Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Klik dan Kunjungi

 Advertisement Here

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Basa Sunda & Cara Membuatnya


Contoh Iklan Layanan Masyarakat Basa Sunda & Cara Membuatnya


Iklan Layanan Masyarakat Basa Sunda - Iklan termasuk salah satu media yang sering digunakan untuk berbagi informasi kepada masyarakat. Iklan itu sendiri dibagi menjadi dua jenis yakni iklan komersial dan nonkomersial. Salah satu contoh iklan non-komersial adalah iklan layanan masyarakat. 

Artikel kali ini akan membahas secara lengkap mengenai iklan layanan masyarakat basa sunda.

Nanti akan diulas mulai dari cara pembuatannya beserta contoh iklan yang sering ditemui di masyarakat.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat

Sebelumnya mari kita pahami dulu apa itu iklan layanan masyarakat. 

Mungkin Anda sudah sering menjumpai iklan komersial. Pada umumnya iklan tersebut memaparkan tentang sebuah produk atau layanan jasa. Nah berbeda halnya dengan iklan komersial itu, iklan layanan masyarakat biasanya mengangkat pesan-pesan moral dan sosial yang bermanfaat. 

Jadi pesan yang disampaikan pada iklan layanan masyarakat bukan untuk menjual produk, tapi lebih fokus untuk memberikan informasi.

Tujuan iklan layanan masyarakat ini adalah untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap berbagai masalah yang terjadi di sekitarnya. Mulai dari masalah lingkungan, gaya hidup, kesehatan, dan masih banyak lagi. 

Iklan seperti ini bisa dijumpai di berbagai jenis media, mulai dari media televisi, cetak, hingga platform digital seperti media sosial.

Biasanya topik dan isi iklan layanan masyarakat ini dibuat sesuai dengan masalah yang ada di daerah masing-masing. Dan seringkali bahasa iklan yang dipakai akan disesuaikan dengan bahasa daerah target iklan tersebut. 

Misalnya untuk masyarakat sunda maka akan dibuat iklan layanan masyarakat basa sunda. Tujuannya agar masyarakat lebih tertarik untuk memperhatikan iklan tersebut. 

Cara Membuat Iklan

Pada dasarnya fungsi dari jenis iklan layanan masyarakat dan iklan komersial sama saja. 

Tujuan utamanya adalah agar orang mau memperhatikan isi iklan. Dan setelah melihat isi iklan, kemudian audiens melakukan tindak lanjut sesuai dengan pesan yang ada didalam iklan tersebut. 

Kalau iklan komersil tentu ingin agar audiens mau membeli produk setelah melihat iklan itu. Sedangkan target iklan layanan masyarakat adalah agar publik mau menuruti/mematuhi pesan yang ada di iklan tersebut. 

Intinya kedua jenis iklan ini sama-sama ingin memberikan efek persuasif kepada pembacanya. Cara pembuatannya juga secara umum sama saja seperti iklan komersial. 

Berikut ini beberapa cara membuat iklan layanan masyarakat basa sunda:

1. Tentukan Tujuan Iklan

Langkah pertama, tentukan dulu tujuan iklan yang akan dibuat. Tentunya tujuan ini akan menentukan pula konsep dan tema iklan layanan masyarakat tersebut. 

Contohnya, iklan dibuat agar masyarakat sadar diri untuk membuang sampah sesuai kategori sampah organik dan non-organik. Maka topik iklan nantinya adalah tentang cara membuang sampah yang benar. Dan iklan harus dibuat sedemikian rupa, agar bisa mencapai tujuan dari pesan iklan tersebut.

2. Buatlah Iklan yang Objektif

Pastikan iklan yang akan dibuat ini bersifat objektif. Namanya saja iklan layanan masyarakat, jadi sangat penting untuk menyajikan sebuah iklan yang objektif, bukan subjektif. 

Iklan yang objektif akan lebih mudah untuk diterima oleh masyarakat. Lain halnya jika diambil pandangan subjektif dalam membuat iklan, mungkin masyarakat tidak akan tertarik karena iklan tersebut memuat kepentingan pribadi.

3. Susun Kalimat yang Singkat dan Jelas

Saat membuat iklan layanan masyarakat, pakailah kalimat iklan yang singkat dan jelas. Pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan kalimat promosi karena bisa membuat audiens merasa bingung. 

Sebisa mungkin iklan layanan masyarakat harus mudah dipahami bahkan hanya dengan sekali baca. Jadi usahakan isi kalimat iklannya padat namun tetap bisa memuat/menyampaikan informasi secara efektif.

4. Kemas Iklan dalam Tampilan yang Menarik

Cobalah untuk mengemas iklan dalam sebuah tampilan yang menarik. Iklan yang menarik tentu akan lebih diperhatikan oleh masyarakat. 

Sama halnya seperti iklan komersial yang pasti dibuat penuh warna dan menarik. Buatlah desain yang unik dengan kombinasi warna yang menarik mata. Perpaduan visual iklan yang menarik dan kalimat iklan yang efektif, akan membuat iklan layanan masyarakat ini bisa mencapai tujuannya dengan mudah.

Info Menarik Lainnya : 6 Contoh Kata Kata Promosi Prewedding Serta Tips Pemasaran Online

5. Pastikan Tidak Ada Unsur SARA

Penting sekali untuk memastikan bahwa iklan yang dibuat tidak mengandung unsur SARA. 

Meskipun memang dalam hal ini yang dibahas tentang iklan layanan masyarakat basa sunda (yang artinya ditujukan bagi masyarakat sunda), namun tetap tidak boleh ada unsur (tendensi) SARA didalamnya. Intinya; jangan sampai ada kesan diskriminasi terhadap etnis lain didalam kalimat iklan tersebut.

Iklan yang mengandung SARA biasanya tidak akan bisa disebarluaskan dan dianggap sebagai pelanggaran aturan dalam beriklan.

Pastikan iklan layanan masyarakat ini benar-benar menarik dan persuasif. Meskipun bukan iklan komersial, namun jenis iklan ini tetap harus punya daya tarik. Iklan juga harus punya kekuatan untuk mengajak audiens, sehingga mereka mau melakukan hal-hal yang dianjurkan di dalam iklan tersebut.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda

Lalu seperti apa sebenarnya contoh iklan layanan masyarakat yang sering beredar saat ini? Kali ini akan dibagikan beberapa contoh iklan layanan masyarakat yang menggunakan bahasa sunda. 

Tujuan dan topik iklannya sangat bervariasi, sehingga bisa melakukan improvisasi jika ingin membuat iklan dengan topik yang berbeda. 

Berikut ini contoh-contohnya:

1. Iklan Bebas Narkoba

Jenis iklan ini ditujukan kepada audiens yang masih berusia muda, remaja dan dewasa muda. Tujuannya adalah untuk mengajak agar orang-orang tersebut menjauhi narkoba karena bisa memberikan banyak dampak buruk. 

Contoh kalimat iklannya: “Selametkeun barudak urang tina bahaya nyelewengkeun narkoba”

Arti dari kalimat ini adalah ajakan untuk menyelamatkan anak-anak Indonesia dari bahaya narkoba.

Info Menarik Lainnya : Contoh Kalimat Promosi Tour and Travel Efektif Gaet Konsumen

2. Iklan Membuang Sampah

Contoh berikutnya adalah iklan membuang sampah. Jenis iklan ini bisa ditujukan kepada siapa saja karena membuang sampah adalah kewajiban bersama. Namun kali ini akan dibagikan contoh iklan membuang sampah yang ditujukan bagi kaum milenial. 

Contoh kalimatnya: “Piceun runtah kana tempatna! Milenial kedah eling kana kebersihan ti mana bae!”

3. Iklan Penyebaran Hoax

Berita bohong atau hoax menjadi salah satu masalah yang sering dijumpai di masyarakat saat ini. Iklan ajakan untuk stop penyebaran hoax juga bisa memberikan banyak manfaat. 

Contoh kalimatnya: “Stop Hoax! Kedah klarifikasi sarta konfirmasi tina informasi nu katampi!” 

Artinya, semua informasi yang diterima harus diklarifikasi dan dikonfirmasi terlebih dahulu sebelum disebarkan.

4. Iklan Bahaya Rokok

Contoh selanjutnya diambil dari iklan bahaya merokok. Iklan ini ditujukan kepada generasi muda dan tua yang punya kebiasaan merokok. 

Contoh kalimat iklannya adalah: “Stop Rokok! Pareuman rokok saacan rokok maehan maneh!” 

Artinya, matikan rokok sekarang juga sebelum rokok tersebut bisa membunuh.

5. Iklan  Menanam Pohon

Ada juga iklan layanan masyarakat yang menyerukan ajakan menanam pohon. Jenis iklan ini bisa ditujukan kepada semua masyarakat dari berbagai jenis generasi. 

Kalimat iklan yang digunakan bisa seperti ini: “Lestarikeun Tangkal, Salametken Bumi dan Stop Global Warming!” 

Artinya, mari lestarikan pohon, selamatkan bumi, dan hentikan global warming.

Info Menarik Lainnya : Kata Kata Promosi Agen Kuota dan Pulsa yang Efektif Naikkan Penjualan

Kalimat iklan untuk layanan masyarakat ini bisa ditampilkan di berbagai media. Saat ini iklan layanan masyarakat lebih banyak dibagikan lewat media cetak dan media sosial. 

Tentunya media yang dipilih harus sesuai dengan target audiens yang ingin dicapai oleh iklan tersebut. Kalimat iklan ini juga harus disertai dengan gambar atau visual yang menarik dan relevan.

Iklan layanan masyarakat basa sunda akan menjadi media yang bermanfaat untuk mengubah pola pikir dan kebiasaan masyarakat. Melalui iklan-iklan ini diharapkan masyarakat bisa mengubah kebiasan mereka menjadi lebih baik lagi sesuai pesan dalam iklan. 

Iklan ini juga diharapkan bisa membantu membangkitkan rasa peduli masyarakat terhadap kondisi lingkungan di sekitarnya.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Contoh Iklan Layanan Masyarakat Basa Sunda & Cara Membuatnya"