Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Contoh Bisnis Pelajar Modal 100K yang Bisa Kamu Coba


Bisnis Pelajar Modal 100K - Ketika melihat uang lembaran RP 100.000, rasanya tidak mungkin seorang pelajar bisa memulai sebuah usaha dengan modal minim tersebut. Padahal semua sangat mungkin lho, terutama jika pelajar tersebut kreatif! 

Tapi, apa aja sih contoh bisnis pelajar modal 100k yang bisa mendatangkan keuntungan?

Yuk kita ulas.

Beberapa Jenis Bisnis yang Simpel dan Mudah Dijalankan Oleh Pelajar

Sebelumnya perlu dipahami bahwa nilai Rp 100.000 memang tidak besar, jadi jangan mengharapkan keuntungan yang besar pula. Oleh karena itu, usahakan untuk mencari sebuah bisnis yang simpel dan tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan tidak pakai modal sama sekali! 

Nah bagi yang tertarik untuk memulai sebuah bisnis kecil, cobalah beberapa rekomendasi berikut:

1. Menjadi Dropshipper

Salah satu jenis bisnis yang dapat dijalankan oleh para pelajar dengan modal yang minim adalah menjadi dropshipper. 

Bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal selain HP/laptop dan koneksi internet Dengan perkembangan zaman saat ini, hampir semua pelajar pastinya sudah memiliki kedua hal tersebut.

Nah cara untuk menjadi dropshipper cukup mudah. Pertama, usahakan untuk memiliki salah satu akun di sosial media yang paling banyak digunakan oleh para pelajar (contohnya seperti Facebook atau Instagram. Sebaiknya gunakan juga aplikasi seperti WhatsApp sebagai tempat berjualan.

Selanjutnya, jika ada yang membeli produk kamu, pastikan agar pembeli membayar biaya barang dan ongkirnya terlebih dahulu. 

Nantinya uang itu bisa digunakan untuk membayar ke penjual aslinya. Dengan begitu, para pelajar tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali (kecuali uang komunikasi atau pulsa).

Keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha ini beragam, tergantung dari harga jual barunya. Agar tidak terlalu mahal, maka tambahkan keuntungan maksimal 10% dari harga jual aslinya.

2. Les Privat

Bisnis pelajar modal 100k lainnya yang bisa dicoba adalah menjadi guru les privat. Kegiatan ini sangat cocok bagi mereka yang duduk di bangku SMA karena bisa menghasilkan uang tambahan. Target orang yang bisa diberikan les privat diantaranya adalah siswa SMP atau SD.

Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar melainkan otak yang cerdas serta uang transportasi. 

Agar uang transportasinya tidak mahal, maka carilah anak-anak yang berada di sekitar rumah atau sekolahan. Dengan begitu, para pelajar tidak perlu mengeluarkan uang transportasi tambahan untuk memberikan les privat.

3. Menjual Barang DIY

Bagi para pelajar yang kreatif, cobalah membuat barang-barang DIY dan menjualnya kembali. Beberapa jenis barang yang bisa dibuat dengan barang bekas adalah tas kecil, pigura hingga alas piring. 

Nah, agar modal yang dibutuhkan tidak besar, maka gunakan barang tidak terpakai yang ada di rumah (seperti kertas atau koran bekas, gunting hingga lem). Jika ada salah satu barang yang tidak ada, maka belilah dengan uang Rp 100.000 yang dimiliki.

Bagi yang masih bingung untuk membuat barang apa, maka cobalah mencari ide dari internet seperti Pinterest. 

Carilah ide serta cara-cara membuatnya. Selanjutnya, buatlah dalam jumlah yang sedikit dan jual kepada orang-orang terdekat. Selanjutnya kumpulkan uang yang didapatkan dari penjualan barang bekas untuk membuat barang baru kembali.

4. Menjual Makanan Ringan

Siapa yang tidak suka belajar sambil makan cemilan? Semua pastinya suka! Jadi, manfaatkan hal ini dan jadikan suatu bisnis kecil. 

Dengan modal yang terbatas, carilah toko yang menjual makanan ringan atau cemilan dengan harga yang lebih murah. Selanjutnya, jual kembali kepada teman-teman di sekolah dengan margin tambahan.

Cara lain untuk bisa menjual makanan ringan adalah membeli yang versi kiloan. Belilah makanan ringan sebanyak Rp 100.000 lalu packing kembali ke dalam plastik-plastik kecil. 

Selanjutnya, jual kembali makanan ringan tersebut kepada orang-orang di sekolah. Pastikan sudah menghitung harga jualnya dengan benar agar tidak sampai rugi atau terlalu mahal.

Artikel Menarik Lainnya : Kenapa Prestasi Akademik Tidak Menjamin Kesuksesan?

5. Selebgram Atau Menjual Content

Bisnis pelajar modal 100k berikutnya yang juga hampir tidak membutuhkan modal (selain HP dan koneksi internet) adalah menjual content pada sosial media. 

Namun, untuk bisa menjalankan bisnis ini, pastikan kamu sudah memiliki pengikut yang terpercaya. Jumlahnya tidak harus banyak, yang penting pengikut kamu yang ada di media sosial benar-benar ada (bukan akun kloningan).

Cara untuk menjalankan bisnis ini cukup mudah. 

Pertama, potret barang yang ingin dipromosikan dengan cantik dan menarik. Jika memiliki komputer dan kemampuan mengedit, maka editlah gambar agar terlihat lebih menarik lagi. Selanjutnya posting foto tersebut pada IG Story, atau feed sosial media yang telah disepakati bersama.

Pastikan untuk memberikan pernyataan atau komen yang jujur mengenai produk tersebut. Dengan begitu, orang akan terus percaya dan melihat postingan yang ada. Sebaliknya, jika hanya mengejar keuntungan, maka kemungkinan orang akan malas dan memilih untuk tidak mengikutinya lagi.

6. Menulis Konten Online

Usaha lainnya yang hanya membutuhkan koneksi internet serta laptop adalah menulis konten online. 

Bagi yang suka menulis, aktivitas ini bisa dijadikan bisnis yang sangat menjanjikan. Sebelum membuka usaha atau bisnis sendiri, cobalah untuk bergabung dengan suatu komunitas terlebih dahulu. Cobalah bekerja sama dengan orang lain hingga mendapatkan klien sendiri.

Jika sudah mulai mendapatkan kepercayaan orang lain dan tabungan dari bekerja sebagai penulis sudah mulai terkumpul, maka cobalah untuk membuka bisnis penulis online. Gunakan relasi yang sudah ada dan serta laptop yang dimiliki untuk memulai usaha tersebut.

Artikel Menarik Lainnya : Sukses Itu Perlu Perjuangan Ekstra, Kesabaran & Bersyukur

7. Menjual Minuman Ringan

Selain menjalankan bisnis di sekolah, para pelajar juga bisa memulai sebuah usaha kecil dari rumah. 

Contoh bisnis pelajar modal 100k yang bisa dijalankan dari rumah adalah menjual minuman dingin. 

Sama seperti sebelumnya, manfaatkan material yang sudah ada di rumah seperti air putih dan es batu. Selanjutnya belilah minuman dalam bentuk sachet dan jual kembali dalam bentuk jadi.

Tips Dalam Menjalankan Bisnis Untuk Para Pelajar

Menjalankan sebuah bisnis tidaklah mudah, terutama bagi seorang pelajar yang tugas utamanya adalah belajar. Meskipun begitu, semua peluang sangat terbuka lebar asalkan dijalankan dengan niat. 

Nah, bagi para pelajar yang berniat untuk membangun sebuah bisnis kecil, berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Jangan Mengharapkan Hasil yang Instan

Dengan modal yang terbatas dan pengalaman yang masih sedikit, jangan langsung mengharapkan keuntungan yang besar atau berangan-angan bisnis langsung berjalan lancar. 

Pasti akan ada masa-masa sulit dimana bisnis tidak berjalan sesuai yang direncanakan hingga produk tidak terjual. Jika hal ini terjadi, jangan putus asa dan terus semangat untuk menjalankan usaha tersebut.

Artikel Menarik Lainnya : Yuk Kita Tiru Rahasia Sukses Steve Jobs, Apa itu? Cek Disini

2. Gunakan Apa yang Ada dan Bisa Dimanfaatkan

Jangan malu untuk menggunakan perlengkapan yang ada saat ini atau sudah dimiliki sebelumnya. 

Contohnya, jika di rumah sudah ada laptop, maka gunakan laptop tersebut untuk berbisnis. Nantinya, jika usaha sudah mulai untung dan menghasilkan, maka hitunglah laptop tersebut sebagai aset hingga bisa membeli yang baru.

3. Jangan Malu Untuk Memulai

Terakhir, jangan malu untuk berjualan atau memulai sebuah bisnis kecil. Selama prosesnya halal dan tidak merugikan orang lain, jangan malu dengan orang-orang sekitar. Karena salah satu kunci orang akan percaya dan membeli dagangan orang adalah ketika penjualnya percaya diri juga.

Itulah diatas beberapa contoh bisnis pelajar modal 100k beserta tips untuk menjalankannya. Meskipun memiliki modal yang terbatas, namun para pelajar masih bisa membuat sebuah bisnis kecil serta mendapatkan keuntungan.

Semoga bermanfaat dan sukses ya! 😉

Post a Comment for "7 Contoh Bisnis Pelajar Modal 100K yang Bisa Kamu Coba"