Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Peluang Bisnis Ikan Hias, Omset Besar Dan Menguntungkan

Melihat akuarium yang berisi berbagai macam ikan sungguh menarik. Ikan-ikan tersebut tentunya bukan ikan yang untuk dikonsumsi, melainkan ikan hias. Adanya sekelompok masyarakat yang senang memelihara ikan hias membuat bidang ini menguntungkan jika dijadikan bisnis. Bahkan bagi mereka yang hobi memelihara ikan hias, tak ragu menghabiskan uang demi kepuasan dirinya maka bisa menjadi peluang bisnis ikan hias yang menguntungkan.

Meski penjual ikan hias hanya ditemukan di tempat-tempat tertentu saja, bukan berarti persaingan bisnis ikan hias tidak ketat. Di Indonesia, hampir di seluruh kota dapat ditemukan penjual ikan hias, baik yang terpusat di lokasi tertentu maupun membuka toko masing-masing.

Mengapa bisnis ini banyak dilakukan orang-orang? Karena modal awalnya yang tidak besar, perawatannya tidak sulit, serta peluang bisnis ikan hias di Indonesia menjanjikan.


Sekilas Tentang Peluang Bisnis Ikan Hias

Salah satu alasan mengapa peluang bisnis ikan hias sangat menguntungkan karena bisa menjangkau berbagai lapisan masyarakat. Variasi harga ikan, mulai dari termurah hingga termahal, sesuai dengan daya beli orang-orang sekitar. Apalagi bukan hanya orang dewasa yang senang melihat ikan hias. Anak-anak pun suka memelihara ikan hias dalam akuarium kecil atau toples. Maka jangan heran jika di beberapa sekolah kerap ditemukan penjual ikan hias.

Perlu diketahui bahwa ada dua jenis ikan hias yang bisa dijadikan bisnis, yaitu ikan air tawar dan air laut, hanya saja ikan air tawar lebih mudah dibudidayakan dan peralatan untuk merawatnya pun tidak sulit. Harga ikan hias air tawar juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan ikan hias air laut, namun secara tampilan ikan hias air tawar tak kalah cantik dengan ikan hias air laut.

Peluang Bisnis Ikan Hias, Omset Besar Dan Menguntungkan
Ilustrasi.
Sedangkan ikan hias air laut cenderung untuk segmen pasar tertentu. Karena perawatan ikan ini cukup spesial dan tidak mudah. Misalnya dari jenis ikan yang dipilih tidak bisa sembarangan. Beberapa ikan laut memiliki sifat teritoralnya sendiri sehingga tidak bisa digabung dengan ikan lainnya. Ada pula sistem pencahayaan, penyaringan air, serta desain interior akuarium yang khusus. Namun ini semua bukan masalah bagi mereka yang memang hobi dengan ikan hias.

Dengan memahami selera pasar, maka peluang bisnis ikan hias bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang cukup menggiurkan. Memelihara ikan hias tak hanya untuk dekorasi rumah saja, tetapi juga mengurangi stress dengan melihat keindahannya. Apalagi Indonesia kaya akan keanekaragaman hayati sehingga ada banyak ikan hias yang berpotensi untuk dibisniskan.
Info Menarik Lainnya : 19 Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan, Serta Tips Memulainya

Tips Menjalankan Usaha Ikan Hias

Bisnis ikan hias bisa dijalankan oleh siapa pun, meski pemula dan baru akan mempelajarinya. Jika serius menekuninya, maka peluang bisnis ikan hias memberikan keuntungan yang cukup besar. Jangan dilihat dari harga per ekor ikannya karena apabila diakumulasi bisa balik modal bahkan lebih.

Untuk yang tertarik berbisnis ikan hias, baik ikan air tawar maupun laut, ikuti beberapa langkah berikut:

1. Menentukan Lokasi Usaha

Berjualan ikan hias tidak membutuhkan lahan yang luas dan lokasi yang spesifik. Ikan hias bisa dijual di mana saja selama mudah dijangkau oleh pembeli. Apabila budget modal terbatas, maka bisa membuka usaha ini di halaman rumah. Tinggal diberi petunjuk yang mengarahkan orang-orang ke lokasi tersebut. Justru ukuran akuarium atau kolam lah yang harus diperhatikan.

Jika ingin menggunakan akuarium, maka sebaiknya menyediakan beberapa akuarium, misalnya khusus untuk pembesaran, penjodohan, dan pemijahan. Bentuk akuarium yang memanjang pun disarankan agar mudah memisah-misahkan jenis ikan. Sedangkan bagi yang ingin membuka usahanya di halaman rumah bisa menggunakan kolam semen atau yang terbuat dari terpal.

2. Menentukan Jenis Ikan dan Target Pembeli

Dalam memulai bisnis ikan hias, akan lebih mudah jika berfokus dulu pada satu jenis ikan. Sesuaikan target pembeli yang dituju, apakah mereka cenderung suka ikan hias air laut atau kebanyakan suka ikan hias air tawar. Memilih salah satu jenis ikan pun memudahkan untuk pengembangbiakannya.

Satu hal yang perlu diingat juga, yakni beli lah benih ikan yang berkualitas, sehat, dan subur. Pelajari bagaimana setiap ikan berkembang biak, seperti berapa suhu yang dibutuhkan, kondisi pH air, serta berapa lama proses perjodohan berlangsung. Melirik peluang bisnis ikan hias bukan hanya soal mendapatkan untung saja. Kalau tidak paham bagaimana mengembangbiakannya, maka justru akan membuat rugi.

3. Membeli Peralatan dan Pakan

Setelah menentukan jenis ikan yang akan dijual dan mengetahui cara budi dayanya, langkah selanjutnya yaitu membeli peralatan yang dibutuhkan serta pakannya. Sesuaikan alat-alat dengan ikan hias yang sudah ditentukan sebelumnya, misalnya akuarium atau terpal, saringan air, jaring, pompa, tabung oksigen, hingga aksesoris untuk menghias isi akuarium.

Peluang Bisnis Ikan Hias, Omset Besar Dan Menguntungkan
Ilustrasi.

4. Lakukan Promosi

Setiap bisnis harus melakukan pemasaran untuk mendatangkan pembeli. Cara termudahnya adalah dengan menginfokan orang-orang sekitar. Di era digital seperti ini sangat mudah untuk melakukan promosi, seperti melalui sosial media, WhatsApp, dan lainnya. Namun tetap perlu juga promosi offline, misalnya memasang spanduk atau papan toko, menyebar brosur dan lainnya.

Beberapa penjual mencoba masuk ke pasar-pasar dengan menjadi supplier di toko-toko ikan hias. Karena untuk menjalankan bisnis ini tidak mesti menjual langsung ke pembeli. Bisa juga menjadi supplier ke beberapa toko. Cara lainnya adalah gabung ke beberapa komunitas pecinta ikan hias. Jika berada dalam salah satu komunitas, maka peluang bisnis ikan hias semakin terbuka lebar. Karena di dalamnya pasti para pecinta ikan hias dan mau menghabiskan uang mereka untuk hobinya tersebut.
Info Menarik Lainnya : Rincian Modal Usaha Telur Ayam (Serta Tips Peternakannya)

Jenis Ikan Hias yang Menguntungkan

Seperti yang disebutkan di atas bahwa baik ikan hias air tawar maupun air laut sama-sama menguntungkan. Meski pun terdapat perbedaan untuk budi daya, pemeliharaan, dan segmen pasarnya. Di bawah ini adalah beberapa ikan hias yang banyak diminati dan umum bagi masyarakat:

1. Ikan Mas Koki

Ikan ini paling banyak dijual dan diminati oleh siapa pun, baik dewasa maupun anak-anak. Budi daya ikan mas koki sangat mudah dan menguntungkan karena cepat bertelur dan beranak. Ikan ini pun mudah digabungkan dengan ikan lainnya.

2. Ikan Guppy

Sama halnya seperti ikan mas koki, ikan guppy juga mudah bertelur dan beranak, bahkan bisa mencapai 200 ekor. Keuntungan lainnya adalah ikan guppy tidak menghasilkan banyak kotoran. Jadi tidak perlu sering-sering membersihkan akuarium meski anaknya banyak.

3. Ikan Cupang

Ikan cupang banyak diminati oleh anak-anak. Memelihara ikan ini lebih mudah dibandingkan ikan mas koki dan guppy karena ikan cupang memiliki daya tahan lebih kuat. Ikan cupang tidak membutuhkan pompa pemasok oksigen. Hanya saja penempatan ikan cupang tidak boleh digabung antara jantan dan betinanya.

4. Ikan Botia

Bentuknya yang unik dan warnanya yang kuning cerah membuat ikan botia banyak digemari. Ikan ini termasuk laris dan banyak dibeli oleh orang-orang karena mudah digabungkan dengan ikan hias lainnya.

5. Ikan Louhan

Harga ikan ini cukup mahal dan sempat menjadi tren di Indonesia. Kepala ikan louhan yang menonjol serta adanya corak di tubuh membuat ikan ini unik. Maka tak heran untuk bentuk benjolan dan corak badan tertentu membuat ikan louhan harganya sangat tinggi.
Info Menarik Lainnya : Kriteria Usaha Sampingan Di Desa Yang Paling Menjanjikan (Plus Tipsnya)

6. Ikan Badut

Nama lain dari ikan ini adalah clown fish atau ikan nemo seperti salah satu tokoh di film anak-anak. Meskipun ikan badut adalah ikan laut, hanya butuh terumbu karang untuk membuat ikan ini merasa nyaman di dalam akuarium.

7. Ikan Kupu-Kupu

Ikan laut ini cocok bagi pemula yang ingin memelihara ikan laut karena mudah. Bentuknya pipih menyerupai sayap kupu-kupu berwarna kuning.

Peluang bisnis ikan hias memang sudah semestinya dilirik bagi yang ingin memiliki pemasukan tambahan. Apalagi jika dijalankan dengan senang hati dan serius, maka bisnis ini sangat mungkin untuk dikembangkan ke ranah yang lebih luas. Buat pebisnis pemula, tak ada salahnya juga mencoba bisnis ini karena bisa dimulai dengan menyesuaikan budget modal.

Demikianlah info tentang peluang bisnis ikan hias. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Peluang Bisnis Ikan Hias, Omset Besar Dan Menguntungkan"