Postingan Unggulan

Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Dan Bisa Dikerjakan Dirumah

19 Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan, Serta Tips Memulainya

Pada zaman sekarang, berbagai macam wirausaha sudah dilakukan oleh hampir semua kalangan, baik itu kalangan tua maupun muda. Salah satu jenis usaha yang sedang gembar-gembornya digalakkan, dan cukup banyak peminatnya adalah usaha ternak. Hal tersebut dikarenakan peluang usaha ternak ini tidak kalah menguntungkan, jika dibandingkan dengan jenis usaha yang lainnya.

Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan.


Bagi yang ingin memulai usaha, baik itu memulai usaha sampingan maupun usaha utama, maka usaha ternak bisa menjadi salah satu usaha yang recommended dan menjanjikan keuntungan. Jika usaha ternak ini dikelola dengan baik, bahkan hasil keuntungannya bisa berlipat ganda. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencobanya? ☺

Berikut ini peluang usaha ternak yang direkomendasikan untuk Anda :

1.Usaha Ternak Ayam Daging.


19 Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan, Serta Tips Memulainya


Peluang usaha ternak yang menjanjikan plus menguntungkan, dan bisa panen dalam waktu relatif singkat adalah ternak ayam daging. Bisnis yang satu ini sangat sering dijumpai di daerah pedesaan. Selain itu, bisnis ini terkenal dengan kemudahannya serta potensi keuntungannya yang besar. Mengingat bahwa daging ayam sendiri merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia, namun pasokannya yang sering kurang di bulan-bulan tertentu.

Maka dari itu, usaha ternak ayam daging ini sangat menjanjikan keuntungan. Sebab harganya bisa naik drastis pada bulan-bulan tertentu. Bagi Anda yang ingin berternak ayam daging ini, maka cukup mengeluarkan modal untuk kandang ayam, pakan dan vitamin bagi ayam, bibit ayam daging itu sendiri, dan masih banyak lagi peralatan-peralatan yang berkaitan dengan usaha ternak ayam daging tersebut.

2. Usaha Ternak Ayam Kampung.


Usaha ternak yang mempunyai peluang potensial selanjutnya adalah usaha ternak ayam kampung. Sama halnya seperti ayam daging, usaha ternak yang satu ini pun sering dijumpai di pedesaan dan menghasilkan keuntungan yang cukup banyak. Mengingat usaha ternak ayam kampung ini sendiri dalam satu ekor ayam bisa menghasilkan puluhan ekor.

Selain itu, penjualan ayam kampung pun lebih sedikit, sehingga harga yang ditawarkan tentunya lebih tinggi pula dibanding dengan ayam daging biasa. Usaha ini pun bisa dikombinasikan dengan usaha ayam bangkok yang dapat menghasilkan keuntungan berlipat ganda.

3. Usaha Ternak Ayam Petelur.


Akhir-akhir ini kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap telur semakin meningkat setiap hari. Hal tersebut terlihat dari penjualan telur di berbagai warung serta toko sembako yang lumayan tinggi penjualannya.

Apalagi telur merupakan salah satu kebutuhan pokok, yakni untuk memenuhi kandungan protein di dalam tubuh manusia. Maka dari itu, peluang usaha ternak ini cukup menjanjikan, terlebih modal untuk memulai usaha ini tidak merogoh kocek terlalu dalam. Sehingga Anda memiliki peluang untuk membuka usaha ayam petelur ini.

Baca juga : 10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

4. Usaha Ternak Bebek.


Selain ke tiga unggas di atas, usaha yang menjanjikan dan masih dalam kelompok unggas itu sendiri adalah usaha ternak bebek. Seperti halnya ketiga usaha di atas, usaha ternak bebek pun sangat gampang sekali dan tentunya tidak harus mengeluarkan modal yang besar. Meski tidak mengeluarkan modal yang terlalu besar, namun prospek dari usaha ternak bebek ini cukup menjanjikan (jika permintaan pasar sedang tinggi). 

5. Usaha Ternak Sapi.


Peluang usaha ternak yang menjanjikan lainnya adalah usaha ternak sapi, sebab permintaan daging sapi di Indonesia termasuk tinggi. Terlebih pada saat momen hari besar Islam seperti Iedul Fitri dan Iedul Adha. Bahkan bisa dikatakan pasokan daging sapi di Indonesia masih tergolong kurang untuk mencukupi kebutuhan nasional.

Hal tersebut membuat harga daging sapi di Indonesia terbilang cukup tinggi dibanding dengan kebutuhan pokok lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan nasional, terpaksa pemerintah harus mengimpor daging sapi untuk memenuhi kebutuhan nasional tersebut.

Pelaku usaha ternak ini akan mendapatkan keuntungan yang menggiurkan menjelang hari raya Iedul Adha dan Iedul Fitri. Karena saat menjelang hari besar Islam itu biasanya harga daging sapi melonjak sangat tajam. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda memilih usaha ternak sapi ini sebagai usaha yang menjanjikan keuntungan untuk Anda. ☺

6. Usaha Ternak Kambing.


Selain usaha ternak sapi, usaha ternak kambing pun menjadi salah satu peluang usaha ternak yang menguntungkan. Usaha ini biasanya banyak ditemukan di pedesaan sebagai usaha sampingan di dekat rumah. Meskipun usaha ini merupakan usaha sampingan, namun untuk masalah omsetnya tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata. Usaha ini merupakan salah satu jenis usaha ternak yang cukup menjanjikan, dengan modal yang relatif minim.

Hal tersebut disebabkan karena daya jual dari daging kambing masih cukup mahal di pasaran. Terlebih modal dan perawatan kambing tidak memerlukan biaya yang besar. Karena untuk beternak kambing, selain bisa dilakukan di dalam kandang, juga bisa digembalakan di alam bebas. Jika Anda punya modal yang cukup, maka buatlah kandangnya. Namun jika modal Anda belum memadai untuk membuat kandang, maka untuk sementara waktu kambing tersebut bisa digembalakan di alam bebas terlebih dahulu. 

Jadi beternak kambing ini termasuk salah satu jenis usaha ternak yang cukup menjanjikan bukan? ☺

7. Usaha Ternak Lebah Madu.


Siapakah orang yang tidak suka dengan si manis yang kaya dengan khasiat ini? Yup! Nyaris tidak ada orang yang tidak suka dengan madu. Rasanya yang manis, berkhasiat, dan membuat tubuh menjadi sehat, maka wajar saja membuat madu digemari oleh banyak orang. Bahkan di beberapa stasiun televisi sering menayangkan iklan yang menawarkan madu dengan berbagai khasiatnya jika dikonsumsi secara teratur. Hal itulah yang membuat madu jadi semakin populer.

Oleh karena itulah cukup banyak orang yang memilih usaha beternak madu. Yang nantinya ternak madu itu akan menghasilkan madu murni. So, usaha ternak madu ini cukup menjanjikan keuntungan bagi Anda. Mengingat harga madu murni yang berkualitas, di pasaran Indonesia termasuk cukup tinggi. Mau coba? ☺

8. Usaha Ternak Burung Walet.


Peluang usaha ternak yang menguntungkan selanjutnya adalah usaha ternak burung walet. Burung walet sendiri merupakan salah satu usaha ternak menjanjikan dengan modal yang cukup besar. Terlebih pasar ekspor burung walet sendiri masih terbuka sangat lebar, terutama dari negeri Cina yang dibandrol dengan harga jual sangat tinggi.

Bagi yang ingin melakukan usaha ternak burung walet ini, maka bisa dilakukan di rumah sebagai usaha sampingan. Yang perlu disediakan untuk beternak burung walet ini adalah menyiapkan suara pemanggil burung walet, sekat-sekat, serta masih ada beberapa perlengkapan lainnya. Meskipun usaha ternak ini memerlukan modal yang cukup besar, namun keuntungan dari air liur burung walet bisa menghasilkan jutaan rupiah per kilogramnya. Jadi cukup setimpal tingkat kesulitan dan besar modalnya dengan bakal hasil yang akan didapatkan. 

Baca juga : Panduan Lengkap Usaha Jajanan Rumahan, Layak Untuk Anda Coba

9. Usaha Ternak Burung Puyuh.


Selain burung walet, usaha ternak burung puyuh pun menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan. Usaha ternak burung puyuh bisa dijadikan usaha sampingan, karena usaha ini cukup mudah dijalankan. Selain usaha ini bisa dijalankan dengan mudah, keuntungan dari usaha ternak burung puyuh ini juga cukup menjanjikan.

Terlebih permintaan dari telur puyuh masih cukup tinggi di pasaran. Selain menjual telurnya, para peternak juga bisa menjual bibit burung puyuh itu sendiri. Dengan modal yang terbilang minim, namun omset dari usaha ternak burung puyuh ini cukup lumayan. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda ingin memulai usaha ternak burung puyuh ini. Baik sebagai usaha sampingan maupun usaha utama.

10. Usaha Ternak Belut.




Siapa bilang usaha ternak belut tidak menguntungkan? Faktanya cukup banyak orang yang membuka usaha ternak belut, terutama di desa-desa. Terlebih, untuk memulai usaha ternak belut bisa dilakukan dengan modal kecil. Sehingga ternak belut ini merupakan salah satu jenis usaha yang cukup berpeluang bagi Anda (terutama untuk Anda yang bermukim di desa).

So, tidak diragukan lagi ternak belut termasuk menjanjikan. Apalagi tidak sedikit orang Indonesia yang menyukai belut ini, karena kandungan protein yang tinggi di dalamnya. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda ingin memulai usaha ternak ini.

11. Usaha Ternak Lele.


Peluang usaha ternak yang masa panennya tergolong cepat, dan bisa menghasilkan omset jutaan selanjutnya adalah usaha ternak lele. Usaha ini merupakan salah satu usaha favorit bagi sebagian para pelaku usaha ternak dibidang perikanan. Hal tersebut karena panen ikan lele sendiri sangat cepat yakni kurang dari tiga bulan saja. Sehingga keuntungan yang didapatkan pun cukup besar, terlebih karena jarak waktu panennya yang tidak terlalu jauh. Sehingga otomatis perputaran bisnis ternak lele ini juga ikut menjadi cepat.

Untuk memulai usaha ini tidak mesti merogoh isi kocek terlalu dalam. Dengan lahan yang sempit dan terbatas pun, usaha ini tetap bisa jalan. Hal itu tentu akan memudahkan bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis ini, terutama bagi para pemula.

12. Usaha Ternak Ikan Nila.


Selain lele, ternak nila menjadi salah satu usaha ternak yang menjanjikan lainnya. Karena ikan nila ini merupakan salah satu ikan yang banyak disukai dan dikonsumsi orang. Permintaan pasarnya juga cukup banyak dibandingkan dengan ikan lainnya. Terlebih rumah makan maupun restoran-restoran senantiasa menyediakan ikan ini sebagai menu utama.

Harganya yang cukup tinggi dan stabil setiap tahunnya, tentunya menjadikan usaha ini menguntungkan. Terlebih bagi para  pelaku usaha pemula, ternak nila menjadi salah satu usaha ternak yang disarankan. Selain itu, budidaya ikan nila ini tergolong mudah dan tidak memakan  biaya perawatan yang tinggi.

13. Usaha Ternak Ikan Kakap.


Ikan kakap adalah salah satu ikan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang sangat lezat dan enak, membuat siapapun yang pernah mencicipinya menjadi ketagihan.

Harga ikan kakap ini tidak jauh beda dengan ikan nila, yakni cukup tinggi dibandingkan dengan ikan-ikan yang lainnya. Dengan begitu, maka ikan kakap ini menjadi salah satu peluang usaha ternak yang menjanjikan. Terlebih modal budidaya ikan kakap tidak terlalu besar, sehingga membuka peluang bagi banyak orang untuk mencoba peruntungan dibidang usaha ini.

14. Usaha Ternak Cacing.


Bagi sebagian orang, cacing merupakan salah satu hewan yang menjijikkan. Namun, bagi sebagian yang lain, hewan ini merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan dengan omset terbilang lumayan.

Sudah tahukah Anda? Bahwa cacing jenis tertentu banyak dijadikan sebagai bahan obat herbal, yaitu untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Untuk pasar cacing sendiri cukup luas, bahkan bisa menembus pasar Jepang dan Belanda. Jadi bagaimana menurut Anda? Peluang usaha ternak cacing ini termasuk peluang usaha ternak yang menjanjikan bukan? ☺

15. Usaha Ternak Lintah.


Salah satu peluang usaha ternak yang menjanjikan lainnya adalah usaha ternak lintah. Bagi sebagian orang, hewan ini sangat dihindari karena dapat menghisap darah ditubuh manusia. Namun bagi sebagian orang lainnya, hewan ini merupakan sumber lumbung rupiah.

Apa sebab?

Karena air liur hewan ini dibutuhkan untuk campuran cairan obat suntik dalam dunia kedokteran. Jadi, peluang usaha ternak lintah ini juga menjanjikan, karena bisa digunakan sebagai bahan campuran obat suntik, yang tentu sangat dibutuhkan dalam dunia kedokteran.

16. Usaha Ternak Belatung.


Hewan menjijikkan yang satu ini ternyata bisa menghasilkan uang jutaan rupiah setiap masa panennya. Belatung sendiri merupakan salah satu hewan yang banyak diminta di pasaran. Karena hewan yang satu ini menjadi salah satu obat yang mujarab bagi para penderita diabetes. Selain itu hewan ini pun menjadi pakan burung dan ikan yang sering dicari.

17. Usaha Ternak Keong.


Keong merupakan salah satu hewan yang sering diremehkan. Padahal hewan yang satu ini menjadi salah satu hewan yang mempunyai peluang usaha ternak yang menjanjikan.

Terlebih keberadaan sawah sebagai habitat alami keong dari tahun ke tahun terus semakin sedikit. Hal inilah salah satu alasan kenapa usaha ternak keong menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. 

Keong sendiri banyak sekali digunakan dalam dunia kedokteran sebagai obat alternatif. Pemasarannya cukup luas, baik di Indonesia maupun di luar negri.

18. Usaha Ternak Kroto (semut rangrang).


Peluang usaha ternak selanjutnya dengan waktu panen yang cepat, namun memiliki omset yang tinggi adalah usaha ternak kroto. Pada zaman dahulu, mungkin kroto sendiri bisa dicari di alam terbuka, namun dengan keadaan yang sekarang, kroto sudah sangat susah untuk dicari. Maka dari itu, usaha ini termasuk menjanjikan untuk Anda coba.

Semut kroto ini bermanfaat untuk pakan burung. 

19. Usaha Ternak Udang.


19 Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan, Serta Tips Memulainya


Dan peluang usaha ternak yang terakhir adalah usaha ternak udang. Usaha ternak ini pas sekali bagi Anda yang ingin mendapatkan omset banyak, namun dengan modal yang relatif kecil. Udang sendiri merupakan salah satu makanan yang cukup tinggi diminta oleh pasar.

Hal tersebut mengingat udang merupakan makanan yang banyak digemari, terlebih kandungan vitaminnya yang sangat bagus untuk pertumbuhan. Jadi, tidak ada salahnya jika menjadikan udang sebagai usaha ternak yang patut untuk dicoba.

Baca juga : 5 Bisnis Jajanan Anak Sekolah, dan Tips Mencari Lokasi Dagang Strategis

Tips Sukses Sebelum Memulai Usaha Ternak.


Sebelum memulai usaha ternak, maka ada beberapa tips agar usaha ternak tersebut dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan omset yang tinggi. Adapun tips sukses sebelum memulai usaha ternak antara lain melakukan persiapan yang matang. 

Karena tanpa persiapan yang matang, suatu usaha tidak akan pernah berjalan dengan lancar dan sukses. Setelah melakukan persiapan yang matang, maka pilihlah lokasi yang tepat. Pemilihan lokasi pun menjadi salah satu tips yang harus diperhatikan agar usaha bisa berjalan lancar.

Tips sukses sebelum memulai usaha ternak yang selanjutnya adalah membuat kandang untuk ternak itu sendiri. Pastikan kandang yang dibuat merupakan kandang yang luas, nyaman, bersih, dan sehat. Agar hewan yang akan diternak bisa merasa nyaman dan tidak mudah stres. Selain membuat kandang, hendaknya perhatikan juga perlengkapan pendukung beternak yang lainnya. Semuanya demi untuk mendapatkan hasil panen ternak yang lebih banyak.

Selain itu jangan lupa menentukan pakan, vitamin, dan obat-obatan untuk ternak itu sendiri. Agar kesehatannya senantiasa terjaga dan bisa menghasilkan panen yang banyak. Karena jika hewan ternak mengalami masalah dalam kesehatannya, otomatis hasil ternak pun akan menurun, dan omset yang akan didapatkan pun ikut menurun.

Itulah beberapa peluang usaha ternak yang menguntungkan dan menjanjikan, beserta tips sukses sebelum memulainya. Beberapa usaha ternak di atas sangat cocok sekali bagi Anda yang ingin memulai usaha dibidang ternak. Baik sebagai usaha sampingan, maupun untuk dijadikan usaha utama. 

Semoga dapat bermanfaat untuk Anda, dan sampai berjumpa lagi di artikel selanjutnya. Salam.


Penulis by : Bang izal.

0 Response to "19 Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan, Serta Tips Memulainya"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel