Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

10 Ide Usaha Kecil kecilan Dirumah yang Menguntungkan

Usaha kecil kecilan dirumah yang menguntungkan - Ada fenomena menarik selama pandemi covid 19 melanda Indonesia, yaitu munculnya pelaku usaha rumahan baru. Sistem kerja di rumah membuat orang banyak beraktifitas dari rumah.

Dan hal itu memunculkan ide tentang usaha kecil kecilan dirumah yang menguntungkan.

Selain itu, banyaknya karyawan yang dirumahkan membuat mereka harus memutar otak untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga. Membuka usaha dari rumah adalah salah satu cara tetap survive di masa pandemi ini. Walaupun sebagai sampingan, ternyata usaha dari rumah harus dijalankan dengan perhitungan dan perencanaan yang tepat, lho.

Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

Hal-hal Penting Sebelum Membuka Usaha di Rumah

Banyaknya waktu di rumah seringkali memunculkan niat untuk membuka usaha sendiri. Dengan memanfaatkan rumah sebagai tempat usaha maka usaha bisa semakin mudah dijalankan. Namun, sebelum terjun membuka usaha, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Tentunya, ini agar usaha kecil bisa menguntungkan.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah karakteristik lingkungan tempat tinggal.

Ini penting untuk dianalisis karena menentukan usaha apa yang cocok dijalankan. Misalnya, lingkungan tempat tinggal didominasi oleh pasangan muda dengan anak satu atau dua. Maka usaha yang dijalankan tentu yang bisa memenuhi kebutuhan segmen pasar ini.

Selanjutnya, pertimbangkan juga daya beli dan tren konsumsi lingkungan rumah.

Jika tingga di lingkungan ekonomi menengah ke bawah, maka menjual produk yang harganya cocok untuk ekonomi menengah ke atas tentu tidak tepat. Jadi, perhatikan juga daya beli dan karakteristik lingkungan tempat tinggal.

Tetapi, jika produk ditujukan juga untuk konsumen di luar lingkungan rumah karena nantinya akan dijual online misalnya, maka tetap juga harus memperhatikan segmen pasar sasarannya. Segmen pasar seperti apa yang akan dijadikan target pemasaran produk.

Dengan memperhatikan hal-hal ini, akan lebih mudah bagi seseorang untuk menjalankan usaha walaupun dari rumah. Kenali dulu konsumen yang akan disasar, baru putuskan akan menjual produk seperti apa. Memang untuk melakukan analisa ini gampang-gampang susah, namun efeknya akan baik untuk usaha yang dijalankan.

Usaha Kecil kecilan Dirumah yang Menguntungkan

Mari asumsikan sudah mengetahui siapa target pasar dari segmen-segmen pasar yang ada. Setelah mengetahui, berikut ini adalah pilihan usaha kecil dari rumah yang bisa dijalankan selama pandemi dan mendatangkan keuntungan:

1. Menjual Sarapan

 
10 Ide Usaha Kecil kecilan Dirumah yang Menguntungkan

Pagi hari adalah saat-saat yang melelahkan untuk para istri dan ibu. Untuk itu, membuka usaha sarapan pagi sangat potensial dijalankan di lingkungan rumah. Tentu saja untuk menjalankan usaha ini harus memiliki keahlian memasak. Jika rasa makanan enak dan harganya terjangkau, maka keuntungan usaha ini cukup besar. Pastikan makanan diolah dengan higienis, ya.

Baca Juga : Usaha Makanan Kecil kecilan: Modal Kecil Untung Besar

2. Usaha Dropship

 

10 Ide Usaha Kecil kecilan Dirumah yang Menguntungkan

 

Sebagai pemula, dropship bisa dibilang yang paling cocok. Pasalnya, dropshipper tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali untuk kulakan barang. Ditambah lagi, usaha menjadi dropshipper sangat mudah dijalankan karena semua konten promosi dibuat oleh pemilik produk. Dropship hanya “membantu” menjualkan saja. Bahkan, tidak perlu melakukan pengiriman. Menarik, bukan?

2. Agen Pembayaran Online (PPOB)

 

10 Ide Usaha Kecil kecilan Dirumah yang Menguntungkan

 

Pandemi virus corona membuat orang tidak bisa bebas pergi ke bank atau ATM untuk melakukan transaksi keuangan. Untuk itulah ini menjadi sebuah peluang usaha. Dengan menjadi agen pembayaran online, maka bisa membantu masyarakat sekitar membayar tagihan atau transaksi keuangan lain. Cara menjadi agen PPOB cukup mudah dan bisa dilakukan tanpa modal.

3. Menjual Paket Data dan Pulsa

 

10 Ide Usaha Kecil kecilan Dirumah yang Menguntungkan

 

Walaupun usaha ini sudah menjamur, namun bertambahnya pengguna ponsel membuat pasar dari usaha ini selalu ada. Ditambah lagi orang semakin mencari hal yang praktis dan mudah. Dengan membuka usaha penjualan paket data dan pulsa di rumah, maka bisa membantu tetangga dan masyarakat sekitar ketika ingin membeli paket data atau pulsa. Keuntungan dari usaha ini juga lumayan.

Baca Juga : Usaha Jual Pulsa Di Rumah, Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan

4. Usaha Sembako

 

10 Ide Usaha Kecil kecilan Dirumah yang Menguntungkan

 

Sembako adalah barang dagangan yang pasti dicari orang. Jika lahan di rumah memungkinkan, maka usaha ini sangat potensial. Apalagi jika harga yang diberikan bersaing atau bahkan lebih murah. Agar bisa mendapat harga kulakan murah, maka kulakanlah di agen besar. Keuntungan dari usaha ini cukup besar karena perputaran barang termasuk cepat.

Baca Juga : Berapa Modal Usaha Sembako? Dan Apa Saja Tips Suksesnya? Yuk Kita Ulas

6. Franchise Minuman

 

10 Ide Usaha Kecil kecilan Dirumah yang Menguntungkan

 

Jika di lingkungan rumah terdapat banyak anak kecil maka usaha franchise minuman cukup potensial. Selain itu, usaha ini bisa juga dipasarkan melalui aplikasi Gojek atau Grab jika ingin menjangkau target pasar yang lebih besar. Pilih minuman yang sekiranya disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Contohnya adalah minuman boba aneka rasa berbasis powder.

7. Usaha Menjual LPG dan Air Minum

 

10 Ide Usaha Kecil kecilan Dirumah yang Menguntungkan

Seperti usaha sembako, menjual LPG dan air minum galon sudah banyak dijalankan. Namun tidak dapat dipungkiri usaha ini memang potensial. Apalagi jika di lingkungan perumahan baru ada satu atau dua penjual. Agar memiliki value lebih, berikan pelayanan yang lebih baik misalnya memberikan jasa antar jemput. Selain itu, usahakan ramah pada konsumen agar mereka puas dan kembali membeli.

Baca Juga : Peluang Usaha Minuman Unik Kekinian

8. Menjual Makanan Hewan Peliharaan

 

10 Ide Usaha Kecil kecilan Dirumah yang Menguntungkan
 

Jika lokasi rumah strategis misalnya di blok depan perumahan yang dekat dengan akses jalan utama, maka usaha ini cukup potensial. Saat ini, di lingkungan perumahan banyak orang yang memiliki hewan peliharaan. Untuk itulah menjual pakan hewan peliharaan sangat potensial. Apalagi usaha ini juga bisa dipasarkan melalui e-commerce sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Baca Juga : Mau Merintis Bisnis Pet Shop? Ikuti Langkah Berikut Ini

9. Menjual Frozen Food

 

10 Ide Usaha Kecil kecilan Dirumah yang Menguntungkan

 

Ternyata, usaha menjual frozen food tidak melulu memerlukan modal yang besar. Modal awal hanyalah untuk membeli freezer dan kulakan frozen food. Bahkan, produk bisa didapatkan dengan sistem konsinyasi. Permintaan akan frozen food selama pandemi meningkat membuat menjual produk ini termasuk dalam usaha kecil kecilan dirumah yang menguntungkan.

Baca Juga : Raih Untung dari Kemitraan Usaha Frozen Food di Kala Pandemi

10. Jasa Copywriter 

 

Jika memiliki keahlian dalam menulis, maka usaha ini bisa dijadikan usaha kecil kecilan dirumah yang menguntungkan. Bergabunglah dengan situs-situs jasa penulisan dan dapatkan order menulis di sana. Walaupun deadline kadang ketat, namun tetap saja usaha ini sangat layak dijalankan dari rumah dan menguntungkan.

Baca Juga : Tips dan Cara Menjadi Penulis yang Handal

Tantangan Usaha Kecil-kecilan di Rumah

Walaupun mudah dijalankan namun tidak jarang usaha kecil yang dijalankan di rumah gulung tikar. Tantangan utamanya adalah perencanaan dari pelaku usaha itu sendiri. Bisnis walaupun skalanya kecil, jika dikelola dengan perencanaan jangka panjang maupun jangka pendek yang baik tentu akan menguntungkan.

Selain itu, promosi dan sumber daya juga menjadi tantangan tersendiri. Usaha kecil biasanya terbatas akan sumber daya. Promosi yang gencar berpotensi mendatangkan orderan yang banyak. Jika sumber daya tidak memadai maka orderan tidak dapat dipenuhi tepat waktu. Maka, pastikan dulu kapasitas produksi yang ada, baru buat program promosi yang tepat.

Itulah tadi contoh dari usaha kecil kecilan dirumah yang menguntungkan beserta tipsnya. Tetaplah berinovasi untuk mempertahankan dan menambah konsumen. Jika tidak bisa berinovasi pada produk, maka berinovasilah pada layanan. 

Jangan pernah takut untuk mencoba ya, semangat!

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "10 Ide Usaha Kecil kecilan Dirumah yang Menguntungkan"