Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mempromosikan Produk di Sosmed Secara Efektif

Cara Mempromosikan Produk di Sosmed Secara Efektif

Dulu sosial media hanya digunakan untuk berinteraksi dengan sesama pengguna. Namun seiring berkembangnya waktu, jumlah pengguna sosial media terus bertambah. Selain itu, jenis sosial media pun semakin banyak. 

Melihat perkembangan positif ini, tidak sedikit orang maupun usaha yang akhirnya memanfaatkan sosmed menjadi media promosi. 

Lalu, bagaimana cara mempromosikan produk di sosmed dengan baik dan efektif?

Yuk simak ulasan selengkapnya!

Kenapa Promosi Menggunakan Sosmed?

Kekuatan sosial media kini tidak bisa diragukan lagi. Hingga saat ini sudah ada puluhan sosial media yang rutin digunakan oleh penduduk dunia seperti Facebook, Instagram, Telegram dan masih banyak lagi. 

Untuk pengguna aktifnya saja bisa mencapai 170 juta orang di Indonesia saja. Ini setara dengan 61.8% penduduk di Indonesia. Jadi bayangkan saja jika 61.8% penduduk di dunia semuanya menggunakan sosial media?

Dengan kekuatan sosial media yang begitu hebat, maka tidak heran jika banyak perusahaan memutuskan untuk melakukan promosi secara online. Selain hasilnya lebih ampuh, prosesnya pun lebih mudah dan cepat. Nah agar hasil promosinya lebih efektif, maka pastikan melakukan promosi dengan baik.

Cara Mempromosikan Produk Dengan Tepat dan Efektif

Mempromosikan produk secara online di sosial media merupakan pekerjaan yang gampang sekaligus sulit. Proses mengunggahnya mudah namun untuk memastikan hasilnya efektif adalah bagian yang sulit.

Nah, untuk memastikan produk yang dipromosikan memang dilihat atau dipantau oleh target pasar, buatlah postingan dalam bentuk yang menarik. Jangan hanya sekedar membuat posting yang menarik namun buatlah dalam bentuk yang mengundang juga. 

Untuk yang sedang mencari ide cara mempromosikan produk di sosmed, cobalah beberapa cara ampuh dibawah:

1. Mengadakan Giveaway

Bagi yang ingin memperkenalkan dan mempromosikan sebuah produk yang baru, cobalah menggunakan cara giveaway. Siapa sih yang tidak suka mendapatkan hadiah gratis terutama jika produknya menarik? Pasti semua orang suka dan akan mencoba mengikutinya!

Sebelum memulai proses giveaway pastikan untuk menjelaskan sekilas mengenai produk yang akan diberikan. Jelaskan mengenai fungsi produk, kelebihan dan kekuatannya hingga harga jualnya nanti. Hal ini akan membuat orang tertarik untuk mengikuti giveaway yang diadakan.

Selanjutnya, berikan syarat untuk yang mau ikut giveaway. Selain harus mengikuti akun tersebut, usahakan memberikan syarat untuk memposting ulang produk tersebut dan tag minimal 3 temannya. Dengan begitu, semakin banyak orang yang akan mengetahuinya dan mencoba mengikutinya.

2. Mengadakan Kuis Berhadiah

Cara lain yang hampir mirip dengan sebelumnya adalah mengadakan kuis mengenai produk yang akan diluncurkan. Hadiahnya tentunya adalah produk yang akan diluncurkan tersebut juga. Dengan mengadakan kuis begini, pengikut akan mempelajari lebih dalam mengenai produknya. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan bagi pihak perusahaan.

Sama halnya dengan giveaway, selain harus menjawab pertanyaan, pastikan memberikan syarat untuk para pengikut yang ingin mengikuti kuis. Beberapa diantaranya adalah mengikuti akun tersebut hingga mengundang orang lain untuk mengikutinya.

3. Melakukan Endorse

Salah satu cara mempromosikan produk di sosmed yang belakangan ini menjadi trend adalah dengan melakukan endorse pada orang dengan follower yang banyak. 

Jika ingin menggunakan cara ini, pastikan memilih orang yang dapat melakukan review dengan baik dan secara overall. Jadi orang tersebut tidak hanya sekedar menjelaskan mengenai produknya namun hingga kelebihan dan kekuatannya.

Selain itu, pastikan follower yang dimiliki oleh orang-orang tersebut asli dan memang pengikut setianya. Jadi, ketika orang tersebut melakukan review terhadap produk, pengikutnya menjadi tertarik untuk mengikutinya dan membelinya juga.

Info Menarik Lainnya : Cara Promosi Laundry Lewat Facebook Efektif dan Mudah

4. Menginformasikan Pengetahuan

Mempromosikan sebuah produk tidak harus selalu dengan memberikan barang atau menggunakan orang. Namun dengan memberikan pengetahuan baru kepada para konsumen juga bisa membantu mempromosikan barang.

Contohnya, jika akan mempromosikan produk anti komedo untuk wajah jangan hanya sekedar mempromosikan produknya. Namun informasikan dulu penyebab munculnya komedo dan solusinya. 

Informasikan bahwa produk yang dimiliki perusahaan juga memiliki kandungan yang bagus untuk menghilangkan komedo yang bandel. Dengan begitu, orang akan tertarik untuk mencobanya.

5. Menggunakan Fitur Iklan Pada Sosmed

Kini hampir semua sosial media memiliki jasa iklan berbayar untuk perusahaan atau usaha yang ingin melakukan promosi. 

Dengan fitur tersebut, perusahaan tinggal memilih jenis promosi yang diinginkan, target pasarnya hingga waktu munculnya iklan tersebut. Semakin sering iklan tersebut muncul, maka harganya tentu akan menjadi lebih mahal.

Tips Untuk Promosi di Sosial Media

Setelah mengetahui berbagai cara mempromosikan produk di sosmed, maka saatnya mengetahui beberapa tips ketika akan menjalankannya. 

Selain memilih sosial media yang terbaik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan perusahaan jika ingin menghasilkan promosi yang efektif seperti berikut:

1. Memilih Sosial Media yang Terbaik

Meskipun jumlah sosial media saat ini sangat banyak, namun bukan berarti perusahaan harus mempromosikannya di semua aplikasi. Pilihlah platform medsos dengan pengguna terbanyak dengan target pasar yang dibutuhkan.

Contohnya, Instagram merupakan salah satu sosial media yang terkenal dan banyak digunakan di dunia. Penggunanya sebagian besar adalah anak muda. Jadi jika target pasar produknya adalah anak muda, maka platform ini akan sangat membantu. 

Namun, sebaliknya jika target pasarnya adalah orang dewasa, maka cobalah aplikasi lain seperti Facebook atau Twitter.

Info Menarik Lainnya : Kata Kata Promosi Agen Kuota dan Pulsa yang Efektif Naikkan Penjualan

2. Melakukan Update Secara Rutin

Jika sudah memutuskan untuk menggunakan sosial media untuk promosi, maka pastikan untuk melakukan update secara rutin. Pengikut biasanya hanya akan mengikuti akun yang yang aktif memposting informasi ataupun produk baru dalam akunnya. 

Usahakan paling tidak melakukan update sebanyak 3-4x dalam seminggu.

3. Membangun Komunikasi Dua Arah

Jangan lupa untuk membangun komunikasi dua arah dengan para pengikut setia. Jadi siapkan admin yang akan setia menjawab dan memberikan informasi kepada para pengikut setia akun, terutama jika akan ada produk baru.  

Adakan program seperti Q n A dengan para pengikut atau konsumen agar mereka bisa lebih tau mengenai produk perusahaan.

Cara ini juga bisa membantu perusahaan mendapatkan feedback mengenai produk baru yang akan diluncurkan. Jadi, pastikan memiliki seorang admin yang aktif dalam memegang sosial media tertentu.

4. Menggunakan Orang yang Ahli dalam Sosial Media

Meskipun tampak mudah, namun promosi di sosial media juga membutuhkan kreativitas yang tinggi. 

Agar postingannya tidak selalu monoton hingga membosankan, buatlah tim ahli atau khusus untuk promosi di sosial media. Rekrut lah anak-anak muda yang memiliki kreativitas tinggi serta mampu memanfaatkan sosial media dengan baik.

Salah satu contoh strategi marketing di sosial media yang biasanya bisa dikerjakan oleh anak-anak muda adalah membuat meme-meme lucu mengenai perusahaan atau produk tersebut. Ada juga yang pintar membuat postingan tampak lebih menarik dengan filter-filter yang dimiliki aplikasi tersebut.

Jadi meskipun cara mempromosikan produk di sosmed tampak mudah, namun tetap dibutuhkan strategi yang tepat. Daripada hanya sekedar melakukan posting produk di sosial media, lakukan cara lain yang bisa menarik minat orang. Dengan begitu orang akan menjadi tertarik untuk melihat produk tersebut dan mempelajarinya lebih lanjut.

Info Menarik Lainnya : 7 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku (Olshop Wajib Nyimak)

Semoga info ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Cara Mempromosikan Produk di Sosmed Secara Efektif"