Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Panduan Ikut Lelang Rumah yang Aman

Panduan Ikut Lelang Rumah yang Aman

Apakah kamu sedang mencari info seputar jual rumah lelang? Nah, pembelian rumah dengan cara lelang memang sedang diminati. Pasalnya, kadang kamu bisa mendapatkan rumah dengang harga lebih terjangkau dengan sistem lelang. 

Rumah yang dijual lewat sistem lelang ini adalah rumah hasil sitaan bank dan dijual dengan harga terjangkau. Selisih harganya bisa mencapai 10%, sangat lumayan bukan? Nah, lalu bagaimana cara mengikuti program lelang ini? Berikut panduan lengkapnya.

Penyedia Layanan Lelang Rumah

Misalnya kamu berniat untuk mengikuti lelang rumah Bogor, maka kamu harus mengetahui dulu, di mana bisa menemukan informasi lengkap tentang penjualan rumah lelangnya, Kamu bisa mengeceknya lewat situs lelang dari bank, adapun beberapa di antaranya adalah :

Situs Lelang Rumah BTN

Masuk ke situsnya langsung dan cari informasi mengenai rumah yang dilelang. Kamu bisa memilih lokasi di mana ingin membeli rumah dan ikut dalam proses lelang. Selain lewat website, kamu juga bisa melakukannya lewat aplikasi.

Situs Lelang BRI

Di dalam website kamu bisa langsung menemukan berbagai rumah hasil sitaan dari bank yang siap dilelang dan bisa dipilih dengan mudah. Selain rumah, terdapat pula berbagai macam properti lainnya.

Situs Lelang Mandiri

Informasi rumah yang dilelang tidak perlu kamu tanyakan langsung kepada pihak Bank Mandiri. Cukup masuk ke dalam website-nya saja dan dengan mudah bisa mencari rumah hasil sitaan yang akan dilelang di daerah mana saja dengan mudah.

Situs Lelang BNI

Sama seperti situs lainnya, situs lelang milik BNI juga menyediakan berbagai macam properti hasil sitaan yang dilelang dengan harga yang cukup terjangkau. Ada lebih dari 2.000 properti yang bisa kamu pilih di sini.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Promosi Perumahan di Sosmed

Panduan Mengikuti Lelang Rumah

Setelah memilih situs jual rumah lelang yang tepat, maka kini kamu siap mengikuti proses lelang rumah. Nah, untuk mengikuti lelang rumah ini, kamu harus tahu beberapa panduannya, seperti :

Mencari Rumah yang Cocok

Ada baiknya sebelum mengikuti proses lelang, kamu sudah menemukan rumah yang cocok terlebih dahulu. Carilah rumah yang memiliki tipe, ukuran, dan lingkungan yang sesuai. 

Manfaatkan fitur filterisasi yang biasa terdapat pada situs lelang rumah agar kamu bisa menemukan rumah yang tepat sesuai dengan keinginan. Kamu juga bisa membuat survei singkat terkait dengan rumah yang ingin dimiliki.

Membayar Jaminan Rumah

Jika sudah menemukan rumah yang tepat, segera ikuti proses lelang dengan membayar jaminan rumah. 

Pihak penyelenggara lelang, seperti bank akan memintamu untuk menyetorkan sejumlah uang untuk jaminan sebelum mengikuti proses lelang. Uang jaminan ini besarannya sekitar 20-50% dari harga rumah. Uang jaminan ini akan dikembalikan secara penuh jika kamu tidak memenangkan proses lelang.

Proses Bidding

Apabila uang jaminan sudah disetorkan dan mendaftar menjadi peserta lelang, maka kamu sudah siap mengikuti proses lelang. Proses lelang terjadi dengan tawar menawar antara penyelenggara dan peserta lelang terhadap suatu rumah yang dilelangkan. 

Dalam proses ini nantinya penawar tertinggi yang akan keluar sebagai pemenang lelang dan berhak melunasi lelang rumah Bogor, misalnya.

Artikel Menarik Lainnya : 5 Contoh Denah Rumah Hook 2 Lantai Terbaik Untuk Anda

Proses Pembayaran

Jika kamu dinyatakan sebagai pemenang, maka kamu wajib melunasi sisa pembayaran rumah lelang tersebut. Bank nantinya akan memberikan pilihan, apakah rumah akan dilunasi dengan cara tunai atau melalui KPR. Hal ini harus kamu pastikan terlebih dahulu sebelumnya agar bisa menyiapkan bujet yang tepat.

Itu tadi panduan untuk membeli rumah secara lelang. Pastikan kamu mengetahui informasi jual rumah lelang yang ada di daerahmu agar bisa mengikuti proses lelang secara mudah.

Post a Comment for "Panduan Ikut Lelang Rumah yang Aman"