Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Usaha Sampingan Karyawan Pabrik yang Menghasilkan

Usaha Sampingan Karyawan Pabrik yang Menghasilkan

Semua orang bisa memiliki sebuah usaha selama mampu menjalaninya, tak terkecuali para karyawan. Meskipun memiliki status karyawan pabrik, bukan berarti orang tersebut tidak bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari sumber lain seperti usaha sampingan. 

Agar usaha tersebut tidak sampai mengganggu pekerjaan utama para pekerja, ada baiknya mencari usaha sampingan karyawan pabrik yang tepat dan menguntungkan.

Memiliki usaha sampingan bagi seorang karyawan sebenarnya bukanlah hal yang baru dan cukup lumrah. Selain dapat dikerjakan diluar jam kerja, usaha sampingan dapat memberikan tambahan pendapatan bagi karyawan tersebut. 

Namun, tidak sedikit juga karyawan pabrikan yang tidak dapat memulai usaha sampingan karena alasan modal. Lalu bagaimanakah solusinya? Yuk simak jawabannya hingga tuntas!

Usaha Sampingan Karyawan Pabrik Dengan Modal Minim

Memulai sebuah usaha sampingan memang membutuhkan modal. Sayangnya hal ini justru yang seringkali menjadi kendala para karyawan pabrik. Dengan gaji yang terbatas, para karyawan tidak memiliki uang untuk dijadikan modal.

Untungnya ada banyak jenis usaha dengan modal minim yang bisa dijalankan. Bahkan ada beberapa jenis usaha yang hanya membutuhkan modal Rp 100.000 atau modal internet saja! 

Untuk yang ingin memulai, cobalah beberapa usaha sampingan karyawan pabrik dengan modal minim berikut:

1. Berjualan Pulsa

Usaha sampingan karyawan pabrik pertama yang bisa dicoba adalah usaha jualan pulsa. Usaha yang satu ini memang keuntungannya tidak besar. Tapi jika dijalankan dengan serius dan disiplin, para karyawan bisa mendapatkan gaji setiap bulannya. 

Dan untuk memulai usaha ini, bisa dengan modal senilai Rp 100.000 saja lho!

Salah satu trik untuk bisa mendapatkan keuntungan dalam usaha ini adalah dengan membeli pulsa atau saldo dalam jumlah yang banyak sekaligus. Selain itu, pastikan setiap pembeli melakukan pembayaran dengan disiplin atau tidak ada yang hutang. 

Jika dilakukan dengan tepat, maka para karyawan bisa mendapatkan keuntungan hingga ratusan ribu per bulannya!

2. Berjualan Online

Sosial media kini menjadi salah satu wadah orang berjualan. Hampir semua jenis barang atau jasa dapat ditemukan di sosial media mulai dari baju, tas hingga jasa kebersihan. Nah, bagi para karyawan pabrik yang ingin memulai sebuah usaha, cobalah mulai dari dunia online.

Cobalah untuk berjualan online dengan memulai sebagai dropshipper. Konsep dropshipper adalah menjadi perantara antara sang penjual asli dan pembeli lainnya. Drop shipper hanya perlu memiliki akun tersendiri dan menampilkan produk-produk dari penjual aslinya.

Nantinya, jika ada yang ingin membeli produk, drop shipper hanya perlu membayar ke penjual aslinya setelah sang pembeli melakukan pembayaran. Selanjutnya, barang akan dikirim ke sang pembeli dengan nama toko dropshipper.

Konsep usaha ini tentunya sangat menguntungkan karena para karyawan tidak harus memiliki produk sendiri. Selain itu, para karyawan bisa menjadi drop shipper beberapa toko sekaligus. Dan pastikan harga yang ditawarkan oleh toko penyedianya lebih murah dibandingkan di tokonya.

3. Usaha Jajan Jalanan

Salah satu usaha sampingan karyawan pabrik yang mudah dijalankan adalah menjual jajan anak-anak. 

Jika memiliki rumah yang berada di dekat sekolah, maka usaha ini bisa sangat menguntungkan. Berbeda dengan kue basah atau kue kering, jajan jalanan lebih mudah dibuat dan tentunya membutuhkan modal yang lebih kecil.

Sebelum memulai usaha ini, perhatikan terlebih dahulu target pasarnya. Jika di dekat rumah ada sekolahan, maka cobalah menjual jajanan seperti sosis, nugget atau tempura. 

Namun jika pasar sekitar cenderung ke orang dewasa, maka buatlah jajan jalanan yang lebih mengenyangkan seperti pentol, siomay, telur gulung dan masih banyak lagi.

Info Menarik Lainnya : 10 Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tahan Segala Kondisi

4. Jasa Penerjemah Atau Penulis

Untuk para karyawan pabrik yang memiliki keahlian lebih dalam bidang bahasa, maka manfaatkan keahlian tersebut untuk menambah pundi-pundi keuangan. Cobalah daftar menjadi penerjemah atau penulis freelance untuk bisa mendapatkan pekerjaan tambahan. 

Biasanya job yang ada adalah menerjemahkan dokumen penting mulai dari jurnal, berita hingga makalah.

Untuk yang baru saja mulai dan kesulitan mencari klien, maka bisa bergabung bersama komunitas terlebih dahulu. Dapatkan pekerjaan sebanyak mungkin, selanjutnya bangunlah jaringan bersama klien selama berada dalam komunitas tersebut. 

Apabila klien puas, pada order selanjutnya biasanya klien tersebut akan mengorder langsung secara individual (tanpa melalui komunitas lagi).

5. Jasa Foto

Untuk yang memiliki hobi berfoto, maka manfaatkan kamera atau HP yang dimiliki untuk menjual jasa tersebut ke orang lain. Saat ini, foto yang menarik merupakan salah satu kunci dalam e-marketing, jadi pasti banyak perusahaan atau usaha yang membutuhkannya.

Cara menjual jasa ini adalah dengan menampilkan foto-foto yang sudah pernah diambil sebelumnya. Tampilkan foto pada sosial media agar orang lain dapat melihatnya. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa properti di dalamnya, agar foto terlihat lebih cantik dan menarik.

Info Menarik Lainnya : 7 Ide Usaha Rumahan di Desa Modal Kecil Ini yang Tersukses

Usaha Samping Dengan Keuntungan Lebih Besar

Untuk yang memiliki rejeki lebih, maka cobalah usaha yang lebih besar. Meskipun modalnya lebih besar, namun keuntungan yang didapatkan pun bisa lebih banyak. 

Nah, bagi yang memiliki modal lebih, cobalah membangun usaha sampingan sebagai berikut:

1. Usaha Kue Kering Pada Lebaran

Bagi yang memiliki bakat memasak atau baking, maka manfaatkan bakat tersebut untuk membuat kue kering. Ini merupakan salah satu jenis makanan yang banyak diserbu pada saat-saat tertentu seperti lebaran, tahun baru hingga pada hari bagus untuk menikah. 

Jadi, manfaatkan waktu tersebut untuk berjualan kue kering yang telah dibuat untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

2. Usaha Laundry

Salah satu usaha sampingan karyawan pabrik yang dapat dijalankan dari rumah adalah usaha laundry. Usaha yang satu ini membutuhkan modal yang agak besar karena para pemilik usaha pasti akan membutuhkan mesin cuci lebih dari 1 untuk menjalankan usaha ini.

Usaha ini memang membutukan modal besar di awal, namun pemasukannya pun juga cukup menjanjikan terutama jika di sekitar rumah ada banyak mahasiswa atau orang kantoran. 

Jangan lupa untuk memberikan beberapa opsi pencucian, mulai dari yang kilat, normal hingga cuci kering atau cuci saja.

Info Menarik Lainnya : Raih Untung dari Kemitraan Usaha Frozen Food di Kala Pandemi

3. Warkop

Jika memiliki lahan yang agak besar, maka manfaatkan lahan tersebut untuk dijadikan warkop. Selain menjual kopi, warkop tersebut juga bisa menjual makanan-makanan ringan atau yang mudah dibikin seperti soto atau rawon. 

Sama halnya dengan jasa laundry, modal untuk membangun warkop memang cukup besar. Namun jika pelanggannya bisa banyak per harinya, maka keuntungan yang bisa didapatkan pun juga akan banyak.

Memiliki usaha sampingan memang menyenangkan karena bisa mendapatkan pendapatan tambahan. Dan sebaiknya aturlah usaha sampingan tersebut agar tidak menganggu jam kerja atau pekerjaan kantor Anda.

Itulah berbagai usaha sampingan karyawan pabrik yang bisa dicoba, mulai dari yang modal minim hingga yang bermodal lebih besar. 

Meskipun merupakan usaha sampingan, namun pastikan untuk menjalankan usaha tersebut dengan tekun dan disiplin. Jika dijalankan dengan benar, maka usaha sampingan bisa menghasilkan keuntungan yang sangat menggiurkan!

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Usaha Sampingan Karyawan Pabrik yang Menghasilkan "