Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Cara Membuat Caption Promosi Makanan di Instagram (Agar Laris Manis)


Caption Promosi Makanan di Instagram - Bisnis makanan termasuk salah satu usaha yang paling banyak ditemukan di masyarakat. Meski berjualan secara offline, pebisnis juga dapat mempromosikan melalui Instagram. 

Dengan berpromosi di Instagram, maka pelanggan akan dapat mengetahui lokasi outlet sang owner penjual makanan. Nantinya para pelanggan bisa datang langsung (mampir) berbelanja ke outlet tersebut. 

Jadi selain bisa berbelanja secara online, pelanggan juga bisa datang langsung secara offline (jika mereka mau). Nah agar promosi di Instagram lebih optimal, diperlukan strategi yang tepat agar produk makanan itu lebih cepat laku.

Itulah sebabnya artikel ini akan mengulas secara khusus tentang 7 cara membuat caption promosi makanan di Instagram.

Yuk simak hingga tuntas!

Bila memutuskan untuk memasarkan makanan melalui Instagram, maka pebisnis harus aktif dalam mengunggah postingan. Di samping itu, Pemilihan kata-kata promosi harus diatur dengan baik agar dapat menarik perhatian customer. 

Agar lebih mudah, pebisnis dapat mempelajari cara penulisan caption untuk memasarkan makanan. 

Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Tekankan "Kerugian" Bila Tidak Mencoba Makanan

Penekanan terhadap "kerugian" yang akan diperoleh bila tidak membeli produk makanan merupakan cara ampuh untuk menggugah minat customer. Penekanan ini dapat dilakukan dengan menambahkan fitur khusus yang akan diperoleh customer bila membeli pada periode tertentu. 

Adapun contoh caption promosi makanan di Instagram untuk strategi ini dilihat pada contoh berikut:

"Jangan sampai menyesal jika tidak beli sekarang! Inilah biskuit Choco Dream yang lagi viral. Biskuit renyah dengan isian coklat yang lumer di lidah. Khusus hari ini, setiap pembelian minimal 5 pcs melalui akun Instagram official kami akan mendapatkan gratis ongkir. Yuk, borong sekarang juga!"

2. Berikan Kata-kata Peringatan

Dalam membuat caption promosi makanan di Instagram, pebisnis dapat mencoba untuk menghubungkan dengan alam bawah sadar dari customer. Tahapan ini dapat dilakukan dengan menggunakan sedikit kata-kata peringatan yang nantinya dapat membuat orang-orang penasaran. 

Dengan demikian, rasa penasaran yang semakin memuncak akan membuat costumer mulai mencoba produk makanan tersebut.

Meski menggunakan kata-kata peringatan, caption harus tetap menggunakan bahasa yang sopan. Cobalah menambahkan beberapa kata seperti 'awas', 'hati-hati', 'nanti kehabisan', dan lain sebagainya. 

Agar dapat mengaplikasikan kata kunci tersebut lebih mudah, berikut beberapa contoh yang dapat dikembangkan sesuai kreativitas sendiri:

"Awas nanti kecanduan, keripik singkong pedas dibuat dengan bumbu pilihan. Bisa pilih level pedas sesuai selera. Kombinasi keripik renyah dan bumbu cabai bisa membuat kamu ketagihan hingga tak berhenti mengunyah. Order sekarang dengan cara DM admin ya!"

"Hati-hati, manisnya biskuit cokelat ini bisa bikin hari-harimu semakin berwarna. Aktivitas belajar atau ngumpul sama teman jadi semakin seru dengan biskuit Choco Dream yang bikin nagih. Yuk, order sekarang juga melalui website resmi kami!"

3. Tambahkan Nilai atau Value

Dalam membeli sebuah makanan, customer harus tahu nilai atau value yang akan diterima saat memilih produk tersebut. 

Untuk itulah, pebisnis dapat menuliskan informasi secara ringkas mengenai kelebihan dari makanan yang dijual. Sehingga informasi ini akan menggugah selera customer untuk memilih makanan tersebut. 

Sebagai panduan, berikut contoh yang dapat disimak:

"Ayam panggang Larisso terbuat dari 100% rempah pilihan dan ayam yang dipanggang dengan kematangan yang pas. Nikmati ayam panggang empuk dan sambal super pedas yang nagih. Harga tetap bersahabat, rasa selalu nikmat. Kunjungi seluruh outlet kami yang berlokasi di kota Semarang sekarang juga!"

4. Tambahkan Kata 'Dijamin'

Terdapat beberapa kata kunci yang dapat ditambahkan untuk membuat caption promosi makanan di Instagram yang efektif. 

Pemilihan kata kunci yang tepat akan membuat followers semakin ingin tahu mengenai produk makanan yang dijual. Dengan demikian, pebisnis harus mampu menggali rasa keingintahuan tersebut sehingga para followers memutuskan untuk membeli makanan tanpa ragu.

Diantara beberapa contoh kata kunci yang dapat digunakan seperti 'dijamin', 'terbukti', 'original' dan lain sebagainya. Adapun penerapannya dapat menyesuaikan dengan produk makanan yang dijual. 

Akan lebih baik bila pebisnis mengaitkan kata kunci tersebut dengan bahan maupun proses pembuatan makanan. Agar lebih mudah memahaminya, silahkan menyimak pada contoh caption dibawah ini:

"Dijamin nagih, sambal cumi pedas dibuat dengan cabai segar pilihan yang pedasnya menggoda. Produk makanan kami dikemas secara praktis dan mudah untuk dihangatkan. Nikmati sambal cumi pedas bersama nasi hangat di rumah. Yuk, sajikan hidangan nikmat setiap hari dengan berlangganan di toko makanan kami. Segera chat admin untuk pemesanan ya!"

5. Buatlah Promo Untuk Pembelian Banyak

Upaya untuk meningkatkan Jumlah pembelian produk makanan dalam satu waktu dapat dilakukan dengan mengadakan promo khusus. Saat membuat promo, pebisnis harus menerapkan strategi yang baik agar usaha makanan tetap memperoleh keuntungan. 

Pembuatan caption promosi makanan di Instagram untuk mengadakan promo dapat dilihat sebagaimana contoh berikut:

"Cuma hari ini, setiap pembelian 10 pcs camilan merk apa pun di toko kami akan mendapatkan bonus 1 pcs camilan gratis. Yuk, ajak teman-teman kamu berbelanja sekarang sebelum kehabisan stok. Promo mulai diberlakukan sejak postingan ini tayang hingga akhir bulan Oktober. Jangan lewatkan promonya ya!"

6. Gunakan Kalimat Solutif Untuk Menarik Perhatian Audiens

Sebagaimana yang telah dipahami, ada banyak produk makanan yang dijual oleh orang lain. Ada kemungkinan bahwa produk makanan tersebut memiliki kemiripan satu sama lain. 

Oleh sebab itu, pebisnis harus dapat menonjolkan makanan yang ditawarkan dengan menggunakan kalimat solutif. Penulisan caption dapat diawali dengan permasalahan yang sering terjadi seperti pada contoh berikut ini:

"Mau ngemil takut berat badan naik? Jangan khawatir, Healthy Food hadir menjual aneka camilan sehat yang cocok untuk konsumsi harian kamu. Cobalah biskuit oats, gandum, dan cookies nikmat yang rendah kalori. Order camilan sehatmu sekarang juga!"

"Kadar gula terlalu tinggi membatasi konsumsi makanan Anda? Healthy Food kini hadir di kota Lumajang, kami menyediakan paket makanan rendah gula yang sehat. Konsumsi sehari-hari terbukti aman bagi penderita darah tinggi. Pilih menu makanan sehat kamu sekarang!"

7. Tawarkan Bonus

Program bonus merupakan salah satu metode promosi yang paling praktis untuk membuat customer membeli makanan dalam jumlah yang banyak. Sebab, sebagian orang mungkin akan memanfaatkan momen langka tersebut dengan baik. 

Agar pembaca tidak kebingungan, berikut contoh pembuatan caption dengan tawaran bonus berdasarkan persyaratan khusus:

"Dijual cepat bakso Aci yang rasanya tiada banding. Nikmati kuah gurih dengan perasan jeruk nipis yang segar. Khusus pembelian untuk 20 pelanggan pertama di setiap outlet kami akan mendapat gratis 1 gelas es teh. Tunggu apalagi, segera kunjungi outlet Pelangi Bunda sekarang juga."

"Bonus terbatas! Dapatkan gratis satu porsi terang bulan coklat untuk pembelian martabak telur jumbo di Martabak 88. Bonus hanya berlaku pada hari ini saja untuk semua cabang outlet. Yuk, ajak teman-teman kamu dan dapatkan bonusnya segera."

Demikianlah pembahasan mengenai cara pembuatan caption promosi makanan di Instagram yang bisa diterapkan untuk memasarkan produk. 

Pada dasarnya, foto atau video beserta kata-kata menjadi poin utama dalam pemasaran produk makanan melalui media sosial. Disamping itu, interaksi yang baik bersama para follower membuat orang-orang semakin tertarik untuk mencoba produk makanan tersebut.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "7 Cara Membuat Caption Promosi Makanan di Instagram (Agar Laris Manis)"