Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Pingin Tau Barang yang Laku Dijual Online? Simak Daftarnya!

Pertumbuhan bisnis online di Indonesia sangat pesat. Pola belanja masyarakat yang sudah bergeser ke sistem online membuat toko-toko online bermunculan. E-commerce juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Maka, pelaku bisnis online harus menambah pengetahuan mengenai barang yang laku dijual online.



Pengetahuan akan barang apa saja yang laku dijual online sangat penting agar bisnis online bisa sukses.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan diulas bagaimana cara mengetahui produk yang laku dijual online dan apa saja jenisnya.

Pentingnya Pengetahuan tentang Tren Produk untuk Bisnis Online


Ketika memutuskan untuk terjun ke bisnis online, seseorang harus tahu dulu produk apa yang akan dijualnya. Pengetahuan akan produk ini sangat penting karena ini merupakan awal dari segala strategi yang akan dilakukan nantinya. Produk menentukan promosi, harga dan bagaimana strategi pemasarannya.

Siapa saja bisa terjun ke bisnis online asalkan tahu apa yang akan dijualnya. Produk untuk dijual kadang bisa memusingkan dan membuat orang menunda keputusannya terjun ke bisnis online. Maka, riset mengenai barang yang laku dijual online sangat penting untuk dilakukan.

Riset tentang barang apa yang laku dijual online bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana. Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan riset pada e-commerce atau marketplace lokal. Perhatikan produk apa yang sedang trending, produk yang long lasting dan produk-produk yang mulai sepi pembeli.

Lakukan juga pengamatan tentang barang yang laku dijual online melalui trend di internet. Cari tahu dan himpun data tentang produk-produk yang sedang dicari masyarakat. Dari situ, keputusan untuk ikut meramaikan pasar dengan menjual produk yang sedang tren tadi bisa diambil.

Bisnis online erat kaitannya dengan informasi dan tren. 


Cepatnya perubahan yang terjadi berkat teknologi yang semakin berkembang menuntut pelaku bisnis jeli menyediakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Baru-baru ini misalnya, tren es kopi 1 liter sedang tinggi. Hal ini bermula dari munculnya pandemi virus corona yang mengharuskan orang untuk tinggal di rumah. Produk es kopi susu awalnya sudah ada dan menjadi produk yang memiliki banyak loyal customer. Namun, kondisi yang memaksa hadirnya produk es kopi susu yang bisa dibeli dan disimpan tanpa perlu keluar rumah.

Pengetahuan tentang produk yang akan dijual juga erat kaitannya dengan tren atau kondisi yang sedang terjadi di masyarakat. Pemilik toko online harus jeli melihat kebutuhan masyarakat. Tak cukup sampai di situ, pelaku bisnis online harus terus memperkaya diri dengan informasi-informasi terkini.

Info Menarik Lainnya : 7 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku (Olshop Wajib Nyimak)

Jenis Barang yang Laku Dijual Online


Ada beberapa barang yang selalu laku ketika dijual online. Barang-barang ini memang cenderung mainstream. Namun dengan pengembangan, inovasi dan kreasi, barang-barang ini bisa menimbulkan kesan sebagai barang baru. Berikut ini beberapa daftar barang yang laku dijual online:

1. Produk Fashion yang Sedang Tren


Produk fashion termasuk barang yang laku dijual online dan selalu laku. Apalagi produk fashion yang sedang tren sangat mudah untuk dilempar pasar. Target pasar yang paling mudah disasar dari produk fashion adalah wanita dewasa. Wanita dewasa gemar melihat gambar produk dan sangat mudah dipengaruhi.


Selain itu, trend dikalangan wanita muda/remaja putri pada saat ini adalah gaya pakaian ala KPOP.


Pingin Tau Barang yang Laku Dijual Online? Simak Daftarnya!
Gaya pakaian ala KPOP.

Produk fashion selalu menjadi favorit para pelaku bisnis online. Sebuah toko online produk fashion bahkan bisa menjual produk fashion untuk berbagai jenis segmen. Mulai dari anak-anak, pria, wanita, hingga baju muslim. Untuk pemula, ada baiknya fokus pada satu jenis produk fashion. Sesuaikan dengan tren di pasar dan kondisi management toko.

2. Produk Kecantikan


Lagi-lagi, wanita dewasa memang target pasar yang menyenangkan untuk diolah. Produk kecantikan merupakan salah satu barang yang laku dijual online dan banyak sekali ragamnya. Hampir semua lini produk mempunyai market dan juga pelanggan setia.

Dari sekian banyak produk kecantikan yang laku dijual online, tentukan mana yang permintaannya paling banyak. Atau, mana produk kecantikan yang sedang naik daun. Misalnya, beberapa waktu lalu produk kecantikan berupa lipstic warna-warna nude dan mate merupakan yang paling laris di antara semua varian lipstick.

3. Produk Home Décor


Sektor properti masih menunjukkan tajinya di tengah bunga KPR yang semakin tinggi. Untuk itu, produk-produk home décor juga termasuk barang yang laku dijual online. Selain itu, pengaruh media sosial dalam hal penyediaan konten tentang desain juga mendukung pertumbuhan bisnis produk-produk home décor.

Rajin-rajinlah melakukan riset di melalui Pinterest, Instagram dan juga internet untuk mengetahui tren desain interior terkini. Produk home décor sangat mungkin untuk dijual online dan pasarnya terus ada. Orang-orang yang baru membeli rumah atau apartemen dan juga pemilik restoran atau café adalah target pasar yang bisa dijajal untuk produk ini.

Info Menarik Lainnya : Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses (Super Lengkap)

4. Gadget


Gadget merupakan produk yang perputarannya sangat cepat. Model dan spesifikasi terbaru cepat sekali menggantikan tipe-tipe lama. Oleh karena itu, konsumen penggemar gadget cenderung mengganti gadgetnya dengan tipe terbaru. Maka, produk ini akan selalu laku jika dijual online.



Pingin Tau Barang yang Laku Dijual Online? Simak Daftarnya!
Ilustrasi OPPO, salah satu gadget terlaris ditoko online.

Gadget termasuk barang yang laku dijual online karena konsumen urban memerlukan gadget sebagai bagian dari lifestyle. Produk gadget yang bisa dijual online cukup beragam, mulai dari smartphone, kamera digital, tablet, drone, dan juga laptop.

5. Mainan Anak


Siapa bilang jualan mainan anak secara online itu susah? Mainan anak termasuk barang yang dicari oleh konsumen baik. Segmen pasarnya yang luas membuat produk ini mudah dilempar ke pasar. Selain itu, mainan anak yang dijual online biasanya lebih murah. Konsumen tentu lebih senang.

Produk mainan anak yang bisa dijual online sangat beragam. Mulai dari mainan die cast, action figure, mainan edukasi, serta boneka. Bisnis ini memudahkan orang tua ketika mencari mainan untuk anaknya atau untuk diberikan sebagai kado. Tak lupa juga untuk memudahkan komunitas pecinta mainan untuk membeli dengan harga yang miring.

6. Produk Rumah Tangga


Rentang produk rumah tangga sangat luas dan termasuk produk yang dibutuhkan masyarakat. Barang-barang seperti peralatan dapur, peralatan berkebun hingga perkakas sangat cocok untuk dijual online. Ketika menjual produk rumah tangga, pastikan menggunakan jasa pengiriman atau ekspedisi yang tepat.

Produk-produk seperti peralatan makan atau barang pecah belah memerlukan penanganan khusus. Jadi, ketika memutuskan untuk menjual produk rumah tangga, pastikan pengemasan dan pengiriman yang aman.

Info Menarik Lainnya : Cara Mendapatkan Pelanggan Toko Online Ala Situs Ecommerce

7. Produk Makanan


Produk-produk makanan baik makanan jadi atau bahan-bahan baku selalu bisa dijual online. Faktanya, kaum urban lebih suka berbelanja sayur dan makanan secara online. Ditambah lagi, di saat pandemi dan krisis, bisnis berjualan produk makanan secara online terbukti sukses.

Di saat semua bisnis melambat, pebisnis makanan justru kebanjiran order di saat krisis. Jadi, jelas sekali bahwa produk makanan laku dijual online. Syarat suksesnya adalah mempertahankan kualitas, kesegaran bahan, dan juga ketepatan pengiriman produk.



Pingin Tau Barang yang Laku Dijual Online? Simak Daftarnya!
Ilustrasi usaha makanan online .

Barang yang laku dijual online tidaklah semata-mata yang sedang tren. Memang bagus menjual produk yang sedang tren, namun hal ini perlu didukung dengan kemampuan untuk terus menjual trending produk. Maka, kemampuan mengenali produk yang laku dijual online lah yang menentukan sukses tidaknya bisnis online.

Demikianlah info tentang 7 daftar barang yang laku dijual online. Semoga dapat bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

2 comments for "Pingin Tau Barang yang Laku Dijual Online? Simak Daftarnya!"

  1. Terima kasih daftarnya, adakah daftar yang lebih spesifik, home decor, kan masih sulit kalau harus meneliti. Karena ada tetangga yang produksi tapi susah lakunya dan persaingan harganya ngeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk home decor insya Allah nanti artikelnya menyusul ya om :-)

      Delete

Post a Comment