Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Setting VPN di Xiaomi Secara Gratis Atau Berbayar


VPN merupakan salah satu fitur yang kini dapat ditemukan pada semua jenis HP termasuk Xiaomi. Dengan fitur ini, pengguna bisa memperoleh keamanan penuh hingga membuka konten yang terblokir. 

Namun, sayangnya fitur yang satu ini belum banyak digunakan oleh pengguna Xiaomi (karena tidak tau fungsi serta cara settingnya). Untuk bisa menggunakannya, mari pelajari cara setting VPN di Xiaomi.

Jenis VPN yang Tersedia Untuk Xiaomi

Sebelum mempelajari lebih detail mengenai cara setting VPN di Xiaomi, pengguna harus mengetahui jenis yang ada dulu. Saat ini, terdapat dua jenis VPN yang bisa digunakan oleh pengguna Xiaomi, yang gratis dan berbayar. 

Fitur gratis adalah bawaan dari HPnya langsung sehingga dapat digunakan secara langsung oleh para pemilik ponsel. Hanya saja, fiturnya kurang lengkap dan tidak bisa digunakan untuk semua tujuan.

Sedangkan untuk VPN yang berbayar, pengguna harus berlangganan terlebih dahulu untuk bisa menikmati semua fasilitas yang ada. VPN yang satu ini akan memberikan perlindungan secara maksimal kepada penggunanya ketika tidak atau sedang menggunakan internet. 

Ada juga support teknisi dari pihak aplikasi yang siap membantu dari awal pembelian hingga akhir.

Untuk menentukan jenis VPN mana yang terbaik untuk digunakan, hal ini tergantung dari segi pemakaiannya. 

Jika memiliki banyak data penting dan secara bersamaan sering menggunakan internet untuk browsing, maka yang berbayar adalah pilihan terbaik. Selain dapat mengamankan data, pengguna bisa membuka konten yang biasanya terblokir.

Ketika memilih VPN yang berbayar, maka pastikan untuk memilih provider yang aman dan terpercaya. 

Jangan mudah tergoda dengan provider yang menawarkan harga murah namun fasilitas lengkap karena biasanya akan menjual data para pelanggannya. Hal ini tentunya malah berbahaya bagi para pengguna serta data yang dimilikinya.

Cara Melakukan Pengaturan VPN di HP Xiaomi

Apapun jenis VPN yang dipilih, sebelum bisa menggunakannya, para pengguna harus melakukan pengaturan terlebih dahulu. Jika tidak, maka VPN baik yang bawaan maupun yang premium tidak akan bisa digunakan. 

Untuk pengguna baru, berikut adalah beberapa pengaturan yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya:

1. Buka Pengaturan



Bukalah bagian pengaturan yang ada pada HP masing-masing. Biasanya menu ini ditandai dengan gambar setir atau gerigi bulat. Ketika sudah terbuka, pilih menu Lainnya dan pilihlah bagian VPN yang berada di bagian bawah VPN.

2. Menambah Pengaturan VPN

Selanjutnya, tekan tombol + yang ada di bagian bawah tengah layar. Nantinya akan muncul beberapa kolom yang harus diisi oleh para pengguna mulai dari nama, jenis hingga servernya. 

Untuk kolom nama, berikan nama apa saja yang diinginkan bisa VPN baru, jenis HPnya dll. Sedangkan untuk jenisnya, biarkan sesuai pengaturannya, namun jika kosong pastikan terisi dengan PPTP.

Bagi yang akan mengisi alamat server, pastikan memasukkan yang masih aktif dan bisa dipakai. Untuk mencari alamat yang masih aktif, maka pergilah ke situs resmi vpnbook. Disini akan ada banyak server aktif yang bisa digunakan. 

Info Menarik Lainnya : Cara Agar Baterai HP Xiaomi Tidak Cepat Habis dan Awet

Pastikan untuk memilih alamat sesuai jenis VPN yang dipilih sebelumnya. Pilih salah satu, copy dan paste pada kolom alamat untuk bisa menggunakannya.

Ketika mengambil alamat VPN, jangan lupa untuk mencatat username serta kata sandinya. Kedua data tersebut akan digunakan untuk log in ke dalam VPN sebelum bisa menggunakannya. Perlu diingat bahwa kata sandi dan username tidak bisa di copy, sehingga harus dicatat secara manual.

3. Memasukkan Username & Kata Sandi

Jika semua pengaturan sudah dimasukkan, maka klik simpan untuk menyimpannya. Selanjutnya, masukkan username serta kata sandi yang sudah dicatat sebelumnya untuk masuk ke dalam VPN. 

Agar tidak perlu memasukkan data beberapa kali, centang simpan informasi yang berada di sebelah kolom tersebut. Ketika sudah masuk, tinggal pilih connect untuk bisa mulai menggunakannya.

Username ataupun kata sandi yang digunakan disini tidak bisa diganti, jadi pastikan untuk mengingatnya. Jika tiba-tiba salah satunya menjadi invalid, maka cobalah cek kembali pada situs VPN atau ganti dengan alamat yang baru.

Info Menarik Lainnya : Cara Menggunakan VPN di Laptop MacBook dan Windows

4. Mengunduh Aplikasi VPN

Untuk yang tidak mau ribet dengan segala cara Setting VPN di Xiaomi, maka salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah mengunduh aplikasinya. Ada banyak aplikasi yang bisa diunduh seperti hide.me dan TunnelBear. 

Biasanya setiap aplikasi memiliki akun yang gratis dan ada juga yang premium, jadi pengguna bisa memilih jenis yang diinginkan.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuka HP Xiaomi yg Terkunci Akun Mi Dengan Mudah

5. Menginstall Aplikasi & Membayar Biaya Langganan



Jika sudah terunduh, maka install aplikasi dan masukkan data yang dibutuhkan. Khusus untuk pemakaian aplikasi, kolom informasi yang harus dimasukkan tidak terlalu banyak, selain nama dan jenisnya. 

Selain itu, bagi yang ingin menggunakan VPN yang premium, maka jangan lupa untuk membayar biaya langganannya. Biaya untuk VPN yang premium biasanya mulai dari Rp 50.000, tergantung dari fasilitas yang ditawarkan.

Jadi, untuk yang ingin menggunakan VPN, pertama tentukan jenis yang ingin digunakan, apakah mau yang gratis atau berbayar. 

Jika tidak membutuhkan aplikasi yang lengkap, maka yang gratis sudah cukup dan bisa didapatkan secara langsung pada HP masing-masing. Sedangkan bagi yang ingin fitur yang lebih lengkap, maka unduhlah aplikasi tambahan seperti hide.me.

Sebelum bisa menggunakannya, pastikan untuk mengetahui cara setting VPN di Xiaomi. Karena jika belum diatur, terutama untuk yang gratis, VPN tidak akan bisa digunakan. 

Sedangkan untuk yang menggunakan aplikasi, tinggal mengisi nama serta jenis yang diinginkan. Bagi yang ingin simpel tanpa harus melakukan pengaturan, maka unduhlah yang aplikasi juga.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Setting VPN di Xiaomi Secara Gratis Atau Berbayar"