Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Keluar Dari Aptio Setup Utility (Untuk Pemilik Laptop)

Cara Keluar Dari Aptio Setup Utility (Untuk Pemilik Laptop)


Cara Keluar Dari Aptio Setup Utility - Ketika laptop menjadi lemot dan tidak bisa melakukan booting, maka biasanya Windows akan mengarah ke Aptio Setup Utility. Jika hal ini sudah terjadi, maka pengguna akan sulit keluar dari kondisi ini. 

Namun untungnya masih ada cara keluar dari aptio setup utility yang bisa dicoba oleh para pemilik laptop.

Yuk kita ulas hingga tuntas.

Aptio setup utility merupakan semua konfigurasi yang ada pada semua jenis laptop Windows. Utilitas ini dipasang pada setiap laptop agar pengguna bisa mengakses BIOS. 

Nantinya, konfigurasi ini bisa menyimpan berbagai konfigurasi penting untuk digunakan oleh perangkat. Jadi dengan kata lain, aptio setup utility merupakan bagian penting dalam sebuah laptop.

Meskipun memiliki peran yang penting, sayangnya banyak pengguna laptop (terutama Asus) yang melaporkan memiliki masalah dengan aptio setup utility. Jika masalah ini sudah muncul, biasanya pengguna tidak bisa kembali ke lokasi awalnya, meskipun telah menekan tombol escape berkali-kali. 

Nah, bagi pengguna yang menghadapi masalah yang sama, cobalah beberapa solusi berikut:

1. Restart Komputer


Cara Keluar Dari Aptio Setup Utility (Untuk Pemilik Laptop)


Cara keluar dari aptio setup utility yang termudah adalah dengan melakukan restart. Menurut beberapa pengguna, ini merupakan cara tersimpel dan terampuh untuk mengeluarkan laptop dari aptio setup utility. Meskipun cara ini beresiko untuk kehilangan data yang belum tersimpan, namun cara ini cukup ampuh.

Prosesnya pun mudah, yaitu tinggal tekan tombol Power dalam waktu yang lama hingga laptop mati. 

Selanjutnya, menyalakan kembali laptop atau PC hingga menyala kembali. 

Setelah itu seharusnya laptop langsung mengarah ke Windows utama. Tapi jika hal ini tidak terjadi, maka cobalah matikan kembali laptop dan cabut baterai atau power yang ada. Tunggulah beberapa saat sebelum menyalakan perangkat kembali.

2. Memastikan Hard Drive Tersambung


Cara Keluar Dari Aptio Setup Utility (Untuk Pemilik Laptop)

Salah satu penyebab pengguna tidak bisa keluar dari aptio setup utility adalah karena hard drive yang tidak tersambung dengan benar atau longgar. Jadi, cara keluar dari aptio setup utility yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek kembali semua sambungan ke perangkat.

Beberapa sambungan yang biasanya menyebabkan pengguna tidak bisa keluar dari konfigurasi sistem ini adalah motherboard, flash disk, hingga hard disk. Oleh karena itu, ketika akan menyambungkan sebuah hard drive ke laptop, pastikan sambungannya sudah benar.

3. Mengatur Pengaturan Aptio Setup Utility


Cara Keluar Dari Aptio Setup Utility (Untuk Pemilik Laptop)

Jika semua sambungan sudah dicek dan laptop masih langsung menuju ke aptio setup utility, maka bisa jadi perangkat tidak mengenali SSD atau HDD. Atau bisa jadi hard drive yang digunakan tidak dikenal oleh PC yang digunakan. Apabila hal ini terjadi, maka cobalah lakukan pengaturan aptio setup utility.

Pertama, pilihlah menu Security dan tekan Expand untuk melihat opsi yang ada pada menu tersebut. Pada bagian ini, pastikan bahwa pengaturan boot sudah dinonaktifkan. Selanjutnya, kembali lakukan restart hingga kembali ke tampilan aptio setup utility.

Ketika sudah menyala kembali, jangan lupa untuk menonaktifkan Secure Boost serta Fast Boot. Selain itu, jangan lupa untuk mengaktifkan CSM agar hard drive yang digunakan bisa terdeteksi oleh perangkat. 

Selanjutnya, cobalah untuk menekan Escape untuk keluar dari konfigurasi tersebut. Jika semua dilakukan dengan benar, maka seharusnya cara ini bisa mengeluarkan pengguna dari aptio setup utility.

Info Menarik Lainnya : Cara BIOS Flash Laptop Dengan Benar, Simak Yuk!

4. Mengganti Opsi OS atau BIOS


Cara Keluar Dari Aptio Setup Utility (Untuk Pemilik Laptop)


Jika sudah mencoba menekan Escape berkali-kali, namun tidak juga berhasil, maka cobalah masuk ke menu Advanced. Nantinya pilih tab Security untuk mengubah pengaturan OS atau BIOS yang ada di dalam sistem. 

Pertama, pilihlah opsi Advanced Setting dan kemudian OS Selection. Selanjutnya, Anti OS menjadi opsi lain seperti Legari OS. Jika sudah berhasil, maka klik Exit dan Simpan perubahan tersebut.

Apabila sudah berhasil menyimpan perubahan ini, maka pilihlah menu Reset yang ada pada bagian menu. Seharusnya, laptop akan langsung restart dan langsung kembali ke halaman utama.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10

5. Reset Pengaturan BIOS


Cara Keluar Dari Aptio Setup Utility (Untuk Pemilik Laptop)


Apabila semua cara keluar dari aptio setup utility di atas sudah dicoba namun masih belum berhasil juga, maka opsi berikutnya adalah dengan reset ulang pengaturan BIOS. Cara ini memang beresiko, namun potensi untuk keluar dari aptio setup utility lebih besar dan pasti.

Nah, bagi yang ingin keluar dari aptio setup utility adalah dengan membuka menu Pengaturan

Selanjutnya, pilihlah tab Atur Ulang Konfigurasi dan tekan bagian Reset Pabrik. Dengan memilih opsi ini, maka BIOS akan langsung kembali ke pengaturan awal. Jangan lupa untuk menyimpan pengaturan ini dan restart laptop kembali.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengatasi Windows Update Error Pada Windows 10, Simak Yuk!

6. Menginstall Ulang Windows


Cara Keluar Dari Aptio Setup Utility (Untuk Pemilik Laptop)

Cara lain yang juga memiliki peluang besar untuk berhasil adalah dengan menginstall ulang Windows. 

Namun sebelum melakukan langkah ini, para pemilik harus tau bahwa salah satu resiko yang bisa terjadi adalah adanya data yang hilang atau terhapus. Jadi, sebelum melakukan langkah ini, pastikan sudah ikhlas untuk kehilangan beberapa data yang ada di dalam perangkat.

Saat melakukan install ulang Windows, pastikan semua langkah dilakukan dengan benar. Hal ini untuk menghindari terjadinya error kembali. Jika ragu atau tidak yakin dengan caranya, maka ada baiknya untuk menggunakan jasa seorang professional.

Jika tidak ada masalah, maka cara keluar dari aptio setup utility cukup dengan menekan tombol Escape atau Exit pada menu. Namun, masalah akan muncul ketika cara ini tidak berhasil meskipun telah menemukannya berkali-kali. Jika hal itu terjadi, jangan panik dan lakukan salah satu langkah diatas. 

Lakukan satu per satu dengan benar agar bisa berhasil. Apabila semua cara sudah dilakukan namun belum juga berhasil, maka opsi Restart Pengaturan serta Instal Ulang adalah solusi yang paling terakhir.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Keluar Dari Aptio Setup Utility (Untuk Pemilik Laptop)"