Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Tema Caption Promosi Kampus (Ampuh Menarik Mahasiswa Baru)


Menjelang tahun ajaran baru, tentu semakin merebak promosi kampus-kampus di berbagai daerah. Tak hanya perguruan tinggi swasta, bahkan kampus negeri pun kini berlomba-lomba tampil di media sosial. 

Mereka berupaya menampilkan caption promosi kampus yang beragam. Semuanya ingin sebanyak mungkin menjaring mahasiswa baru, sekaligus meningkatkan brand kampusnya.

Hal ini biasanya akan menjadi tugas dari seorang humas kampus. Sebagai tim resmi promosi kampus, mengolah kalimat di media menjadi promosi yang menarik, tentu harus menjadi kepiawaiannya. 

Namun sayangnya, cukup banyak juga promosi kampus yang terlihat biasa saja. Oleh karena itu, perlu bagi pihak kampus untuk mengusung tema-tema tertentu. Sehingga caption untuk mempromosikan kampus bisa diolah jadi lebih menarik.

Nah, Apa Saja Contoh Tema Caption Promosi Kampus yang Layak Untuk di Usung?

Diantaranya sbb:

1. Prestasi Kampus

Salah satu tema yang bisa diangkat untuk caption promosi adalah tentang prestasi kampus tersebut. Tak sedikit perguruan tinggi yang sudah berkiprah di berbagai event, baik tingkat nasional bahkan internasional. Hal ini tentu menjadi modal yang besar bagi kampus tersebut. 

Jadi kemukakan bila kuliah di tempat ini, maka tidak hanya sekedar mendapatkan materi kuliah saja, tetapi ada juga kegiatan yang bisa meningkatkan prestasi diri dan almamater. 

Dengan begitu, sehingga khalayak luas akan lebih tertarik, sehingga menempatkan kampus tersebut di dalam daftar tujuan kuliah.

Prestasi kampus tidak hanya terbatas pada pencapaian mahasiswanya saja. Akreditasi yang diraih kampus, atau penghargaan-penghargaan yang didapat, juga dapat dicantumkan sebagai prestasi kampus yang layak dipromosikan. 

Saat membuat caption tersebut, hendaknya tampilkan juga dengan gambar-gambar pendukung. Tujuannya agar semakin menguatkan data dan bukti prestasi yang pernah ada dari kampus tersebut.

2. Informasi Fakultas Unggulan

Setiap perguruan tinggi tentu terdiri atas berbagai fakultas yang akan menjadi incaran kuliah para lulusan SMA. Fakultas-fakultas tersebut juga dapat diangkat dan ditampilkan menjadi caption promosi kampus di berbagai media sosial.

Kampus bisa mengangkat satu persatu fakultas yang dimiliki beserta program studinya, lalu membahasnya satu persatu di setiap unggahan. Dengan demikian, kampus tersebut setidaknya sudah mengantongi beberapa unggahan yang siap disebarluaskan.

Ketika mengunggah fakultas yang ada di kampus, tentu sisipkan juga dengan prestasi yang pernah diraih oleh fakultas tersebut, prospek kerja, dan juga manfaat lainnya ketika berkecimpung di dunia yang ditekuni. Hal ini akan menjadi referensi para lulusan SMA yang sedang bimbang menentukan jurusan kuliah.

Kampus juga bisa memilih salah satu fakultas unggulan, yang sekiranya selalu menjadi incaran mahasiswa baru. Sebuah unggahan yang terlihat sangat menarik tentu akan lebih efektif hasilnya, ketimbang banyak unggahan namun tanpa ada pesan yang jelas.

3. Profil Jajaran Pengajar

Para dosen hingga jajaran guru besar di sebuah kampus, juga merupakan aset yang menjual. Bagian humas kampus dapat menggunakan profil para pengajar, dekanat, atau rektorat sebagai caption promosi kampus yang tak kalah menarik.

Para pengajar tersebut tentunya akan ditampilkan dalam bentuk foto. Pada caption-nya, bagikan informasi tentang bionarasi para pengajar. Termasuk juga prestasi yang pernah diraih oleh yang bersangkutan. Semua ini tentu akan lebih meninggikan gengsi civitas akademika, karena memiliki profil pengajar yang berkualitas.

Menampilkan profil pengajar juga bisa dipadukan dengan profil fakultas, ataupun prestasi kampus secara umum. Hal tersebut memang relevan dan saling bertalian, sehingga tetap bisa menjadi paduan yang apik. 

Dan jangan lupa pada bagian yang penting untuk diperhatikan, yaitu jangan menyebarkan identitas pribadi di media sosial, seperti alamat, tanggal lahir, atau nomor handphone tanpa izin dari pihak bersangkutan.

Info Menarik Lainnya : 7 Contoh Bisnis Pelajar Modal 100K yang Bisa Kamu Coba

4. Profil Alumni

Bukan hanya para mahasiswa dan dosen saja yang patut bangga menjadi bagian civitas akademika. Alumni juga tetap menjadi bagian dari kampus, apalagi dengan adanya ikatan alumni. Dengan demikian, menjadikan profil alumni sebagai caption promosi kampus adalah sebuah ide yang menarik.

Menampilkan profil alumni, bagian humas dapat bersinergi dengan ikatan alumni untuk mendapatkan data alumni yang luas. Pada informasi tersebut, caption media sosial dapat menampilkan foto, serta kiprah alumni kampus saat ini.

Tentu tak sedikit alumni sebuah kampus yang sudah menduduki jabatan penting di pemerintahan, menjadi pimpinan perusahaan, atau berkiprah dalam sebuah NGO sebagai penggagas banyak isu lingkungan, kemanusiaan, kesehatan, dan sebagainya. Hal tersebut akan menjadi menarik untuk ditampilkan.

Menampilkan profil alumni secara tidak langsung menunjukkan jaringan yang dimiliki oleh kampus tersebut. Selain itu, alumni juga masih didapuk menjadi indikator keberhasilan sebuah kampus memberikan ilmunya kepada mahasiswa. 

Intinya, jika ada alumni yang telah memiliki posisi strategis, hal tersebut dapat diangkat menjadi berita yang menarik.

Info Menarik Lainnya : 10+ Ide Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Mudah Dilakukan

5. Kebanggaan Menjadi Civitas Akademika

Mempromosikan sebuah kampus, tentu harus menggunakan kata-kata yang menimbulkan kebanggaan karena telah menjadi bagian dari kampus tersebut. Berbagai keunggulan kampus yang bersifat struktural tidak akan menimbulkan efek apapun jika tidak membuat calon mahasiswa merasa bangga kuliah di sana.

Oleh karena itu, seorang pengemas kalimat promosi harus lihai memadukan kalimat menarik dan menyentuh, agar mereka yang membacanya akan terbujuk dan menempatkan kampus tersebut sebagai tujuan kuliahnya.

Beberapa contoh kalimat seperti ini bisa digunakan:

  • Bangga menjadi bagian dari kampus teknologi pertama di Indonesia
  • Tumbuh dan mengembangkan Indonesia bersama kampus agraris
  • Satu-satunya kampus yang bekerja sama dengan BUMN terbaik, mencetak masa depan lebih cerah
  • Masa depan anda, diraih saat ini
  • Bergabunglah dengan kampus berakhlak mulia, cerdas dan unggul

6. Fasilitas Kampus

Hal lain yang bisa menjadi caption promosi kampus adalah menampilkan fasilitas yang dimiliki. 

Sebuah perguruan tinggi tentu memiliki fasilitas yang menjadi standar penilaian akreditasi kampus. Semua fasilitas yang dimiliki dapat dikemas dengan kalimat yang menarik agar mampu 'menjual' dan mendatangkan peminat.

Salah satu fasilitas kampus yang dapat diangkat adalah kenyamanan perpustakaan. 

Menempuh jenjang kuliah, tentu membutuhkan dukungan referensi berupa buku, artikel, atau lainnya. Tentu akan menyenangkan jika hal tersebut dapat diakses dengan sangat mudah di perpustakaan kampus. Dengan demikian, mahasiswa dapat meminjam dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli buku.

Info Menarik Lainnya : Kenapa Prestasi Akademik Tidak Menjamin Kesuksesan?

Fasilitas lain yang tak kalah menarik adalah ruang kelas yang nyaman. 

Ruang kuliah adalah sarana utama yang harus membuat mahasiswa betah belajar. Meskipun tidak besar, namun kenyamanan ruang kuliah penting diutamakan misalnya dengan kondisi yang bersih, tidak sumpek, pencahayaan cukup, serta sirkulasi udara yang baik.

Tambahan fasilitas yang tak kalah menjual adalah adanya sarana olahraga. 

Tak sedikit mahasiswa yang penat dengan kuliah dan mencari kegiatan dengan berolahraga. Hal ini bisa diangkat menjadi tema yang menari sebagai caption promosi kampus. Melihat sarana olahraga yang ada di sebuah kampus, tentu terbayang aktivitas sampingan apa yang akan dilakukan jika kuliah di sana.

7. Promosi Biaya Kampus

Tema promosi yang tak kalah menarik adalah soal biaya kampus. Tak sedikit calon mahasiswa yang mencari kampus berdasarkan budget biaya. Dengan begitu, humas kampus bisa menampilkan berapa besaran biaya SPP, atau biaya lain yang ada.

Keterbukaan informasi, khususnya terkait biaya kuliah, sudah menjadi hal yang lumrah. Oleh karena itu, tak perlu ragu untuk menampilkan besar biaya kuliah sebagai caption promosi. Hal tersebut justru bisa menjadi bahan pembanding bagi yang sedang mencari tempat kuliah.

Membuat caption promosi kampus, tampaknya sederhana namun membutuhkan sisi kreatifitas tersendiri. Bagian humas dan promosi kampus harus tetap berhati-hati ketika menyebarkan informasi terkait kampus. Karena jika ada informasi yang keliru, hal tersebut akan rentan mendatangkan konflik di tengah masyarakat.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "7 Tema Caption Promosi Kampus (Ampuh Menarik Mahasiswa Baru)"