Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

6 Fitur Google Classroom untuk Menunjang Kelancaran Belajar

6 Fitur Google Classroom untuk Menunjang Kelancaran Belajar


Di era pandemi ini, cukup banyak tools yang dapat membantu kelancaran belajar mengajar. Salah satunya datang dari raksasa teknologi Google. Tools tersebut bernama Google Classroom. Layanan ini sangat mempermudah proses belajar secara online. Fitur Google Classroom juga terbilang lengkap dan sangat mendukung kegiatan belajar jarak jauh. 

Artikel kali ini akan membahas apa saja fitur Google Classroom tersebut beserta fungsinya.

Simak sampai tuntas yuk!

Tentang Google Classroom

Layanan Google yang satu ini tiba-tiba langsung meningkat popularitasnya di era pandemi. 

Karena kegiatan belajar mengajar yang harus dilakukan secara online, membuat tool ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh banyak orang. Aktivitas belajar, workshop, maupun meeting online pun jadi jauh lebih mudah sekaligus efektif.

Sama halnya seperti kelas pada umumnya, Google Classroom ini merupakan ruang kelas yang dijalankan secara online. Di kelas tersebut akan ada pengajar dan siswa yang akan menjalankan kegiatan belajar mengajar. 

Pihak pengajar nantinya bisa memberikan materi dan tugas secara online dengan mudah melalui tool yang satu ini.

Perlu diketahui bahwa Google Classroom ini bisa diakses oleh siapa saja. Tidak ada persyaratan khusus untuk mengakses layanan ini. Tak hanya digunakan oleh guru dan murid, tools ini juga dimanfaatkan oleh dosen, mahasiswa, dan semua orang yang membutuhkannya untuk kegiatan belajar mengajar. 

Aksesnya mudah dan fitur yang disediakan pun terbilang lengkap, sehingga sangat mendukung proses belajar daring.

Google Classroom juga sudah terintegrasi dengan layanan Google lainnya. Semua data yang diunggah melalui tool ini akan tersimpan secara otomatis di Google Cloud. 

Para siswa yang ingin mengakses materi bisa langsung mencari file tersebut di Google Drive. Akses file juga bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, bahkan melalui perangkat smartphone sekalipun.

Fitur yang Tersedia

Pemakaian tool ini bisa lebih optimal jika penggunanya tahu fitur apa saja yang bisa digunakan. Google Classroom memang banyak dipilih orang sebagai media belajar jarak jauh karena fiturnya terbilang lengkap. 

Berikut ini beberapa fitur Google classroom yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya:

1. Dashboard


6 Fitur Google Classroom untuk Menunjang Kelancaran Belajar

Google Classroom memiliki fitur dashboard yang akan mempermudah guru atau pendidik dalam memantau aktivitas murid-muridnya. 

Dashboard ini akan meningkatkan efektivitas proses belajar secara daring. Jadi walaupun tidak bertatap muka langsung, pendidik tetap bisa mengawasi aktif atau tidaknya siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar tersebut.

Dashboard ini akan menampilkan hasil monitoring aktivitas murid di Google Classroom. Bisa diketahui siapa saja yang aktif melakukan akses, menambahkan komentar, mengunggah tugas, dan lain sebagainya. 

Intinya fitur ini yang sangat membantu pendidik dalam memberikan penilaian kepada murid-muridnya.

2. Pemberian Tugas


6 Fitur Google Classroom untuk Menunjang Kelancaran Belajar

Melalui Google Classroom, pendidik bisa memberikan tugas secara online kepada semua siswa. 

Tugas tersebut bisa dibagikan dalam bentuk template. Nantinya siswa bisa mengerjakan tugas melalui template tersebut. Kemudian file akan langsung dikirimkan melalui Google Drive. Proses pemberian tugas melalui fitur Google Classroom ini sangat mudah dan praktis baik bagi pihak guru maupun murid.

3. Edit dan Nilai Tugas


6 Fitur Google Classroom untuk Menunjang Kelancaran Belajar

Pendidik bisa melakukan editing maupun memberikan penilaian terhadap tugas yang sudah dikumpulkan oleh para murid. Tugas yang sudah dikumpulkan dapat langsung dievaluasi oleh guru. 

Nantinya guru bisa melakukan editing pada file tugas tersebut, misalnya saja dengan memberikan komentar. File yang sudah diedit bisa dikembalikan lagi kepada siswa untuk dijadikan bahan belajar.

Selain melakukan editing, guru juga bisa memberi penilaian terhadap hasil pengerjaan tugas yang sudah dikumpulkan tadi. Hasil nilai ini bisa dicantumkan langsung di file tugas. Nantinya akses editing file tersebut hanya bisa dimiliki oleh guru, sehingga murid tidak bisa melakukan perubahan apapun.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengirim Video di Google Classroom (Untuk Memudahkan Proses Belajar)

4. Pengumuman


6 Fitur Google Classroom untuk Menunjang Kelancaran Belajar

Ada juga fitur Google Classroom yang mempermudah pendidik dalam memberikan pengumuman. 

Pengumuman ini bisa dibagikan dalam bentuk teks dan disertai gambar (bahkan video). File pengumuman bisa dibagikan kepada seluruh siswa dalam waktu singkat, sehingga bisa langsung diketahui oleh semua siswa.

Menariknya lagi, fitur pembuatan pengumuman ini bisa berlangsung dua arah. Artinya, siswa bisa ikut memberikan komentar atas pengumuman yang diterima. 

Tenaga pendidik juga secara otomatis bisa melihat seperti apa komentar yang diberikan. Bisa terjadi komunikasi dua arah, sehingga tidak akan ada salah paham antara pendidik dan guru saat ada informasi yang harus dibagikan.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengupload Tugas di Google Classroom untuk Belajar Daring

5. Penjadwalan Tugas


6 Fitur Google Classroom untuk Menunjang Kelancaran Belajar

Google Classroom dikenal sebagai tool yang sangat membantu meningkatkan efisiensi waktu belajar mengajar. Ada fitur penjadwalan tugas yang akan sangat menguntungkan bagi pendidik. 

Fitur ini memungkinkan pendidik melakukan pembagian tugas sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Jadi tugas-tugas untuk murid bisa langsung dibagikan sesuai dengan waktu tersebut.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Soal di Google Classroom & Menunjukkan Nilainya

6. Fitur Meet


6 Fitur Google Classroom untuk Menunjang Kelancaran Belajar

Fitur Meet ini bisa dikatakan sebagai salah satu bagian yang sangat penting di Google Classroom. 

Meet merupakan fitur yang memungkinkan para pengguna untuk bertemu dan berkomunikasi secara virtual. Inilah platform yang sering dimanfaatkan pendidik untuk mengajar secara online.

Meskipun memang tidak sama dengan kelas offline, namun kelas online di Google Classroom ini juga bisa berjalan secara efektif. Pendidik dapat melihat wajah murid-muridnya melalui layar. Komunikasi juga akan berjalan dengan lancar, sehingga proses mengajar akan jauh lebih efektif untuk dilakukan.

Berbagai jenis fitur Google Classroom diatas sangat layak digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar secara online. 

Di era pandemi seperti sekarang, tentu saja tool ini akan sangat dibutuhkan. Tak hanya menguntungkan bagi pendidik, tools ini juga sangat berguna bagi siswa yang ingin tetap belajar (meskipun harus dilakukan dari jarak jauh).

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "6 Fitur Google Classroom untuk Menunjang Kelancaran Belajar"