Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Mau Merintis Bisnis Pet Shop? Ikuti Langkah Berikut Ini

Kini pemilik hewan peliharaan lebih memperhatikan kesehatan hewan peliharannya dibandingkan pada masa dahulu. Kecintaan akan hewan peliharaan juga tercermin dari bagaimana mereka memperlakukan hewan peliharaan. Misalnya, mulai dari memberikan vaksin sampai mengajaknya ke salon. Adanya peningkatan awareness terhadap hewan peliharaan ini menjadi peluang bagi pengusaha untuk merintis bisnis pet shop.

Namun, bisnis pet shop tentunya sangat berbeda dengan bisnis lainnya karena bisnis ini berkaitan erat dengan nyawa yang begitu berharga. Oleh karena itu, jika ingin merintis bisnis ini, perlu dipersiapkan matang-matang segala halnya. Tentu alangkah baiknya jika Anda mengetahui seperti apa peluang usaha pet shop itu. Simak selengkapnya di bawah ini:


Peluang Bisnis Pet Shop


Mau Merintis Bisnis Pet Shop Ikuti Langkah Berikut Ini
Ilustrasi salah satu toko Pet Shop.

Salah satu trend yang kini sedang naik daun adalah trend memelihara hewan peliharaan. Bahkan, kini hewan peliharaannya pun sangat beragam, tidak hanya hewan kecil seperti kucing atau anjing saja. Beberapa orang mulai memelihara hewan eksotis untuk dipelihara, seperti sugar glinder, landak mini, love bird, dan lain sebagainya.

Selain itu, mereka yang memelihara pun kini rela menghabiskan banyak uang hanya untuk mengurus hewan peliharan kesayangannya. Tak jarang mereka memperlakukan hewan peliharaan seperti anggota keluarga mereka sendiri. Hal inilah yang bisa dijadikan peluang bagi pengusaha, yaitu mulai merintis usaha pet shop.

Dengan adanya minat sebagian orang memelihara hewan peliharaan dan adanya kesadaran akan kesehatan hewan peliharaan, usaha pet shop cukup menjanjikan. Terlebih lagi usaha pet shop sangat banyak jenisnya, mulai dari yang hanya menjual makanan, aksesoris/perlengkapan hewan, salon hewan, sampai praktik dokter hewan.

Banyaknya jenis bisnis pet shop yang ditawarkan membuat peluang bisnis ini begitu menggiurkan. Terlebih lagi bisnis ini memiliki target market yang luas, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa kini memelihara hewan. Namun, sebelum meyakinkan diri untuk merintis usaha pet shop, sebaiknya ketahui dulu hal-hal yang perlu dipersiapkan.
Info Menarik Lainnya : Memulai Bisnis Pakan Burung Dan Tips Supaya Untung Besar

Langkah yang Perlu Dilakukan Jika Ingin Memulai Bisnis Pet Shop

Pengusaha pet shop sebaiknya mempersiapkan usaha pet shop yang dirintis dengan baik, meskipun pet shop sendiri memiliki target market yang luas dan jenis yang beragam. Hal ini karena usaha pet shop sangat berbeda dengan bisnis pada umumnya.

Berikut ini adalah 7 langkah yang perlu dilakukan jika ingin merintis bisnis pet shop:

1. Menentukan Jenis Layanan Dan Produk Yang Akan Dijual

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memulai usaha pet shop yaitu menentukan jenis layanan. Pasalnya, usaha pet shop memiliki banyak sekali jenisnya, mulai dari menjual kebutuhan/makanan hewan, aksesoris, salon, hingga penitipan hewan.

Maka, penting bagi pengusaha pet shop untuk memutuskan jenis layanan apa saja yang ingin ada di pet shop. Namun, alangkah baiknya jika sebuah pet shop bisa memiliki one-stop-service atau memiliki beberapa jenis layanan. Hal ini karena dengan banyaknya layanan, tentu akan memperbesar target pasar.

Selain itu, tentukan juga jenis hewan apa yang bersedia untuk diperiksa atau dititipkan. Pasalnya, ada pet shop yang hanya fokus pada hewan kecil saja seperti kucing dan anjing, atau hewan eksotis, seperti ular atau kelinci. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi pemilihan tenaga kesehatan dan juga peralatan pet shop.

Jika Anda juga menjual produk makanan hewan, maka sediakanlah jenis makanan dengan merek yang sudah populer. Dengan menerapkan tips ini, maka pet shop Anda akan berpeluang ramai dikunjungi oleh para pecinta hewan perliharaan.

Mau Merintis Bisnis Pet Shop Ikuti Langkah Berikut Ini
Ilustrasi Wishkas, salah satu produk terlaris di Pet Shop.

2. Merencanakan Manajemen Bisnis dan Keuangan

Pengusaha pet shop penting untuk memiliki rencana manajemen bisnis yang baik untuk membantu bisnisnya agar selalu berada dalam jalurnya. Selain itu, manajemen bisnis juga berguna untuk memperkirakan kemana arah usaha pet shop tersebut akan berjalan. Misalnya, menentukan tarif dari tiap layanan, jam operasional, dan lain sebagainya.

Selain manajemen bisnis, pengusaha pet shop juga perlu memiliki manajemen keuangan yang baik. Hal ini tentu saja agar pet shop yang dijalankan akan lebih mudah maju dan juga berkembang.
Info Menarik Lainnya : Peluang Bisnis Ikan Hias, Omset Besar Dan Menguntungkan

3. Mempersiapkan Lokasi Pet Shop

Kini bisnis pet shop lebih mudah ditemukan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu, bagi pengusaha pet shop, hendaknya pilihlah lokasi pet shop yang strategis dan mudah untuk diakses bagi pelanggan. Selain itu, pilih juga lingkungan pet shop yang kondusif, seperti jauh dari kebisingan agar hewan terhindari dari stress.

Lokasi pet shop juga hendaknya jauh dari tempat makan, perkantoran, ataupun pasar karena kondisinya kurang kondusif. Pilihlah lokasi pet shop yang bersih agar memberikan kenyamanan pada hewan dan juga pelanggan. Kemudian, kebersihan lokasi juga akan berpengaruh pada kesehatan hewan.

4. Meminta Izin Lingkungan Setempat

Salah satu hal yang memberi kesuksesan bisnis pet shop adalah adanya dukungan dari lingkungan setempat. Jadi, setelah mendapat lokasi yang strategis dan mudah diakses, hendaknya pengusaha pet shop meminta izin lingkungan setempat untuk menghindari adanya konflik.

Pasalnya, tidak semua orang nyaman berada di dekat hewan dan untuk menghargai lingkungan sekitar. Sebelum meminta izin ke lingkungan setempat, sebaiknya meminta surah permohonan izin gangguan pada dinas perizinan kota. Dengan adanya legalitas tersebut, pet shop akan lebih mudah diterima di lingkungan setempat.

5. Merekrut Dokter dan Perawat Hewan

Langkah lainnya dalam memulai bisnis pet shop yaitu tentu saja dengan merekrut dokter dan juga perawat hewan. Pasalnya, pet shop tidak akan lengkap apabila tanpa dokter dan juga perawat hewan. Apalagi jika jenis pet shop yang akan didirikan memiliki layanan dokter hewan, salon hewan, dan juga penitipan hewan.

Mau Merintis Bisnis Pet Shop Ikuti Langkah Berikut Ini
Ilustrasi Dokter Hewan.

Dengan begitu, merekrut dokter dan juga perawat hewan adalah langkah yang perlu dilakukan. Selain itu, semua hewan yang akan dititipkan ataupun dijual pastinya membutuhkan dokter dan juga perawat hewan. Carilah dokter hewan yang sudah memiliki izin praktik untuk menunjukkan keprofresionalitasan pet shop tersebut.
Info Menarik Lainnya : 19 Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan, Serta Tips Memulainya

6. Menyediakan Peralatan

Mendirikan usaha pet shop bukanlah perkara yang mudah, pasalnya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Salah satu langkahnya yaitu dengan menyediakan berbagai peralatan pet shop itu sendiri. Hal ini karena pet shop memiliki banyak sekali peralatan, mulai dari peralatan medis, peralatan untuk merawat hewan, sampai dengan pelatan kebersihan.

Peralatan medis untuk dokter hewan pun sangat beragam, misalnya alat usg, dental tools, sampai dengan berbagai macam vaksin hewan. Untuk peralatan hewan sendiri patut dimiliki terlebih lagi apabila pet shop tersebut memiliki salon hewan. Misalnya, yaitu perlu memiliki beragam jenis dan ukuran kandang, blower, sampai beragam jenis shampoo hewan.

Selain itu, hal yang perlu untuk dipersiapkan dan dilengkapi tentu saja peralatan kebersihan. Ini adalah hal yang vital karena tidak semua hewan yang dititipi atau yang singgah di pet shop adalah hewan yang sehat. Untuk menjaga agar pet shop tetap bersih dan steril, pet shop perlu memiliki peralatan kebersihan yang lengkap.

7. Melakukan Promosi

Langkah selanjutnya yaitu saatnya melakukan promosi atas pet shop yang didirikan. Promosi tersebut berguna untuk menjaring calon konsumen dan juga mengenalkan brand pet shop tersebut. Cara promosi yang bisa ditempuh untuk usaha pet shop juga sangat bermacam-macam. Bisa melalui media konvensional, seperti menyebarkan flyer atau media sosial yang sekarang sedang marak digunakan.

Namun, apabila pet shop tersebut memiliki target market anak muda, sebaiknya memilih media promosi melalui media sosial. Platform yang digunakan pun bisa berbagai macam, mulai dari Facebook, Twitter, atau Instagram. Buatlah konten yang menarik dan informative, sekaligus melakukan promosi terhadap pet shop yang baru dirintis.

Peluang bisnis pet shop memang begitu menjanjikan karena memiliki target market yang luas juga beraneka macam jenisnya. Namun, meskipun begitu, calon pengusaha bisnis ini tentunya tetap harus mempersiapkan segala halnya dengan matang dan detail. Dengan mempersiapkan semua hal dengan matang, maka bisnis pun akan lebih terarah dan mudah untuk maju serta berkembang.

Demikianlah beberapa info tentang cara merintis pet shop. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Post a Comment for "Mau Merintis Bisnis Pet Shop? Ikuti Langkah Berikut Ini "