10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Direkomendasikan Untuk Penghasilan Tambahan

Menjadi ibu rumah tangga sangatlah menyibukkan. Banyak orang menganggap ini bukan pekerjaan. Padahal kalau benar-benar diamati, pekerjaan ibu rumah tangga bisa jadi lebih banyak daripada orang yang bekerja di kantoran. Mulai dari mencuci, memasak, menyetrika, mengasuh anak, melayani suami, dan masih banyak lagi seabrek pekerjaan rumah tangga lainnya. 

Hal inilah yang menyebabkan sebagian ibu rumah tangga merasa tidak sempat lagi untuk membuka usaha mandiri. Padahal dengan membuka usaha, mereka bisa mendapat tambahan uang pemasukan untuk keperluan keluarga sehari-hari (dan untuk dirinya sendiri). Lalu, adakah usaha sampingan ibu rumah tangga yang fleksibel dikerjakan, dan sekaligus menguntungkan? Simak ulasannya berikut ini.

Kenapa Ibu Rumah Tangga Perlu Membuka Usaha Sampingan?


Banyak ibu rumah tangga merasa dirinya terlalu sibuk untuk membuka usaha sampingan. Tugas seorang ibu rumah tangga yang sudah sangat banyak membuat pemikiran seperti ini muncul. Padahal, ibu rumah tangga juga perlu memiliki cadangan penghasilan lain, bukan hanya mengandalkan penghasilan suami. Sebab, kebutuhan finansial di masa depan bisa saja datang secara tiba-tiba (terkena musibah seperti sakit, kecelakaan, dan kebutuhan darurat lainnya). 

Nah adakalanya penghasilan suami tidak cukup untuk membayar semua biaya akibat musibah tersebut. Oleh karena itulah hendaknya istri punya dana simpanan sendiri hasil dari usahanya, sehingga dapat membantu suaminya disaat masa sulit dan terjepit

Ada banyak lagi alasan kenapa ibu rumah tangga perlu membuka usaha sampingan. Misalnya seperti untuk menambah uang belanja, dan juga untuk tabungan masa depan anak. Selain itu, jika punya usaha sampingan, maka ibu rumah tangga juga bisa membeli barang-barang yang diinginkannya sendiri. Jadi ia tidak perlu merepotkan minta-minta sama suami atau mengambil dari jatah belanja keluarga.

Usaha Sampingan Yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga.


Lalu apa saja usaha sampingan yang cocok dilakukan ibu rumah tangga? Berikut ini kami punya banyak contoh usaha yang bisa dikerjakan dengan mudah, tidak menyita waktu, dan tentunya menguntungkan.

1. Kerajinan Tangan Kreatif (Aksesoris).


10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Direkomendasikan Untuk Penghasilan Tambahan
Ilustrasi kerajinan tangan mote, bros, jepitan, dll.

Usaha sampingan ibu rumah tangga ini sangat mudah sekaligus menyenangkan untuk dilakukan. Di sela-sela kesibukan mengurus anak dan rumah, ibu rumah tangga bisa membuka usaha kerajinan tangan. 

Tidak perlu bikin kerajinan yang terlalu ruwet seperti membuat seni kerajinan dari tanah liat dan sebagainya. Anda bisa membuat kerajinan tangan yang bahan bakunya mudah didapat, seperti bisnis bikin aksesoris saja. 

Misalnya bikin jepit-jepitan rambut, bros, bikin dompet dan tas unik dari bahan mote, dsb. Semua kerajinan tangan ini bisa Anda dapatkan bahan bakunya dikawasan Asemka Jakarta Kota. Kebetulan saya sudah pernah menulis artikelnya, silahkan baca di sini : 5 Pusat Grosir Aksesoris dan Pernak Pernik Wanita Terlengkap Di Asemka  

Contoh bisnis lainnya yaitu Anda bisa membuat kerajinan tangan untuk seserahan wisuda. Hanya dengan memanfaatkan kain, gunting, dan lem, maka Anda sudah bisa mendirikan usaha sendiri dirumah Anda.

2. Menjahit.


Anda punya keterampilan menjahit? Maka jangan sia-siakan keterampilan tersebut, gunakanlah dengan sebaik-baiknya untuk mendirikan usaha sampingan. Ibu rumah tangga bisa membuka toko pakaian yang dijahit sendiri, membuka order jahitan, atau menerima jahitan borongan dari konveksi. 

Selain mudah dikerjakan dirumah, bisnis semacam ini juga mampu mendatangkan uang tambahan yang lumayan. 

Modal yang diperlukan pun tidaklah besar. Usaha rumah tangga ini hanya bermodalkan mesin jahit dan keterampilan yang Anda miliki, itu saja. Akan tetapi, ada hal yang perlu diperhatikan bagi ibu-ibu yang ingin membuka usaha jahitan. Yaitu hendaknya selalu menjaga kesehatan tubuh dengan banyak minum air putih. 

Sebab seorang penjahit akan dituntut lebih banyak duduk pada saat dia bekerja. Sehingga dengan banyak meminum air putih dipercaya akan lebih menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuhnya.

3. Membuka Toko Kelontong di Rumah.


Ini adalah usaha sampingan ibu rumah tangga termudah yang bisa dilakukan. Toko kelontong biasanya menjual produk yang selalu dicari orang setiap harinya. Sehingga perkiraan omzet yang akan didapatkan per harinya relatif dapat dipastikan. Selain itu, bagi Anda yang mendirikan toko kelontong juga tidak perlu ke mana-mana, karena stok produk biasanya dapat diantarkan oleh agen ke toko Anda.

Meskipun demikian, membuka toko kelontong membutuhkan modal yang cukup besar. Mulai dari modal membeli isi dagangan hingga biaya untuk membayar sewa tempat (toko/ruko). Jadi sebelum Anda mendirikan usaha kelontong, pastikan modal yang akan dibutuhkan sudah Anda persiapkan dengan baik.

4. Membuka Usaha Butik.


10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Direkomendasikan Untuk Penghasilan Tambahan
Ilustrasi usaha butik.

Pakaian adalah salah satu jenis produk yang evergreen (laku sepanjang masa), apalagi jika itu adalah hasil design dan buatan pribadi. Maka dari itu, membuka bisnis butik adalah salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang paling menjanjikan.

Jika ingin membuka butik, ibu rumah tangga bisa mendirikannya langsung di rumah. 

Dibandingkan dengan membuka toko kelontong, maka membuka usaha butik tidak membutuhkan tempat yang besar. Sebab baju-baju yang dipajang biasanya hanyalah contoh, sedangkan sisanya bisa dilipat dan dibiarkan di dalam kemasannya.

Selain itu, bisnis butik tidak akan membuat rumah terlihat berantakan. Berbeda sekali dengan membuka toko kelontong yang biasanya membuat rumah Anda jadi tampak dipenuhi oleh stok barang harian.

5. Membuka Usaha Laundry.


Punya mesin cuci yang hanya terpakai sesekali? Daripada membiarkannya terbengkalai, ibu rumah tangga bisa memanfaatkannya untuk membuka usaha jasa laundry. 

Tidak perlu terlalu banyak menyediakan mesin cuci, biasanya satu atau dua mesin saja cukup. Satunya digunakan untuk mencuci, dan satunya lagi untuk mengeringkan.

Selain bisa dilakukan di rumah, usaha laundry bisa disambi dengan mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Sebab Anda hanya perlu memasukkan baju ke cucian, mengeluarkannya tepat waktu, lalu terakhir mengeringkannya.

Artikel Menarik Lainnya : 10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

6. Menjadi Reseller Produk.


Tidak punya modal untuk membuka usaha apa pun? Gampang kok. Saat ini, banyak ibu rumah tangga yang menjadi reseller produk usaha tertentu. Bahkan kebanyakan usaha sampingan ibu rumah tangga saat ini adalah reselling.

Saat melakukan reselling, Anda hanya perlu aktif memegang ponsel dan memasarkan produk di media sosial. Hal ini tentunya bisa dilakukan sambil mengerjakan pekerjaan lain, seperti mengurus anak, dsb.

7. Membuat Kebun di Rumah.


Bagi ibu rumah tangga yang suka berkebun, tidak ada salahnya memanfaatkan kebun yang dimiliki untuk berbisnis. Tidak perlu lahan kebun yang luas, kebun di depan rumah saja cukup untuk ditanami tanaman yang sekiranya bisa dijual. Jenis tanaman yang ditanam di kebun bisa bunga-bungaan, buah, atau sayur-sayuran. Bukan hanya hasil kebunnya yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis, ibu juga bisa memperdagangkan bibitnya.

Namun demikian, sebelum memutuskan memanfaatkan kebun untuk membuka usaha, pastikan dulu Anda bisa merawatnya dengan rutin. Sisihkan waktu tersendiri untuk menyiram, memberi pupuk, dan membersihkan tanaman dari hama.

8. Berjualan Jamu.


10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Direkomendasikan Untuk Penghasilan Tambahan
Ilustrasi usaha produk herbal/jamu.

Jamu adalah minuman herbal Indonesia terkuno yang pernah ada. Dan hingga saat ini, belum ada obat kimia yang bisa mengalahkan keampuhan jamu dalam menyembuhkan berbagai penyakit dengan tanpa efek samping. 

Walau pengobatan modern sudah lama ditemukan, banyak konsumen merasa lebih sreg bila meminum jamu. Maka dari itu, di mana pun tempatnya, usaha jamu akan menjadi usaha yang selalu dicari-cari konsumen.

Daripada menganggur di rumah, lebih baik seorang ibu rumah tangga memanfaatkan waktunya untuk membuat jamu. Bisa membuka kedai jamu sendiri di depan rumah, bisa juga serbuk jamu yang sudah dibuat dijual secara online.

9. Membuka Usaha Makanan Ringan.


Bagi ibu rumah tangga, membuka usaha katering akan sangat melelahkan. Meski banyak artikel di internet menyebut usaha katering cocok untuk ibu rumah tangga, pada kenyataannya usaha katering cenderung menguras waktu dan tenaga. Nah, daripada membuka usaha katering, lebih baik Anda membuka usaha makanan ringan saja. 

Makanan ringan yang dimaksud di sini tidak terbatas pada snack, tapi juga bisa kue-kue kering. Anda bisa membuat sampel makanan ringan yang telah dibuat, lalu kemudian mempromosikannya secara online di media sosial dan marketplace. Atau bisa juga dipasarkan secara offline, yaitu Anda bisa menitipkan makanan ringan tersebut ke toko-toko terdekat disekitar rumah Anda.

Artikel Menarik Lainnya : 10 Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Cocok Untuk Karyawan

10. Menjadi Penulis Bayaran.


Ilustrasi penulis.

Ini mungkin masih jarang, tapi saat ini profesi sebagai penulis bayaran cukup menjanjikan. Meski didominasi anak muda, pekerjaan menulis untuk orang lain juga bisa dilakukan ibu rumah tangga. Ibu hanya perlu bermodalkan laptop. Nah di saat ada waktu luang, Anda bisa mulai menggarap order tulisan yang dipesan oleh situs web, blogger, start up dan yang lainnya.

Tapi untuk dapat sukses melakukan usaha ini, maka Anda perlu aktif berpromosi di internet, atau masuk ke perusahaan tertentu yang bergerak di bidang kepenulisan. Dengan melakukan hal tersebut, sehingga Anda bisa memiliki koneksi dan jaringan yang luas. Efeknya tentu membuat Anda akan menjadi lebih mudah untuk mendapatkan orderan tulisan. ☺

Itulah usaha sampingan ibu rumah tangga yang relatif mudah dan fleksibel, namun menjanjikan profit cukup tinggi. Nah tunggu apa lagi? Segeralah buka usaha sampingan Anda dan persiapkan dana yang terbaik untuk memulai usaha keluarga Anda.

0 Response to "10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Direkomendasikan Untuk Penghasilan Tambahan"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel