Postingan Unggulan

Panduan Lengkap Usaha Jajanan Rumahan, Layak Untuk Anda Coba

10+ Jenis Produk Jualan Online Paling Laris Saat Ini (Serta Cara Menemukannya)

Jika ingin memulai sebuah bisnis online, maka hendaknya Anda mempersiapkan rencana penjualan dengan baik. Salah satunya adalah mempersiapkan produk jualan online yang paling laris. Dengan begitu, sehingga Anda dapat memilah dan memilih produk apa yang akan di jual di toko online Anda.

Bisnis online sudah menjadi tren tersendiri di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini. Bisnis ini telah menjadi alternatif usaha sampingan, karena masih bisa dijalani meskipun Anda sedang bekerja pada instansi tertentu. Selain itu, Anda tidak perlu terjun langsung ke pasar untuk membeli barang yang akan dijual. Cukup dengan cara menghubungi sebuah toko online ternama, atau distributor besar untuk bisa melakukan kerja sama (reseller atau dropship).

Cara Menemukan Jenis Produk Yang Laris.


Untuk menemukan jenis produk yang laris, maka Anda harus melakukan riset terhadap produk yang sedang menjadi tren, atau digemari banyak orang. Cara yang pertama, yaitu bisa dengan melakukan riset melalui Google trend.

Google trend ini memang sudah cukup lama digunakan banyak orang untuk mengetahui hal atau produk apa saja yang sedang digemari masyarakat. Caranya sangat mudah, yakni cukup dengan mengetikkan contoh/nama produk di kolom pencarian, lalu tekan enter. Nanti akan muncul grafik berdasarkan hasil pencarian tadi (yang selanjutnya bisa Anda analisa sendiri).

Cara kedua untuk menemukan produk yang laris atau yang sedang digemari saat ini bisa melalui marketplace. Marketplace di Indonesia sudah sangat banyak dan beragam. Kunjungi saja marketplace yang biasanya menjadi favorit banyak orang.

Cara menemukan produk laris di marketplace pun sangat mudah. Anda tinggal melakukan pencarian di bagian terlaris atau hot items. Untuk hasil yang lebih akurat dan memuaskan, sebaiknya Anda juga melakukan riset pada beberapa marketplace lain.

Cara yang ketiga adalah dengan cara yang cukup simpel, yaitu mengamati strategi dagang pesaing Anda. Pesaing yang sudah lebih dahulu menggeluti dalam bisnis online ini pasti sudah memiliki pengalaman yang lebih dari kita. 

Anda jangan merasa sungkan untuk belajar (secara tidak langsung) kepada mereka. Amatilah jenis produk-produk terlaris mereka, kemudian jual juga di toko online Anda. 

Dan Anda harus bisa lebih kreatif dari pesaing tersebut. Artinya ; produk boleh sama, namun berikanlah pelayanan yang lebih memuaskan kepada pelanggan Anda. Itulah salah satu cara bersaing yang smart.  

Baca juga : 5 Jenis Bisnis Online dan Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet

Yang pasti, Anda harus mampu bersabar dalam mengamati berbagai macam toko online tersebut. Sebab pengamatan tersebut tidaklah berlangsung dalam waktu sehari dua hari, tapi mesti dilakukan berulang dan kontinyu. Oleh karena itulah Anda harus punya etos kerja keras, tekun, kreatif, dan sabar. Semuanya itu demi kemajuan masa depan bisnis yang akan Anda jalani sampai sukses nantinya.

Produk Jualan Online Paling Laris Saat Ini.


Produk yang bisa dijual dipasaran, jenisnya sudah pasti sangat beraneka ragam. Akan tetapi, mungkin tidak semuanya bisa Anda jajakan sekaligus kepada pembeli. Karena terkadang budget (modal) yang ada belum bisa untuk menyediakan semua produk tersebut (secara lengkap). Untuk menyiasatinya, bisa dengan cara memilih beberapa produk jualan online yang paling laris saja. 

Berikut ini beberapa jenis produk jualan online yang paling laris dipasaran :

1. Fashion.


10+ Jenis Produk Jualan Online Paling Laris Saat Ini Serta Cara Menemukannya
Ilustrasi Produk Fashion.

Produk fashion memang akan tetap digandrungi oleh siapapun dan sampai kapanpun. Selain sudah menjadi kebutuhan utama, orang juga ingin selalu tampil modis, dan ingin bergaya mengikuti perkembangan trend yang ada. 

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Google, fashion adalah salah satu jenis produk paling laris daripada produk lainnya. 

Bukan hanya wanita yang senang berbelanja produk fashion secara online, kaum laki-laki pun juga suka. Apalagi laki-laki biasanya malas berkeliling berjam-jam di mall atau pasar hanya untuk mencari sebuah barang. 

Dengan berbelanja online, mereka hanya perlu mencari produk yang disukainya. Kemudian menanyakan deskripsi barang kepada si penjual, dan jika merasa cocok, maka dia tinggal mentransfer sejumlah uang ke rekening penjual tersebut. Barang yang diinginkan pun akan langsung diantarkan ke alamat yang ditentukan oleh pembeli. Sangat simpel dan mudah!

Produk fashion yang paling digemari diantaranya adalah pakaian gamis, dress, jaket, celana, jas, sepatu, kaos kaki, dan masih banyak lagi tipe produk fashion yang lainnya. Produk fashion ini tentu bisa dijadikan pilihan untuk dijual di toko online kita.

Mungkin bagi sebagian seller pemula, ada yang menganggap bisnis fashion cenderung mendatangkan kerugian, karena bisa jadi tidak semuanya laku terjual. Namun ada solusi untuk Anda, yaitu bisa dengan cara menjadi reseller toko online lain. Cara ini bisa mengurangi resiko kerugian (karena tidak laku). Sebab Anda hanya membantu memasarkan saja, sedangkan produknya tetap milik toko online lain tersebut..

2. Produk Kecantikan.


Pada hakikatnya wanita ingin tampil cantik dan menarik. Bukan hanya sekedar ingin menyenangkan hati pasangan, tapi juga karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan wanita selalu tampil menarik. 

Selain itu, wanita cenderung punya karakteristik senang berbelanja (dibandingkan pria). Oleh karena itu, menjual produk kecantikan merupakan salah satu jenis produk bisnis online paling laris, dan memiliki prospek bagus untuk Anda jual.

Produk kecantikan yang bisa dijual diantaranya make up, obat penghilang jerawat, obat pelangsing, produk pemutih wajah, dan parfum. Lagi-lagi jika dilihat berdasarkan survey, produk kecantikan menjadi produk paling laris di pasaran. Selain itu keuntungan yang akan didapatkan dengan berjualan produk kecantikan ini lebih tinggi.

Peluang usaha produk kecantikan ini pun bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Di awal usaha Anda bisa memilih menjadi reseller terlebih dulu. Karena produk kecantikan/kosmetik original biasanya harganya mahal. Konsekuensinya tentu akan membutuhkan modal yang cukup besar jika Anda ingin menyediakan produknya secara lengkap. 

Sedangkan jika membuat produk kecantikan sendiri, resikonya justru akan jauh lebih besar. Jadi jangan coba-coba membuat produk kecantikan sendiri jika Anda bukan ahlinya. Pastikan juga produk yang dijual memiliki ijin resmi dari BPOM, karena itu akan semakin meningkatkan kepercayaan pembeli.

Menjual produk ini sebenarnya mudah, hanya butuh kepercayaan dari pembeli. Karena pembeli akan ragu dan enggan membeli produk yang belum terkenal. Oleh karena itu penjual harus mengasah kemampuan promosinya agar produk kecantikan yang dijualnya dapat laku terjual.

Baca juga : 10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

3. Produk kesehatan.


Produk kesehatan juga menjadi salah satu produk jualan online terlaris. Sasaran penjualannya pun beraneka ragam mulai dari balita, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Alasan terbesar membeli produk kesehatan secara online adalah untuk mendapatkan manfaat lebih dan hasil yang instan. Yang paling penting adalah khasiat dan kemanjuran dari produk tersebut. Oleh karena itu, jagalah mutu produk yang Anda jual, supaya pelanggan tetap loyal dan setia berbelanja ke toko online Anda.

Sama halnya seperti produk kecantikan, produk kesehatan juga harus memiliki ijin dari BPOM dan sertifikat halal. Tentunya kita tidak ingin mengambil resiko ada kandungan zat berbahaya di dalam produk yang kita jual. Bukannya memberikan manfaat, justru produk yang kita jual dapat membahayakan kesehatan orang lain.

Produk kesehatan pun mengharuskan penjual untuk melakukan promosi lebih ekstra. Bisa dengan cara mencantumkan testimoni dari pembeli sebelumnya di toko online Anda. Dengan begitu, maka akan membuat pembeli merasa lebih yakin untuk membeli produk Anda.

4. Produk Gadget.

10+ Jenis Produk Jualan Online Paling Laris Saat Ini Serta Cara Menemukannya
Ilustrasi Produk Gadget.

Di jaman yang sudah sangat maju dan modern ini, memiliki gadget sudah menjadi kebutuhan dan keharusan. Yang mana jika seseorang tidak memilikinya, maka seakan telah tertinggal dengan orang lain. Apalagi pemanfaatan produk gadget bukan hanya untuk berkomunikasi seperti chat, sms dan telepon. Namun juga untuk bermain game, sarana bisnis, dan keperluan pekerjaan.

Persaingan bisnis gadget sudah semakin menjamur dan dapat ditemui dimana-mana (toko offline), maka Anda bisa mencari solusi dengan berbisnis secara online. Walaupun kenyataan sebenarnya, bisnis gadget secara online tidak kalah sengit juga sih persaingannya. He-he-he. ☺

Namun Anda tidak usah khawatir. Walau begitu banyak pesaing yang menjual produk ini, namun jika Anda memiliki strategi bisnis yang kreatif, maka Anda akan berpeluang untuk memenangkan persaingan. Salah satu caranya adalah ; mengatur strategi penjualan dengan menetapkan harga jual lebih murah. 

Jadi sebaiknya jangan mematok harga jual terlalu tinggi. Bisa-bisa pembeli jadi kabur dan lebih memilih membeli di toko online lain. Oleh karena itulah pentingnya untuk selalu mensurvey harga pasaran gadget setiap waktu. Karena harga gadget yang masih tinggi hari ini, sangat bisa jadi harganya sudah turun jauh beberapa bulan kemudian. Sehingga jika kita kurang update dengan harga pasaran, bisa-bisa jual produknya kemahalan (karena masih berpatok dengan harga jual yang lama).

Tingkatkan juga pengetahuan dalam dunia gadget untuk lebih meyakinkan pembeli membeli produk kita. Ini juga sebagai salah satu strategi pemasaran yang bisa kita lakukan. Meskipun menguntungkan dan akan laku di pasaran, tetap saja ada resiko yang harus kita terima.

Mungkin saja pada saat pengiriman, terjadi kerusakan pada gadget yang akan ditanggung oleh penjual. Pastikan orang yang membeli di tempat kita memberikan timbal balik dan komentar baik yang akan semakin meyakinkan pembeli.

5. Produk Elektronik.


Meskipun gadget lebih diminati, namun produk elektronik tetap menjadi favorit masyakat. Apalagi tidak semua kebutuhan bisa dipenuhi oleh gadget. Selain itu tingkat kebutuhan manusia terhadap produk elektronik terus meningkat, dan juga masa pemakaian yang terbatas. 

Sasaran penjualan produk elektronik pertama adalah keluarga. Meskipun barang elektronik di rumahnya sudah lengkap, tetap saja suatu saat nanti akan mengalami penurunan kualitas atau rusak. Sehingga mau tidak mau, tentu mereka harus melakukan penggantian dengan alat elektronik yang baru. 

Sasaran kedua adalah untuk pasangan baru menikah yang sedang memenuhi kelengkapan di rumahnya. Otomatis sudah tentu akan banyak barang elektronik yang harus dibeli. Masa iya pasangan yang baru nikah, tapi tidak ada satupun alat elektronik dirumah? Paling tidak, minimal pasti mereka membeli seperangkat TV buat nonton hiburan dirumah. ☺

Oleh karena itu, pasangan muda seperti ini termasuk pangsa pasar yang potensial untuk produk elektronik.

Sasaran ketiga adalah untuk pelaku bisnis seperti laundry yang membutuhkan mesin cuci dan setrikaan dalam jumlah banyak. Dan yang terakhir adalah yang memiliki kegemaran dengan alat elektronik seperti games, dan kamera.

Namun yang perlu diperhatikan adalah ; produk elektronik ini termasuk rentan mengalami kerusakan pada saat pengiriman. Oleh karena itu sangat disarankan agar memakai packing kayu, sehingga resiko kerusakan saat pengiriman dapat diperkecil. 

6. Produk Buku.


Karena cukup banyaknya penggemar buku di Indonesia, maka kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai toko online untuk menjual produk buku. Bukan hanya itu, terkadang tugas sekolah atau kuliah mengharuskan siswa atau mahasiswanya untuk mereview sebuah buku yang jarang ditemukan di pasaran.

Bukan hanya buku yang sifatnya informatif atau mengandung pengetahuan, tetapi banyak yang menyukai buku dengan jenis novel. Apalagi saat ini, penerbit lebih senang mengambil karya penulis yang sudah pernah diterbitkan dari situs web tertentu dan sudah memiliki penggemarnya sendiri. Tentunya kesempatan ini dimanfaatkan penerbit untuk membukukan karya tersebut dan menjualnya secara online.

Tingkat resiko dalam penjualan produk buku terhitung lebih kecil dibandingkan dengan produk elektronik. Selain tidak memiliki masa kadarluasa, dalam proses pengiriman pun akan lebih aman jika terjadi guncangan sekencang apapun. Namun tetap saja, sebagai penjual harus terus melakukan promosi terhadap produk buku yang dijualnya.

7. Produk Makanan.


Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa digantikan dengan apapun. Apalagi di jaman secanggih ini, produsen makanan telah melakukan inovasi yang dapat meningkatkan penjualan produk mereka. Mulai dari menjual produk makanan unik yang akan menarik rasa penasaran pembeli.

Selain itu penawaran secara online akan memudahkan pembeli sehingga tidak harus jauh-jauh datang ke tempat produksi untuk bisa menikmatinya. 

Sasaran pembeli lainnya adalah untuk karyawan atau pekerja kantor di tempat lainnya yang lebih sulit membawa bekal dari rumah. Kebanyakan dari mereka ini enggan pergi langsung ke gerai/kedai makanan. Banyak faktor yang membuat mereka jadi malas untuk pergi menuju kedai makanan tersebut. Penyebabnya bisa disebabkan karena waktu luang mereka tidak banyak. Dan terkadang juga disebabkan oleh karena pekerjaan mereka masih banyak yang menumpuk.

Dengan penawaran secara online disertai fasilitas delivery, tentu itu akan sangat membantu mereka. Pastikan untuk memberikan pelayanan terbaik seperti keramahan, dan siap menerima pesanan dalam kondisi apapun dan kapanpun.

Baca juga : Panduan Lengkap Usaha Jajanan Rumahan, Layak Untuk Anda Coba

8. Produk Mainan.


10+ Jenis Produk Jualan Online Paling Laris Saat Ini Serta Cara Menemukannya
Ilustrasi Anak-anak Dengan Mainan Kesukaannya.

Setiap orangtua pasti ingin membuat anak-anaknya bahagia. Salah satunya adalah dengan cara memberikan benda kegemaran untuk anak mereka, yakni mainan. Namun terkadang karena sibuknya rutinitas orangtua (dalam bekerja), membuat mereka cukup sulit untuk mencari mainan secara langsung. Nah, ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual produk mainan secara online kepada mereka.

Pastikan mainan yang Anda jual dapat menarik perhatian setiap anak, dan juga sekaligus memberikan kesan yang mengedukasi. Karena kebanyakan orangtua saat ini sudah pintar dalam memilih mainan, dan tidak mau sembarangan memberikan mainan untuk anaknya.

Bukan hanya anak-anak, tetapi orang dewasa pun masih banyak yang menyukai mainan. Contohnya saja mainan action figure yang fungsinya sangat umum dan bisa digunakan oleh siapa saja. Biasanya orang dewasa akan membeli action figure sebagai koleksi atau pajangan semata. 

Oleh sebab itu, keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjual produk mainan cukup besar. Fyi penulis sendiri adalah seorang praktisi bisnis mainan. Monggo silahkan simak kisah perjalanan usaha saya di artikel berikut : Catatan Perjalanan Usahaku Bagian 10 (Merintis Bisnis Toko Mainan)

Namun harap di ingat ; jika semakin mahal harga sebuah mainan, maka tentu kualitasnya pun mesti harus dijaga oleh si penjual mainan online. Kualitas di sini termasuk kerapihan kemasan mainan mahal tersebut. Jangan sampai kemasannya sudah penyok karena tergencet barang lain. Atau warnanya jadi lusuh karena terlalu sering terkena debu di gudang penyimpanan. Hal seperti ini tentu dapat menurunkan kepuasan pembeli online ketika menerima barang tersebut.  

9. Produk Keperluan Rumah Tangga.


Saat ini untuk membeli keperluan rumah tangga pun bisa dilakukan secara online. Lagi-lagi dari segi praktis akan menjadi alasan utama orang membeli produk ini. Produk keperluan rumah tangga yang dapat dijual diantaranya adalah ; sprei, taplak, alat kebersihan seperti lap pel dan sapu, mesin jahit hingga kompor gas.

Bukan hanya itu, produsen alat keperluan rumah tangga juga semakin berinovasi untuk menciptakan alat yang unik, bagus dan simpel. Dengan begitu, produsen pun membuat strategi pemasaran untuk tidak menjualnya secara bebas di pasaran untuk menghindari peniruan.

Sebagai penjual, kita dapat menggunakan kesempatan ini untuk bekerjasama dengan produsen dengan cara menjadi reseller. Selain dapat mempermudah akses orang lain untuk membeli barang tersebut, kita sebagai reseller pun akan diberi ijin resmi yang akan menambah kepercayaan pembeli.

Baca juga : Peluang Usaha Peralatan dan Perabotan Rumah Tangga (Plus Strategi Menghadapi Persaingan)

10. Produk Unik dan Lucu.


Selain memanfaatkan fungsi utamanya, kebanyakan orang mencari produk yang memiliki keunikan dibandingkan dengan produk lain. Jika produk tersebut sudah banyak di pasaran, maka pembeli akan lebih memilih membeli di tempatnya secara langsung.

Alasan orang mencari produk yang unik dan lucu adalah untuk bisa dipamerkan kepada orang lain (yang tentu akan dapat mendatangkan rasa kebanggaan tersendiri baginya). Oleh karena itu, produk yang unik dan lucu biasanya hanya dapat ditemukan di toko online.

Produk unik dan juga lucu yang bisa dijual contohnya seperti lampu tidur yang desainnya unik, dan terkadang bisa dicustom sesuai dengan keinginan pembeli. Atau suvenir pernikahan yang unik dan juga lucu biasanya akan banyak diorder oleh calon pasangan pengantin. Suvenir tersebut sebagai hadiah di hari pernikahan pasangan tersebut kepada para tamu undangan yang datang.

Intinya, Anda harus menyediakan produk unik yang bisa dicustomize sesuai dengan keinginan pembeli. Dengan begitu, produk yang Anda jual akan mampu bersaing dengan produk yang dijual oleh tempat lain. Selain itu, karena keunikannya, maka Anda bisa menawarkan harga jual yang relatif lebih tinggi (dibandingkan dengan produk biasa). Sehingga bisnis online produk unik ini akan bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar bagi Anda.

11. Merchandise KPOP.


Saat ini kegemaran orang terhadap musisi luar negeri semakin meningkat. Salah satunya terhadap KPOP. Terdapat berbagai macam boyband dan girlband yang sudah memiliki penggemar fanatiknya sendiri. Perusahaan boygroup atau girlgroup akan menyediakan berbagai macam album atau merchandise khusus lainnya yang tidak bisa ditemukan secara bebas di pasar Indonesia.

Oleh karena itu, kesempatan ini bisa digunakan dengan sebaik-baiknya bagi Anda yang ingin memulai usaha. Harga album yang cukup mahal dan juga merchandise official lain seperti lightstick akan tetap dicari oleh para penggemarnya. Bahkan kita dapat menambahkan produk lain seperti hoodie, tas, jam tangan dengan pilihan boyband dan girlband yang mereka gemari.

12. Produk Berkategori Langka.


Sulitnya menemukan produk yang langka akan menjadi peluang tersendiri bagi penjual untuk menawarkan kemudahan kepada mereka. Contohnya saja lukisan atau vas yang dibuat asli oleh seniman terkenal pasti akan sangat dicari.

Meskipun cukup mahal, tetapi jika seseorang sudah hobi mengoleksi benda seni, maka pasti dia akan tetap membelinya. Biar semahal apapun harganya. Namun, sebagai penjual benda langka seperti ini, Anda harus memiliki koneksi dan juga modal yang cukup besar. Tetapi sebagai timbal baliknya Anda pun juga dapat mengambil keuntungan yang besar, mengingat sulitnya untuk mendapatkan barang langka tersebut.

Itulah diatas penjelasan lengkap tentang bagaimana cara menemukan produk yang paling laris, sekaligus 10 rekomendasi produk jualan online terlaris. 

Tentukanlah sedari sekarang ; produk apakah yang akan Anda pilih untuk dijual di toko online milik Anda sendiri? Setiap produk memiliki keuntungan dan resiko yang berbeda. Sebagai penjual online yang smart, tentu Anda harus cermat dan teliti dalam menentukan produk serta sasaran penjualan yang paling tepat.

Sampai berjumpa lagi di artikel selanjutnya.

Semoga sukses selalu untuk Anda semua, salam. ☺


Penulis by : Bang izal.

2 Responses to "10+ Jenis Produk Jualan Online Paling Laris Saat Ini (Serta Cara Menemukannya)"

  1. bang izal the best teacher for business..simple gampang dimengerti gak bertele2 maca buku sukses..mohon bimbingannya bang..smoga ilmu yg abang berikan bisa Alloh swt bales berlipat2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya rabbal alamin.

      Makasih atas apresiasinya ya gan,,, semoga semua ilmu yg saya sumbangkan dapat bermanfaat bagi semuanya. 😊

      Delete

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel