Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Hapus Virus di Laptop Secara Cepat & Ampuh

Cara Hapus Virus di Laptop Secara Cepat & Ampuh


Virus yang menyerang laptop bisa sangat mengganggu dan berbahaya. Selain dapat membuat laptop jadi lemot, beberapa virus juga bisa menghilangkan data-data penting yang ada di dalamnya. Agar hal ini tidak sampai terjadi, ada baiknya para pengguna mengetahui cara hapus virus di laptop dengan cepat dan ampuh.

Penyebab munculnya virus pada laptop sangatlah banyak, namun penyebab utama biasanya karena kesalahan dari pengguna sendiri. 

Salah satu penyebab utamanya adalah memasang perangkat lain (misalnya flashdisk) pada laptop. Dan flashdisk itu tidak discan menggunakan anti virus terlebih dahulu. Nah jika ada virus di dalam flasdisk itu, maka laptop akan bisa ikut 'tertular'.

Selain itu, bisa jadi saat browsing pengguna tidak sengaja membuka situs berbahaya (yang berisi malware). Sehingga virus yang ada didalam situs tersebut jadi menyerang perangkat laptop.

Lalu Bagaimana Cara Hapus Virus di Laptop yang Sangat Mengganggu itu?

Yuk kita ulas hingga tuntas.

Tidak semua virus berbahaya bagi laptop. Namun jika tidak segera dihapus dan dihilangkan, maka ada potensi virus tersebut akan menyerang bagian lain pada laptop. Jika hal ini terjadi, maka laptop akan menjadi lemot dan tidak bisa bekerja secara maksimal. 

Bahkan, resiko terburuk yang bisa terjadi adalah laptop dapat mati total dan seluruh dokumen di dalam laptop jadi hilang.

Agar hal ini tidak sampai terjadi, maka ada baiknya para pengguna mengetahui cara hapus virus di laptop dengan cepat dan ampuh. Dengan begitu, virus tidak tersebar dan merusak seluruh isi laptop. 

Bagi Anda yang laptopnya sudah terserang virus, berikut ini ada beberapa solusi yang bisa dicoba:

1. Mengunduh & Menginstall Antivirus


Cara Hapus Virus di Laptop Secara Cepat & Ampuh


Salah satu cara hapus virus di laptop yang paling mudah adalah dengan menggunakan software antivirus. Saat ini, ada banyak software antivirus yang bisa diunduh. Jika ingin software yang advance dan bisa menghilangkan berbagai macam virus, maka unduhlah yang premium.

Cara menghapus virus yang ada pada laptop adalah dengan mengunduh dan menginstall software terlebih dahulu. Selanjutnya, ketika sudah terinstall, maka lakukan scanning pada seluruh isi laptop. 

Nantinya software tersebut akan mencari virus di berbagai lokasi (folder dan file) yang ada di laptop. Setelah proses scanning, software akan menunjukkan virus apa saja yang ada pada laptop serta usulan untuk menghapusnya atau tidak.

Jika sudah mengunduh software antivirus, maka ada baiknya melakukan scanning secara rutin. Dengan begitu, pengguna bisa mencegah virus agar jangan sampai menyerang laptop lagi. 

Selain itu, pastikan untuk selalu scanning perangkat yang disambungkan ke laptop.

2. Menghapus File yang Terkena Virus


Cara Hapus Virus di Laptop Secara Cepat & Ampuh


Jika Anda mengetahui file yang terkena virus, maka salah satu cara hapus virus di laptop, adalah dengan menghapus file tersebut. Langkah ini perlu dilakukan untuk mempercepat proses scanning dan untuk mencegah agar virus tidak menyebar ke bagian file lainnya.

Bagi yang menggunakan Windows 10, salah satu cara menghapus file dengan cepat adalah dengan menggunakan Disk Cleanup

Caranya, adalah mengetik Disk Cleanup pada kolom search bar lalu buka aplikasi terlebih dahulu. Selanjutnya, pilih drive yang ingin dibersihkan dan dihapus. Jika sudah dihapus, maka file tersebut akan hilang secara permanen.

3. Menjalankan Safe Mode


Cara Hapus Virus di Laptop Secara Cepat & Ampuh


Apabila tidak sempat menghapus file atau menginstall software anti virus pada laptop, maka cobalah untuk menjalankan safe mode. Hal ini tidak bisa menghapus virus yang ada, namun bisa mencegah virus untuk menyerang berbagai lokasi lainnya yang ada di laptop. 

Jadi, setelah menjalankan safe mode, Anda tetap wajib menginstall antivirus untuk menghapus virus yang ada.

Agar bisa masuk ke safe mode ini, pertama restart laptop terlebih dahulu. 

Selanjutnya, ketika laptop sudah menyala lagi, silahkan tekan F8 pada keyboard dan pilih opsi Safe Mode dengan jaringan atau tanpa jaringan internet. Hal ini bertujuan untuk menjaga laptop dari serangan virus. Selanjutnya, klik Save dan lanjutkan dengan mengunduh antivirus untuk laptop.

Info Menarik Lainnya : Cara Keluar Dari Aptio Setup Utility (Untuk Pemilik Laptop)

4. Menghapus Program yang Tidak Dikenal


Cara Hapus Virus di Laptop Secara Cepat & Ampuh


Selain menghapus file yang terkena virus, hapus juga program tidak dikenal di laptop. Jika ada program asing yang tidak pernah digunakan pada laptop, maka jangan membukanya dan segera hapus.

Untuk mengecek program yang ada pada laptop, masuklah ke File Explorer dan buka Computer & Uninstall or Change a Program. Selanjutnya, cek satu per satu program yang ada pada daftar tersebut dan langsung klik Uninstall pada program yang tidak dikenal.

Info Menarik Lainnya : Cara BIOS Flash Laptop Dengan Benar, Simak Yuk!

5. Menggunakan Command Prompt


Cara Hapus Virus di Laptop Secara Cepat & Ampuh


Bagi yang tidak punya software antivirus, maka salah satu alternatif yang bisa dicoba untuk menghapus virus adalah dengan menggunakan Command Prompt. Namun untuk langkah yang satu ini, pastikan memasukkan perintahnya dengan benar, agar perintah dapat berjalan dengan benar juga.

Pertama, masuklah ke menu start dan ketik CMD lalu Run as Administrator. Selanjutnya, tampilan hitam seharusnya muncul pada layar laptop. 

Masukkan lokasi atau drive yang ingin diperiksa dengan memasukkan dir D: attrib-s-h/s/d untuk memeriksa lokasi Drive D. Namun jika ingin memeriksa bagian lainnya, tinggal ubah huruf D dengan lokasinya.

Nantinya Command Prompt akan menunjukkan berbagai file yang ada di dalamnya. Apabila ada file dengan format .EXE atau sekiranya tidak pernah diinstall, maka hapus melalui Command Prompt

Jika tidak bisa dihapus melalui Command Prompt, maka cobalah menghapus dengan menggunakan REGEDIT.

Info Menarik Lainnya : Cara Memperbaiki Laptop Lemot Sesuai Penyebabnya

6. Menggunakan Windows Defender

Cara Hapus Virus di Laptop Secara Cepat & Ampuh


Alternatif lain untuk menghapus virus pada laptop Windows adalah dengan menggunakan Windows Defender. Pada dasarnya semua laptop Windows sudah menyediakan software ini, namun tidak semua orang menyadarinya.

Untuk membuka software ini, Anda tinggal klik bagian Pengaturan, Update & Security dan carilah Windows Defender. Jika sudah terbuka, maka tinggal klik Advanced Scan untuk melakukan scanning pada seluruh lokasi laptop.

Itulah diatas beberapa cara hapus virus di laptop yang bisa dicoba oleh para pemilik laptop. 

Jika semua cara sudah dilakukan, namun virus masih saja menyerang, ada baiknya untuk membawanya ke tukang servis atau ahlinya. Selain itu, matikan saja laptop jika sedang tidak dibutuhkan dan sangat jarang digunakan. Dengan begitu, virus tidak akan menyerang lokasi lain yang ada di laptop.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Hapus Virus di Laptop Secara Cepat & Ampuh"