Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Activate Windows 10 dengan Aman


Cara menghilangkan activate Windows 10 bisa dilakukan ketika pengguna ingin membuat watermark hilang dari layar. Sebenarnya, kemunculan tanda air atau notifikasi ini normal karena memang fungsinya adalah sebagai reminder. Umumnya, berupa peringatan terkait lisensi dari OS yang sedang dipakai.

Walaupun memang merupakan fitur pengingat yang normal, watermark bisa mengganggu konsentrasi bekerja jika muncul terus-menerus. Untuk itu disarankan segera mengikuti apa anjuran reminder. 

Namun apabila ingin menghilangkan saja, ada beberapa cara yang relatif mudah untuk dipraktekkan. 

Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa yang Membuat Activate Windows Keluar?

Hal utama yang menyebabkan watermark muncul adalah terkait lisensi. Bisa jadi pengguna membeli perangkat yang didalamnya tidak diinstal OS original. Sistem operasi bajakan dapat menyebabkan user terus diberi peringatan untuk memperbarui atau menggunakan license yang terbaru.

Selain itu, bisa juga karena lisensi sudah kadaluarsa. Orang-orang yang membeli perangkat dengan OS asli pun tidak luput dari watermark ini ketika masa berlakunya sudah lewat. Solusinya sebenarnya mudah, yaitu dengan mengaktifkan kembali melalui KMS atau sumber-sumber aktivasi lain.

Penyebab selanjutnya adalah adanya kemungkinan bahwa kunci ketika mendaftarkan lisensi tidak valid. Misalnya, mendapatkan pass key secara online padahal sebenarnya sudah dipakai oleh orang lain. Akibatnya, Microsoft pun melakukan pemblokiran untuk secara online.

Yang terakhir karena ketidakcocokan versi sistem operasi. Contohnya, pengguna membeli versi Home Edition lalu memperbaikinya ke Profesional. Walaupun asli dan pass key valid, perbedaan versi tetap menyebabkan munculnya watermark.

Cara Menghilangkan Activate Windows 10

Ketika belum bisa memperbarui lisensi, ada beberapa jalan yang bisa ditempuh untuk menghapus watermark ini. Perlu diperhatikan dulu sebelum melakukan cara-cara yang nantinya dijelaskan bahwa tetap ada resiko saat eksekusi. Pasalnya, ini merupakan sistem pengingat dan jika dimatikan tentu ada konsekuensinya.

Beberapa dari akibat mematikan watermark ini adalah tidak berfungsinya Windows Update, pengguna tak dapat mengganti theme, serta juga non aktifnya fitur personalisasi. 

Namun jika sudah siap dengan segala resiko, maka silahkan ikuti cara-cara berikut ini:

1. Menonaktifkan Melalui Regedit

Sebagai cara yang paling umum untuk menghilangkan Activate Windows, pengguna bisa mencobanya. 

Caranya mudah, yaitu masuk ke menu Registry Editor melalui kolom search dengan cara mengetikkannya disana. Kemudian, masuklah ke folder HKEY_CURRENT_USER. Lanjutkan dengan klik Control Panel, kemudian Desktop, dilanjutkan double click pada PaintDesktopVersion.

Pada Value, ubahlah menjadi 0, serta Base jadi Hexadecimal lalu klik OK. Setelah itu, jendela tertutup dan restart komputer. Masuklah kembali, cek di bagian desktop, watermark seharusnya sudah tidak muncul lagi. 

Lakukan dengan teliti, ya.

2. Hilangkan Lewat Ease of Access

Sama seperti cara yang pertama, menggunakan langkah ini memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Namun jangan khawatir karena mudah dilakukan bahkan untuk pemula sekalipun. Selain itu, panduan ini cukup efektif menghilangkan watermark.

Caranya, masuklah ke Control Panel dari kolom Search lalu pilih menu Ease of Access Center. Selanjutnya, pengguna akan masuk ke jendela baru, pilihlah Make the Computer Easier to See

Arahkan mouse ke bawah untuk menemukan pilihan Remove Background Image, berikan ceklis di kotak sebelahnya. Klik OK, lalu restart komputer, kemudian lihatlah tanda air sudah hilang.

Info Menarik Lainnya : Cara Screen Record di Macbook Mudah Dengan dan Tanpa Aplikasi

3. Memakai Notepad

Ini adalah cara paling mudah namun orang cenderung lebih memilih menggunakan Regedit. Padahal, langkah yang terakhir ini tak kalah praktisnya. Sebagai text editor, notepad ternyata juga bisa digunakan untuk alat menghilangkan Activate Windows. Tetapi tetap perlu hati-hati dan teliti ketika melakukannya.

Masuk ke Notepad, lalu input kode berikut : @echo off taskkill/F/IM explorer.exe explorer.exe exit. Kemudian, langsung save dan atur formatnya menjadi remove.bat. Cara membuatnya yaitu lewat CTRL+S.

Tutup jendela lalu masuk kembali ke desktop dan temukan file yang tadi dibuat dan klik kanan disitu. Lanjutkan dengan memilih opsi Run Administrator. Restart perangkat kemudian login lagi lalu lihatlah sudah tidak ditemukan watermark pada layar.

4. Melakukan Aktivasi

Cara terakhir tentu saja dengan memperbarui lisensi. Ini dianggap sebagai jalan yang paling benar untuk membuat watermark hilang. 

Biasanya, pada perangkat-perangkat yang tidak menggunakan Windows 10 asli pasti mengalami masalah yang sama yaitu muncul watermark. Pengguna perlu membayar sejumlah harga supaya mendapatkan license.

Untuk versi Home Edition harganya sekitar 119 US Dollar. Sedangkan untuk Profesional harganya di kisaran 199 US Dollar. 

Sebenarnya angka tersebut cukup terjangkau, namun memang tidak semua orang mau mengeluarkan budget. Maka akhirnya dipilihlah lisensi yang bajakan, dimana passkey nya pun bisa diunduh secara online (karena memang banyak beredar di internet).

Info Menarik Lainnya : Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di laptop Windows 10

Masalah Pada Perangkat jika Tidak Memperbarui Lisensi

Windows saat ini memperketat urusan license karena berpotensi merugikan perusahaan. Banyaknya pass key yang beredar secara gratis jelas memicu pengguna ogah membayar. Maka, permintaan update bakal selalu muncul bagi pengguna lisensi gratisan.

Kemudian, juga munculnya permintaan aktivasi dimana jelas mengganggu kegiatan apapun yang sedang dilakukan pengguna. Umumnya, notifikasi ini keluar 30 hari setelah masa berlaku habis. 

Parahnya lagi, reminder ini tidak akan hilang walaupun ditutup karena akan muncul pop up kembali.

Pengguna juga tidak akan bisa melakukan perubahan warna background, mode warna, dan fitur-fitur personalisasi lain. Windows menonaktifkan fungsi ini pada komputer dengan lisensi bajakan dan baru akan berfungsi normal jika sudah melakukan aktivasi. 

Resiko lainnya adalah tidak adanya lagi fasilitas update yang membuat beberapa tools bawaan menjadi kadaluarsa pula.

Nah, itulah diatas cara menghilangkan activate Windows 10 yang bisa dicoba. Namun tetap harus diingat bahwa cara yang terbaik yaitu dengan menggunakan original license. 

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Activate Windows 10 dengan Aman"