Postingan Unggulan

25 Panduan Cara Jual Pulsa Online Yang Benar Dan Menguntungkan

Usaha Jual Pulsa Di Rumah, Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan

Di zaman yang sudah serba modern seperti sekarang ini, perangkat smartphone bisa dipastikan telah dimiliki oleh hampir semua orang. Setidaknya di dalam sebuah keluarga pasti sudah ada beberapa orang dewasa yang menggunakan smartphone sebagai alat komunikasinya.

Jika banyak orang yang memiliki smartphone, tentu jadi berbanding lurus dengan orang-orang yang membutuhkan pulsa. Itu tentu sudah otomatis bukan?

Logikanya buat apa punya smartphone tapi tidak ada pulsanya? 😁

Nah, berdasarkan fakta diatas itulah yang kemudian dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk membuka usaha jualan pulsa di rumahnya. Tentu mereka ini termasuk orang-orang yang jeli membaca peluang tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan pulsa semua  kalangan masyarakat yang permintaannya selalu meningkat setiap hari inilah, maka bisnis rumahan jualan pulsa juga semakin marak muncul.

Mengapa Orang Memutuskan Untuk Buka Usaha Jualan Pulsa Di Rumah?

Sebenarnya banyak pilihan tempat usaha yang bisa digunakan untuk berjualan pulsa, misalnya di kios, toko, atau ruko. Namun buka usaha jual pulsa di rumah dianggap pilihan yang lebih bagus bagi sebagian orang.

Ada beberapa alasan tertentu yang membuat sebagian orang lebih memilih mendirikan usaha ini di rumahnya saja. 


Usaha Jual Pulsa Di Rumah, Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan
Ilustrasi Transfer Pulsa.

Inilah alasan-alasan yang tersebut:

Modalnya terbatas (kecil). 


Bisnis jual pulsa di rumah ini merupakan  peluang bisnis bagi orang-orang yang modalnya kecil. Karena jika dia buka usaha jual pulsa di rumah, maka biaya modal yang perlu dikeluarkan tidak-lah besar. Dia hanya perlu menyiapkan modal untuk biaya deposit pulsa dan biaya untuk promosi saja.

Dengan demikian, maka peluang bisnis pulsa ini cukup menjanjikan baginya. Sebab dengan modalnya yang kecil itu, tapi berpotensi untuk mendapatkan laba yang lumayan. Selain itu bisnis pulsa ini perputaran cashflow-nya juga tergolong cepat.

Tidak perlu keluar biaya untuk sewa tempat. 


Menjual pulsa di rumah sudah pasti tidak membutuhkan biaya sewa tempat. Ini tentu saja, karena transaksinya bisa dilakukan di rumah saja. Pada bisnis jual pulsa di rumah ini biasanya para pelanggan-lah yang akan datang langsung ke rumah. Sehingga Anda tidak perlu menyewa kios, toko, ruko, atau bangunan lainnya untuk tempat konter pulsa Anda.

Sangat mudah dikelola. 


Bisnis ini sangat mudah dikelola. Hanya saja memang dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam menjalankannya. Sebab laba yang diperoleh memang terbilang masih kecil bagi pemula. Namun jika dikelola dengan baik dan benar, maka bisa segera balik modal, dan juga mampu memperoleh laba yang lebih besar.

Kuncinya adalah pada pencatatan pembukuan yang benar.

Pelanggan datang sendiri. 


Alasan berikutnya mengapa lebih baik melakukan bisnis jual pulsa di rumah adalah karena tidak perlu menjemput pelanggan. Biasanya para pelanggan yang akan datang sendiri.

Peluang menjanjikan. 


Jika membicarakan soal peluang bisnis pulsa rumahan ini, maka terbilang cukup menjanjikan. Karena pulsa ini termasuk jenis produk yang akan selalu dibutuhkan oleh semua orang di sekitar rumah Anda.

Bisnis ini bahkan memiliki peluang untuk terus eksis di sepanjang zaman.

Berbagai alasan di atas sering kali menjadi latar belakang mengapa usaha jualan pulsa di rumah lebih dipilih orang. Apalagi bagi beberapa orang, ada yang merasa lebih cocok untuk berjualan pulsa di rumahnya saja dibandingkan dengan tempat lain.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Bisnis Pulsa All Operator Untuk Pemula

Siapa Saja Yang Cocok Melakukan Usaha Jual Pulsa Di Rumah?

Kelompok yang seperti apa yang cocok melakukan bisnis jual pulsa di rumah? Jawabannya adalah orang-orang yang tidak bisa pergi jauh-jauh dari rumah, atau bisa juga karena modalnya terbatas (tidak punya biaya untuk menyewa toko).

Beberapa kelompok yang sangat cocok dengan bisnis ini adalah seperti di bawah ini:


Ibu rumah tangga. 


Kelompok ibu rumah tangga akan sangat cocok dengan peluang bisnis jual pulsa di rumah. Karena pada umumnya ibu rumah tangga itu dalam sehari-harinya selalu di rumah, yaitu untuk mengurus anak.

Ada sebagian ibu rumah tangga yang membutuhkan pemasukan, namun dia ingin usahanya itu bisa dilakukan sembari menjaga anak-anaknya di rumah. Nah, oleh karena itu ibu rumah tangga akan sangat cocok untuk melakukan usaha jualan pulsa dari rumah ini.

Mahasiswa.


Kelompok berikutnya yang cocok melakukan usaha menjual pulsa rumahan ini adalah mahasiswa.

Hal ini karena seorang mahasiswa memiliki keterbatasan waktu dalam melakukan pekerjaan, oleh sebab itu sangat cocok dengan peluang bisnis ini.

Selain itu, bisnis pulsa rumahan ini tidak membutuhkan modal yang besar, sehingga cocok dengan kantong mahasiswa.

Seorang pensiunan.


Para pensiunan yang sebagian besar usianya sudah tidak muda lagi, tetapi dia  masih membutuhkan pemasukan tambahan, maka usaha ini cocok untuk dilakukannya. Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk bisnis pulsa rumahan ini juga kecil dan sesuai dengan keadaan keuangan pensiunan.

Pemilik toko. 


Para pemilik toko juga bisa melakukan bisnis ini dari rumah sembari menjaga toko miliknya.

Jadi bisnis pulsa yang dilakukan dari rumah ini tidak membutuhkan tempat tambahan, karena lokasinya bisa dijadikan satu dengan toko.

Itulah beberapa kelompok yang sangat cocok dengan peluang bisnis pulsa rumahan ini (karena keterbatasan modal dan keterbatasan waktu mereka).

Namun sebenarnya siapa pun bisa melakukan bisnis pulsa dari rumah ini asalkan tahu cara melakukannya dengan benar.

Nah, bagaimanakah langkah dan cara bisnis pulsa di rumah? Jawabannya akan dijelaskan secara singkat di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya : 25 Panduan Cara Jual Pulsa Online Yang Benar Dan Menguntungkan

Bagaimana Cara Usaha Jual Pulsa Di Rumah?


Melakukan bisnis apa pun memang harus tahu caranya, agar bisa berjalan lancar dan tanpa mengalami hambatan. Untuk memulai usaha jual pulsa di rumah, maka Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah untuk memulai bisnis ini adalah sebagai berikut:


1. Siapkan Tempat Berjualan.

Untuk memulai sebuah bisnis tentu saja harus menyediakan tempat, meskipun hanya dilakukan di rumah saja.

Menyediakan tempat yang dimaksudkan disini adalah; menyiapkan bagian rumah mana yang akan digunakan untuk melakukan bisnis jualan pulsa nantinya.

Tidak perlu membuka toko atau memasang rolling door. Anda cukup siapkan etalase atau sebuah meja saja sebagai tempat melakukan transaksi penjualan pulsa. Dengan demikian, maka orang-orang akan melihat bahwa di rumah Anda kini sudah ada sebuah bisnis baru, yaitu menjual pulsa.

2. Siapkan HP Dan Sim Card Tersendiri.

Setelah menyiapkan tempat di rumah, maka selanjutnya adalah menyiapkan sebuah Hp, lengkap dengan sim card khusus untuk berjualan.

Jangan campur adukan Hp dan nomor hp untuk berjualan dengan nomor pribadi, karena ini bisa menyebabkan kebingungan.

Jika HP dan sim card dibedakan dengan HP dan nomor Hp pribadi, maka pelayanan penjualan pulsa juga lebih cepat serta tidak ada yang terlewat. Tujuannya memang untuk memberikan pelayan terbaik bagi pelanggan dan pembeli pulsa di rumah Anda.

3. Siapkan Modal Awal Yang Dibutuhkan.

Jangan lupa untuk menyiapkan modal awal berupa uang atau tabungan, karena bagaimanapun berjualan pulsa tetap membutuhkan uang untuk melakukan deposit. Namun untuk bisnis pulsa rumahan tidak membutuhkan modal awal yang terlalu besar. Karena hanya dibutuhkan modal untuk melakukan deposit atau top up saldo pulsa. 

4. Pasang Tulisan Atau Banner.

Anda bisa memasang tulisan berupa poster atau banner didepan rumah Anda. Hal ini bertujuan untuk memberitahu para tetangga bahwa dirumah Anda kini sudah ada usaha menjual pulsa. Pemasangan poster dan banner ini juga termasuk salah satu strategi promosi untuk menarik perhatian orang yang sedang lewat di depan rumah Anda.

Jika melihat poster atau banner yang dipasang maka akan mengetahui jika ada tempat penjualan pulsa di rumah tersebut. Degan demikian tidak menutup kemungkinan orang yang lewat tersebut akan tertarik dan membeli pulsa di rumah tersebut.

5. Siap Berjualan Pulsa Di Rumah.

Jika semua yang disebut di poin-poin sebelumnya sudah dilakukan maka proses selanjutnya adalah siap memulai berjualan pulsa. Jika orang sekitar rumah dan orang yang lewat di depan rumah sudah mengetahui jika ada tempat menjual pulsa.

Maka selanjutnya adalah siap-siap untuk menerima pembelian pulsa dari orang-orang tersebut. Sebagai pemilik kios harus sudah siap untuk mulai berjualan dan melakukan transaksi penjualan pulsa dari rumah.

Nah, itulah cara untuk memulai bisnis pulsa dari rumah agar bisa berjalan sesuai harapan. Jika memulai bisnis dengan cara yang tidak tepat maka hasil maksimal tidak akan bisa diperoleh. Namun meski pun sudah melakukan cara yang tepat seperti di atas terkadang masih saja ada kendala yang harus dihadapi di tengah perjalanan usaha pulsa.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Berbisnis Pakaian Di Rumah Bagi Pemula

Kendala Membuka Usaha Jual Pulsa Di Rumah.


Untuk para pelaku usaha bisnis pulsa di rumah yang baru memulai atau yang sudah berjalan harus mengetahui beberapa kendala yang mungkin dihadapi. Mengapa harus mengetahuinya karena agar bisa mengatasinya bila nanti mengalaminya.

Berikut ini adalah kendala-kendala yang mungkin harus dihadapi:


Keuntungan tidak seberapa. 


Bisnis pulsa rumahan memang memberikan keuntungan tidak seberapa jika dilihat per-item yang dijual. Namun jika keuntungan demi keuntungan diakumulasi maka akan menghasilkan total keuntungan yang lumayan.

Banyak pembeli yang nge-bon. 


Selain keuntungan yang tidak seberapa jual pulsa di rumah itu jika memiliki kendala lain yaitu sering dibon. Hal ini karena jualan pulsanya di rumah yang beli juga warga sekitar rumah, sehingga tidak sungkan melakukan bon. Jika hal ini terjadi terus-menerus maka modal awal yang digunakan bisa-bisa akan habis dan tidak bisa balik modal.

Uang usaha bisa tercampur aduk. 


Bisnis pulsa rumahan juga sering menyebabkan uang bisnis dan uang rumah (pribadi) tercampur aduk. Jika hal ini terjadi maka akan menjadi kendala terbesar yang bisa menyebabkan usaha pulsa yang dijalankan tidak bisa berkembang.

Sangat menyusahkan memang jika harus mengalami kendala seperti di atas, namun sebagai pelaku bisnis memang harus siap dengan segala kendala. Jangan takut untuk melakukan bisnis karena kendala bisa diatas dengan rahasia sukses untuk usaha jual pulsa di rumah.

Artikel Menarik Lainnya : 10 Usaha Modal 3 Juta Dengan Omset Yang Menggiurkan (Plus Tipsnya)

Rahasia Sukses Usaha Jual Pulsa Di Rumah.


Untuk mendapatkan bisnis yang sukses bukanlah hal yang mudah tetapi butuh perjuangan dan cara yang tepat. Semua kesuksesan bisnis tidak bisa didapatkan secara instan tetapi melalui tahapan yang benar dan sesuai aturan.

Di bawah ini adalah rahasia sukses untuk menjadi pengusaha pulsa rumahan yang bisa dilakukan:


1. Pilih Dealer Pulsa Terpercaya.

Agar bisnis pulsa yang dilakukan disukai pelanggan dan berakhir dengan kesuksesan maka jangan sampai salah memilih dealer. Saat awal memulai bisnis harus memilih dealer pulsa yang terpercaya dan memiliki record transaksi yang baik.

Bukan dealer yang memiliki kecepatan transaksi lambat yang menyebabkan banyak komplain dari pelanggan karena pulsa yang dibeli tidak segera masuk. Kecepatan transaksi penjualan pulsa sepenuhnya memang tergantung pada dealer atau server yang dipilih.

2. Tetapkan Harga Jual Sesuai Pasaran.

Setelah memilih dealer atau server yang tepat maka selanjutnya adalah menetapkan harga jual yang sesuai pasaran. Artinya dalam menetapkan harga jual bukan memikirkan keuntungan yang diinginkan semata tapi juga harus menyesuaikan dengan pasar.

Jangan sampai harga jual yang ditetapkan terlalu murah atau terlalu mahal, hal ini akan berakibat buruk pada penjualan. Jika terlalu murah maka kios lainnya akan protes dan jika terlalu mahal maka jualan pulsanya tidak akan laku.

3. Maksimalkan Promosi Lewat Media Sosial.

Meski pu berjualan pulsanya hanya dari rumah tetapi promosi bisa dari mana saja, contohnya bisa menggunakan media sosial. Jika memiliki akun media sosial bisa digunakan untuk melakukan promosi penjualan pulsa dari rumah. Dengan demikian tetangga atau teman-teman akan tahu jika sedang menjalankan bisnis pulsa di rumah meski pun tidak memasang iklan.

4. Deposit Selalu Siap Setiap Waktu.

Pulsa adalah kebutuhan yang mendesak karena jika sampai habis maka pemilik handphone tidak akan bisa melakukan apa-apa. Nah pulsa ini tidak bisa diprediksi kapan akan habis karena tarifnya juga tidak terlalu jelas maka bisa habis sewaktu-waktu tanpa diketahui sebelumnya.

Dengan demikian sebagai penjual pulsa rumahan harus selalu sedia deposit meski pun sedikit agar tidak mengecewakan pelanggan. Jika deposit selalu ada maka pelanggan yang membutuhkan pulsa mendadak pun bisa terpenuhi.

5. Lakukan Pembukuan Transaksi.

Kunci sukses dari sebuah bisnis adalah pembukuan yang professional, meski pun hanya bisnis rumahan tetapi pembukuan tetap harus dilakukan. Lakukan penulisan transaksi dengan benar dan terperinci agar bisa dilakukan pencocokan dengan data digital. Jika transaksi tercatat dengan baik maka laba atau rugi bisa terekam dengan baik da pemilik bisnis bisa mengetahui posisi usahanya.

6. Beri Harga Khusus Bagi Pelanggan.

Menjual pulsa dari rumah pasti pembeli yang banyak adalah yang ada di sekitar rumah, bahkan ada dari mereka yang menjadi pelanggan tetap. Sebagai bukti pelayanan yang baik maka seharusnya memberikan harga khusus bagi pelanggan setia untuk menciptakan pelanggan yang loyal. Meski pun beda harganya hanya sedikit namun pelanggan sudah pasti gembira dengan perlakukan spesial kepadanya.

7. Beri Pelayanan Yang Ramah.

Berilah pelayanan yang ramah kepada pelanggan atau pembeli yang datang untuk membeli pulsa. Pelayanan yang ramah bisa diwujudkan dari tutur kata yang sopan dan menghargai kepada pembeli.
Jangan lupa mengucapkan terima kasih setiap selesai transaksi sebagai bentuk penghargaan terhadap pembeli. Dengan perlakuan yang ramah seperti itu maka pembeli akan senang dan selalu kembali untuk membeli pulsa di tempat yang sama.

8. Semua Transaksi Harus Bayar Cash.

Jika merasa tidak enak untuk mengatakan harus cash kepada pembeli yang berasal dari sekitar rumah, maka tulis saja jika transaksi harus dibayar cash. Dengan demikian tidak akan ada yang berani bon untuk mendapatkan pulsa lebih dulu dan bayar belakangan. Ini penting dilakukan untuk mengatakan bahwa tidak menerima bon karena demi berlangsungnya bisnis agar tidak segera bangkrut.

9. Terima Reseller Atau Agen.

Untuk mempercepat laju transaksi maka terimalah jika ada orang yang ingin menjadi reseller atau agen dengan begitu akan lebih banyak transaksi. Dengan adanya agen atau reseller maka akan membuat bisnis pulsa semakin cepat maju karena akan lebih banyak jumlah pembelinya. Mungkin keuntungan yang diperoleh lebih kecil namun jumlah transaksi akan lebih banyak dari biasanya. Hal ini jika dilakukan akumulasi maka tetap saja hasil akhirnya keuntungannya akan lebih besar.

10. Lakukan Perluasan Usaha.

Jika sudah kembali modal dan memiliki reseller atau agen maka saatnya untuk melakukan perluasan modal. Dimulai dari bisnis rumahan keuntungan yang diperoleh bisa digunakan untuk merambah dunia online atau cara penjualan pulsa lainnya. Dengan begitu usaha jual pulsa di rumah akan semakin berkembang dan menjadi lebih maju serta memberikan keuntungan yang semakin banyak.

Artikel Menarik Lainnya : 10 Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Karyawan

Demikianlah penjelasan panjang lebar tentang usaha jual pulsa di rumah mulai dari peluang hingga rahasia suksesnya. Itu adalah bisnis pulsa yang bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan rumah serta bisa dijadikan pilihan usaha sampingan.

Bisnis apa pun jika dikelola dengan baik maka akan menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan bagi pemiliknya begitu juga jual pulsa di rumah.

Semoga dapat bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Usaha Jual Pulsa Di Rumah, Bisnis Modal Kecil Yang Menjanjikan"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel