Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Promosi Video Youtube di Adwords yang Efektif

Cara Promosi Video Youtube di Adwords yang Efektif


Cara Promosi Video Youtube di Adwords - Mempromosikan video Youtube merupakan bentuk upaya memperoleh banyak viewers agar dapat memaksimalkan jam tayang. Google Adwords juga dikenal sebagai Google Ads menjadi pilihan untuk mempromosikan Youtube dengan biaya yang terjangkau. 

Jadi seorang content creator perlu mempelajari cara promosi video Youtube di Adwords, tujuannya agar lebih mudah untuk mempraktekkannya.

Promosi sebuah channel Youtube pada dasarnya menyesuaikan dengan kebutuhan. Bila ingin menarik banyak penonton dan mendapatkan monetisasi, content creator perlu lebih giat dalam memasarkan channelnya. 

Adapun pemilihan layanan Google Adwords memiliki berbagai kelebihan. 

Untuk lebih jelasnya, pembaca dapat menyimak pembahasan tentang Google Adwords di bawah ini.

Kelebihan Layanan Google Adwords

Ada banyak jalan yang dapat ditempuh untuk mempromosikan sebuah channel Youtube. Akan tetapi, bagi youtuber baru tentunya ingin segera mengejar jam tayang agar video dapat dimonetisasi. Untuk itulah, banyak orang menggunakan layanan Google Adwords yang efektif dalam meningkatkan viewers. 

Kelebihan layanan ini dijelaskan sebagai berikut:

1. Anggaran Dapat Menyesuaikan Kemampuan

Masalah anggaran menjadi salah satu aspek yang seringkali diperhatikan oleh para content creator. 

Sebab, di awal membuat konten biasanya channel Youtube masih belum dimonetisasi. Sebagaimana saat ingin mempromosikan sebuah produk, content creator juga membutuhkan modal agar dapat beriklan di Google Adwords.

Tetapi jangan khawatir, biaya untuk menerapkan cara promosi video Youtube di Adwords dapat disesuaikan dengan budget. Minimal content creator membutuhkan biaya Rp10.000 untuk anggaran harian. 

Pembayaran ini terhitung untuk iklan yang telah diklik oleh viewers. Sedangkan bila iklan belum diklik, content creator tidak akan dikenakan biaya apa pun.

2. Mudah Mengatur Jam Tayang Iklan

Ketika menggunakan Google Adwords, content creator dapat mengatur jam tayang semaksimal mungkin. Mulai dari tanggal dimulai serta diakhiri iklan tersebut. 

Pengaturan ini tentunya juga menyesuaikan dengan anggaran iklan yang sudah dipilih sebelumnya. Sehingga publikasi iklan tersebut dapat berfungsi dengan maksimal untuk menambah viewers.

3. Laporan yang Terjadwal

Setelah memasang iklan berupa video Youtube, content creator membutuhkan laporan sejauh mana video telah ditayangkan. Inilah yang menjadi keunggulan dari layanan Google Adwords, yang mana content creator akan mendapat laporan yang terjadwal. 

Informasi ini akan diupdate secara berkala, sehingga content creator mendapat data pemasaran iklan yang akurat.

4. Proses Pengajuan Sangat Praktis

Tidak semua orang memiliki waktu luang untuk mengurus promosi video Youtube. Sebab, sebagian orang yang membuat konten umumnya telah memiliki pekerjaan tetap yang sulit ditinggalkan. 

Untuk itulah, diperlukan cara promosi video Youtube di Adwords yang sangat praktis. Sebab, proses pengajuan hanya memerlukan pengisian formulir yang dilakukan secara online.

Sedangkan untuk mengetahui apakah pengajuan kampanye iklan telah disetujui atau tidak, content creator hanya perlu menunggu notifikasi melalui email. 

Pengajuan iklan tidak hanya dapat dilakukan satu kali, sebab Google Adwords juga dapat dimanfaatkan untuk memasarkan beberapa iklan untuk video atau pun website jualan online.

Baca juga : 5 Contoh Kata Kata Promosi Channel Youtube (Agar Subscriber Bertambah)

Panduan Cara Promosi Video Youtube di Adwords

Google Adwords saat ini lebih akrab dikenal dengan Google Ads, merupakan tempat untuk mempromosikan iklan termasuk channel Youtube. Untuk menggunakan layanan tersebut, diperlukan anggaran biaya yang besarnya dapat disesuaikan dengan kemampuan content creator. 

Adapun cara promosi video Youtube di Adwords dapat dipelajari berdasarkan uraian di bawah ini:

1. Akses Website Google Ads

Untuk membuka website Adwords, sebaiknya pengguna mengakses Google melalui PC untuk memudahkan pengeditan. Bila menggunakan smartphone, gunakan tampilan desktop agar semua fitur dapat terlihat. 

Mulailah dengan membuka situs Google Ads dan Login menggunakan alamat e-mail yang digunakan pada channel Youtube. Klik 'Mulai Sekarang' untuk melanjutkan membuat iklan di Google Adwords.

Pengguna akan diarahkan untuk memilih 3 opsi untuk pemakaian Google Adwords. Pilihan tersebut terdiri dari Panggilan, Penjualan atau pendaftaran situs, dan Kunjungan Channel

Klik pada opsi 'Lebih Banyak Kunjungan' untuk memulai menerapkan cara promosi video Youtube di Adwords. Lanjutkan dengan memilih opsi 'Berikutnya' dan tunggu sampai muncul perintah pengisian formulir.

2. Jelaskan Bisnis atau Video yang Akan Dipromosikan

Google Ads akan meminta pengguna untuk menuliskan nama bisnis yang dimiliki beserta situs website. 

Untuk mempromosikan channel Youtube, pengguna juga dapat mengisi bagian ini dengan nama channel Youtube yang dimiliki. Isi bagian situs dengan menuliskan URL dari channel Youtube atau video yang akan dipromosikan.

Selanjutnya pengguna akan diminta untuk melengkapi lokasi dari pelanggan. Informasi ini akan dibutuhkan untuk menampilkan iklan berupa video Youtube dari channel yang sedang dipromosikan. 

Sebagai contoh untuk menayangkan video untuk pengguna dalam negeri, silahkan memilih negara Indonesia. Setelah selesai, klik 'Berikutnya' untuk pengaturan lebih lanjut.

Info Menarik Lainnya : Cara Menggabungkan Video di HP, Vlogger Pemula Wajib Tahu

3. Siapkan Kata Kunci Pencarian

Penambahan kata kunci dimaksudkan agar video dapat ditayangkan bila pengguna lain sedang mencari referensi yang sama. Content creator dapat memilih beberapa kata kunci sekaligus agar video mudah ditemukan oleh pengguna Youtube lain. 

Sebaiknya pilihlah kata kunci yang terpopuler di internet agar video dapat dijangkau banyak orang.

4. Lengkapi Data Untuk Membuat Iklan Video

Pengguna akan diminta untuk menyusun beberapa judul yang akan digunakan untuk menampilkan iklan. Tambahkan juga deskripsi yang akan memberikan informasi bagi para viewers. 

Di samping itu, content creator juga dapat menambahkan nomor HP yang akan dihubungkan langsung pada viewers. Ini merupakan kolom opsional, dapat dilewati bila tidak perlu.

5. Tentukan Anggaran Iklan

Panduan cara promosi video Youtube di Adwords dilanjutkan dengan memilih jumlah anggaran maksimum per bulan. Pengguna akan dibebankan biaya tersebut namun juga bisa kurang saat jumlah penayangan video lebih sedikit. 

Ubahlah mata uang ke rupiah terlebih dahulu, kemudian atur rentang anggaran. Setelah itu, tinjau kembali seluruh kelengkapan informasi yang sudah diisi.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengecilkan Size Video di HP tanpa Mengurangi Kualitas

6. Konfirmasi Pembayaran

Setelah selesai mengisi semua kolom yang disediakan oleh Google Adwords, silahkan melakukan konfirmasi pembayaran. Masukkan nama dan alamat serta data lain yang dibutuhkan untuk mempublikasikan video melalui Google Adwords. 

Pembayaran dapat dilakukan melalui debit maupun transfer bank, silahkan memilih opsi yang paling mudah untuk dilakukan.

Lanjutkan transaksi dan cetak bukti telah melakukan transaksi pada Google Adwords. Pengguna dapat melihat pada opsi 'Siapkan Penagihan' untuk melihat hasil kampanye. 

Pastikan menggunakan tampilan 'Mode Pakar' agar dapat menampilkan semua fitur Google Adwords. 

Selanjutnya akan ditampilkan ringkasan penayangan video Youtube yang akan dipublikasikan melalui Google Adwords.

Perlu diperhatikan bahwa proses penayangan video Youtube memerlukan waktu yang tidak dapat ditentukan. Content creator perlu menunggu hingga pihak Youtube memvalidasi pengajuan iklan tersebut. 

Silahkan menunggu pemberitahuan lewat e-mail dan cek status pengajuan iklan secara berkala. Content creator juga dapat mengajukan iklan untuk video lainnya sembari menunggu hasil pengajuan.

Demikianlah pembahasan berkaitan dengan panduan cara promosi video Youtube di Adwords yang dapat diterapkan. 

Layanan ini tidak hanya dapat digunakan untuk mempromosikan channel atau video. Akan tetapi, pengguna dapat memaksimalkan fitur tersebut untuk memasarkan produk dengan mencantumkan link yang mengarah pada website. Dengan demikian, popularitas brand akan semakin naik.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Promosi Video Youtube di Adwords yang Efektif "