Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Menghilangkan Malware di Android Dengan Mudah


Malware atau juga dikenal dengan virus seringkali menyerang berbagai perangkat termasuk HP Android. Sayangnya, pengguna sering kali tidak menyadari jika HPnya sudah terkena malware. Biasanya malware berasal dari aplikasi yang diunduh atau situs yang dikunjungi oleh pengguna sendiri. 

Nah ketika sebuah perangkat terkena malware, maka banyak hal yang bisa terjadi. Mulai dari HP menjadi lemot hingga pencurian data pribadi. Untuk menghindari hal ini, maka ada baiknya pengguna mengetahui cara menghilangkan malware di Android.

Salah satu tanda bahwa HP terkena malware adalah munculnya banyak iklan pop-up pada HP. Jika biasanya tidak ada iklan, namun tiba-tiba sering muncul iklan, maka bisa jadi HP terkena malware. 

Selain itu, biasanya baterai HP akan cepat habis atau boros meskipun tidak sering digunakan. 

Apabila tanda-tanda ini mulai muncul, maka ada baiknya pengguna mulai mempelajari cara menghilangkan malware di Android.

Yuk simak terus artikel ini hingga tuntas.

Cara Menghilangkan Malware di Android

Jika sudah muncul tanda-tanda diatas, ada baiknya pengguna langsung bertindak. Jangan dibiarkan saja karena efeknya bisa lebih panjang dan lebih parah nantinya. Untuk bisa menghilangkan malware atau virus lainnya pada HP Android, cobalah langkah-langkah mudah berikut.

1. Masuk ke Safe Mode

Cara ini tidak bisa menghilangkan malware, namun bisa mencegah penyebaran dan kerusakan yang terjadi sebelum menemukan cara yang tepat untuk menghilangkannya. Selain itu, cara ini hanya efektif jika HP benar-benar sudah terkena malware.

Untuk bisa masuk ke mode ini, pertama klik tombol power agak lama. Selanjutnya pilih Safe mode pada pilihan opsi yang muncul. 

Jika opsi tersebut tidak muncul, maka bisa jadi malware sudah memblokir pilihan tersebut. Untuk bisa memilihnya kembali, maka lakukan hard restart dengan menekan tombol power selama 10 detik.

2. Uninstall Aplikasi yang Mencurigakan

Salah satu sumber malware adalah dari aplikasi yang diunduh secara sembarangan. Jika pengguna pernah mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak jelas, maka bisa jadi itu adalah sumber malware. 

Oleh karena itu, cara termudah untuk menghilangkan malware adalah dengan menghapus dan uninstall aplikasi tersebut.

Cara untuk uninstall aplikasi dapat dilakukan dengan membuka menu Pengaturan terlebih dahulu.

Selanjutnya pilih menu Aplikasi dan carilah aplikasi yang mencurigakan tersebut. Kemudian klik aplikasi tersebut dan pilih opsi Uninstall. Ketika aplikasi tersebut sudah terhapus seharusnya malware juga hilang.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat IG Dark Mode Android Dari Aplikasi dan Setting

3. Menggunakan Antivirus

Cara termudah untuk mengamankan HP Android dari malware atau virus lainnya adalah menginstall anti-virus pada HP. Meskipun aplikasi yang satu ini tergolong berat bagi HP, namun aplikasi ini sangat memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga HP dari virus. 

Oleh karena itu, bagi yang suka mengunduh aplikasi secara bebas serta sering menggunakan browser, ada baiknya mengunduh dan menginstall antivirus.

Cara untuk menghilangkan malware bisa dilakukan dengan melakukan scanning secara rutin. Dengan melakukan scanning pengguna bisa mengetahui apakah ada malware atau virus yang masuk pada HP Android. 

Atau jika tidak ingin repot, pasang saja automatic scanning, dimana aplikasi akan melakukan scanning secara langsung dan menginformasikan secara langsung jika menemukan malware dan virus.

Salah satu aplikasi malware protection yang berguna untuk melindungi HP adalah Malwarebytes. 

Aplikasi ini menyediakan pilihan gratis dan premium untuk penggunanya. 

Pada aplikasi yang gratis, pengguna akan mendapatkan fitur untuk melakukan scanning hingga penghapusan virus. Sedangkan pada aplikasi yang premium, pengguna akan mendapatkan perlindungan lebih terutama pada saat online atau browsing.

Aplikasi lain yang tidak kalah bagus dan bisa mendeteksi file yang berbahaya adalah MalwareFox Anti-Malware. 

Jadi dengan mengunduh aplikasi ini, pengguna bisa lebih tenang ketika akan mengunduh atau membuka sebuah file. Jika file tersebut berbahaya, aplikasi akan memberikan notifikasi bahaya sehingga pengguna tidak perlu membersihkannya terlebih dahulu.

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak iPhone Tanpa iCloud Ternyata Bisa Dilakukan

4. Menghapus File yang Mencurigakan

Cara lain malware masuk ke dalam HP Android adalah melalui pengiriman atau pengunduhan dokumen dari sumber yang tidak jelas. Melalui File Manager, cobalah melihat kembali isi HP dan cek apakah ada file yang mencurigakan. 

Jika ditemukan file yang tidak jelas formatnya atau tidak diketahui asalnya, maka ada baiknya untuk langsung menghapusnya.

Pada umumnya file yang terserang malware tidak akan bisa dibuka. Meskipun begitu, ada baiknya pengguna tidak mencoba untuk membukanya karena bisa jadi malware akan menyebar ke bagian lain di ponsel.

Mencegah HP Terserang Malware

Meskipun ada beberapa cara menghilangkan malware di Android, namun tetap ada baiknya pengguna melakukan proteksi ekstra untuk menghindari hal ini terjadi. Karena menghilangkan malware terkadang tidak semudah dan membutuhkan antivirus yang berbayar.

Untuk menghindari HP terkena virus ada baiknya pengguna selalu mengunduh aplikasi dari sumber yang resmi seperti PlayStore. Usahakan untuk tidak mengunduh aplikasi atau file sembarangan terutama jika akan sering menggunakannya.

Selain itu, usahakan untuk menginstall aplikasi malware pada HP. Dengan menginstalnya pada HP, aplikasi akan otomatis bekerja dan melakukan scanning pada dokumen dan aplikasi di dalam HP. Dengan begitu, malware tidak akan menyebar dan merusak HP.

Jika memutuskan untuk tidak mengunduh aplikasi antivirus maka jangan lupa untuk berhati-hati ketika transfer data atau mengunduh data dari internet. 

Selain itu, usahakan untuk tidak membuka situs yang tidak aman dan memiliki banyak iklan pop-up. Dengan melakukan cara-cara ini, paling tidak HP bisa terhindari dari malware.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengganti Background Video di HP dengan Aplikasi

Itulah diatas beberapa cara menghilang malware di Android yang bisa dicoba oleh para pengguna terlebih dahulu. Uninstall aplikasi dan mengunduh aplikasi antivirus merupakan salah satu cara yang paling ampuh. 

Namun, jika kedua cara ini belum berhasil, maka ada baiknya untuk segera membawanya ke tukang servis agar HP tidak semakin rusak.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Malware di Android Dengan Mudah "