Postingan Unggulan

25 Panduan Cara Jual Pulsa Online Yang Benar Dan Menguntungkan

Tips Jualan Online di Instagram Supaya Produk Anda Laris Manis

Media sosial diciptakan untuk membangun pertemanan. Lewat dunia maya kita bisa kembali mengobrol dengan teman-teman lama. Bahkan berkenalan dengan orang yang tak dikenal sama sekali sebelumnya. Namun seiring berjalannya waktu, fungsi media sosial kini semakin berkembang menjadi media untuk memasarkan produk. 

Instagram yang pada awalnya hanya media untuk sharing foto, kini fungsinya telah bertambah menjadi tempat untuk promosi dan berjualan. 

Mau tau gimana caranya sukses jualan online di Instagram? Simak artikel ini sampai tuntas, karena akan mengulas tips jualan online di Instagram secara lengkap.

Barang yang dijual di Instagram bisa bermacam-macam. Produk yang sering ditemukan adalah baju, kosmetik, buku, tas, dan sepatu. Tapi tak jarang juga yang menjual makanan dan minuman, bahkan mempromosikan bisnis lainnya seperti MUA (make up artist). 

Apapun jenis jualan atau bisnisnya, Instagram merupakan platform yang unik sebagai media pemasaran. Maka itu, tips jualan online di Instagram bukan hanya sekedar mengunggah banyak-banyak foto. Ada hal lain yang perlu dilakukan, agar supaya penjualan produk Anda dapat menjadi lebih laris.


Tips Jualan Online di Instagram Supaya Produk Anda Laris Manis

Kelebihan Jualan Online Lewat Instagram.


Trend berbelanja masyarakat kini beralih ke online. Maka tak heran online shop mulai menjamur, termasuk munculnya akun-akun toko online di Instagram. Jika diperhatikan, promosi di Instagram berbeda dengan di market place atau media sosial lainnya. 

Sebelum membahas tips jualan online di Instagram, ketahuilah ternyata ini alasan sejumlah orang memilih Instagram sebagai media promosinya:

1. Tampilan Produk Lebih Menarik.


Layaknya album foto, Instagram menyajikan tampilan foto-foto yang menarik. Tidak seperti di Facebook atau Pinterest, seseorang yang mengakses Instagram rasanya seperti melihat sebuah katalog digital. Ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang berjualan di Instagram untuk display produknya. Semakin rapi dan menarik foto produk, maka semakin besar peluang orang mau membelinya.

2. Gratis!


Minim budget bahkan tidak punya dana promosi sama sekali bukan alasan untuk tidak jualan di Instagram. Posting foto, mengatur tata letak, meng-upload Instagram Stories, bahkan membuat caption adalah hal-hal yang gratis. Hanya dibutuhkan kreatifitas serta ketekunan untuk mengatur akun Instagram sedemikian rupa.

3. Jangkauannya Luas (Target Market).


Jualan di Instagram tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Promosi terus berjalan meski si pemilik toko sedang tidak online. Begitu pun untuk target market-nya, siapa saja dari seluruh Indonesia (bahkan luar negeri) bisa melihat produk yang dijual. Namun dengan syarat akun Instagram-nya tidak berada dalam pengaturan private.

4. Terkoneksi dengan Media Sosial Lainnya.


Keuntungan lainnya jualan lewat Instagram adalah tidak perlu repot meng-update di media sosial lainnya. Instagram kini telah terkoneksi dengan akun media sosial. Contohnya seperti halaman fanspage Facebook, kini Instagram telah terkait dengan halaman penggemar tersebut. Jadi tiap Anda  memposting foto, maka sudah otomatis akun medsos yang terkoneksi juga akan ikut ter-update.

5. Banyak Penggunanya.


Sejak diluncurkan pada tahun 2013, pengguna Instagram kian bertambah banyak, apalagi di Indonesia. Fakta ini sangat menarik dan tentu sayang sekali kalau diabaikan oleh seorang pebisnis online. Dengan berjualan di Instagram, maka akan semakin banyak orang yang mengetahui, dan akhirnya membeli produk Anda.

Artikel Menarik Lainnya : 10 Tips Sukses Jualan Online Ini Sangat Efektif Meningkatkan Omset Anda

Cara Jualan Yang Efektif di Instagram.


Kini tiba saatnya untuk membahas tips jualan online di Instagram supaya laku keras. Jangan khawatir, bagi yang baru berbisnis dan menggunakan Instagram, maka cara-cara dibawah relatif mudah di ikuti (karena sangat praktis). Jika Anda sudah berpengalaman dan ingin meng-explore lebih jauh, tentu itu lebih baik. 

Simak beberapa cara berikut ini untuk memaksimalkan akun Instagram Anda dalam berjualan:

1. Buat Akun Bisnis.


Instagram menyediakan akun bisnis buat yang ingin berjualan. Perbedaan akun bisnis dengan akun pribadi adalah dari fitur yang disediakan. Dalam akun bisnis ada fitur insight dan promote yang sangat berguna dalam meningkatkan penjualan. 

Caranya mudah kok. 

Langkah pertama kali yaitu, buatlah akun Instagram layaknya untuk pribadi. Setelah itu, masuk ke menu setting dan pilih menu “Switch to Business Account”. 

Jangan lupa, Anda juga harus membuat akun Facebook dan fanpage Facebook terlebih dahulu. Karena nantinya semua akun-akun ini akan saling terkoneksi (terhubung) satu sama lain. Ini kalau Anda sama sekali belum punya akun Facebook ya. Namun jika sebelumnya anda sudah memiliki akun Facebook pribadi dan halaman fanspage, maka tinggal dikoneksikan saja dengan akun instagram yang telah Anda buat tersebut. 

2. Sering Upload dan Atur Tampilan.


Tips jualan online di Instagram selanjutnya adalah rajin posting produk. Semakin banyak foto yang di-upload maka para pengunjung semakin yakin kalau akun tersebut aktif, up to date, dan terpercaya. Jangan lupa, perlu juga untuk diperhatikan tentang rancangan tata letak, tone warna, serta nuansa tampilan akun Instagram Anda. Aturlah dengan sedemikian rupa, agar terlihat rapi, menarik, dan lekat dengan brand identity produk Anda.

3. Buatlah Deskripsi yang Lengkap dan Menarik.


Selain foto, deskripsi (caption) pun harus lengkap dan menarik minat pembeli. Tidak akan maksimal hasil penjualan dari sebuah postingan produk, apabila tidak diikuti oleh deskripsi yang menarik. 

Tidak ada aturan baku dalam penggunaan bahasa. Anda boleh menggunakan gaya bahasa baku ataupun bahasa gaul. Yang penting deskripsi tersebut telah memenuhi unsur copywriting yang baik. 

Gaya bahasa juga bisa disesuaikan dengan target market dan identitas brand tersebut. Untuk jualan produk rumah tangga, fashion, atau kosmetik, Anda bisa membuat deskripsi yang komunikatif dengan cara menggunakan sapaan-sapaan tertentu. Contoh seperti sapaan 'Bun', 'Say', 'Jeng', dsb. 

Sedangkan jika Anda berjualan produk branded atau ekslusif, maka gunakanlah gaya bahasa formal.

4. The Power of Endorse.


Di jaman calon pembeli lebih percaya kata orang daripada si penjual, manfaatkan endorse untuk memasarkan produk. Pilihlah artis atau influencer yang memiliki jumlah follower banyak dan karakternya sesuai dengan target market produk Anda. 

Kalau minim budget, maka Anda bisa minta tolong ke teman yang memiliki follower banyak atau influencer-influencer pemula. Menggunakan endorse menjadi tips jualan online di Instagram yang sudah banyak dilakukan saat ini.

5. Jangan Lupa Gunakan Hashtag.


Agar postingan Anda lebih mudah ditemukan oleh orang-orang, maka jangan lupa gunakan hashtag. 

Tips jualan online di Instagram ini sangat efektif karena Instagram memiliki sistem kerja algoritma. 

Instagram akan mendeteksi postingan yang sesuai dengan keyword yang dimasukkan oleh seseorang. Kalau deskripsi dan hashtag yang digunakan matching (sesuai), maka produk jualan Anda akan muncul di laman hasil pencarian.

Artikel Menarik Lainnya : Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook? Berikut ini Panduan dan Informasi Lengkapnya

6. Tag dan Share.


Esensi adanya media sosial adalah untuk berbagi dengan teman-teman. Maka manfaatkanlah fitur tag dan share pada Instagram untuk memasarkan produk jualan Anda. 

Tag dan share ini bisa dilakukan kepada teman-teman terdekat terlebih dahulu (agar tidak terkesan mengganggu). Tag-lah foto produk Anda kepada tiga, atau lima orang teman Anda (untuk permulaan). Jika Anda sudah punya banyak pelanggan setia, maka tag bisa dilakukan pada saat ada promo-promo tertentu.

7. Follow Akun Lain.


Mem-follow akun lain bukan berarti tanpa seleksi. Perhatikan akun-akun yang diikuti oleh follower kita. Follow akun-akun yang karakteristiknya mirip, atau barang yang dijualnya sejenis dengan kita. 

Selain bisa dijadikan sebagai sarana untuk mencari inspirasi, akun kita juga bisa tampil di dalam saran pertemanan, dan menjadi rekomendasi baru untuk di-follow oleh para pelanggan mereka.

8. Buatlah Diskon atau Giveaway.


Tips jualan online di Instagram yang bikin laris lainnya juga bisa dilakukan lewat program diskon atau giveaway. 

Keduanya sama-sama ditujukan untuk pelanggan setia Anda, namun yang membedakan adalah bentuk apresiasinya. 

Kalau diskon adalah pemberian potongan harga, sedangkan giveaway memberikan produk secara cuma-cuma (gratis) karena seseorang telah melakukan sesuatu pada produk Anda. Misalnya mereka telah melakukan tag and share atau memberikan comment pada produk Anda.

9. Soft Selling di Instastory.


Salah satu keunikan dari platform Instagram adalah fitur Instastory. Fitur ini akan menayangkan postingan foto produk Anda selama 24 jam, setelah itu postingan tersebut akan terhapus secara otomatis. Gunakan Instastory untuk informasi yang berkala, misalnya flash sale atau countdown untuk produk baru. Hal ini akan membuat pelanggan menjadi lebih penasaran, sehingga mereka akan terus memantau akun Instagram Anda dalam ritme yang lebih sering.

10. Beriklan di IG Ads.


Bagi yang punya dana untuk biaya marketing produk, maka anda boleh mencoba berpromosi dengan menggunakan IG Ads. IG Ads (Instagram Ads) adalah fitur beriklan melalui Instagram yang bisa menjangkau audience lebih banyak dan lebih fokus. 

Foto produk yang ditampilkan harus sangat menarik, agar supaya orang-orang mau melihat dan meng-klik-nya. Siapkanlah foto dan video produk yang menarik untuk di iklankan, agar dapat menarik minat pengunjung untuk membelinya. 

Ikutilah tips jualan online di Instagram di atas dari nomor satu hingga sepuluh secara seksama. Kalau kesepuluh cara di atas sudah ditempuh, Anda bisa lanjut ke cara selanjutnya yang lebih expert. Insya Allah nanti saya akan menulis artikel lanjutan tentang tips jualan online di Instagram ini.

Artikel Menarik Lainnya : 34 Uraian Lengkap Bisnis Online Tanpa Modal Yang Perlu Diketahui

Bagi Anda yang sudah berpengalaman, maka Anda dapat memanfaatkan data yang disuguhkan oleh Instagram agar hasilnya bisa lebih maksimal. Namun kalau dirasa terlalu merepotkan, maka Anda cukup lakukan semua tips di atas secara konsisten, agar supaya jualan Anda semakin laris.

Sampai berjumpa di artikel selanjutnya, semoga sukses selalu untuk Anda.

0 Response to "Tips Jualan Online di Instagram Supaya Produk Anda Laris Manis "

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel