Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

10 Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tahan Segala Kondisi

Sebagian masyarakat ternyata berminat membuka usaha di rumah walaupun sudah berstatus sebagai pegawai. Usaha di rumah bisa dijalankan oleh pasangan atau kerabat. Maka, tidak jarang banyak yang mencari tahu tentang bisnis yang bisa potensi usaha rumahan yang menjanjikan itu.

Selain menjanjikan keuntungan, ternyata usaha rumahan memiliki sejumlah kelebihan lain.



Artikel ini membahas tentang pilihan usaha rumahan yang menjanjikan, dan apa saja keuntungan membuka usaha di rumah.


Yuk langsung saja kita ulas!

Kelebihan Membuka Usaha Rumahan


Jika dilihat sekilas, usaha rumahan memang tidak sementereng usaha besar yang berlokasi di kantor mewah. Namun siapa sangka usaha jenis ini mampu menopang ekonomi rakyat dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Walaupun tidak semewah usaha besar, ada sejumlah kelebihan dari usaha rumahan. Pertama, usaha rumahan memiliki fleksibilitas waktu yang tinggi. Waktu rata-rata yang dihabiskan untuk perjalanan ke kantor adalah 2 jam. Jika membuka usaha di rumah, tentu waktu perjalanan ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan produktif lainnya. Jam kerja pun fleksibel walaupun tetap harus membuat jadwal yang rapi.

Kedua, usaha rumah yang menjanjikan itu memberikan banyak waktu untuk dihabiskan dengan keluarga. Misalnya, seorang ibu yang tadinya bekerja akhirnya beralih membuka usaha rumahan. Waktu di pagi hari yang biasanya dihabiskan di jalan, sekarang bisa dimanfaatkan untuk quality time bersama anak sebelum mereka berangkat sekolah.

Ketiga, usaha rumahan meminimalisir biaya transport dan makan siang di luar yang biasanya timbul pada pegawai. Biaya ini tentu bisa dialihkan untuk menambah modal usaha atau sebagai dana membeli bahan baku. Penghematan biaya ini sangat mempengaruhi cash flow orang yang memutuskan membuka usaha rumahan.

Tantangan Usaha Rumahan


Usaha rumahan yang menjanjikan tidak bisa dilepaskan dari tantangan. Pertama yaitu jumlah keuntungan yang relatif kecil. Hal ini bisa terjadi jika lokasi rumah tempat berusaha kurang strategis atau usaha dibuka dalam skala mikro.

Selain itu, membuka usaha di rumah terkadang menuntut pelakunya untuk multitasking. Padahal, multitasking itu tidak selalu berujung pada hasil yang maksimal. Akan selalu ada yang dikorbankan, walaupun tujuan awal membuka usaha di rumah adalah lebih banyak quality time bersama keluarga.

Itulah mengapa pentingnya mengatur jadwal walaupun usaha dijalankan di rumah. Atur jam untuk memasak, membereskan rumah, bermain bersama anak dan tentu saja mengurus usaha. Tidak jarang perselisihan atau miskomunikasi terjadi pada usaha yang dijalankan dari rumah.

Kendala yang sering dihadapi oleh orang yang melakukan usaha di rumah adalah anak-anak seringkali dikesampingkan. Walaupun ada waktu untuk mengurus anak, namun kegiatan operasional usaha seringkali menyita waktu. Inilah mengapa multitasking itu belum tentu efektif karena akan ada salah satu hal

Agar tantangan yang ada ini bisa dihadapi dengan baik, maka penting untuk memiliki satu atau dua orang yang bisa membantu dalam menjalankan usaha di rumah. Potensi usaha rumahan yang menjanjikan tidak mungkin terwujud jika semuanya ditangani oleh satu orang. Delegasi menjadi hal penting untuk dijalankan.

Artikel Menarik Lainnya : Panduan Lengkap Usaha Jajanan Rumahan, Layak Untuk Anda Coba

Pilihan Usaha Rumahan yang Menjanjikan


Setelah mengetahui kelebihan dan tantangannya, ada beberapa pilihan potensi usaha rumahan yang menjanjikan dan mudah dijalankan. Selain itu, usaha yang dibahas kali ini adalah jenis usaha yang tahan segala kondisi.

Simak referensi di bawah ini, ya:

1. Laundry dan Setrika Kiloan


10 Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tahan Segala Kondisi
Ilustrasi.

Usaha yang satu ini tidak pernah mati. Walaupun sudah menjamur, namun potensi ekonomi dari usaha ini terus ada. Jika di perumahan banyak orang kantoran atau dekat dengan kos-kosan, maka usaha ini termasuk yang menjanjikan. Alasannya karena orang rata-rata tidak punya waktu untuk mencuci atau menyetrika bajunya. 

2. Usaha Jualan Pulsa Elektrik/Paket Internet


Walaupun usaha ini sudah banyak dijalankan orang, namun tetap saja peluang usaha ini selalu ada. Biasanya, orang cenderung mencari yang terdekat untuk membeli sesuatu. Maka, tidak ada salahnya menjual pulsa elektrik atau paket internet ini untuk melayani tetangga terdekat.

3. Membuka Usaha PPOB


Menjadi agen PPOB atau layanan pembayaran online adalah usaha rumahan yang mudah dijalankan dan tahan segala kondisi. Seorang agen PPOB bisa membantu masyarakat sekitar yang ingin membayar listrik, air, TV berlangganan, telepon dan internet bahkan pembelian tiket pesawat dan kereta api.

4. Berjualan Air Isi Ulang dan Gas LPG 


10 Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tahan Segala Kondisi
Ilustrasi.

Walaupun investasi untuk usaha ini tidak bisa dibilang kecil, prospek usaha ini cemerlang. Air isi ulang dan gas LPG merupakan kebutuhan pokok yang pasti dicari orang. Maka, jangan ragu untuk menjalankan usaha ini. Air isi ulang dan gas LPG bisa juga dipasarkan kepada warung-warung di sekitar perumahan.

 5. Warung Kopi Rumahan


Jika kebetulan lokasi rumah strategis dan lingkungan perumahan mendukung, membuka warung kopi cukup menjanjikan. Warung kopi bisa jadi tempat orang membeli sarapan atau nongkrong di malam hari. Jangan mematok harga yang terlalu mahal dan sediakan tempat yang nyaman untuk orang bersantai di sore hari.

Artikel Menarik Lainnya : 10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Direkomendasikan Untuk Penghasilan Tambahan

6. Jasa Penulisan


Usaha ini termasuk usaha kekinian yang bisa dijalankan ibu rumah tangga muda atau yang memang berbakat di bidang penulisan. Usaha ini tidak memerlukan tempat kerja khusus jadi sangat cocok dijalankan di rumah. Saat ini banyak sekali situs-situs jasa kepenulisan yang mencari freelancer.

7. Agen Susu dan Keperluan Bayi


10 Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tahan Segala Kondisi
Ilustrasi.

Biasanya agen susu murah bertempat di ruko, ternyata usaha ini bisa dijalankan dari rumah. Di awal, jangan dulu kulakan dalam jumlah banyak agar modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Seiring perkembangannya baru jumlah barang bisa ditambah. Tetangga akan sangat terbantu dengan hadirnya tempat membeli susu dan keperluan bayi yang murah.

8. Usaha Cuci Motor


Tempat pencucian motor di dalam perumahan bisa menjadi solusi bagi orang yang tak ingin jauh-jauh mencari tempat pencucian motor. Biasanya, ketika musim hujan turun usaha ini bisa kebanjiran order. Pertimbangkan untuk mencari tempat yang lebih luas di dalam perumahan jika usaha mulai besar dan ramai.

9. Catering Rumahan


Usaha makanan termasuk tahan segala kondisi. Untuk skala rumahan, usaha katering tetap memerlukan asisten minimal dua orang untuk membantu produksi. Disarankan untuk tidak mengambil order terlalu banyak agar kualitas produk tetap terjaga. Namun, jika usaha berkembang, karyawan perlu ditambah supaya bisa menangani order-order besar.

Artikel Menarik Lainnya : 10 Usaha Franchise Makanan Terlaris Di Indonesia, Anda Ingin Coba?

10. Toko Sembako 


10 Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tahan Segala Kondisi
Ilustrasi.

Keberadaan toko sembako di perumahan sudah lazim ditemui. Walaupun persaingan ketat, namun peluang usaha ini terbilang masih bagus. Utamakan kebersihan dan kerapian toko, serta berikan harga yang murah. Agar harga jual bisa murah, disarankan untuk kulakan di pusat grosir besar atau tangan pertama.

Potensi usaha rumahan yang menjanjikan seperti yang sudah dijelaskan di atas rata-rata tidak memerlukan modal besar. Untuk promosi, maksimalkan media sosial dan juga promosi konvensional seperti brosur, banner, dan juga mulut ke mulut. Usaha rumahan identik dengan pelayanan yang ramah. Maka, usahakan untuk ramah dan akrab dengan pelanggan agar usaha bisa langgeng.

Semoga info ini dapat bermanfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "10 Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tahan Segala Kondisi"