Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Promosi di Instagram Ads dan Manfaat yang Diperoleh Pebisnis


Cara Promosi di Instagram Ads - Mengembangkan bisnis dapat dilakukan dengan bantuan media sosial, salah satunya Instagram Ads. Layanan periklanan ini sangat efektif dalam menjangkau audiens yang lebih banyak untuk dijadikan sebagai target pemasaran. Diharapkan penjualan akan mengalami peningkatan, sehingga pebisnis memperoleh keuntungan yang besar. 

Berikut penjelasan cara promosi di Instagram Ads yang patut dipahami. 

Simak hingga tuntas ya! 😉

Apa Itu Instagram Ads?

Fitur Ads pada Instagram merupakan layanan yang dapat dimanfaatkan bagi pebisnis untuk beriklan secara online. 

Promosi produk akan ditayangkan pada beranda akun Instagram pengguna lain, baik melalui feed maupun stories. Dengan demikian, produk yang sedang dijual dapat dijangkau khalayak umum meski bisnis dioperasikan di lokasi yang jauh dengan pengguna.

Cara Mempromosikan Produk di Instagram Ads

Upaya meningkatkan penjualan produk dapat dilakukan dengan cara promosi di Instagram Ads menggunakan visualisasi yang baik. Sebab, media sosial ini pada dasarnya sangat menonjolkan foto dan video dari sebuah postingan. 

Agar pebisnis dapat memasang iklan dengan mudah, berikut cara mempromosikan produk melalui Instagram Ads yang perlu dilakukan:

1. Siapkan Visualisasi Produk

Tampilan visual menjadi poin utama yang akan diperhatikan oleh konsumen. Sebab, kebanyakan audiens akan melihat foto atau video terlebih dahulu dilanjutkan dengan membaca caption saat visualisasi yang diperhatikan menarik. 

Itulah sebabnya, sangat penting untuk membuat tampilan foto atau video khusus yang dapat menampilkan spesifikasi produk dengan jelas.

Adapun beberapa produk yang membutuhkan visualisasi diantaranya berupa makanan, fashion, aksesoris, dan lain sebagainya. 

Cobalah meluangkan waktu sejenak untuk mengambil foto atau video dari produk yang akan ditawarkan melalui Instagram Ads. Sebaiknya, pebisnis pandai dalam mengatur angle yang pas dalam pengambilan gambar. Tunjukkan keunggulan dari produk yang ditawarkan melalui visualisasi yang baik.

2. Siapkan Materi Iklan

Penerapan cara promosi di Instagram Ads akan lebih efektif bila pebisnis pandai dalam menyiapkan materi iklan. Adapun materi iklan yang dimaksud dapat berupa gambar atau poster, seperti iklan-iklan pada umumnya. 

Pebisnis juga dapat menyiapkan iklan dalam bentuk foto menggunakan 3 sampai 5 slide. Disamping itu, materi iklan dapat dibuat menggunakan video berdurasi 15 sampai 30 detik.

3. Tuliskan Caption yang Menarik

Panduan cara promosi di Instagram Ads berikutnya adalah merangkai kata untuk membuat caption yang menarik. Pada bagian ini, pebisnis dapat menggunakan bahasa yang lugas dan tepat sasaran. 

Supaya audiens lebih tertarik untuk melihat website, pebisnis juga dapat membuat caption dalam bentuk cerita. Tambahkan pula kalimat persuasi untuk mengajak audiens mengenal produk lebih jauh.

Info Menarik Lainnya : Cara Mempromosikan Produk di Sosmed Secara Efektif

4. Buatlah Informasi Produk

Poin paling penting dalam memasarkan produk secara online adalah melengkapi informasi pada caption. Secara konsep, pengguna Instagram umumnya akan membaca caption dengan cepat. 

Pebisnis perlu menuliskan informasi produk meliputi harga, ukuran, motif, dan rasa (untuk produk makanan). Saat audiens tertarik dengan produk tersebut, maka tidak akan ragu untuk menyimpan postingan iklan.

5. Kelola Instagram Ads

Setelah menyiapkan materi untuk iklan, cara promosi di Instagram Ads dapat dilakukan dengan memilih fitur promote. Aturlah action button pada iklan yang akan ditayangkan melalui Instagram. 

Apabila pebisnis memiliki website khusus untuk penjualan produk, silahkan hubungkan audiens melalui fitur link. Sehingga, mudah bagi pengunjung untuk mengetahui daftar produk yang dijual.

6. Tetapkan Target Audiens

Pebisnis akan diminta untuk mengisi keterangan melalui produk yang akan ditawarkan. Isilah bagian nama iklan, lokasi, dan tetapkan target audiens yang ingin dicapai. 

Pengaturan ini sangat penting untuk dilakukan, sebab Instagram akan menayangkan acak iklan tersebut bila tidak ada batasan usia dan gender. Sehingga, promosi justru tidak tepat sasaran.

Sebagai contoh pada produk baju gamis untuk muslimah, pebisnis dapat menetapkan audiens dengan memilih gender wanita. Kemudian dilanjutkan dengan menetapkan usia 17 tahun ke atas. 

Sedangkan bila menawarkan produk makanan, maka target audiens yang dipilih adalah umum. Mengelola target pemasaran menjadi langkah yang penting agar dapat menemukan konsumen yang tepat.

Info Menarik Lainnya : Tips Jualan Online di Instagram Supaya Produk Anda Laris Manis

7. Pilih Budget dan Durasi Tayang

Setelah persiapan iklan selesai, pebisnis dapat menentukan besar budget yang ditetapkan untuk pemasaran. Saat menggunakan Instagram Ads, besar tarif yang ditetapkan minimal Rp10.000 perhari. 

Pebisnis dapat menentukan budget sesuai dengan kemampuan, sesuaikan juga durasi dari pemasangan iklan yang diinginkan. Terakhir, klik panah biru yang terletak di kanan atas untuk pengajuan iklan.

Pihak Instagram akan melakukan verifikasi terlebih dahulu apakah iklan yang diajukan tidak melanggar pedoman pengguna Instagram. 

Setelah iklan diterima, Segera lakukan pembayaran agar promosi dapat segera ditayangkan. Saat iklan berhasil dipublikasikan, pada bagian foto atau video akan muncul opsi View Insights untuk melihat perkembangan pengunjung iklan.

Mengapa Perlu Promosi di Instagram Ads?

Ada banyak manfaat yang akan dirasakan bagi seorang pebisnis saat memasang iklan menggunakan Instagram Ads. Selain praktis, cara promosi ini dinilai lebih mudah dan efektif dalam menjangkau audiens. 

Bila pebisnis saat ini sedang mencari media periklanan online yang simpel, berikut beberapa manfaat yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam menggunakan Instagram Ads:

1. Mendapat Informasi Pengguna Instagram Lebih Spesifik

Pada media sosial Instagram terdapat fitur insight yang berfungsi untuk melihat informasi mengenai audiens. Fitur ini menyajikan data yang sangat rinci mencakup usia, gender, dan lokasi audiens berdasarkan urutan tertinggi. 

Informasi yang ditampilkan tentu akan memudahkan pebisnis dalam menerapkan strategi pemasaran untuk produk yang sedang dipromosikan.

2. Format Iklan Beragam

Selama menggunakan Instagram Ads, pebisnis dapat menyesuaikan format iklan yang dinilai paling efektif. Adapun promosi dapat dilakukan dengan memasang foto dan caption. 

Pebisnis juga dapat mengunggah beberapa foto sekaligus agar audiens mengetahui spesifikasi produk dengan jelas. Untuk visualisasi yang lebih menarik, silahkan menggunakan iklan berupa video pendek.

Info Menarik Lainnya : 10 Tips Sukses Jualan Online Ini Sangat Efektif Meningkatkan Omset Anda

3. Mengarahkan Pengunjung Menuju Website

Salah satu keunggulan menggunakan Instagram Ads untuk media promosi adalah kemudahan dalam memasukkan link. Selain tampilan visual produk yang menarik, pengguna dapat menambahkan tautan khusus. 

Tautan tersebut dapat diarahkan pada website resmi penjualan online agar pengguna Instagram yang tertarik untuk membeli dapat melakukan transaksi belanja dengan mudah.

4. Mendongkrak Brand Awareness

Secara umum, tujuan dari promosi adalah mengenalkan produk ke khalayak umum. Sehingga nantinya akan memotivasi konsumen untuk membeli produk tersebut. 

Pernyataan inilah yang menunjukkan betapa pentingnya sebuah brand awareness bagi suatu bisnis. Sebab semakin tinggi popularitas sebuah brand, maka konsumen akan lebih percaya dan terus berlangganan.

Upaya yang dapat ditempuh bagi pebisnis yaitu dengan menerapkan cara promosi di Instagram Ads yang telah dipaparkan di atas. 

Sebagaimana yang telah dipahami, bahwa pengguna Instagram dapat berasal dari berbagai wilayah atau kota. Dengan demikian, semakin banyak audiens yang melihat iklan tersebut maka brand awareness akan semakin meningkat.

Itulah panduan cara promosi di Instagram Ads yang dapat diterapkan bagi pebisnis untuk meningkatkan penjualan produk. 

Secara garis besar, fitur iklan yang terdapat di Instagram hampir sama dengan Facebook Ads. Sehingga, bila pebisnis sebelumnya telah memasang iklan pada Facebook Ads dapat dengan mudah menghubungkannya pada akun Instagram yang dimiliki.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Promosi di Instagram Ads dan Manfaat yang Diperoleh Pebisnis"