Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Promosi Laundry Lewat Facebook Efektif dan Mudah


Membuka jasa pencucian adalah jenis usaha yang umum dijalankan selama beberapa dekade belakangan ini. Kehadiran sosial media mau tak mau mempengaruhi juga bagaimana bisnis ini dipromosikan. Salah satunya adalah cara promosi laundry lewat Facebook.

Sebagai platform sosmed yang banyak digunakan orang, fitur-fiturnya ternyata mendukung untuk berbisnis dan membuat konten promosi. Cocok juga digunakan untuk para pebisnis dengan budget marketing dan resources terbatas. 

Lalu, sejauh apa aplikasi besutan Mark Zuckerberg ini bisa mendongkrak penjualan layanan cuci baju, sepatu, dan tas? Yuk, lanjutkan membaca dan simak hingga tuntas.

 Efektifitas Pemasaran di Facebook

Sebagai salah satu medsos yang paling banyak digunakan di Indonesia, maka jika ditanya apakah mempromosikan produk disitu efektif, jawabannya adalah YA. 

Bahkan bisa dibilang yang terefektif selain Google. Tak bisa dikesampingkan bahwa platform raksasa ini memiliki kekuatan untuk menjaring konsumen serta menciptakan engagement luar biasa.

Alasan pertama mengapa cara promosi laundry lewat Facebook harus dilakukan adalah karena kemampuannya untuk menjangkau audience secara global. 

Hampir semua perusahaan besar menggunakannya untuk memasarkan produk tak terkecuali Microsoft. Dengan pengguna yang sudah menembus angka 2 milyar dan terus bertambah, tentu ini tempat yang tepat untuk berpromosi.

Selain itu, banyak fitur atau tools untuk melakukan kegiatan promosi dengan efektif. 

Sebut saja scheduled post dimana pengguna akan disarankan/diberitahu untuk mengunduh kontennya para prime time. Yaitu ketika potential customer sedang online. Belum lagi ada Facebook 360, konten yang diposting jadi semakin atraktif karena tampilan panoramic.

Kemudian, para pelaku usaha kecil seperti laundry rumahan sangat mungkin menggunakan media sosial ini untuk berpromosi karena murah. Anggaran untuk iklan bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan usaha. 

Sudah bukan rahasia lagi kalau salah satu kekuatan dari online marketing adalah bisa dilakukan dengan ongkos minim, tidak seperti cara tradisional yang cenderung mahal.

Terpenting dari semua ini adalah mengapa Facebook efektif untuk memasarkan produk adalah kemampuannya menciptakan hubungan kuat antara pembeli dan penjual. 

Interaksi lewat postingan, menjawab kolom komentar, memberikan like, dan lainnya menimbulkan sebuah engagement. Walaupun terjadi di dunia maya, impactnya sangat besar ke penjualan.

Cara Promosi Laundry Lewat Facebook

Setelah mengetahui betapa efektifnya mempromosikan usaha di platform ini, sekarang apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai itu semua. Tentunya dengan memanfaatkan semua tools dan juga rutin mengunggah konten. 

Berikut ini langkah-langkahnya:

1.  Gunakan Fitur Ads Manager

Membuat iklan di Facebook memang dibutuhkan biaya namun bisa disesuaikan dengan anggaran. Nah, semua advertising yang sudah ditayangkan perlu dipantau apakah itu berhasil atau tidak. Tool ini menawarkan kemudahan untuk penggunanya dalam memonitor publikasi.

Misalnya, dirasa iklan tak terlalu menarik, maka pengguna bisa merevisinya. Kemudian ada juga layanan pengiriman report secara real time. Dengan begini, user dapat melihat apakah pesan yang disampaikan lewat commercial ads nya mencapai tujuan atau tidak.

2.  Manfaatkan Story

Tidak hanya Instagram yang bisa digunakan untuk posting konten bertema cerita. Maksimalkan cara ini dengan mengunggah kegiatan harian di tempat laundry. 

Bisa seperti banyaknya order yang harus dikerjakan, promosi-promosi seperti diskon atau potongan ongkir, kemudian juga layanan-layanan yang disediakan. Ini sangat efektif untuk menciptakan engagement, lho.

3.  Bagikan Konten Lewat Broadcast

Ketika follower sudah banyak, maka mengirimkan pesan ke semua pengikut juga efektif. Mereka jadi tahu bahwa ada promo-promo atau layanan baru misalnya. 

Rutin memposting konten juga sangat bermanfaat menciptakan awareness. Karena umumnya akan langsung dilihat, maka gunakan bahasa yang menarik, persuasif, namun tetap beretika.

Info Menarik Lainnya : Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook? Yuk Simak Panduan Lengkapnya

4.  Bergabung di Grup Jual Beli

Untuk usaha laundry, jangan ragu untuk bergabung di grup ini. Biasanya di setiap kota tersedia dan bentuknya lebih seperti komunitas. 

Pilihlah yang memiliki anggota paling banyak lalu kirimkan konten promosi kesana, bentuknya bisa berupa poster. Sertakan deskripsi harga, jenis layanan, dan juga program promo apa yang sedang dijalankan.

5.  Gunakan Hashtag

Pakailah yang kekinian agar mudah dikenali oleh audience. Apapun yang sedang trending bisa dipakai. Tapi jangan lupa juga untuk mencantumkan yang sejalan dengan bisnis jasa cuci. 

Penggunaan hastag ini tujuannya memudahkan agar usaha laundry dapat dengan mudah ditemukan pengguna lain. Walaupun sederhana, namun efeknya sangat besar.

6.  Geber Promo Lewat Fitur Live

Cara menjual atau mempromosikan secara live sudah jadi bagian dari aktivitas promosi yang kekinian. Untuk usaha laundry juga bisa memanfaatkan langkah ini. Misalnya ketika ada program potongan harga, program live sale bisa dijalankan. 

Kata-kata persuasif dan terkesan urgent akan membuat orang tertarik. Usahakan melakukannya di jam yang tepat yaitu ketiga target market sedang online.

Info Menarik Lainnya : Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses (Super Lengkap)

7.  Perbarui Status

Di Facebook, ada kolom status yang bisa dipakai untuk memposting sesuatu. Manfaatkan dengan menuliskan deskripsi harga, waktu layanan, diskon-diskon, jenis service, dan lainnya yang berhubungan dengan memasarkan jasa. Usahakan setiap hari menggantinya agar audience mendapat informasi yang berbeda.

8.  Lakukan Komunikasi dengan Audience

Tujuan dari berpromosi di media sosial adalah supaya lebih mudah menjangkau konsumen. Untuk itu, jangan sampai tidak membalas pertanyaan atau komen di kolom komentar. 

Semua hal yang ditanyakan entah itu terkait dengan besaran diskon, layanan, pengiriman, harus dijawab. Begitu juga dengan private message dimana ini tak boleh diabaikan.

9.  Maksimalkan Tools-Tools Gratis

Untuk membuat konten semakin menarik, Facebook menyediakan berbagai fasilitas. 

Contohnya adalah Mobile Monkey yang bisa dipakai untuk chat marketing dimana pengguna bisa mengirimkan blast message. Ada juga Drum Up agar postingan lebih tepat sasaran, relevan, dan juga enak dilihat. Lalu jika ingin menganalisa efektifitas iklan, dapat mencoba Ads Reporting.

Info Menarik Lainnya : 10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

Tips Agar Konten Promosi Efektif Meningkatkan Penjualan

Tujuan dari orang berpromosi adalah agar penjualannya naik. Maka, selain 7 cara di atas, ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih Facebook sebagai platformnya. 

Yang pertama yaitu dengan mengetahui siapa target market. Ini penting guna memilih pola komunikasi, pilihan bahasa, dan juga cara penyampaian konten.

Tujuan utama selain meningkatkan sales adalah untuk menciptakan awareness. Komunikasi yang tepat sasaran akan efektif menjangkau mereka-mereka yang dijadikan target. 

Jadi, ketahui dulu siapa konsumen terbesar dan paling potensial untuk usaha laundry. Apakah ibu-ibu rumah tangga, karyawan kantoran, atau mahasiswa.

Kemudian juga perhatikan berapa anggaran yang dimiliki untuk memasang iklan di Facebook. 

Konten yang diposting harus dilihat seberapa berhasil, apakah bisa menjangkau semua audience, bagaimana feedbacknya. Nah, untuk di awal, bisa memilih yang budgetnya ekonomis dulu seperti boosted post, page like ads, serta lead generation.

Info Menarik Lainnya : Rincian Lengkap Modal Usaha Laundry Untuk Yang Baru Memulai

Yang paling penting lagi dari cara promosi laundry lewat Facebook adalah dengan rutin mengunggah materi. Ketahui jam-jam sibuk pengguna di media sosial ini, buat konten menarik, lalu unggah. 

Jadwalkan waktu untuk melakukan posting dan disiplinlah. Secara periodik, lakukan juga evaluasi terhadap semua program yang dijalankan, ya. 

Selamat mencoba.

Post a Comment for "Cara Promosi Laundry Lewat Facebook Efektif dan Mudah"