Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Cek HP Support MHL bagi Pengguna Android

Cara Cek HP Support MHL bagi Pengguna Android


Cara Cek HP Support MHL - MHL merupakan singkatan dari Mobile High-Definition Link. Ini adalah salah satu fitur yang cukup penting bagi pengguna perangkat smartphone. Namun memang tidak semua smartphone dilengkapi dengan fitur tersebut. 

Nah artikel kali ini akan membahas lebih lengkap cara cek HP support MHL, khususnya untuk jenis smartphone berbasis Android.

Simak hingga tuntas yuk!

Tentang MHL

Mari kita terlebih dahulu berkenalan dengan fitur MHL. 

MHL ini merupakan sebuah fitur interface standar yang ada di sebuah perangkat mobile seperti smartphone. 

Fungsinya adalah agar perangkat HP bisa membawa sinyal video digital pada konektor USB. Dengan begitu, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan video digital dari perangkat mobile ke perangkat lain.

Tak hanya itu, fitur MHL ini juga bisa dimanfaatkan ketika pengguna smartphone ingin memberikan tampilan layar yang lebih lebar. Misalnya dengan melakukan mirroring ke perangkat lain (seperti TV yang sudah support dengan HDMI). 

Umumnya fitur ini akan dipakai untuk menonton film, YouTube, maupun streaming game.

Dengan adanya fitur MHL ini maka fleksibilitas pemakaian HP jadi lebih tinggi. Pengguna bisa lebih bebas memakai HP untuk berbagai keperluan. 

Kepuasan pengguna juga bisa meningkat karena fitur ini membuat fungsi HP jadi terasa lebih lengkap. Apalagi bagi pengguna yang hobi main game maupun nonton film.

Perlu ditekankan kembali bahwa tidak semua perangkat smartphone memiliki fitur MHL. Ada beberapa tipe Android yang ternyata tidak membawa fitur tersebut. 

Sebelum menggunakan fitur ini, maka pengguna Android perlu memeriksa terlebih dahulu apakah perangkat yang digunakan sudah support MHL atau belum.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat IG Dark Mode Android Dari Aplikasi dan Setting

Cara Cek Support MHL

Ada dua pilihan cara cek HP support MHL, yaitu dengan aplikasi dan tanpa aplikasi. Keduanya dapat dijadikan pilihan dan cara kerjanya pun bisa dikatakan sama. 

Berikut ini ada 2 pilihan cara cek HP support MHL bagi pengguna Android:

1. Tanpa Aplikasi


Cara Cek HP Support MHL bagi Pengguna Android


Bagi pengguna yang tidak mau ribet mengunduh aplikasi terlebih dahulu, maka bisa langsung cek support MHL memakai layanan website. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Buka browser pada perangkat:  Siapkan perangkat smartphone yang akan dicek. Lalu langsung buka browser yang digunakan di perangkat tersebut. Jangan lupa pastikan dulu apakah perangkat sudah tersambung dengan internet. Pengguna bisa memakai berbagai jenis browser seperti Chrome atau lainnya.
  • Masuk ke laman website: Pengguna dapat masuk ke laman https://www.mhltech.org/devices.aspx
  • Cek HP: Setelah berhasil mengakses laman website tadi, maka pengguna bisa langsung masuk ke opsi Tipe Perangkat > Mobile. Kemudian pilihlah merek dan tipe HP Android yang akan dicek dukungan MHL-nya.
  • Baca hasil pemeriksaan: Mudah sekali, begitu memasukkan merek dan tipe HP maka akan langsung bisa diketahui apakah perangkat tersebut support fitur MHL atau tidak. Jika memang support MHL, maka merek dan tipe HP yang dimasukkan tadi pasti akan muncul di dalam list.

Cara pemeriksaan ini sangat praktis dan tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan. 

Cara ini bisa jadi pilihan jika pengguna tidak ingin menambah beban kapasitas memori dengan aplikasi lain. Selama koneksi internet lancar, maka proses pemeriksaan ini akan berjalan dengan cepat dan hasilnya bisa langsung terlihat.

Hanya saja, cara ini bisa menimbulkan kesalahan karena pengguna harus memasukkan tipe dan merek HP secara manual. Jadi website ini tidak langsung terhubung dengan perangkat HP yang dicek. 

Oleh sebab itu, keakuratan hasil pemeriksaan dipengaruhi oleh tepat atau tidaknya informasi perangkat yang dimasukkan. Jika pengguna salah input maka bisa saja hasilnya tidak akurat.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Malware di Android Dengan Mudah

2. Cek dengan Aplikasi


Cara Cek HP Support MHL bagi Pengguna Android


Bagi pengguna yang tak ingin menggunakan website dan lebih memilih menggunakan aplikasi, maka ada aplikasi Checker MHL yang bisa digunakan. 

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang dipakai untuk memeriksa dukungan MHL di sebuah perangkat HP. Berikut ini cara cek HP support MHL dengan menggunakan aplikasi:

  • Unduh aplikasi MHL Checker: Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah mengunduh aplikasi MHL Checker. Aplikasi ini dapat diunduh dengan mudah melalui Google PlayStore, jangan lupa sebelum melakukan pengunduhan cek dulu apakah kapasitas memori di perangkat HP masih memadai atau tidak. Selain itu pastikan juga koneksi internetnya stabil.
  • Akses aplikasi MHL Checker: Langsung saja masuk ke aplikasi ini dan pengguna akan langsung menemukan laman utama yang memuat tombol CHECK. Klik tombol tersebut untuk memulai pemeriksaan.
  • Baca hasil pemeriksaan: Setelah klik tombol CHECK maka dengan cepat akan muncul hasil pemeriksaanya. Baca saja apakah HP Anda mendukung adanya fitur MHL atau tidak. Hasilnya bisa langsung didapatkan hanya dalam hitungan detik. Selama koneksi internetnya stabil, maka proses pemeriksaan ini bisa berlangsung dengan cepat.

Cara yang satu ini lebih disarankan karena akurasinya lebih tinggi. 

Dengan menginstal aplikasi di perangkat HP, maka otomatis aplikasi tersebut terhubung dengan tipe dan merek HP pengguna secara langsung. 

Jadi pengguna tak perlu lagi memasukkan tipe dan merek HP secara manual. Hasilnya akan jauh lebih akurat karena tidak ada risiko kesalahan input tipe juga merek HP yang diperiksa.

Pada dasarnya dua cara ini sama-sama bisa diandalkan. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan keinginan pribadi. 

Jika memang memungkinkan untuk memakai aplikasi, maka tak ada salahnya mengunduh dan menginstal terlebih dahulu. Namun jika kapasitas memori tidak memungkinkan, maka bisa digunakan cara cek HP support MHL yang menggunakan layanan website saja.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Cek HP Support MHL bagi Pengguna Android"