Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instal Ulang Laptop Windows 10 Dengan Berbagai Metode

Cara Instal Ulang Laptop Windows 10 Dengan Berbagai Metode

Menginstall windows baru ke laptop merupakan kegiatan yang tergolong tricky. Jika berhasil dan dapat mempercepat kinerja laptop, maka kegiatan ini tergolong mudah Sebaliknya, jika laptop menjadi lemot dan ada data yang hilang, maka kegiatan ini akan cukup merepotkan. 

Nah, agar hal ini tidak terjadi lagi, maka ada baiknya untuk mempelajari cara instal ulang laptop Windows 10 yang benar.

Menginstall ulang windows biasanya merupakan pilihan terakhir bagi sebagian orang. Meskipun dapat menghilangkan masalah dengan cepat, namun proses ini juga bisa membawa issue baru bagi para pengguna. Salah satunya adalah kehilangan data hingga hardisk yang rusak.

Untuk menghindari kehilangan data, maka pastikan untuk melakukan back-up data dulu sebelum proses install ulang. Sedangkan untuk menghindari terjadinya error, maka pastikan melakukan install ulang dengan benar. 

Bagi yang juga ingin menginstall ulang Windows-nya, berikut adalah beberapa cara yang harus diikuti agar semua proses berjalan dengan benar.

Yuk simak hingga tuntas.

1. Menginstall Ulang Dengan Fitur Refresh

Salah satu cara termudah dan terbaru untuk install ulang windows 10 pada laptop adalah dengan menggunakan fitur refresh dan reset. Hanya dengan memilih dan menekan salah satu fitur tersebut, laptop akan kembali seperti sedia kala pada saat Windows baru saja diinstall.

Sebelum mengetahui cara instal ulang laptop Windows 10 menggunakan kedua fitur tersebut, perlu diketahui bahwa refresh dan reset memiliki resiko fungsi dan proses kerja yang berbeda. 

Bagi yang tidak ingin kehilangan data, sebaiknya menggunakan fitur refresh. Sebaliknya, bagi yang tidak ada masalah dalam kehilangan data bisa menggunakan reset.

Dari kedua fitur diatas, cara pertama yang disarankan adalah dengan menggunakan fitur refresh. 

Pertama, bukalah menu dan pilihlah Settings. Kemudian, pilihlah menu “Update & Security” untuk memunculkan langkah-langkah selanjutnya. Pada bagian kiri layar, pilihlah Recovery dan tekan Start untuk opsi Reset this PC.

Selanjutnya, akan tampil layar biru yang memberikan 3 pilihan untuk para pengguna. Jika tidak ingin data di dalam laptop ada yang hilang, maka pilih keep my files yang berada di atas sendiri. 

Selanjutnya klik next agar proses install ulang segera berjalan. Proses ini sendiri biasanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit saja.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi (Windows 10)

2. Menggunakan Fitur Reset

Jika proses pertama sudah dilakukan, namun laptop masih saja bermasalah, maka cobalah untuk melakukan cara kedua. Tapi perlu diingat, bahwa cara kedua ini akan menghapus seluruh data pribadi yang ada pada laptop tersebut. Jadi, sebelum memulai proses ini, pastikan sudah melakukan backup data.

Pada saat layar opsi yang berwarna biru muncul, pilihlah opsi kedua, yang berisi Remove Everything. Dengan begitu, semua data pribadi, data hingga pengaturan akan dihilangkan dari laptop. 

Namun, apabila di dalam laptop terdapat beberapa partisi, pengguna bisa memilih untuk menghilangkan data di lokasi tersebut juga atau hanya di drive yang terhubung dengan Windows 10.

Cara ini memang cukup melelahkan karena harus mengisi laptop kembali dengan data-dara pribadi. Namun, cara ini tergolong sangat efektif karena dapat menyelesaikan masalah laptop dengan cepat.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Activate Windows 10 dengan Aman

3. Menginstall Ulang Dengan Flashdisk

Bagi yang masih ragu dengan fitur baru diatas, maka cara instal ulang laptop Windows 10 lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan flashdisk. Sebelum memasukkan Windows ke dalam flashdisk, pastikan bahwa media tersebut sudah dibuat bootable.

Jika flashdisk sudah diinstall dan siap digunakan, maka saatnya menginstall ulang Windows 10 pada laptop. Pertama, bukalah Windows Setup dan pilihlah pengaturan yang diinginkan, mulai dari bahasa, waktu hingga format yang diinginkan. 

Jika sudah selesai mengisi semua, klik next. Selanjutnya, pengguna akan langsung diberikan pilihan untuk melakukan instalasi ulang Windows 10 pada laptop.

Untuk menumpuk Windows yang sudah ada di laptop, maka pilih opsi “tidak ada product key” agar sistem operasi yang baru dapat segera aktif ketika instalasi selesai. Namun, jika sebelumnya sudah menggunakan Windows 10, maka pilihlah jenis yang digunakan saat ini.

Setelah menyetujui lisensi operasi yang baru, pengguna akan diberikan dua opsi instalasi untuk laptop. Dengan tujuan install ulang, maka pilihlah opsi kedua, dimana prosesnya hanyalah menginstall ulang Windows saja. 

Terakhir, pilihlah lokasi yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan Windows 10 pada laptop tersebut. Jika semua proses berjalan dengan benar, maka proses install ulang sudah bisa dimulai.

4. Menginstall Dengan CD atau DVD

Meskipun sudah ada banyak cara modern yang lebih mudah untuk menginstall ulang Windows, namun tidak sedikit orang yang masih lebih nyaman menggunakan CD atau DVD. Bagi yang ingin menginstall ulang windows dengan DVD, maka pastikan laptopnya memiliki cd drive atau bisa menggunakan yang eksternal.

Selanjutnya masukkan dvd ke dalam drive dan pilihlah jenis instalasi yang diinginkan. Jika hanya ingin melakukan instalasi ulang maka pilihlah yang Windows saja agar data-data di dalam laptop tidak ikut hilang. 

Pastikan untuk mengikuti setiap proses dengan benar agar tidak sampai muncul error atau masalah pada saat setelah instalasi.

Salah satu kunci agar install ulang berjalan lancar adalah memastikan bahwa aplikasi atau file yang digunakan adalah resmi dari Windows. 

Saat ini, ada banyak situs yang menyediakan file Windows 10, namun tidak ada yang bisa menjamin keamanan dan keaslian produknya. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan yang asli saja.

Selanjutnya, cara instal ulang laptop Windows 10 harus dilakukan dengan benar dari awal hingga akhir. Apabila semua langkah dilakukan dengan benar, maka resiko muncul error akan lebih kecil bahkan tidak ada.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Instal Ulang Laptop Windows 10 Dengan Berbagai Metode"