Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Windows Update Error Pada Windows 10, Simak Yuk!

Cara Mengatasi Windows Update Error Pada Windows 10, Simak Yuk!


Melakukan update secara rutin pada software PC atau laptop sangat penting untuk dilakukan. Update perlu dilakukan untuk meningkatkan performa PC serta memperbaiki sistem keamanannya. 

Namun, dalam prosesnya, orang sering kali mengalami issue dan menghadapi berbagai error ketika melakukan update. 

Untuk yang mengalami hal yang serupa, maka yuk kita pelajari cara mengatasi windows update error pada Windows 10 tersebut.

Salah satu masalah yang sering kali muncul ketika melakukan update adalah tidak bisa connect ke update service. 

Jika notifikasi ini muncul, maka proses update tidak berhasil dan sistem Windows belum berubah menjadi yang terbaru. Bila ada diantara Anda mengalami masalah tersebut, maka cobalah beberapa cara dibawah ini untuk memperbaikinya.

Simak sampai tuntas ya, cekidot!

1. Periksa Koneksi Internet

Saat akan melakukan update Windows 10, maka pastikan memiliki koneksi internet yang kuat dan stabil. 

Proses update Windows membutuhkan internet karena harus mengunduh dan menginstall software yang baru yang akan diinstall pada PC. Jadi, pastikan ada koneksi yang stabil untuk mendukung proses ini.

Untuk memastikan bahwa koneksi yang ada kuat dan stabil, maka cobalah periksa pada command prompt. 

Selanjutnya, pilihlah opsi yang paling atas dan bukalah konsol. Pada bagian ini, ketik sebuah perintah untuk mengkonfirmasi koneksi internet. Salah satu jenis perintah yang bisa digunakan adalah ping google.com atau layanan DNS yang lainnya.

Jika mendapatkan balasan, maka bisa disimpulkan bahwa koneksi internet yang dimiliki stabil dan seharusnya bisa mendukung proses update. 

Sebaliknya, jika tidak terhubung ke internet, maka periksalah kembali koneksi internet yang digunakan. Jika hal ini terjadi, maka jangan melakukan update dulu, melainkan memperbaiki koneksinya terlebih dahulu.

2. Restart PC/ Laptop

Untuk yang mencari cara mengatasi windows update error pada Windows 10 yang termudah maka cobalah restart perangkat terlebih dahulu. 

Apabila pada saat proses update terjadi error dan tidak berjalan lagi, maka hentikan. Selanjutnya lakukan hard restart pada perangkat.

Ketika PC menyala kembali, periksalah koneksi internet dengan cara diatas. 

Kalau koneksi sudah terinformasi stabil, maka coba lakukan kembali proses update windows melalui halaman pengaturan. Jika tidak ada masalah, seharusnya proses update bisa berjalan dengan lancar.

3. Menghentikan Update & Memberikan Jeda

Jika tidak update segera, maka cobalah mengatasi masalah update dengan menghentikannya terlebih dahulu. Selanjutnya, lanjutkan kembali setelah memberikan jeda sekitar 7 hari.

Untuk melakukan hal ini, bukalah bagian pengaturan dan pilihlah Keamanan. Pada menu ini pilihlah pembaruan windows dan klik tombol jeda pembaruan untuk menghentikan proses update. 

Pilihan ini akan memberikan jeda selama 7 hari sebelum menginformasikan kembali untuk melakukan update. Meskipun tidak ada penjelasan resmi, namun terkadang cara ini bisa berhasil lho.

4. Menghapus Update yang Terakhir

Jika error muncul pada saat proses update dilakukan, maka hapuslah Windows yang sudah terlanjur terupdate di PC. Namun, lakukan langkah ini dalam safe mode. 

Selanjutnya, masuklah ke control panel, lalu pilihlah menu untuk uninstall program. Daripada sulit mencari satu persatu, langsung saja ke bagian view installed update. Carilah update yang terakhir dan lakukan uninstall terhadap program tersebut.

Jika sudah berhasil, maka lakukan restart kembali pada perangkat dan cek apakah PC sudah bisa berjalan dengan normal kembali. 

Apabila sudah, maka cobalah lakukan update kembali, namun dengan mengecek jaringan internet serta kapasitas memori dari PC. Jika tidak ada masalah, maka cobalah kembali.

Baca Juga : Cara Instal Ulang Laptop Windows 10 Dengan Berbagai Metode

5. Menggunakan Bantuan Troubleshooter

Apabila semua langkah diatas telah dilakukan namun proses update masih saja bermasalah, maka Anda bisa menggunakan troubleshooter untuk membantu. 

Setiap Windows 10 hadir dengan Troubleshooter untuk membantu mendiagnosa dan menyelesaikan issue atau error yang terjadi.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, maka masuklah ke bagian pengaturan. Selanjutnya, pilih menu Troubleshoot dan advanced options. 

Nantinya akan muncul banyak menu yang bisa dipilih untuk memperbaiki error yang muncul, salah satunya adalah start up repair. 

Sistem windows akan langsung menganalisa masalah yang muncul serta memperbaikinya. Sebelum memulainya kembali, lakukan restart terlebih dahulu.

6. Recovery ke Windows Sebelumnya

Pada menu yang sama, gunakan menu recovery sebagai salah satu cara mengatasi windows update error pada Windows 10. 

Cara ini hampir sama dengan menghapus windows yang baru saja diinstall ke PC. Namun, daripada menghapus, dengan pilihan restore, seluruh pengaturan akan kembali ke awal sebelum proses update dilakukan.

Jadi bukalah bagian pengaturan seperti langkah diatas, namun pilihlah opsi system restore. 

Selanjutnya pilihlah tanggal sebelum terjadinya error, bisa h-1 atau seminggu sebelumnya. Nantinya, pengaturan pada perangkat akan otomatis kembali seperti semula sebelum ada proses update.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi (Windows 10)

7. Reset PC

Jika semua langkah diatas telah dilakukan, namun proses update belum berhasil juga, maka cara terakhir adalah dengan melakukan reset pada PC.  

Namun kalau melakukan langkah ini, maka Anda harus siap dengan resiko kehilangan pengaturan serta data yang ada dalam PC. Hal ini bisa dihindari dengan memilih menu keep my files, namun car ini tidak selalu menjamin semua data akan tersimpan dengan aman.

Kalau langkah terakhir ini sudah dilakukan namun proses update masih belum berhasil, maka kemungkinan ada masalah ada pada software PC Anda. Untuk lebih detailnya, ada baiknya membawa PC ke tukang servis sehingga masalah yang sama tidak terjadi lagi di masa yang akan datang.

Sebelum melakukan update software, pastikan juga bahwa baterai perangkat dalam keadaan full. Hal ini untuk menghindari perangkat mati di tengah proses update (yang juga bisa menyebabkan error). 

Selain itu, juga pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil untuk mendukung semua proses update.

Itulah berbagai cara mengatasi windows update error pada Windows 10 yang bisa dicoba sebelum melakukan restart. 

Jika tidak ada masalah pada software, maka seharusnya langkah-langkah diatas dapat mengatasi issue yang muncul, sehingga proses update dapat berjalan kembali.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Windows Update Error Pada Windows 10, Simak Yuk! "