Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Kiat Sukses Usaha Dagang Untuk Pemula

7 Kiat Sukses Usaha Dagang Untuk Pemula

Kiat Sukses Usaha Dagang - Prospek bisnis di zaman sekarang ini masih menjanjikan banyak keuntungan. Bahkan, bukan hal yang mustahil jika seorang pelaku usaha dagang bisa menjadi kaya raya. Terutama bagi mereka yang sudah tau bagaimana celah untuk meraih kesuksesan. 

Nah apakah Anda juga tertarik untuk menjalankan usaha dagang? 

Artikel ini akan membahas kiat-kiat sukses usaha dagang yang bisa diterapkan oleh para pemula.

Simak hingga tuntas yuk!

Ada beberapa kiat yang dapat berperan besar pada kesuksesan seseorang. Terutama jika kiat-kiat tersebut diterapkan secara disiplin dan konsisten.

Lalu, apa saja sih kiat sukses usaha dagang itu?

Diantaranya sbb: 

1. Terapkan Cara Kerja yang Cerdas

Perlu diingat bahwa kerja keras saja tidak cukup untuk membuat seorang pengusaha menjadi sukses. Selain kerja keras, dibutuhkan juga kerja cerdas agar usaha dagang bisa sukses besar. 

Kerja cerdas yang dimaksud di sini adalah bekerja dengan menggunakan akal dan ilmu yang sudah dimiliki. Itulah sebabnya, sangat disarankan bagi para pelaku usaha untuk terus belajar dan mencari sumber ilmu dari mana saja.

Pengusaha yang sukses harus bisa memperhitungkan risiko dengan bijak. Dalam mengelola sebuah usaha dagang pasti akan selalu ada risiko di balik setiap peluang. Jadi seorang pengusaha harus mampu bekerja cerdas, dan bisa memahami setiap risiko yang mungkin terjadi dalam setiap langkah bisnisnya. 

Selain itu, pengusaha juga harus cerdas dalam memecahkan masalah pengembangan usaha dagang tersebut.

2. Jaga Nama Baik

Dalam dunia bisnis ini, pengusaha harus bisa menjaga nama baiknya secara optimal. Nama baik di sini artinya adalah reputasi dari brand atau bisnis yang dijalankan. 

Reputasi yang baik di mata pelanggan akan membuat sebuah bisnis mampu bertahan saat kondisi sulit, dan mudah berkembang saat kondisi lapang. Jadi sejak awal merintis bisnis, maka seorang pengusaha harus mulai membangun reputasi brand, produk, atau jasanya secara positif.

Memulai bisnis dengan reputasi yang baik bukanlah hal yang sulit. Bagian yang sulit adalah menjaga nama baik atau reputasi dari bisnis yang sudah dijalankan tersebut. 

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan agar nama baik sebuah bisnis atau brand dapat selalu terjaga. Strategi dalam menjaga nama baik inilah yang akan membantu seorang pengusaha, agar bisa membesarkan bisnisnya lebih jauh lagi.

Pertama, cobalah untuk menjaga kualitas produk demi mempertahankan reputasi yang sudah baik. 

Kemudian, usahakan untuk selalu memberikan pelayanan ekstra kepada semua pelanggan, agar nama baik bisnis terus terjaga. Pastikan untuk selalu jujur dan tepat waktu dalam melayani pelanggan. 

Jadi peningkatan dalam pelayanan konsumen harus menjadi prinsip penting untuk menjaga reputasi bisnis Anda.

3. Berikan Harga Bersahabat

Kiat sukses usaha dagang berikutnya adalah memberi harga yang bersahabat. 

Banyak sekali pelaku usaha dagang yang sangat antusias untuk meraup untung besar. Akhirnya harga jual barang dipasang terlalu tinggi dan hal ini sebenarnya tidak bagus. Karena akibatnya dapat membuat pelanggan Anda jadi kabur dan berpaling.

Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan riset harga pasar. Jangan memasang harga yang terlalu tinggi, sehingga melampaui harga pasar yang beredar.

Usahakan untuk memberi harga jual yang bersahabat sehingga lebih banyak pelanggan yang datang. Posisikan saja diri Anda sendiri sebagai konsumen. Maka sudah pasti Anda akan lebih suka membeli produk yang harganya murah, bukan? 

Lebih baik perhitungkan secara cermat berapa harga jual terbaik yang bisa ditawarkan, dan jangan terlalu bernafsu mengambil untung besar.

Info Menarik Lainnya : 17 Mindset Bisnis yang Dianjurkan Bagi Pelaku Usaha (Entrepreneur)

4. Mulai dari Lingkungan Terdekat

Usaha dagang diprediksi akan tetap punya prospek bagus di masa depan. Sudah banyak pengusaha yang bergerak di bidang ini, yang kemudian memperluas cakupan bisnisnya sampai ke perdagangan ekspor impor. 

Tentunya semakin luas cakupan bisnis yang dicapai, maka akan semakin banyak pula keuntungan yang akan didapatkan. Namun hal ini akan bisa dicapai jika pengusaha tersebut memulai usahanya dari nol. Biasanya pengusaha yang sukses itu karena sudah banyak melalui lika-liku dalam merintis usahanya.

Sebelum menjangkau bidang perdagangan ekspor dan impor, lebih baik mulai dulu dari lingkungan terdekat. Mulai saja dulu dengan usaha dagang kecil-kecilan. Jangkau orang-orang yang ada di sekitar. 

Gunakan kesempatan ini untuk berlatih cara komunikasi yang baik dan untuk menemukan metode promosi atau penawaran yang efektif.

5. Pasang Target Menguasai Pasar

Langkah berikutnya yang perlu dilakukan jika ingin sukses di bidang usaha dagang adalah menguasai pasar. Jika seorang pengusaha dagang bisa menguasai pasar, maka secara otomatis keuntungan yang didapat akan semakin besar. 

Menguasai pasar berarti akan lebih mudah menjual produk, dan secara otomatis angka penjualan juga pasti akan meningkat tajam.

Lalu, apa yang perlu dilakukan agar bisa menguasai pasar? 

Tentu target ini tidak akan bisa dicapai jika pengusaha melakukan langkah-langkah yang biasa saja (tidak ada strategi khusus). Nah, agar Anda bisa menguasai pasar, maka fokuslah pada peningkatan kualitas. Selalu jaga mutu barang dan tawarkan harga yang bersahabat.

Nama baik dan reputasi bisnis akan sangat berpengaruh pada peluang untuk menguasai pasar. Jika nama baik dan reputasi ini bisa dijaga secara optimal, maka bukan hal yang mustahil untuk dapat menguasai pasar di Indonesia. 

Intinya; bangun kepercayaan dari masyarakat, sehingga semakin banyak konsumen yang lebih suka memilih produk Anda.

Info Menarik Lainnya : Kenapa Prestasi Akademik Tidak Menjamin Kesuksesan?

6. Jadikan Pembeli sebagai Alat Promosi

Perlu diketahui oleh para pengusaha bahwa pembeli tidak hanya sekadar orang yang melakukan transaksi dan memberikan uangnya. Lebih dari itu, pembeli ternyata juga bisa menjadi media promosi yang sangat efektif. Jadi kiat sukses usaha dagang berikutnya adalah menjadikan pembeli sebagai alat atau media untuk promosi.

Ternyata, promosi lewat pembeli secara langsung bisa meningkatkan angka penjualan. Prinsipnya adalah berikan pengalaman terbaik bagi para pembeli atau konsumen. 

Caranya; berikan bonus pada pembeli yang sudah menjadi pelanggan. Kemudian berikan pelayanan ekstra, aneka promo menarik, dan terus mempertahankan kualitas produk. 

Kalau Anda konsisten menerapkan semua hal diatas itu, maka setiap pelanggan setia pasti tidak akan segan-segan memberi testimoni positif pada produk atau brand Anda.

Jika pembeli mendapat layanan terbaik, maka bisa jadi mereka akan melakukan promosi pada produk Anda. 

Bagaimana caranya?

Jadi besar kemungkinan para pembeli tadi merekomendasikan brand/produk/bisnis Anda kepada orang lain. Ini akan menjadi sebuah teknik promosi yang sangat efektif dan tidak butuh usaha ekstra, karena banyak orang yang membantu mempromosikan.

7. Tingkatkan Investasi

Sebagai pengusaha, harus ada cara pandang yang berbeda terhadap uang. Keuntungan yang didapatkan dari sebuah bisnis tak boleh dihabiskan begitu saja untuk bersenang-senang. 

Jadi jika sudah terkumpul banyak uang dari keuntungan bisnis, maka harus ada peningkatan investasi. Investasi ini menjadi poin penting yang akan mendukung kesuksesan para pengusaha di bidang dagang.

Banyak sekali jenis investasi yang bisa dilakukan. Mulai dari investasi dalam bentuk deposito, perlengkapan bisnis, saham, bahkan juga investasi ilmu. 

Apapun itu, hendaknya investasikan dana yang sudah dikumpulkan untuk memperoleh manfaat yang lebih besar. Upayakan semua investasi itu agar bisa mendorong perkembangan usaha dagang Anda lebih jauh lagi.

Hal ini juga tidak kalah penting untuk diperhatikan.

Apa sebab?

Karena percuma saja menerapkan berbagai kiat sukses usaha dagang diatas, namun belum sadar diri untuk melakukan investasi. 

Bila tidak di investasikan, maka keuntungan yang sudah diperoleh akan beresiko menguap begitu saja. Sikap dewasa dan bijak sangat dibutuhkan, agar seorang pengusaha bisa memilih langkah investasi yang tepat demi kemajuan bisnisnya.

Info Menarik Lainnya : Sukses Itu Perlu Perjuangan Ekstra, Kesabaran & Bersyukur

Itulah 7 kiat sukses usaha dagang yang bisa dicoba oleh para pemula. 

Tentunya sukses besar di bidang usaha ini tak bisa diraih dengan mudah. Terus lakukan upaya terbaik demi mengembangkan bisnis Anda. Jangan malu memulai dari nol, dan terus jalin relasi agar usaha dagang yang Anda kelola bisa terus berkembang hingga sukses.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "7 Kiat Sukses Usaha Dagang Untuk Pemula "