Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Perbedaan Google Meet dan Zoom, Pejuang WFH Wajib Tahu!

Perbedaan Google Meet dan Zoom, Pejuang WFH Wajib Tahu!


Perbedaan Google Meet dan Zoom - Saat ini tren WFH atau work from home semakin menjamur di masyarakat. Sejak pandemi muncul sampai sekarang, masih banyak kantor yang menerapkan sistem WFH. Akibatnya, dua platform konferensi video Google Meet dan Zoom jadi semakin populer.  

Meski sering dianggap sama, ternyata ada beberapa perbedaan Google Meet dan Zoom yang penting untuk diketahui. 

Apa saja perbedaan tersebut? Yuk kita ulas hingga tuntas!

Mengenal Google Meet dan Zoom

Dua platform ini tampaknya sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Sejak sebelum pandemi kedua platform tersebut sudah beredar di publik. Nah, pada saat memasuki masa pandemi popularitasnya makin terus meningkat. 

Kini hampir semua orang sudah mengenal Google Meet dan Zoom, karena kerap menjadi platform komunikasi dan diskusi yang efektif di era pandemi.

Google Meet dan Zoom sering digunakan oleh para pekerja yang menerapkan sistem WFH. Keduanya memungkinkan para pekerja untuk menyelesaikan tugas secara online dari rumah masing-masing (dapat terintegrasi satu sama lain). 

Google Meet dan Zoom juga mempermudah proses rapat serta diskusi yang dibutuhkan demi kelancaran pekerjaan.

Di zaman digital seperti sekarang ini Google Meet dan Zoom telah menjadi software yang sangat mempermudah pekerjaan banyak orang. 

Menariknya lagi kedua software tersebut bisa diakses baik melalui perangkat PC, laptop, maupun handphone. Jadi sangat fleksibel dan mudah untuk diakses dimana saja. Itulah mengapa kedua software ini dinilai relevan untuk para pekerja yang menerapkan sistem remote.  

Google Meet dan Zoom sangat membantu penggunanya untuk melakukan meeting jarak jauh. Selain itu, fitur video konferensi yang disediakan bisa diakses oleh banyak pengguna dalam satu waktu. 

Lalu, seperti apa perbandingan dari kedua platform ini? Mari terus kita ulas! 

Perbedaan Google Meet dan Zoom

Dua platform ini biasanya sering digunakan secara bergantian. Tentu setiap orang punya pertimbangan khusus dalam menggunakan kedua platform ini, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Berikut ini beberapa perbedaan Google Meet dan Zoom yang penting untuk diketahui:

1. Kapasitas Peserta


Perbedaan Google Meet dan Zoom, Pejuang WFH Wajib Tahu!


Telah disebutkan sebelumnya, baik Google Meet dan  Zoom sama-sama mendukung pemakaian meeting online dengan jumlah peserta yang banyak. Namun dari segi kapasitas peserta, maka dua platform ini memiliki perbedaan yang cukup kentara. 

Zoom dinilai jauh lebih unggul karena memungkinkan kapasitas peserta mencapai 500 orang, sementara Google Meet hanya mampu menampung peserta maksimal 250 orang.

Itulah mengapa Zoom lebih banyak diminati oleh universitas untuk kebutuhan kuliah online. Hal ini disebabkan oleh kapasitasnya yang banyak, sehingga mampu menampung semua mahasiswa. 

Sementara itu Google Meet lebih banyak digunakan untuk meeting kantor yang jumlah pesertanya lebih terbatas.

2. Dukungan Aplikasi


Perbedaan Google Meet dan Zoom, Pejuang WFH Wajib Tahu!

Jika dilihat dari dukungan aplikasi, maka Google Meet jauh lebih unggul. 

Melalui Google Meet, pengguna bisa mengakses aplikasi Google lainnya seperti Google Calendar, Gmail, Google Drive, dan masih banyak lagi. Semua fitur dari Google ini bisa dimanfaatkan dan mendukung kelancaran proses kerja.

Lain halnya dengan Zoom yang tidak didukung oleh berbagai aplikasi yang saling terintegrasi seperti Google. Hal ini membuat pengguna Google Meet bisa merasakan efisiensi ketika harus bekerja dan melakukan meeting. 

Dukungan dari Google melalui semua fiturnya terbilang mudah untuk diakses kapan saja dan dapat mengoptimalkan produktivitas.

Info Menarik Lainnya : Penyebab Microphone Zoom Tidak Berfungsi & Solusinya

3. Desain Interface


Perbedaan Google Meet dan Zoom, Pejuang WFH Wajib Tahu!

Dilihat dari desain interface-nya, kedua software ini juga memiliki perbedaan yang sangat jelas. 

Zoom dinilai memiliki tampilan interface yang jauh lebih simple dan mudah diakses oleh pengguna awam. Lain halnya dengan Google Meet yang desain interface-nya terkesan berantakan. Banyak sekali pengguna pemula yang merasa bingung ketika harus menggunakan platform Google Meet.

Perbedaan desain interface ini akan semakin kentara ketika pengguna melakukan akses melalui smartphone. Saat Google Meet dibuka lewat smartphone, tampilannya akan jauh lebih kecil dan banyak fitur yang sulit untuk ditemukan. Lain halnya dengan Zoom yang semua fiturnya jauh lebih mudah untuk diakses.

Info Menarik Lainnya : 6 Fitur Google Classroom untuk Menunjang Kelancaran Belajar

4. Durasi Konferensi Video


Perbedaan Google Meet dan Zoom, Pejuang WFH Wajib Tahu!

Perbedaan Google Meet dan Zoom berikutnya terletak pada durasi konferensi video yang bisa dilakukan. 

Google Meet diketahui memiliki sesi konferensi video yang lebih lama, yaitu 60 menit. Sementara itu aplikasi Zoom hanya bisa digunakan untuk melakukan konferensi video secara terbatas, yaitu hanya selama 40 menit.

Perlu diketahui bahwa batas durasi yang disebutkan tadi khusus untuk pengguna yang memakai kedua software ini secara gratis (tidak berlangganan). 

Jika pengguna membayar biaya langganan, maka durasi konferensi videonya bisa bertambah lama. Untuk urusan durasi ini memang bisa disesuaikan kembali dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Info Menarik Lainnya : 7 Aplikasi Kamera Laptop untuk Zoom, Kita Ulas Yuk!

5. Kelengkapan Fitur


Perbedaan Google Meet dan Zoom, Pejuang WFH Wajib Tahu!

Jika dilihat dari fitur-fiturnya, memang harus diakui bahwa Zoom lebih unggul dibandingkan Google Meet. 

Zoom menyediakan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna untuk mempercantik tampilan visual dibagian layar. Mulai dari pengubahan background, hingga aneka jenis filter yang bisa dipakai sesuka hati pengguna.

Sementara itu Google Meet tidak menawarkan fitur selengkap Zoom. 

Untuk urusan tampilan atau visual, maka Google Meet lebih mengedepankan kesederhanaan. Hal ini sebenarnya bisa dimaklumi, karena Zoom memang pada awalnya dibuat khusus untuk konferensi video. Tak heran jika fitur untuk urusan visualnya juga jauh lebih lengkap daripada Google Meet.

Itulah diatas beberapa perbedaan Google Meet dan Zoom yang penting untuk diketahui, khususnya bagi para pejuang WFH serta pekerja remote. 

Secara keseluruhan, maka kedua jenis software ini sebenarnya sama-sama bagus untuk digunakan sebagai platform online meeting. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan serta kenyamanan masing-masing, kira-kira mana yang fiturnya paling cocok dan bisa memenuhi ekspektasi.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Perbedaan Google Meet dan Zoom, Pejuang WFH Wajib Tahu!"