10 Tips Sukses Jualan Online Ini Sangat Efektif Meningkatkan Omset Anda

Era digital sudah semakin maju. Sehingga dalam berkarir, kini sudah tidak lagi membatasi jenis profesi seseorang. Jika zaman dulu berkarir itu identik/terbatas sebagai pekerja dikantoran, maka kini Anda sudah bisa berkarir dirumah sebagai pebisnis online. 

Menjadi pebisnis online kini sedang trend. Profesi ini sudah sangat banyak dijalani orang, baik oleh ibu rumah tangga, mahasiswa, dll. 

Bahkan mereka yang sudah menjadi karyawan pun, juga ada yang ikut jualan online (untuk menambah penghasilan mereka). 

Ibarat kata pepatah, dimana ada gula maka disanalah akan banyak semut. 

Demikian juga dengan bisnis online ini.

Karena peluangnya terbilang menjanjikan, sehingga semakin hari semakin banyak saja bisnis online baru yang bermunculan. 

Otomatis persaingan pun tentu jadi kian ketat.

Nah, bagi Anda yang baru akan masuk ke dunia ini, mari simak tips sukses jualan online di bawah ini, supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin.



10 Tips Sukses Jualan Online Ini Sangat Efektif Meningkatkan Omset Anda
Layaknya seperti bisnis lain pada umumnya, menjalani bisnis online pun tidak seketika menuai keuntungan besar. Tetap dibutuhkan 3 resep sukses, yaitu ketekunan, kesabaran, dan konsisten dalam menjalaninya. Selain ketiga resep sukses itu, juga diperlukan ilmu bisnis yang mendukung agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal. 

Jika Anda telah mengetahui tips sukses dalam jualan online, maka profit yang besar tentu akan lebih berpeluang untuk didapatkan. 

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, yaitu dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi internet dengan sebaik-baiknya. Karena telah terbukti jika kemajuan teknologi digital dimanfaatkan dengan tepat, maka akan dapat mempercepat dan mempermudah kehidupan manusia modern.

Hal Yang Bisa Dilakukan Supaya Bisnis Online Dapat Menghasilkan Keuntungan Maksimal.


Ada sebagian pebisnis online pemula yang belum mengetahui tentang tips sukses berjualan online. Mereka belum memanfaatkan teknologi digital secara maksimal (supaya meraih keuntungan besar). Umumnya para pemula, bahkan beberapa yang sudah lama berbisnis online, hanya memanfaatkan media sosial. Contoh seperti Facebook atau Instagram saja, padahal itu hanya-lah salah satu di antara sekian banyak cara dan platform yang bisa dimanfaatkan. 

Berjualan di media sosial itu sebenarnya sudah baik, karena pada beberapa platform medsos itu sudah ada fitur marketplace. Namun hasil yang akan diperoleh bisa lebih maksimal, jika Anda juga menerapkan strategi yang lainnya. 

Dibawah ini beberapa strategi lain yang perlu dilakukan, supaya bisnis online Anda dapat lebih cepat sukses dan menghasilkan keuntungan:


1.  Buka Toko di Marketplace.


Online shopping adalah perilaku masyarakat masa kini yang sudah menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari . Jika dimasa lalu orang-orang harus datang langsung ke toko fisik/pasar untuk berbelanja keperluannya. Mesti keluar rumah agar dapat memilih barang yang di inginkan, kemudian barulah membelinya. Maka zaman sekarang orang tidak perlu repot-repot seperti itu lagi. Calon pembeli kini sudah bisa berbelanja menggunakan gadget lewat marketplace. 

Marketplace kini telah menjelma menjadi pasar modern di era digital, semua prosesnya serba mudah dan cepat! Oleh karena itulah, sangat penting sekali bagi pebisnis online untuk memanfaatkan peluang ini. 

Ada banyak marketplace yang bisa Anda pilih. Marketplace yang terkenal di Indonesia antara lain: 

- Lazada Indonesia 
- Tokopedia 
- Bukalapak 
- Blibli 
- Shopee 
- JD Indonesia 
- Bhinneka 
- Elevenia 
- ZALORA Indonesia 
- Matahari Mall

Bukalah toko online di salah satu atau beberapa marketplace diatas sebagai sarana lain untuk berjualan. Membuka toko online di marketplace ini gratis, dan caranya pun mudah. Cara membuat akun toko onlinenya mirip seperti kita mendaftar dan mengaktifkan akun media sosial.

Tips sukses jualan online lewat marketplace bagian yang pertama adalah branding. 

Usahakan bangun branding yang khas, supaya toko online Anda berbeda dari yang lain dan berkesan lebih profesional (terpercaya). 

Bagian penting kedua, rajin-rajinlah update produk baru, dan turunkan (simpan digudang toko online Anda) jika ada barang yang sudah habis. 

Hal ini bertujuan agar jangan sampai ada calon pembeli ditoko online Anda yang merasa kecewa. Sebab jika ada barang yang sudah mereka pesan, sedangkan produknya sedang kosong/habis, maka tentu saja hal itu akan dapat mengecewakan mereka. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk selalu mengecek kesediaaan stok produk ditoko online Anda. Kemudian jangan lupa untuk memberikan deskripsi sedetail mungkin pada setiap produk Anda. Ini bertujuan untuk memudahkan calon pembeli mengenali spesifikasi produk toko online Anda.

Bagian penting ketiga adalah agar selalu responsif menjawab setiap pertanyaan dari calon konsumen. 

Usahakan jawab inbox/pesan yang masuk sesegera mungkin. Respon yang cepat ini akan dapat membangun kesan yang positif bagi toko online Anda. Sehingga ketika barang pesanan telah dikirim dan diterima oleh pembeli, maka mereka tidak akan segan-segan untuk memberikan feedback/testimoni positif pada toko online Anda.

Jika feedback/testimoni positif  ini telah banyak Anda dapatkan, maka sesungguhnya Anda telah berhasil membangun branding toko online Anda. Selanjutnya kesuksesan akan lebih mudah Anda raih. Karena orderan dari pembeli mulai banyak berdatangan, berkat branding yang telah berhasil Anda bangun pada toko online tersebut.   

Artikel Menarik Lainnya : 34 Uraian Lengkap Bisnis Online Tanpa Modal Yang Perlu Diketahui

2. Buatlah Website Toko Online Anda.


10 Tips Sukses Jualan Online Ini Sangat Efektif Meningkatkan Omset Anda
Ilustrasi Toko Online.

Meski sudah memiliki toko di marketplace, namun bukan berarti membangun website sendiri itu tidak penting. Website toko online bisa didesain sesuai dengan brand produk dan target market. Dengan begitu, pelanggan akan merasa lebih dekat dan familiar dengan brand tersebut. 

Keunikan brand toko online Anda juga bisa lebih ditonjolkan di sini, dibandingkan dengan toko online yang masih 'numpang' di situs market place. 

Jika Anda memiliki situs toko online sendiri, maka Anda bisa merancang segala hal tentang toko online Anda dengan sepuasnya. Misalnya jika Anda ingin membuat logo/merek toko online yang bagus dan punya ciri khas tersendiri, maka itu dapat Anda lakukan. Namun hal ini tidak akan bisa Anda lakukan jika toko online Anda masih menumpang di situs marketplace. 

Lebih dari itu, jika pebisnis online concern dengan pengembangan bisnis melalui data, maka di website milik sendiri semua data-data yang diperoleh akan lebih valid. Semua data yang berhubungan dengan jumlah pengunjung, karakteristik mereka, hingga detail penjualan bisa diamati secara mendetail. Bahkan program khusus bisa Anda lakukan jika memiliki website toko online sendiri.

3. Kembangkan Konten Bermanfaat (Artikel dan Video) Di Media Sosial.


Sudahkah Anda membuat akun di media sosial? Saya yakin Anda pasti sudah punya ya. ☺

Sebagai sarana promosi dan untuk membangun branding, maka minimal Anda harus punya akun Instagram dan Facebook. Ingat, kedua akun media sosial ini hendaknya berbeda dari akun pribadi Anda. 

Akun seperti apakah itu? 

Tidak lain dan tidak bukan adalah Halaman Penggemar Facebook (Fanspage). Tujuan dibuat page khusus untuk penggemar Anda ini adalah agar supaya konten (artikel & video) yang Anda share di dalamnya bisa fokus. Artinya tidak tercampur dengan postingan kehidupan pribadi si owner. Hal ini dimaksudkan agar para penggemar/pengunjung laman fanspage Anda bisa menilai, bahwa akun tersebut profesional dan terpercaya.

Jadi salah satu tips sukses berjualan online di sosial media adalah dengan cara membagikan konten yang bermanfaat di halaman fanspage Anda. Bagikanlah hal-hal yang informatif dan menarik. Jika Anda memiliki blog atau channel youtube, maka bagikanlah konten yang paling menarik dan bermanfaat ke laman fanspage tersebut. 

Jika anggota penggemar dan like laman fanspage Anda sudah banyak, maka Anda bisa mulai menjual dan mempromosikan produk milik Anda ke sana. 

Namun jangan lupa, dalam waktu berkala Anda harus tetap membagikan konten yang bermanfaat. 

Jadi jangan mentang-mentang page udah rame, lantas malah posting produk terus. Ini adalah tindakan yang salah, sebab bisa bikin penggemar halaman Anda menjadi bosan. Oleh karena itu lakukanlah postingan yang berselang seling. Skala perbandingannya adalah 3 kali posting konten : 1 kali posting produk. 

Disamping meng-update konten dan foto-foto produk, maka sesekali perlu juga Anda posting topik yang bombastis dan sensasional. Misalnya memposting isu-isu pro kontra yang sedang ramai dibicarakan netizen. Strategi ini ada yang menyebutnya sebagai teknik 'gimmick' untuk memancing perhatian. Saat ini gimmick dianggap ampuh untuk mengundang pelanggan baru pada beberapa bisnis online.

4. Cobalah Gunakan E-mail Marketing.


Strategi e-mail marketing memang belum terlalu familiar, tetapi kini sudah mulai banyak internet marketer yang melakukannya. Cara ini cukup efektif dalam menambah profit bagi bisnis online. Karena tujuan dari e-mail marketing adalah menjaga loyalitas pelanggan sebelumnya. 

Jadi dengan menerapkan strategi ini, maka para pelanggan akan terus diberikan info tentang produk baru, program diskon, dan update lainnya melalui email.

Lewat e-mail marketing ini, proses komunikasi juga bisa lebih terfokus. Misalnya, program khusus untuk wanita, khusus mahasiswa, dan sebagainya.

Melakukan e-mail marketing tidak membutuhkan biaya banyak. Bahkan ada beberapa tools yang gratis (selama tidak melebihi kapasitas yang ditentukan). Kalau pun harus berbayar, biayanya tidak-lah tinggi. Lewat e-mail marketing ini, si pebisnis bisa mengetahui seberapa jauh intensi pelanggan terhadap brandnya.

Artikel Menarik Lainnya : The Power of Margin 10 Persen, Strategi Merebut Pasar Online Shop Paling Ampuh

5. The Power Word of Mouth (Testimoni Dari Mulut ke Mulut).


Keunikan perilaku masyarakat jaman sekarang adalah lebih mempercayai kata-kata (testimoni) orang dibandingkan dengan penjelasan langsung dari brand-nya. Mencari review terhadap suatu brand menjadi sesuatu yang umum dilakukan (sebelum mereka membeli produk atau menggunakan jasa). Mereka lebih percaya pada rekomendasi/ulasan orang-orang ketimbang pengakuan sepihak dari brand/toko online tertentu (tapi belum ada buktinya).

Oleh karena itu, maksimalkan-lah fenomena word of mouth ini dengan memberikan apresiasi kepada siapa pun yang menyebarkan berita baik tentang bisnis online yang sedang Anda bangun/jalani. 

Biasanya teknik ini dilakukan berupa tag ke akun media sosial teman, sharing dalam blog, dan sebagainya. Orang-orang yang melakukan ini akan mendapatkan diskon khusus atau keuntungan lainnya.

6. Beriklan di Media Sosial.

10 Tips Sukses Jualan Online Ini Sangat Efektif Meningkatkan Omset Anda
Ilustrasi Facebook Ads.

Tips sukses jualan online lainnya adalah dengan cara beriklan di media sosial. Jika produk Anda di iklankan di medsos, maka jangkauannya akan jauh lebih luas lagi daripada jangkauan organik (non berbayar) di laman fanspage Anda. 

Cobalah cari tahu info terkait tentang teknik berpromosi menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads, dan yang lainnya. Di Google sudah banyak kok artikel yang bagus-bagus. Artikel tersebut ditulis oleh orang-orang yang sudah berpengalaman dibidang Facebook Ads dan yang lainnya. Baca dan pahamilah isi artikel tersebut dengan teliti, kemudian coba Anda praktekkan dengan sebaik-baiknya dengan mempromosikan produk Anda. 

Dengan beriklan di media sosial, maka bisnis Anda akan lebih banyak diketahui oleh orang, bahkan oleh mereka yang tidak kita kenal. Karena pada platform medsos itu ada algoritma khusus, sehingga setiap user pasti akan mendapatkan tampilan iklan tertentu. Jika sebuah produk/brand bisnis sesuai dengan karakter seorang user, maka iklan tersebut akan muncul diberanda media sosialnya.

Sama halnya seperti e-mail marketing, beriklan di media sosial juga ada yang gratis jika sedang promo. Namun jika Anda ingin jangkauan promosinya lebih luas, lebih fokus, dan lebih menarik, maka tentu saja Anda harus mau menyiapkan budget untuk iklan. Semakin spesifik sasaran iklannya, maka peluang penjualan produk Anda pun akan semakin besar.

7. Pelajari Data.


Seperti yang sempat disinggung di atas, bahwa semua aktivitas dalam website toko online Anda dapat diamati datanya. Dari sanalah seorang pebisnis bisa menganalisis bisnisnya dari segala aspek. 

Jika data-data tersebut dipahami dengan benar, maka hasil dari aktvitas marketing, program penjualan, bahkan promosi konten di media sosial Anda bisa berjalan lebih efektif. Karena lewat analisis data tersebut, Anda dapat merancang program strategis selanjutnya, guna meraih keuntungan yang lebih besar lagi.

Tips sukses jualan online ini bisa dilakukan sendiri, asalkan penuh ketekunan dan kesabaran. Jika si pebisnis cukup jeli melihat peluang, maka data-data yang dimilikinya itu adalah kunci untuk pengembangan bisnisnya tersebut.

8. Cari Endorser atau Influencer.


Cara ini prinsipnya hampir sama dengan poin word of mouth sebelumnya diatas, hanya saja bedanya promosi pada endorse ini dilakukan oleh pubic figure atau orang yang memiliki banyak pengikut (influencer). 

Misalnya bisnis yang saat ini sedang Anda jalankan adalah jualan kosmetik. Maka tidak ada salahnya jika Anda membayar artis atau beauty vlogger untuk memberikan review keunggulan produk Anda. Terbukti banyak terjadi order dan penjualan produk, setelah orang-orang melihat review dari para endorser dan influencer tersebut.

Pilih orang-orang yang memiliki karakteristik sama dengan bisnis (brand) Anda. Jangan lupa, lihat juga jumlah follower-nya, karakteristik follower-nya, serta isi media sosial influencer itu. Semakin spesifik dan mendekati karakteristik bisnis Anda, maka follower-nya akan semakin mudah untuk terpengaruh membeli produk Anda.

9. Berkolaborasi.


Ini salah satu tips sukses jualan online yang jarang disadari. Beberapa pebisnis mulai melakukan kolaborasi saat bisnisnya sudah mulai sepi. Langkah seperti itu justru salah dan tidak tepat. 

Lakukanlah kolaborasi dengan brand lain sebagai langkah pengembangan bisnis. Misalnya bisnis yang sedang dijalankan adalah fashion item. Kenapa Anda tidak mencoba untuk berkolaborasi dengan pebisnis kosmetik? Cobalah. Karena keduanya masih sejalan dan memiliki target pasar yang sama. Dengan berkolaborasi ini pun sebenarnya ada manfaat lain, karena bisa menekan biaya promosi (marketing) produk Anda.

Artikel Menarik Lainnya : Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook? Berikut ini Panduan dan Informasi Lengkapnya

10. Punya Dedicated Admin.


Seluruh tips sukses jualan online di atas hasilnya bisa jadi kurang maksimal jika dilakukan sendirian. Perlu ada orang yang fokus dalam mengerjakannya. Di sinilah seorang pebisnis butuh admin yang mengatur urusan media sosial, e-mail marketing, dan bagian tukang upload foto produk ke media sosial. 

Admin juga membantu menjawab setiap pertanyaan dan memproses pemesanan yang datang. Tidak ada jumlah baku berapa banyak jumlah admin yang dibutuhkan. Ini tinggal disesuaikan saja dengan besarnya bisnis Anda dan seberapa banyak tugas-tugas yang perlu dijalankan.

Lewat kesepuluh tips sukses jualan online di atas membuktikan ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keuntungan. Terus up to date dengan perkembangan dunia digital. Teknologi akan terus berkembang, maka Anda harus semakin banyak melakukan improvisasi. Teruslah fokus dan terus belajar untuk mengembangkan bisnis online Anda di tengah persaingan yang kian ketat.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semua, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Salam sukses.

Penulis by : Bang izal.

0 Response to "10 Tips Sukses Jualan Online Ini Sangat Efektif Meningkatkan Omset Anda "

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel