Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Contoh Iklan Pasta Gigi yang Efektif & Cara Membuatnya


Iklan memegang peran penting dalam status penjualan sebuah produk. Dengan adanya iklan yang baik pasti akan mampu memberikan efek yang optimal pada penjualan produk. Kali ini akan coba dibahas seperti apa cara pembuatan serta contoh iklan pasta gigi yang efektif, sehingga bisa meningkatkan angka penjualan.

Tahapan dalam Pembuatan Iklan

Proses membuat iklan memang tidak bisa dianggap remeh. Mungkin ini adalah hal yang biasa saja (tidak penting) bagi orang lain. Namun bagi pemilik produk, maka perencanaan konsep dan eksekusi pembuatan iklan harus dipikirkan secara matang. Tujuannya tentu agar hasil penjualan produk dapat lebih maksimal.

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam proses pembuatan iklan, khususnya untuk produk pasta gigi ini. 

Ada Beberapa Tahapan dan Contoh Iklan Pasta Gigi yang Efektif Untuk Produk Tersebut.

Simak hingga tuntas yuk!

1. Lakukan Riset

Pertama, lakukan dulu riset pasar sebelum membuat iklan. 

Apa tujuan utama pembuatan iklan? 

Iklan dibuat untuk menarik minat pasar, jadi pembuat iklan harus paham dulu kondisi pasar. Pertama, pahami siapa saja yang akan menjadi target pasar dari produk pasta gigi, kemudian lakukan riset pada kelompok target pasar tersebut.

Misalnya, produk pasta gigi tersebut ditujukan untuk golongan orang-orang yang memiliki gigi sensitif. Dengan begitu cari tahu apa sebenarnya penyebab gigi sensitif, kebiasaan apa yang sering dilakukan oleh golongan orang-orang tersebut, dan lain sebagainya. 

Riset ini akan mempermudah proses pembuatan iklan yang sesuai dengan target pasar.

2. Tentukan Platform atau Media Iklan

Selanjutnya silahkan tentukan platform atau media yang akan digunakan untuk beriklan. Penentuan platform ini juga sangat penting karena akan berpengaruh pada jenis iklan yang akan dibuat. Misalnya untuk platform media sosial Instagram, maka bisa dibuat jenis iklan berupa konten foto maupun video.

Contoh iklan pasta gigi yang efektif untuk media Instagram ini sangat beragam. Tergantung poin apa yang ingin ditonjolkan. Pembuatan iklan pun sekarang juga harus semakin kreatif. Tidak harus menampilkan orang yang menyikat gigi, namun bisa dikreasikan lebih menarik lagi.

3. Ciptakan Elemen yang Kreatif

Menciptakan elemen yang kreatif dalam iklan adalah suatu keharusan. Hal ini berkaitan erat dengan pembuatan tagline iklan atau tema iklan. 

Tagline menjadi salah satu poin yang pasti akan diingat oleh orang ketika melihat sebuah iklan. Ciptakan tagline yang kreatif dan mudah diingat serta unik sehingga akan menarik perhatian.

Harus ada nilai kreativitas dalam pembuatan sebuah iklan agar tidak dicap plagiat. Meskipun produk pasta gigi sangat beragam dan ada banyak pilihan, maka buatlah agar iklan tersebut terlihat berbeda dari yang lain. Kemas produk pasta gigi tadi dalam sebuah iklan yang ikonik.

4. Berikan Penawaran Menarik

Pastikan iklan memuat penawaran menarik untuk mendapatkan perhatian dari publik. 

Ingat kembali fungsi iklan yaitu untuk menarik minat masyarakat agar mau membeli produk. Oleh sebab itu, harus ada penawaran yang diberikan dalam iklan tersebut. Bentuk penawarannya pun bisa sangat beragam dan pastinya harus sesuai dengan kenyataan.

Tim marketing harus merencanakan program penawaran yang menarik minat konsumen. Misalnya penawaran produk beli 1 gratis 1 atau penawaran pemakaian produk sampel secara gratis. Jenis penawaran yang diberikan harus bisa menguntungkan konsumen tapi juga tidak merugikan pihak penjual.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Promosi & Contoh Iklan Hand Sanitizer yang Menarik

5. Beberkan Manfaat Produk

Lewat iklan yang akan dibuat, sampaikan manfaat produk kepada konsumen. 

Berikan informasi manfaat apa saja yang akan diberikan jika konsumen menggunakan produk tersebut. Tentunya informasi ini sangat dibutuhkan agar bisa menarik minat calon pembeli untuk benar-benar membeli produk tersebut.

Contoh iklan produk pasta gigi yang beredar di media biasanya akan menampilkan manfaat produk yang beragam. Mulai dari membuat warna gigi menjadi lebih cerah, memberikan kekuatan lebih pada gigi sensitif, mencegah gigi berlubang, dan lain sebagainya. 

Orang yang melihat iklan tersebut tentu akan jadi tertarik membeli produk (setelah mengetahui manfaat yang akan didapatkannya).

6. Berikan Alasan untuk Membeli Produk

Tahap selanjutnya berikan alasan kepada audiens mengapa harus membeli produk yang diiklankan tersebut. 

Tentunya audiens harus diyakinkan terlebih dahulu kenapa harus membeli produk yang diiklankan. Dengan begitu iklan tersebut bisa secara efektif memberikan hasil optimal karena orang-orang yang melihatnya bisa tertarik untuk membeli.

7. Buat Singkat namun Lugas

Iklan seharusnya jangan dibuat dalam bentuk yang bertele-tele. Jika iklannya berbentuk tulisan, maka buatlah kalimat yang padat dan jelas (jangan terlalu panjang). 

Apabila iklan disajikan dalam bentuk visual seperti video, maka buatlah dalam durasi yang singkat saja. Tujuannya agar tidak terkesan membosankan. Iklan yang terlalu panjang cenderung membuat audiens jadi malas untuk memperhatikan..

Lalu bagaimana dengan iklan dalam bentuk poster atau gambar? 

Maka sajikan iklan dalam desain yang lugas dan tidak berlebihan. Pastikan pesan dalam iklan bisa tersampaikan secara efektif tanpa terasa membosankan. 

Oleh karena itu, penting sekali bagi pengiklan agar banyak baca referensi cara beriklan yang tepat dan efisien. Agar bisa tahu jenis iklan seperti apa saja yang efektif dan mampu menarik konsumen.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Promosi Eyelash Extension Agar Konsumen Tertarik

Contoh Iklan Produk Pasta Gigi

Sudah ada banyak sekali contoh iklan pasta gigi yang bisa dilihat di berbagai media. Sangatlah mudah untuk menemukan iklan-iklan menarik produk pasta gigi baik dalam bentuk gambar, video, maupun tulisan singkat. 

Berikut ini adalah contoh-contoh iklan produk pasta gigi yang efektif bagi konsumen:

1. Pasta Gigi Anak

Untuk jenis produk pasta gigi anak, bisa dibuat iklan dalam bentuk visual yang menarik. Perpaduan warna-warna cerah dapat diaplikasikan agar menarik perhatian. Selain itu bisa juga dilibatkan gambar-gambar karakter kartun yang difavoritkan oleh anak-anak.

Contoh kalimat iklan yang bisa digunakan:

“Jaga gigi anak sehat bebas lubang dengan pasta gigi X!

Mengandung fluoride yang efektif melindungi gigi dan tersedia dalam varian rasa yang disukai anak.

Dapatkan bonus mainan seru setiap pembelian 2 produk pasta gigi X varian apapun!”

2. Produk Pasta Gigi Sensitif

Jenis pasta gigi untuk gigi sensitif sangat banyak diminati di Indonesia. Jika ingin disajikan dalam bentuk visual, maka bisa diperlihatkan struktur gigi dan dibuat ilustrasi penyebab gigi jadi sensitif dan terasa ngilu. Ilustrasi mengenai cara kerja pasta gigi dalam melindungi gigi sensitif juga bisa diperlihatkan.

Contoh kalimat iklan yang dapat digunakan:

“Makan panas dan minum dingin tak lagi terasa menyakitkan.

Gigi sensitif akan mendapatkan lapisan perlindungan optimal dari pasta gigi X.

Efektif meredakan rasa ngilu gigi sensitif dan memberikan sensasi segar setelah pemakaian.

Dapatkan promo buy 1 get 1 setiap pembelian melalui website resmi kami!”

3. Pasta Gigi Herbal

Varian produk pasta gigi lainnya yang juga banyak beredar di masyarakat adalah pasta gigi herbal. Jenis pasta gigi ini menggunakan bahan-bahan alami yang menyehatkan. Agar iklan bisa menonjolkan kekuatan bahan herbal yang terkandung dalam produk maka bisa dibuat ilustrasi jenis-jenis bahan herbal tersebut.

Contoh kalimat iklan untuk produk pasta gigi herbal:

“Napas segar dan gigi sehat bisa didapatkan dengan pasta gigi herbal X.

Dilengkapi kandungan bahan daun sirih yang efektif membasmi kuman dan jeruk nipis yang membuat napas terasa segar.

Dapatkan promo buy 1 get 1 setiap pembelian pasta gigi herbal X melalui platform Shopee!”

Itulah diatas pembahasan singkat seputar contoh iklan pasta gigi yang efektif. Agar iklan bisa terlihat lebih menarik maka bisa digunakan komposisi warna yang tepat. Bisa juga diangkat tema iklan sesuai dengan topik yang sedang viral saat ini demi menarik perhatian audiens.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Contoh Iklan Pasta Gigi yang Efektif & Cara Membuatnya"