Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku (Olshop Wajib Nyimak)

Bisnis online semakin melebarkan sayapnya seiring teknologi yang terus berkembang. Semakin banyak orang yang terjun ke bisnis online ini dengan mencoba membuka toko online. Namun, menjual produk secara online tidak semudah yang dibayangkan. Tidak heran jika trik jualan online agar cepat laku menjadi sesuatu yang diinginkan oleh para pemula.

Menjual barang secara online tampak begitu mudah. Tetapi, justru hal inilah yang membuat para pemilik toko online tidak menjual produknya dengan benar.




Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan diulas apa saja yang harus dilakukan, dan beberapa trik jualan online agar cepat laku.

Simak yuk!

Kesalahan Pemula dalam Mengelola Toko Online

Mengelola sebuah toko online tidaklah sama dengan toko konvensional. Banyak pemilik toko online yang menganggap jika produknya merupakan barang yang dibutuhkan orang, maka pasti akan laku. Padahal, konsumen toko online lebih kompleks dan demanding dibandingkan dengan toko konvensional.

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemilik toko online adalah mengira bahwa belanja online itu selalu mudah bagi konsumen. Sehingga pemilik toko seringkali tidak memperhatikan kemudahan berbelanja di tokonya. Trik jualan online agar cepat laku sebenarnya bisa dimulai dari sini.

Belanja online adalah tentang kemudahan bertransaksi, kecepatan proses kirim, dan kekuatan packing barang. 

Konsumen ingin mendapatkan produk yang mereka mau dengan mudah dan cepat. Konsumen harus mudah dalam mencari, memilih, membeli dan membayar produk yang diinginkannya. Jika semua proses ini mudah dan cepat hingga pengiriman, maka konsumen pasti akan kembali berbelanja lagi.

Selain itu packingan pesanan pelanggan harus rapi dan kuat. Sebab ini adalah salah satu kunci sukses lainnya dalam bisnis online shop. Perhatikan contoh packingan barang yang rapi dan kuat pada foto dibawah ini.

7 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku (Olshop Wajib Nyimak)
Packingan barang salah satu olshop sukses.

Trik jualan online agar cepat laku sering dicari oleh pemilik toko online terutama yang pemula. Namun terkadang trik saja tidak cukup jika kesalahan-kesalahan umum masih sering dilakukan. Misalnya saja tidak memperhatikan performa web. Web yang lambat tentu akan membuat pelanggan pergi ke web toko online yang lain.

Kesalahan lain bagi pemula adalah mengira bahwa promosi di media sosial saja sudah cukup. Padahal, seperti disinggung di atas, jualan online tidak hanya soal promosi saja. Namun yang terpenting adalah kemudahan dan kecepatan. Ketika konsumen merasa mudah berbelanja, maka ia akan kembali.

Kesalahan lainnya adalah menganggap jualan online hanya melulu soal jualan tanpa memikirkan kebutuhan lain dari konsumen. Konsumen digital adalah orang-orang yang haus informasi. Maka, ketika web toko online hanya berisi produk dan informasi-informasi terkait produk dan bisnis online yang dijalankan.
Info Menarik Lainnya : Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses (Super Lengkap)

7 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku

Setelah mengetahui sekilas tentang kesalahan umum yang sering dilakukan pemilik toko online, saatnya untuk mengetahui trik-trik jualan online. Trik jualan online agar cepat laku yang akan diberikan disini bisa membantu agar produk yang dijual cepat laku.

1. Munculkan Unique Selling Point dari Produk

Pemilik toko online harus memunculkan USP dari produknya. Misalnya sebuah toko online menjual jilbab, maka munculkan apa yang spesial dari produk jilbab itu yang tidak dimiliki kompetitor. Coba lihat contohnya pada foto jilbab anak unik dibawah ini. Ini adalah Krudung kid dengan aksen sablon ice cream 3D di atas kepala sebagai topi.


7 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku (Olshop Wajib Nyimak)


Sekilas teknik seperti ini memang terkesan sulit, tapi idealnya semua produk online seharusnya memiliki produk unggulan yang khas semacam ini. Karena dari ciri khas yang dimiliki itulah yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli.

Sebagai contoh lain; Domino Pizza memiliki USP yaitu garansi pengantaran dalam 30 menit. Hal ini tentu membedakannya dari toko pizza lain. Nah, untuk toko online yang menjual jilbab, bisa dicoba dengan setiap pembelian jilbab ada donasi untuk anak-anak putus sekolah dan yatim piatu.

2. Maksimalkan Performa Website Toko Online

Seperti telah disinggung di atas bahwa performa website sangat menentukan laku tidaknya produk. Lakukan observasi apakah menu-menu di web mudah dimengerti. Apakah navigasi yang ada di sana mudah bagi konsumen. Observasi juga menu pembayaran dan pengiriman, apakah sudah memenuhi syarat kemudahan dan kecepatan.

Web toko online yang baik tentu saja yang cepat dan tidak lagging. Bayangkan jika konsumen disuguhi lingkaran yang terus berputar ketika akan membuka foto produk. Pasti konsumen akan pindah ke toko online yang lain. Sebagus apapun USP, jika performa web toko online buruk, maka produk tidak akan cepat laku.
Info Menarik Lainnya : 34 Uraian Lengkap Bisnis Online Tanpa Modal Yang Perlu Diketahui

3. Manfaatkan Content Marketing

Trik jualan online agar cepat laku selanjutnya adalah dengan menggunakan content marketing. Strategi content marketing telah marak digunakan oleh pelaku bisnis online. Toko online sangat bertumpu pada konten. Maka buat konten yang menarik dan menghasilkan traffic.
 
Konten untuk toko online jangan hanya foto atau video produk saja. Cobalah untuk membuat blog di dalam website toko online. Blog yang mengandung kata kunci yang ramah dengan SEO bisa meningkatkan traffic web.

4. Lakukan Analisis Data

Data memang tampak mengerikan bagi pemula di bisnis online. Namun, bisnis online tidak akan sukses tanpa kemampuan memahami data. Bagi pemula, manfaatkan saja Google Analytic untuk proses mengolah data. Google Analytic ini bisa diinstal pada web toko online.

Data penjualan dan juga data yang berhubungan dengan marketing serta promosi bisa ditampilkan. Dari data ini, pemilik bisa menentukan produk apa yang menjadi best seller, kapan waktunya penjualan mencapai posisi tertinggi, dan lain sebagainya.

5. Maksimalkan Email Marketing

Email marketing terkesan kuno namun ternyata ini adalah salah satu trik jualan online agar cepat laku yang jitu. Ini karena email marketing adalah salah satu cara agar konsumen selalu relate dengan website toko online. Email marketing sangat efektif untuk menjaga loyalitas pelanggan sekaligus untuk branding.


7 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku (Olshop Wajib Nyimak)


Agar email marketing bisa efektif, maka website toko online perlu memiliki landing page yang baik dan provokatif. Landing page ini selain berfungsi untuk meningkatkan penjualan juga untuk menghimpun data konsumen. Sekali data konsumen terhimpun, konten-konten promosi bisa dikirimkan ke email konsumen.
Info Menarik Lainnya : 10+ Jenis Produk Jualan Online Paling Laris Saat Ini (Serta Cara Menemukannya)

6. Jangan Abaikan Media Sosial

Pemilik toko online harus aktif di media sosial. Media sosial berfungsi sangat efektif untuk menggiring pembeli masuk ke web toko online. Produk-produk seperti makanan dan fashion sangat memerlukan dukungan media sosial agar cepat laku.

Kekuatan media sosial ada pada foto dan konsistensi konten. Maka, ketika memposting sesuatu di Instagram jangan hanya sekedar upload. Namun, perhatikan juga timing, penggunaan hashtag, caption, dan juga kualitas foto produk itu sendiri.

7. Gunakan Iklan di Facebook, Youtube, dan Instagram

Iklan di media sosial ternyata lebih efektif daripada Google Ads. Fungsinya adalah untuk meningkatkan penjualan, membangun brand awareness serta menumbuhkan exposure. Iklan di media sosial sangat cocok untuk konsumen-konsumen baru yang belum tahu produk sama sekali.


7 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku (Olshop Wajib Nyimak)


Memasang iklan seperti ini tampaknya mahal, namun jika ditilik dari exposure dan peningkatan penjualan yang dihasilkan, rasanya semuanya sebanding. Namun, sebelum memutuskan memasang iklan di media sosial, memang perlu pertimbangan keuangan yang matang. Pilih opsi iklan yang paling cocok dengan kondisi keuangan.

Trik jualan online agar cepat laku bagi pemula yang dibahas di atas bisa berhasil jika ada konsistensi. Memaksimalkan website toko online memang rumit. Namun, daripada hanya mengandalkan berjualan di e-commerce, trik-trik di atas lebih efektif untuk dicoba. Toko online merupakan aset pelaku bisnis online yang layak untuk dimiliki agar penjualan meningkat dan cepat laku.
Info Menarik Lainnya : The Power of Margin 10 Persen, Strategi Merebut Pasar Online Shop Paling Ampuh
Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Penulis by : Bang izal.

2 comments for "7 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku (Olshop Wajib Nyimak)"

Post a Comment