketahui bahwa jaringan yang lemot dapat disebabkan oleh banyak hal. Selain dari operatornya, faktor lain seperti lokasi, pemakaian aplikasi hingga jenis HP yang digunakan juga bisa menentukan kekuatan sinyal. 

Jadi, sebelum melakukan komplain ke pihak operator, coba cari dulu penyebabnya. Selain itu, cobalah lakukan langkah-langkah dibawah ini. Semoga bisa membantu mengatasi jaringan yang sedang lemot.

1. Memastikan Kuota Masih Ada

Hal pertama yang perlu dipastikan sebelum melakukan komplain adalah cek kuota internet yang dimiliki. 

Jaringan yang lemot biasanya disebabkan karena kuota internet yang tinggal sedikit bahkan habis hingga tidak bisa bekerja dengan optimal. 

Jika itu penyebabnya, maka solusinya adalah mengisi kembali kuota internet agar bisa kembali seperti semula.

2. Menutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Berikutnya cara mengatasi jaringan lemot telkomsel adalah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan. 

Membuka terlalu banyak aplikasi pada saat yang bersamaan tidak hanya membuat HP lemot namun juga jaringannya. 

Oleh karena itu, tutuplah aplikasi yang tidak digunakan dan bukalah satu per satu. Dengan begitu, aplikasi dapat berjalan dengan lancar.

3. Restart HP

Jika kuota masih banyak dan aplikasi yang terbuka masih sedikit, maka cobalah untuk restart HP. Terkadang sinyal pada HP error sehingga mengganggu proses pertukaran data. 

Namun apabila bar sinyal menunjukkan sinyal penuh namun yang terjadi sebaliknya, maka cobalah mematikan paket data HP terlebih dahulu. Diamkan selama beberapa detik sebelum menyalakannya kembali.

Kalau masih belum berhasil, maka cobalah mematikan HP dan lakukan restart. 

Beberapa orang mengatakan HP yang jarang mati dalam waktu yang lama bisa memicu beberapa masalah seperti jaringan yang error dan lemot. 

Oleh karena itu, jika masalah ini muncul, maka coba lakukan restart. Biasanya setelah itu jaringan akan normal kembali.

Baca Juga : Cara Melacak Nomor Telepon Penipuan, Kita Ulas Tuntas Yuk!

4. Jangan Menggunakan VPN

Ketika browsing, orang sering kali menggunakan VPN untuk melancarkan aksinya. Nah, yang banyak tidak diketahui oleh orang adalah VPN justru dapat memperlambat koneksi internet. 

Jadi, cara mengatasi jaringan lemot telkomsel adalah mematikan aplikasi tersebut jika tidak dibutuhkan.

Sistem kerja VPN adalah mengirimkan data ke lokasi lain terlebih dahulu dibandingkan dengan ke situs tujuan. Hal ini membuat koneksi bekerja dua kali sehingga menjadi tidak maksimal. 

Untuk mendapatkan koneksi yang lebih kuat, maka sebaiknya matikan aplikasi VPN (jika memang tidak digunakan).

5. Mengubah Jaringan

Lokasi merupakan faktor lain yang bisa menentukan kuat atau tidaknya sebuah jaringan. 

Meskipun dikenal sebagai operator dengan jaringan terkuat di Indonesia, masih ada beberapa lokasi yang tidak bisa mendukung hal tersebut (karena terlalu jauh). 

Jika Anda sedang berada di lokasi tersebut, maka jangan heran jika jaringan menjadi lemot bahkan menghilang.

Apabila hal ini terjadi, maka cobalah mengubah jaringan yang digunakan saat ini. Pada umumnya, orang akan menggunakan 4G untuk mendapatkan kekuatan sinyal yang kuat dan tercepat. 

Namun, jika area tersebut belum mendukung jaringan ini, maka semua akan sia-sia. Jadi, cara mengatasi jaringan lemot Telkomsel adalah dengan mengubahnya ke 3G atau bahkan 2G.

Pilihlah opsi jaringan lainnya yang bisa bekerja paling maksimal di tempat tersebut. Meskipun hasilnya tidak akan secepat 4G, namun pengguna masih bisa menikmati jaringan Telkomsel. 

Mengubah jaringan juga bisa menghemat baterai karena HP tidak perlu bekerja keras untuk mencari sinyal yang sulit ditemukan.

Baca Juga : Cara Jual Voucher Kuota Agar Laris Manis (Perlu Dipelajari)

6. Cek Kondisi SIM Card & Kualitas HP

Hal lain yang perlu diperiksa jika jaringan menjadi lemot adalah kondisi SIM Card yang digunakan selama ini. 

SIM card yang sudah digunakan lebih dari tiga tahun biasanya berpotensi untuk rusak dan membuat HP sulit menangkap sinyal. 

Salah satu tanda SIM card perlu diganti adalah bagian chip-nya yang sudah mulai banyak goresan atau kotor.

Jika SIM card sudah diganti dengan yang baru, maka pastikan juga kualitas dan spek HP memadai. Saat ini hampir semua jenis HP sudah mendukung sinyal dan jaringan 4G. 

Namun, jika menggunakan HP yang lama, maka pastikan HP tersebut bisa mendukung sinyal 4G. Jika tidak, maka jangan heran jika sinyal HP akan selalu lemot karena HP tidak mendukung fasilitas tersebut.

7. Telepon ke Customer Service Telkomsel

Jika semua langkah diatas telah dilakukan, dan sinyal masih saja tidak kembali benar, maka cara mengatasi jaringan lemot Telkomsel adalah dengan menghubungi customer service-nya. 

Informasikan kapan jaringan bermasalah dan upaya yang telah dilakukan. Pihak Telkomsel biasanya akan membantu dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab jaringan menjadi lemot.

Proses pengaduan ini biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya 15-20 menit. Pengguna akan diminta untuk melakukan restart kembali untuk mengembalikan sinyal seperti semula. 

Jika masalah masih belum selesai, maka biasanya memang ada masalah di seluruh jaringan Telkomsel. Apabila ini merupakan penyebab utamanya, maka pengguna hanya bisa bersabar hingga teknisinya selesai melakukan perbaikan.

Jadi, bagi yang mengalami sinyal yang lemot atau jaringannya suka tiba-tiba menghilang, jangan panik dulu. Lakukan berbagai cara diatas untuk bisa mengembalikan jaringan seperti semula. 

Apabila tidak ada issue dari pihak operator, maka cara mengatasi jaringan lemot Telkomsel diatas seharusnya sudah bisa menyelesaikan masalah. Namun jika belum berhasil, maka hubungi bagian customer service untuk bantuan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Jaringan Lemot Telkomsel (Patut Dicoba)"