Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Mengecek IMEI VIVO Untuk Mengetahui Keaslian HP


Sama halnya dengan iPhone, VIVO pun memiliki IMEI untuk dapat mengecek apakah ponsel tersebut asli atau tidak. Semua HP VIVO yang asli harus memiliki IMEI yang terdaftar pada situs imei.kemenperin.go.id. Aturan ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk VIVO saja, namun semua jenis HP yang asli dan legal. 

Nah, bagaimana cara mengecek IMEI VIVO untuk dapat memastikan bahwa HP tersebut asli dan legal?

Yuk simak ulasan selengkapnya.

Untuk yang masih belum paham, IMEI adalah sebuah kode unik yang ada pada sebuah HP. Jika manusia memiliki KTP, maka HP memiliki IMEI yang merupakan tanda pengenalnya dan membedakannya dari HP yang lainnya.

Pada April 2020, pemerintah memutuskan untuk menerapkan aturan IMEI untuk semua jenis HP. 

Apabila HP tidak memiliki IMEI, maka nantinya ponsel tersebut akan diblokir oleh pemerintah, sehingga tidak bisa menggunakan layanan seluler operator di tanah air. 

Nah agar hal itu tidak sampai terjadi, maka ada baiknya orang mengecek terlebih dahulu keaslian HP tersebut sebelum membelinya dengan mengecek IMEI-nya.

Cara Mudah Untuk Mengetahui IMEI VIVO & Keasliannya

Untuk mengetahui apakah HP VIVO yang akan dibeli asli atau tidak adalah dengan cara melihat nomor IMEI HP, lalu mengeceknya melalui situs imei.kemenperin.go.id. 

Setelah nomor IMEI dimasukkan, akan ada keterangan mengenai ponsel tersebut mulai dari nomor IMEI, perusahaan, merk hingga modelnya. Apabila keterangan tersebut sesuai dengan spek HP, maka bisa dikatakan HP tersebut asli.

Agar bisa melakukan pengecekan, maka orang harus mengetahui nomor IMEI HP terlebih dahulu. Jika sudah ada nomor IMEI-nya, maka tinggal memasukkannya ke dalam situs imei.kemenperin.go.id. 

Jika ada diantara Anda yang ingin tau nomer IMEI HP, maka berikut adalah beberapa caranya:

1. Tekan Nomor *#06#



Cara termudah pertama yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor IMEI adalah dengan menekan nomor *#06#. Nomor ini bisa melacak IMEI semua jenis HP, baik VIVO maupun iPhone. 

Untuk bisa mengetahui nomor IMEI ponsel, buka terlebih dahulu menu telepon. Selanjutnya, tekan *#06#. Nantinya akan muncul dua nomor IMEI ponsel tersebut.

Bagi yang menggunakan VIVO dual SIM, maka jangan kaget jika ada dua nomor IMEI. Sedangkan bagi yang menggunakan HP versi single SIM, maka yang keluar hanya 1 nomor IMEI saja. Jika sudah mendapatkan kode uniknya, silahkan cek di situs resmi kemenperin.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengaktifkan Kartu yang Terblokir Agar Bisa Digunakan Kembali

2. Membuka Menu Pengaturan



Cara lainnya untuk mengetahui nomor IMEI adalah membuka menu pengaturan. Di menu ini, para pemilik bisa melihat berbagai informasi mengenai HP tersebut, mulai dari model nomernya hingga kode IMEI. 

Pertama, bukalah menu pengaturan terlebih dahulu. Selanjutnya, pilihlah menu pengaturan lain yang biasanya berada di bawah sendiri.

Nantinya akan muncul beberapa opsi di dalam menu tersebut. Pilih menu yang memberikan informasi Tentang Ponsel. 

Setelah memilih menu tersebut, akan muncul informasi mengenai ponsel tersebut mulai dari model HP hingga nomer IMEI HP. 

Perlu diingat bahwa jika HP VIVO yang dimiliki dual SIM, maka seharusnya yang muncul 2 IMEI. Jika tidak, maka hal ini perlu dicurigai dan dipertanyakan kepada penjualnya.

3. Melihat Kardus HP



Bagi Anda yang ingin membeli HP baru, maka cara mengecek IMEI VIVO bisa dilakukan melalui kardusnya. 

Jadi, karena belum bisa membuka atau menyalakan HP, maka pembeli bisa melihat bagian belakang atau bawah kerdus. Sebelum membelinya, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu nomer IMEI tersebut melalui ponsel lain.

Jangan lupa untuk cek spek HP serta nomer IMEI tersebut pada situs imei.kemenperin.go.id. Pastikan tampilannya sesuai dengan informasi yang ada pada kardus HP. 

Selain itu, pastikan bahwa nomornya memang terdaftar secara resmi. Jika tampilannya tertulis tidak ada dalam database, maka bisa jadi ponsel tersebut palsu atau masuk ke blackmarket.

Info Menarik Lainnya : Cara Cek iPhone Ori Vs Palsu Dengan Mudah

Pentingnya Nomor IMEI

Selain mengetahui cara mengecek IMEI VIVO, para pemilik handphone juga sebaiknya mengetahui fungsi dan pentingnya kode unik ini. Selain menjadi identitas ponsel, IMEI juga bisa membantu orang melacak HP yang hilang. 

Untuk bisa melacak keberadaan ponsel, maka datanglah ke gerai operator seluler yang digunakan pada HP tersebut. Selanjutnya, informasikan nomor IMEI-nya untuk mengetahui lokasi terakhirnya pada saat menyala.

Nomor IMEI juga sangat penting untuk sinyal sebuah ponsel. Apabila IMEI tidak terdaftar, maka bisa jadi ponsel tersebut tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kinerja ponsel itu juga.

Daftarkan Nomor IMEI Untuk HP Dari Luar Negeri

Salah satu penyebab IMEI tidak terdaftar dalam situs imei.kemenperin.go.id adalah karena HP tersebut dibeli di luar negeri. Jika memang itu alasannya, maka segera daftarkan nomor IMEI tersebut melalui beacukai.go.id. Jadi pertama unduhlah aplikasi bea cukai di Play Store.

Selanjutnya, para pemilik HP harus mengisi data diri secara lengkap serta data HP yang dibeli. Pastikan untuk mengisi secara detail mengenai barang yang dibeli mulai dari merek, tipe hingga nomor IMEI-nya. Cara untuk melihat nomor IMEI dapat mengikuti cara yang telah dijelaskan diatas.

Jika sudah selesai, maka simpan formulir tersebut dan klik complete. Nantinya pengguna akan mendapatkan QR code dan registration ID. Terakhir, para pengguna harus ke kantor Bea Cukai dan melakukan scanning terhadap QR Code tersebut untuk mendapatkan persetujuan.

Melihat pentingnya nomor IMEI HP, maka pastikan mengetahui cara mengecek IMEI VIVO atau jenis HP lainnya. Selain bisa melihat keaslian HP, nomor IMEI bisa membantu melacak HP yang hilang. 

Dan bagi Anda yang membeli HP di luar negeri, maka pastikan untuk mendaftarkan nomor IMEI tersebut pada Bea Cukai.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "Cara Mengecek IMEI VIVO Untuk Mengetahui Keaslian HP"