Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Cara Promosi di Instagram Story & Tips Pemasarannya


Cara Promosi di Instagram Story - Berbisnis secara online tentunya harus diimbangi dengan strategi pemasaran yang efektif agar customer tertarik untuk berbelanja. Pengenalan brand melalui Instagram dapat menjadi salah satu target yang harus terpenuhi agar lebih banyak orang tertarik dengan produk yang ditawarkan. 

Itulah sebabnya, cara promosi di Instagram story perlu dipelajari bagi seorang pebisnis.

Yuk simak ulasan selengkapnya.

Meski hampir sama saat membuat story pada umumnya, tetapi ada beberapa aspek yang tidak boleh terlewatkan dalam pembuatan story untuk iklan. Tujuan utamanya agar postingan berdurasi pendek ini dapat membuat kesan menarik bagi customer, sehingga mereka mau melihat akun kita. 

Agar pebisnis tidak kesulitan, berikut pembahasan berkaitan dengan promosi menggunakan Instagram story.

Cara Promosi di Instagram Story

Penggunaan Instagram story merupakan salah satu bentuk upaya dalam meningkatkan popularitas brand. Unggahan story memungkinkan bagi pengguna lain untuk melihat dan mengunjungi akun bisnis. 

Karena hanya bertahan selama 24 jam, pebisnis patut menyimak panduan cara promosi di Instagram story yang efektif sebagaimana penjelasan berikut:

1. Buatlah Rencana Desain Iklan

Perlu diingat bahwa saat melihat story, costumer memiliki pilihan untuk skip atau melewatinya tanpa membaca. Sehingga iklan yang diposting pada story justru akan sia-sia. Untuk itulah, diperlukan visualisasi yang menarik agar customer berminat untuk meluangkan waktu sejenak dalam membaca promosi produk secara detail.

Upaya yang dapat dilakukan adalah merencanakan desain iklan yang akan digunakan. Perencanaan tersebut meliputi tema dan tipe iklan yang akan diunggah pada story Instagram. 

Bila menggunakan video atau gif, usahakan durasi tidak melebihi 15 detik. Agar visualisasi iklan yang dibuat dapat menarik perhatian customer, pebisnis dapat menggunakan jasa desainer grafis yang handal.

2. Kreasikan Konten yang Unik

Pada dasarnya, aplikasi Instagram telah memiliki berbagai fitur yang akan meningkatkan kualitas dari postingan story. Misalnya seperti penambahan teks, efek, stiker, serta fitur pengeditan lainnya. 

Bila dikombinasikan dengan baik, berbagai tools tersebut dapat dimanfaatkan dalam membuat story yang unik untuk customer.

Agar customer menjadi lebih senang ketika membaca iklan tersebut, pengguna juga bisa menambahkan emoji yang berkaitan dengan produk. 

Untuk story video, sesekali gunakan backsound yang membuat audiens tertarik menonton sampai akhir. Pebisnis juga dapat memadukan tools pada Instagram dengan aplikasi lain bila dibutuhkan.

3. Tambahkan Tagar

Penggunaan tagar atau hashtag merupakan salah satu cara promosi di Instagram story untuk mendapatkan perhatian audiens lebih banyak. Sebagaimana yang telah diketahui, terkadang para pengguna Instagram lebih memilih mencari informasi melalui hashtag. 

Agar audiens tidak kecewa dengan informasi yang diperoleh, sebaiknya sesuaikan hashtag dengan produk yang ditawarkan.

Tanpa disadari, tagar membawa dampak yang cukup signifikan dalam meningkatkan jumlah audiens. 

Disamping itu, para pengguna yang melihat Instagram Story tersebut merupakan orang-orang yang sedang membutuhkan barang atau jasa serupa. Sehingga periklanan yang diterapkan benar-benar tepat sasaran dan berdampak baik pada pengenalan brand.

Info Menarik Lainnya : Cara Promosi di Instagram Ads dan Manfaat yang Diperoleh Pebisnis

4. Gunakan Fitur Q&A

Meskipun bisnis telah mencantumkan kontak pada brosur, tetapi beberapa orang mungkin akan segan untuk menghubungi nomor tersebut. Sehingga cara promosi di Instagram story dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur Q&A. 

Sediakan kolom isian untuk follower agar dapat mengungkapkan rasa keingintahuan pada produk yang dijual.

Membangun Interaksi yang baik merupakan upaya paling efektif dalam membangun kepercayaan para customer. 

Adanya fitur Q&A ini dapat menjadi wadah untuk mengetahui spesifikasi produk yang diinginkan oleh banyak orang. Dengan demikian, kualitas produk yang dijual dapat ditingkatkan agar jumlah penjualan semakin meningkat.

Setelah menyiapkan fitur Q&A, cobalah jawab pertanyaan follower dengan detail pada story selanjutnya. Sebab, satu pertanyaan bisa jadi mewakili banyak customer yang ragu untuk bertanya tentang produk. 

Semakin aktif dalam berinteraksi secara online, popularitas brand juga akan turut meningkat. Sehingga, tidak menutup kemungkinan banyak customer yang menjadi pelanggan di toko online tersebut.

Info Menarik Lainnya : Cara Mempromosikan Produk di Sosmed Secara Efektif

5. Cobalah Instagram Ads

Para pengguna akun bisnis dapat menerapkan cara promosi Instagram story melalui fitur ads. Sebab, terdapat opsi penambahan backlink yang akan mengarahkan audiens untuk mengunjungi akun pengiklan. 

Tahapan awal yang harus dikerjakan pebisnis yaitu menghubungkan Instagram dengan akun Facebook agar lebih mudah dalam pembuatan story iklan.

Untuk memanfaatkan Instagram ads, pebisnis perlu memilih sasaran dari iklan yang akan dipublikasikan. 

Selanjutnya, silahkan mengedit bagian placement untuk menentukan tempat publikasi iklan. Pebisnis dapat memilih bagian Instagram story untuk mulai mengunggah iklan berupa foto maupun video. 

Jadwalkan publikasi sesuai dengan budget yang telah disiapkan.

Tips Menggunakan Instagram Story

Untuk Pemasaran Produk Penerapan cara promosi di Instagram story akan semakin efektif bila pebisnis dapat menerapkan strategi pemasaran online yang baik. 

Poin utama yang perlu dilakukan sebenarnya memastikan bahwa konten yang diunggah benar-benar mampu menggugah minat customer. Untuk itulah, ada beberapa tips yang efektif sebagai bahan pedoman dalam memasarkan produk sebagai berikut:

1. Gunakan Konsep Sederhana

Tampilan visualisasi iklan memang harus unik, akan tetapi pebisnis perlu memahami bahwa story berupa video tidak dapat diulang kembali. Untuk itulah, pebisnis tidak perlu menggunakan desain dan tulisan yang rumit dan cukup banyak. 

Usahakan memakai konsep sederhana tetapi tetap bisa menghasilkan dorongan bagi audiens untuk menyimak isi iklan.

Untuk mengisi story Instagram agar tetap update sehari-hari, pebisnis dapat mulai membuat penjadwalan. Misalnya hari ini mengunggah promosi, dilanjutkan dengan mengunggah Q&A, review produk, screenshot testimoni, dan lainnya. 

Semakin aktif dalam membuat postingan pada story Instagram, audiens akan semakin mudah untuk mengenal produk yang ditawarkan oleh pebisnis.

Info Menarik Lainnya : Tips Jualan Online di Instagram Supaya Produk Anda Laris Manis

2. Tampilkan Layar Penuh

Berbeda saat membuat iklan pada media lain, story Instagram akan lebih mengesankan saat dibuat memenuhi layar. Untuk itulah, bila mengunggah foto atau video usahakan memakai vertikal full length agar sesuai layar ponsel. 

Pebisnis juga perlu membagi ruang untuk kontak dan alamat. Sebab, informasi ini harus dapat dilihat dengan jelas oleh audiens.

3. Tonjolkan Brand Dengan Jelas

Tujuan utama menerapkan cara promosi di Instagram story adalah meningkatkan kesadaran merek dari sebuah usaha. Sebab, kampanye seperti ini memang sangat penting dalam mengenalkan brand terutama untuk bisnis online. 

Akan lebih baik bila nama brand dibuat menonjol agar mudah diingat oleh para customer yang membacanya.

Bila mengunggah foto pada story Instagram, pebisnis dapat menggunakan font yang lebih menarik. Gunakan pula warna yang kontras dengan background agar nama brand terbaca dengan jelas. 

Adanya highlight juga direkomendasikan untuk menonjolkan brand. Dengan demikian, audiens akan tetap mengingat nama brand tersebut meski iklan story yang dipasang sudah menghilang.

Itulah diatas pembahasan tentang cara promosi di Instagram story dan tips untuk melakukan pemasaran online yang efektif untuk mengembangkan bisnis. 

Karena bersifat sementara, pebisnis perlu membuat story serutin mungkin agar para follower selalu memperoleh update tentang produk terbaru. Sesekali, cobalah menggunakan fitur live streaming pada Instagram untuk berinteraksi mengenalkan produk ke customer.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Cara Promosi di Instagram Story & Tips Pemasarannya"