Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10

Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10

Melakukan upgrade windows pada perangkat PC atau laptop merupakan hal yang perlu dilakukan secara rutin. Selain dapat meningkatkan kinerja PC, upgrade Windows juga bisa menjaga keamanan data. Namun, pada saat melakukan update, sering kali muncul tulisan (watermark) Test Mode pada layar yang membuat orang bingung. 

Apakah maksud dari watermark tersebut? Dan bagaimana cara menghilangkan test mode Windows 10?

Yuk simak ulasan selengkapnya.

Tulisan Test Mode pada Windows 10 sebenarnya sangat beragam. Selain tulisan tersebut, ada juga tambahan Pro Build, Enterprise hingga yang lainnya. Pada intinya semua jenis tulisan tersebut sama dan bukan masalah yang serius. Namun, ada beberapa orang yang merasa risih dengan tulisan ini, sehingga ingin menghilangkannya.

Arti dan Penyebab Adanya Tulisan Test Mode

Bagi yang baru saja melakukan update, lalu muncul tulisan Test Mode pada layarnya, maka jangan khawatir, karena itu bukan masalah yang serius. Biasanya watermark tersebut akan muncul di bagian kanan layar dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Namun bagi beberapa orang, tulisan ini cukup mengganggu.

Tanda ini bukan menandakan bahwa windows belum diaktifkan, melainkan merupakan versi mode uji yang dikembangkan oleh Microsoft. Hanya saja, versi ini tidak memiliki sertifikat dari pengembangnya seperti yang asli.

Munculnya tulisan ini pada layar sebenarnya tidak bisa diatur oleh para pengguna. Jadi, tulisan ini muncul secara langsung, pada pengaturan Windows. Meskipun tidak bisa diatur di awal, namun para pengguna bisa menghilangkannya dengan mudah dan cepat.

Menghilangkan Watermark Pada Windows

Watermark yang muncul pada layar sebenarnya dapat dihilangkan dengan mudah. Akan tetapi, pengguna perlu mengetahui, bahwa jika mode test mode ini di nonaktifkan, maka drive yang berhubungan dengannya akan otomatis mati juga

Jadi, sebelum melakukan langkah ini, pastikan dulu kebutuhan drivenya, dan apakah berhubungan dengan Test Mode Windows. 

Untuk lebih detailnya, cobalah cara dibawah ini:

1. Membuka CMD Sebagai Administrator

Hal pertama yang harus dilakukan untuk bisa menghilangkan watermark yang muncul pada layar adalah masuk ke CMD dan menjalankannya sebagai admin. Untuk menemukan CMD, pengguna tinggal klik Menu dan pada bagian Search ketik Command Prompt.

Setelah muncul pada layar, klik kanan dan pilih opsi pertama dimana pengguna bisa menjalankannya sebagai Administrator. Jangan lupa untuk memilih Yes ketika muncul User Account Control pada layar (sebelum memasuki layar hitam). Jika hanya menjalankan CMD dengan mode biasa, maka pengguna tidak bisa menjalankan perintah

2. Memasukkan Perintah


Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10


Jika sudah berhasil masuk ke dalam CMD, maka pengguna akan dihadapkan dengan layar hitam. 

Disini, pengguna tinggal memasukkan perintah yang ingin dijalankan. Untuk menghilangkan atau menyembunyikan tulisan Test Mode, maka pengguna harus menonaktifkan modenya. Masukkan perintah Bdedit.exe-set TESTSIGNING OFF lalu tekan Enter untuk menjalankannya.

Sebaliknya, bagi yang membutuhkan watermark Test Mode-nya kembali menyala, maka masukkan perintah yang sama, hanya saja bagian belakangnya ubah menjadi ON. Lalu tekan Enter.

Lanjutkan dengan langkah yang sama seperti semula jika kembali ingin mematikan Test Mode.

3. Muncul Notifikasi

Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10


Apabila perintah yang dimasukkan benar, maka akan muncul notifikasi di bawahnya bahwa operasi telah berhasil dijalankan. Hal ini menunjukkan bahwa perintah yang dimasukkan telah dijalankan dan berhasil dilakukan. 

Sebaliknya, jika tidak berhasil, maka tidak akan ada notifikasi atau perubahan. Periksa kembali penulisannya, mulai dari huruf kapital hingga tanda baca.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengatasi Windows Update Error Pada Windows 10, Simak Yuk!

4. Restart Perangkat


Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10


Jika muncul notifikasi diatas, cara menghilangkan Test Mode Windows 10 berikutnya adalah dengan melakukan restart pada PC atau laptop. Kemudian masuklah ke Windows seperti biasa dan lihatlah apakah tulisan Test Mode masih ada atau tidak. 

Seharusnya, watermark tersebut sudah tidak ada lagi. Namun jika masih muncul, maka cobalah rumus atau perintah lainnya.

5. Perintah Lain yang Bisa Dicoba


Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10


Pada umumnya, rumus atau perintah yang paling banyak digunakan untuk mematikan Test Mode. 

Namun, jika cara diatas belum berhasil menghilangkannya, maka cobalah perintah lain. Perintah lain yang bisa dicoba adalah ENABLE_INTEGRITY_CHECKS. Selanjutnya, lanjutkan dengan langkah yang sama, yaitu melakukan restart ketika sudah muncul notifikasi.

Info Menarik Lainnya : Cara Ganti HDD ke SSD untuk Perangkat Mac & Windows

6. Menggunakan Product Activation Key


Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10


Jika semua cara menghilangkan Test Mode Windows 10 di atas telah dicoba, namun watermark pada layar masih belum hilang, maka belilah produk Activation Key

Ketika perangkat Windows sedang digunakan, tidak ada perbedaan yang kentara antara versi Test Mode dengan versi Activation Key ini. 

Bedanya hanya satu, yakni Activation Key telah memiliki lisensi resmi dari Windows

Sedangkan jika muncul tulisan Test Mode, maka itu berarti belum punya lisensi, itulah sebabnya muncul watermark tersebut.

Dengan membeli produk Activation Key, maka pengguna bisa menggunakan seluruh driver tanpa harus mengaktifkan atau mematikan mode. Namun harga belinya memang cukup mahal jika dibandingkan dengan yang Test Mode.

Setelah membelinya, pengguna bisa menemukan Product Key di dalamnya. Biasanya angka dan hurufnya dapat ditemukan di kotak kemasan atau email jika membelinya secara digital. Sebelum membelinya, pastikan dulu apakah satu kode bisa digunakan untuk beberapa PC atau tidak.

Jika sudah mendapatkan kodenya, tinggal masukkan kodenya ke dalam kolom Product Key, lalu tekan Enter atau Next. Selanjutnya Windows akan terupdate dan pengguna bisa menggunakan perangkatnya seperti sedia kala.

Info Menarik Lainnya : Cara Instal Ulang Laptop Windows 10 Dengan Berbagai Metode

Jadi, watermark Test Mode pada layar Windows sebenarnya tidak berbeda dengan yang asli. Hanya saja, ada beberapa orang yang terganggu dengan tampilannya karena terkesan palsu dan beda dari yang asli. 

Untuk menghilangkannya, pengguna bisa menggunakan product Activation Key namun berbayar. Jika ingin cara menghilangkan test mode Windows 10 yang gratis, maka gunakan CMD. Hanya saja jika menggunakan cara ini, drive yang lain akan ikut ter-non-aktif-kan.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Test Mode Windows 10 "