Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jualan Album Kpop yang Mudah & Menguntungkan


Animo masyarakat dunia terhadap budaya Korea kini kian tinggi dan lebar. Hal ini dapat dilihat dari jumlah penggemar yang ada pada masing-masing fanbase grup Kpop. Selain itu, lihat saja animo masyarakat ketika ada acara grup band Korea di Indonesia. 

Melihat antusias masyarakat yang tinggi tersebut, maka tidak ada salahnya untuk belajar cara jualan album Kpop yang tepat. 

Tujuannnya agar kita bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Yuk simak ulasan berikut hingga tuntas!

Mengapa Album Kpop Banyak Dicari?

Sebenarnya ada banyak barang Kpop yang bisa dijual dan berpotensi menguntungkan. Hanya saja, dari sekian banyak macam barang, album kpop merupakan yang terlaris dan banyak diincar oleh para penggemarnya. 

Meskipun saat ini lagu dan gambar para idolanya dapat didapatkan dengan mudah dari internet, namun rasanya belum lengkap jika tidak memiliki albumnya.

Dengan membeli album kpop para penggemar bisa mendapatkan audio lengkap band tersebut. 

Dulu dalam album pembeli biasanya mendapatkan kaset atau CD. Namun, dengan perkembangan teknologi saat ini, ada beberapa album yang menggunakan flashdisk sebagai penggantinya. Dengan perangkat ini, pembeli bisa mendengarkan seluruh audio di dalamnya dengan bebas.

Hal lain yang didapatkan dan paling banyak dicari oleh para penggemar adalah booklet. Bentuk dari buku ini biasanya sangat beragam, ada yang besar, kecil hingga tebal dan tipis. 

Selain ada tulisan lirik dari lagu-lagu band tersebut, ada juga foto-foto para personilnya. Bahkan ada beberapa band yang juga menyertakan tanda tangan para personilnya di dalamnya.

Dengan banyaknya hal yang bisa didapatkan, maka tidak heran jika album kpop selalu laris terjual di pasaran. Meskipun saat ini sudah banyak menjual musik secara digital, namun album kpop tidak akan tergantikan, terutama untuk para penggemar. 

Dengan melihat peluang ini, maka tidak heran jika album kpop merupakan salah satu barang yang patut dijadikan bisnis.

Cara Jualan Album Kpop Kepada Para Fans

Cara jualan album Kpop sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bisnis lainnya. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti modal, mencari supplier hingga menentukan target pasarnya. 

Nah, bagi yang tertarik untuk memulai bisnis ini, berikut adalah beberapa cara yang perlu dipersiapkan dan dilakukan:

1. Menentukan Sistem Pembelian & Penjualan

Jika ingin berjualan album kpop, maka hal pertama yang perlu ditentukan adalah sistem penjualannya. Hal ini akan menentukan modal hingga cara pemilik harus membeli barang dagangannya. Jika tidak memiliki modal yang besar, maka gunakan sistem PO atau dropship.

Dengan sistem ini, para pemesan tidak harus menggunakan uangnya 100% sebagai modal. 

Apabila ingin PO, maka pastikan pembeli membayar DP sebesar 50% untuk setiap pembeliannya. Dan terapkan aturan bahwa pembeli tidak boleh membatalkan pembeliannya. Dengan sistem seperti ini, pemesan hanya perlu membayar 50% sisanya.

Khusus untuk para penjual dengan sistem PO, jangan lupa menginformasikan estimasi kedatangannya. 

Para fans biasanya tidak sabar menunggu orderannya datang, jadi pastikan untuk menginformasikannya di awal. Biasanya pengiriman dari Korea ke Indonesia membutuhkan waktu 1-2 minggu, sudah termasuk pemeriksaan cukainya.

Bagi yang modalnya lebih sedikit lagi, maka gunakan sistem dropship. Dengan sistem ini, penjual hanya menjadi perantara antara pembeli dan toko aslinya. 

Penjual hanya perlu membelikan produknya dan mengirimkannya ke alamat dengan pembeli. Jika bisa menggunakan cara ini dengan baik, modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini tidaklah besar.

2. Mencari Tempat yang Menjual Album Kpop

Untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, maka carilah tempat penjualan album Kpop yang lengkap. Hingga saat ini tiga tempat terlengkap ada di fansite grup band tersebut, reseller Korea atau situsnya secara langsung. 

Jika ingin yang lengkap, maka reseller Korea merupakan pilihan yang terbaik. Beberapa diantaranya adalah 11treet, ktown4 hingga tempat agensi masing-masing.

Kalau ingin menjual album khusus suatu band, maka fansite bisa menjadi tempat yang tepat. Namun, disini harganya biasanya sudah lebih mahal karena bukan dari tangan pertama. Meskipun begitu, fansite merupakan salah satu tempat terlengkap jika mencari album untuk sebuah band tertentu.

Untuk yang ingin menjual album umum, maka cobalah mencari situs musik secara online. Carilah situs yang menjual album kpop dengan harga termurah agar bisa mendapatkan keuntungan yang terbanyak! 

Bagi yang membeli album dari Korea langsung, pastikan sudah punya paypal atau sejenisnya untuk memudahkan pembayaran.

Info Menarik Lainnya : Contoh Kata kata Promosi Tas Agar Makin Laris

3. Carilah Album yang Banyak Dicari!

Salah satu trik untuk cara jualan album kpop yang laris adalah dengan mencari yang memang banyak diincar. 

Selain grup band yang terkenal saat ini, album kpop yang lama dan sudah tidak diproduksi lagi biasanya banyak diincar oleh para fans. Bagi yang ingin menjual produk yang berbeda, maka cobalah cari album-album yang sudah langka dan sulit untuk ditemukan.

Proses pencariannya mungkin akan sulit, namun jika bisa menemukannya, maka album tersebut dapat dijual dengan harga yang mahal! Untuk menghindari kerugian, penjualan album seperti ini dapat menggunakan sistem PO.

4. Menjualnya Melalui Fansite, Sosial Media

Salah satu tempat terbaik untuk berjualan album kpop adalah di fansite grup band tersebut. Selain semua pesertanya pasti penggemar band tersebut, mereka juga akan mencari album kpop terbaru dari sang idola. 

Jika ingin usahanya laris manis, maka usahakan untuk mengikuti beberapa fansite sekaligus agar orderan yang didapatkan lebih banyak.

Selain itu, usahakan untuk mengikuti lebih dari satu sosial medianya. Contohnya, jika ada fansite di Facebook, maka jangan lupa untuk ikut bergabung yang di Instagram, Twitter hingga Tiktok juga. Dengan begitu, jumlah orang yang melihat jualan tersebut lebih banyak.

Info Menarik Lainnya : Pingin Tau Barang yang Laku Dijual Online? Simak Daftarnya!

5. Lakukan Promosi Melalui Online

Bagi yang berjualan secara langsung, tanpa menggunakan sistem PO atau dropship, maka jangan lupa untuk mempromosikannya melalui online. 

Maksimalkan sosial media dan buatlah situs jika memang jumlahnya banyak dan beragam. Jangan lupa untuk mempromosikannya di fanbase, situs pecinta Korea hingga sosial media diri sendiri.

6. Tambahkan Pernak-Pernik Kpop

Jika ingin usahanya semakin laris, maka tambahkan juga pernak-pernik dalam bisnis tersebut. Selain bisa menambah pelanggan, keuntungan yang bisa didapatkan pun akan lebih besar. 

Sama halnya dengan album, usahakan untuk mencari pernak-pernik dari grup band yang banyak idolanya seperti BTS. Selain itu, carilah yang jarang ada di Indonesia agar banyak orang tertarik untuk membelinya.

Jadi, daripada hanya sekedar hobby, kenapa tidak menjadikan album korea sebagai sebuah bisnis? 

Daripada sekedar mengoleksi dan mengeluarkan uang, jadikan ini sebuah bisnis dengan menjualnya juga! Selain target pasarnya yang luas dan banyak di Indonesia, bisnis ini juga sangat menguntungkan.

Cara jualan album kpop sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bisnis yang lainnya. Jika ingin laris manis di pasaran, maka carilah album yang memang banyak diincar dan sulit ditemukan di Indonesia. 

Selain itu, usahakan untuk mencari supplier album dengan koleksi terlengkap dengan harga yang terbaik. Dengan begitu, keuntungan yang didapatkan bisa sangat banyak.

Selamat mencoba dan semoga sukses untuk Anda!

Post a Comment for "Cara Jualan Album Kpop yang Mudah & Menguntungkan"