Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Ide dan Peluang Usaha Makanan Internasional, Simak Yuk!


Bidang kuliner masih jadi ceruk bisnis yang menarik untuk dikelola. Cenderung stabil menghadapi situasi apapun, membuat usaha ini tidak pernah sepi dan terus berkembang. Salah satunya adalah tentang bagaimana menemukan ide dan peluang usaha makanan internasional.

Orang Indonesia cenderung mudah menerima budaya baru dari luar terutama soal kuliner. Itulah sebabnya mengapa restoran-restoran yang mengusung konsep makanan internasional rata-rata bisa bertahan dan memiliki pelanggan setia. 

Jika ingin ikut bergabung di bisnis ini, bagaimana kira-kira menemukan ide dan menganalisa peluangnya? Simak artikel berikut ini, ya.

Peluang Usaha Makanan Internasional

Sejatinya, bisnis kuliner selalu memiliki peluang yang besar karena ini merupakan kebutuhan pokok manusia. Namun, untuk jenis makanan internasional, tentu berbeda segmen dan target pasarnya jika dibandingkan dengan menu makanan Indonesia sehari-hari. Pada ceruk ini, pasar terbagi lagi dan mengerucut ke target tertentu.

Pasalnya, tidak semua orang menyukai makanan internasional. Kemudian, kebutuhan mengonsumsi makanan internasional tidak sebesar makanan khas Indonesia yang umumnya lebih familiar di lidah orang Indonesia. 

Menikmati kuliner internasional merupakan bagian dari tren dan bukan kebutuhan pokok. Maka, orang-orang yang mengikuti tren inilah yang harus dijadikan target market.

Karena tergolong sebagai sebuah tren, maka perlu diketahui dulu akan menyasar segmen dan target seperti apa. 

Misalnya, ingin membuka restoran makanan korea, daripada langsung membuka, lebih baik lakukan asesmen dulu supaya bisa menghitung kapasitas baik anggaran maupun kemampuan menjalankannya.

Peluang untuk kuliner internasional sendiri masih terbilang besar di Indonesia. Beberapa jenis makanan internasional yang disukai orang Indonesia adalah makanan Jepang, western, Korea, Timur Tengah, serta China. 

Lalu bagaimana apabila ingin membuka restoran makanan negara lain? Boleh saja asalkan sudah dilakukan assessment sebelumnya tentang siapa target marketnya.

Ide Usaha Makanan Internasional

Membuka restoran makanan internasional memiliki gengsi tersendiri. Belum lagi orang Indonesia cenderung mudah menerima tren baru. Semakin unik maka semakin menarik. Apalagi jika didukung dengan eksposur yang baik, bukan tidak mungkin ide dan peluang makanan internasional yang dijalankan membuahkan keuntungan.

Lalu, apa saja ide makanan yang bisa dijajal? 

Berikut ini daftarnya:

1.  Makanan Jepang

Negara yang satu ini memiliki kulinernya sangat kaya dan beragam. Menariknya lagi, semuanya unik-unik tapi rasanya tidak terlalu “ekstrim” untuk orang Indonesia. Itu sebabnya, restoran Jepang rata-rata selalu ramai dikunjungi orang. 

Sebut saja salah satu restoran Jepang Sushi Tei yang fokus menjual sushi dan sashimi, tapi juga menyediakan menu lain seperti ramen yang selalu ramai pengunjung.

Nah, konsep ini bisa ditiru. Sushi sendiri sudah disukai oleh orang Indonesia karena rasanya memang enak. Beberapa restoran bahkan sudah memodifikasi sushi agar sesuai dengan budaya Indonesia dengan menambahkan rasa rendang, gulai, sate dan sebagainya.

Cobalah fokus dulu pada satu menu dari Jepang ini misalnya Takoyaki, sushi, soba, udon, atau menu lain yang belum ada sama sekali di Indonesia. Jangan takut, rata-rata makanan Jepang resepnya mudah dibuat karena tidak menggunakan banyak bumbu.

Info Menarik Lainnya : 7 Ide Usaha Makanan yang Mampu Bertahan Saat Masa Pandemi

2.  Makanan Western

Ini merupakan ide dan peluang makanan internasional paling banyak dipilih. Orang Indonesia cenderung menyukai menu-menu masakan barat karena rasanya yang lezat, variannya banyak, dan juga unik. Bisa dilihat banyak berapa banyak gerai burger, taco, sampai steak di Jakarta saja, belum kota-kota lain.

Makanan barat cenderung disukai karena orang Indonesia juga menyukai budaya barat. Budaya barat dianggap mewakili kemajuan, modernisasi, kebebasan serta segala hal yang baru. Oleh karena itu, makanan Eropa dan Amerika akan sangat menarik juga untuk orang Indonesia.

Beberapa menu yang bisa dicoba untuk dijual antara lain adalah aneka pasta, pizza, steak, taco, burger, sampai pada salad. Untuk kreasi resepnya, carilah yang paling unik. Referensi bisa ditemukan dengan mudah di internet atau dengan melihat menu-menu street food dari negeri Paman Sam.

3.  Makanan Korea

Sebagai budaya pop yang sedang merajai semua lini kehidupan, mencoba ide dan peluang makanan internasional dari Korea sangat layak dicoba. 

Apa sebab? 

Karena semua orang sedang gandrung akan K-Pop dan ingin menjajal semua yang berhubungan dengan negeri Ginseng ini. Terlebih lagi, kuliner dari Korea bisa diterima lidah orang Indonesia dengan baik.

Jika dirasa kewalahan untuk memiliki restoran besar yang menjual semua makanan khas Korea, bisa fokus pada satu menu dulu. Misalnya dengan menjual tteokbokki, odeng, gimbab, dakkochi, atau menu lain seperti sup khas korea yang lezat serta menyehatkan. 

Bisa dibilang, semua menu khas Korea sedang digandrungi. Para penggemar K-Pop ingin terlibat di dalam semua hal yang berhubungan dengan itu.

Info Menarik Lainnya : 10 Ide Usaha Kecil kecilan Dirumah yang Menguntungkan

4.  Makanan Timur Tengah

Sebagai negara yang mayoritasnya beragama muslim, orang Indonesia juga menggemari makanan dari jazirah Arab dan Timur Tengah. Keterkaitan dari segi religious membuat masyarakat mudah menerima kuliner dari daerah itu. Belum lagi rempah-rempah yang digunakan hampir sama dengan masakan di Indonesia.

Olahan seperti nasi kebuli, nasi biryani, nasi Maryam, kebab, sampai kepada kari kambing khas juga memiliki segmennya sendiri. Contohnya saja kebab yang seperti sudah jadi makanan harian orang Indonesia. 

Makanan dari daerah timur tengah digemari karena rasanya yang kuat, berempah, dan berbumbu. Nah, ini bisa jadi pilihan menu untuk restoran internasional, lho.

5.  Makanan India

Negara yang satu ini terbilang unik apalagi untuk urusan kulinernya. Restoran India di Indonesia memang belum banyak namun rata-rata masyarakat sudah familiar dengan makanan dari negeri Bollywood itu. 

Misalnya saja roti cane, kari, butter chicken, ayam tandoori, rogan josh, dan juga samosa. Rempah yang kuat dan beraneka ragam membuat masakan India memiliki rasa yang lezat.

Untuk di Indonesia sendiri, masyarakatnya juga cenderung bisa menerima budaya India dengan baik. Sebagai contoh, masakan India juga banyak diadaptasi ke menu-menu Indonesia oleh orang-orang yang tinggal di Aceh. Maka, jika ingin membuka restoran India, atau menjual makanan India, peluangnya cukup baik.

Info Menarik Lainnya : Raih Untung dari Kemitraan Usaha Frozen Food di Kala Pandemi

Bagaimana Agar Sukses?

Ide dan peluang usaha makanan internasional bisa dikelola jadi keuntungan asalkan dilakukan dengan benar. Hal pertama yang mesti dilakukan adalah menentukan siapa target marketnya. Ini penting untuk menakar strategi pemasaran, proses produksi, menentukan menu dan harga, serta juga konsep bisnisnya.

Setelah tahu siapa target marketnya, maka perlu dilakukan juga analisa terhadap kemampuan internal. Ini mencakup berapa modal yang dimiliki, bagaimana kualitas dan kapasitas sumber daya untuk melakukan produksi. Ini semua perlu dikaji supaya usaha restoran atau menjual makanan internasional bisa berjalan lancar.

Kemudian, riset terhadap menu-menu juga perlu dilakukan. Mengingat ini bukan makanan yang berasal dari negara lain, perlu dikondisikan agar rasa dan penyajian sesuai seperti di negara asalnya. Kalaupun dilakukan modifikasi, tetap perlu mempertahankan poin-poin keaslian masakan. Fokus pada satu jenis menu sangat disarankan untuk bisnis ini.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai ide dan peluang usaha makanan internasional. Usaha ini bisa sukses ketika dikelola dengan manajemen yang baik. Pasar selalu terbuka dengan segmen-segmen tertentu untuk setiap jenis menu. 

Selamat mencoba ya!

Post a Comment for "5 Ide dan Peluang Usaha Makanan Internasional, Simak Yuk!"