Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membuat Soal di Google Classroom & Menunjukkan Nilainya

Cara Membuat Soal di Google Classroom & Menunjukkan Nilainya

Google Classroom merupakan sebuah media gratis yang dapat menghubungkan murid serta guru secara online. Dengan aplikasi ini, guru tidak hanya bisa membuat kelas namun juga membuat soal untuk menguji kemampuan para muridnya. 

Jenis soal yang diberikan pun bisa pilihan ganda, isian hingga yang dibatasi oleh waktu pengerjaan. Nah bagi Anda yang belum cara membuat soal di Google Classroom, yuk kita pelajari lebih lanjut.

Sebelum membuat soal, pastikan sudah memiliki akun Google dulu serta sudah membuat kelas. 

Jika sudah log in dan telah membuat kelas, maka guru bisa mulai membuat soal untuk evaluasi para muridnya. Setelah murid selesai mengerjakan soalnya, mereka juga bisa melihat hasilnya dengan mudah.

Cara Membuat & Memposting Soal ke Dalam Kelas

Sebagai pengajar, para guru dapat membuat soal dan memposting pertanyaan di dalam aplikasi ini. Setelah pertanyaan terposting, para murid dapat langsung menjawabnya, serta mendapatkan nilainya jika soalnya dalam bentuk pilihan ganda. 

Nah, bagi para guru yang mengalami kesulitan dalam membuat dan memposting soal, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membuat Pertanyaan & Soal

Cara membuat soal di Google Classroom yang pertama adalah dengan membuka aplikasinya terlebih dahulu. Selanjutnya, jika sudah log in, pilihlah kelas yang ingin diberikan tugas tersebut. 

Pada bagian atas kiri layar, guru bisa menemukan pilihan create dan question. Nantinya guru langsung bisa memasukkan pertanyaan serta jawaban dari soal tersebut.

Soal yang sudah dibuat tidak harus langsung diposting, melainkan bisa disimpan sebagai draft terlebih dahulu. Selanjutnya, guru bisa melakukan penjadwalan kapan pertanyaan harus diposting dengan memilih opsi jadwalkan. 

Tentukan tanggal, waktu serta kelas mana saja yang akan mendapatkan soal tersebut lalu pilih save. Nantinya, pada tanggal dan waktu yang telah ditentukan, soal akan langsung terposting pada kelas yang dipilih.

2. Membuat Soal Dengan Jawaban Singkat

Apabila ingin membuat pertanyaan dengan jawaban yang singkat, maka pilihlah opsi yang pertama. 

Dengan opsi ini para siswa dapat menjawabnya di kolom yang telah ditentukan. Disini, para guru bisa menentukan apakah siswa bisa mengubah jawabannya setelah sudah di masukkan. Jika tidak diberikan izin, maka pindahkan tombol ke posisi kiri untuk menonaktifkan fitur tersebut.

Fitur lain yang ada pada jenis jawaban ini adalah melihat jawaban teman. Apabila guru ingin mengizinkan siswa untuk saling berdiskusi, maka aktifkan fitur ini pada pilihan jawaban. Namun, jika tidak diizinkan, maka kembalikan ke posisi nonaktif.

3. Membuat Soal Pilihan Ganda

Para guru juga bisa memberikan soal dalam bentuk pilihan ganda untuk para muridnya. 

Cara membuat soal di Google Classroom dengan pilihan ganda adalah dengan memilih multiple choice untuk jenis jawaban. Nantinya, guru harus memasukkan pilihan jawaban pada kolom opsi yang berada di bawah setiap pertanyaan.

Cara memasukkan jawaban adalah dengan memilih opsi 1. 

Opsi 1 dalam hal ini adalah pilihan jawaban yang pertama. Selanjutnya, masukkan opsi kedua dan seterusnya untuk memberikan pilihan jawaban berikutnya. Tambahkan opsi jawaban sebanyak yang diinginkan. Untuk menghapus pilihan opsi, tinggal klik x yang berada di sampingnya.

Dengan opsi pilihan ganda, guru juga bisa memperlihatkan jawaban yang benar setelah para murid menjawab soal tersebut. Dengan begitu, para murid bisa mengetahui jumlah soal yang salah yang benar. Namun, fitur ini juga bisa dinonaktifkan jika tidak diinginkan.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Activate Windows 10 dengan Aman

4. Memposting ke Kelas atau Siswa Tertentu

Setelah pertanyaan selesai dibuat, para guru bisa memutuskan soal tersebut akan diberikan ke siswa atau kelas tertentu. 

Untuk memberikannya kepada siswa-siswa tertentu, maka pilihlah For serta nama anak-anak yang diinginkan. Namun, jika ingin diberikan kepada seluruh siswa di dalam kelas tersebut, maka pilihlah All students.

Soal yang sudah dibuat juga bisa diposting ke beberapa kelas sekaligus. 

Jika ingin diposting ke satu kelas saja, maka tinggal pilih nama kelas yang diinginkan. Namun, untuk memposting soal tersebut ke beberapa kelas sekaligus, maka centang kelas yang diinginkan. Nantinya, soal akan masuk ke seluruh kelas yang telah dipilih.

5. Memberikan Batasan Waktu

Jika mengikuti pengaturan default, pertanyaan yang dibuat tidak memiliki batasan waktu maupun tanggal. Namun, jika para guru ingin memberikan batasan waktu, maka dapat diatur pada bagian due date yang ada pada bagian bawah kanan layar.

Pilih due date & time klik panah ke bawah. Disini, para guru bisa menentukan batasan jam dan tanggal maksimal para murid harus mengerjakan soal-soal tersebut. Apabila ada murid yang mengerjakan dan menyerahkan soal melebihi batasan jam yang ditentukan, maka akan muncul tanda khusus.

Info Menarik Lainnya : Cara Screen Record di Macbook Mudah Dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara Memberikan & Menunjukkan Nilai

Salah satu kelebihan dari Google Classroom adalah dapat memberikan nilai secara cepat khusus untuk soal dengan jawaban pilihan ganda. Untuk menambahkan fitur ini, guru tinggal memilih grade category dan menambahkannya ke halaman utama. Nantinya, murid bisa melihat langsung jawaban serta nilai dari soal-soal yang dikerjakan.

Guru juga bisa memberikan nilai yang berbeda-beda untuk setiap jenis soal. Namun, perlu diingat bahwa total nilai yang bisa diberikan maksimal adalah 100. Jadi pastikan proporsi nilai dari setiap soal.

Itulah cara membuat soal di Google Classroom yang dapat dilakukan oleh pengajar. Para guru juga bisa menentukan kategori soal tersebut sebagai tugas sekolah, kuis ataupun ujian akhir. 

Selain itu, para murid pun bisa melihat nilainya secara langsung. Jadi, dengan aplikasi Google Classroom para guru tetap bisa melakukan evaluasi terhadap muridnya meskipun dilakukan secara online.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membuat Soal di Google Classroom & Menunjukkan Nilainya"