Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengupload Tugas di Google Classroom untuk Belajar Daring


Semenjak pembelajaran dengan sistem daring diberlakukan tahun lalu, cara pengumpulan PR pun menjadi berbeda. Platform online banyak digunakan salah satunya Google Classroom. 

Oleh karena itulah  cara mengupload tugas di Google Classroom pun makin banyak dicari. Dianggap sebagai salah satu yang paling praktis, pengajar dan murid bisa sama-sama menggunakan.

Fitur-fitur yang ada disana juga sangat menarik. Kemudahan penggunaan bahkan bisa dipahami oleh anak-anak di sekolah dasar. Nah, tertarik menggunakannya? Yuk kenali lebih jauh bagaimana menggunakan serta mengunggah file ke dalam sana.

Berkenalan dengan Google Classroom




Merupakan satu lagi platform berbagi berkas yang umumnya digunakan untuk penyimpanan tugas-tugas, makalah, video pembelajaran, slide presentasi, serta nilai. 

Dengan menggunakan layanan ini, guru, murid, bahkan orang tua akan selalu terhubung. Dukungan yang diberikan dari Google memungkinkan semua orang terlibat dalam proses belajar mengajar.

Integrasi yang baik juga disuguhkan oleh platform ini karena sudah terkoneksi dengan Gmail, calendar, docs, serta suite yang semuanya dari Google. 

Menariknya, para penggunanya secara tidak langsung mendukung gerakan paperless dan go green karena meminimalkan penggunaan kertas. Tugas atau makalah tak lagi harus di print pada banyak kertas.

Selain itu, sistem pembelajaran jarak jauh yang semakin hari makin populer menjadi sangat praktis. Siswa dan pengajar terhubung dari mana pun kapan pun selama sambungan internet kencang. Fitur-fiturnya pun menarik karena tersedia untuk murid, guru, serta orang tua.

Untuk pengajar, bisa mengunggah soal, materi pelajaran, melakukan sesi tanya jawab, serta memberi link pada orang tua murid guna memantau nilai-nilai anak mereka. 

Bagi siswa, fitur yang tersedia juga komplit. Yaitu, tempat berinteraksi dengan guru, mengunggah tugas-tugas, serta melihat perolehan grade dari guru. Semuanya terhubung, bukan?

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Soal di Google Classroom & Menunjukkan Nilainya

Cara Mengupload Tugas di Google Classroom




Sebenarnya, tidak hanya murid saja yang bisa memasukkan berkas baik itu PR, assignment, atau makalah. Guru maupun dosen bisa mengunggah materi ajar, soal-soal, bahkan kesepakatan belajar disana. Nah, biasanya, jika sebagai siswa, ID yang digunakan untuk masuk adalah yang sudah dibuat oleh para guru.

Lalu bagaimana untuk bisa mengunggah tugas-tugas? Berikut ini caranya:

1.  Unggah Tugas dengan Role sebagai Teacher

Seperti sudah disinggung di atas bahwa bukan hanya murid yang dapat menggunakan platform ini melainkan guru juga. Semua materi pembelajaran, tugas, bahkan nilai bisa diunggah kesini untuk nantinya dibagikan ke siswa.

Caranya mudah saja, yaitu seperti di bawah ini:

  • Login menggunakan ID yang sudah dibuat
  • Klik assignment
  • Tuliskan judul tugas/materi serta boleh juga ditambahkan detail pada bagian description. Biasanya akan diisi dengan instruksi bagaimana mengerjakan serta deadline pengumpulan.
  • Tentukan kapan tugas perlu dikumpulkan pada menu due date
  • Pilih lokasi penyimpanan file atau source dari berkas yang akan diupload, disana bakal muncul Drive, Paperclip, YouTube, dan Link.
  • Kemudian atur juga apakah siswa hanya bisa melihat tanpa mengubah, bisa mengedit, serta membuat duplikat. Semuanya ada pada opsi View Only, Edit, dan Make a duplicate for each student
  • Lalu klik post.

Setelah itu, sebuah email notifikasi akan langsung terkirim ke semua siswa. Guru bisa memantau siapa-siapa yang sudah mengerjakan dan belum. Proses monitoring bisa dilakukan dari mana saja dan kapanpun.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengirim File Lewat Gmail Secara Mudah & Praktis

2.  Unggah Tugas Role Sebagai Murid

Biasanya, pengajar akan memberikan link ke kelas yang sudah dibuatnya di Classroom. Siswa cukup mengunduh atau masuk ke web lalu memilih join class. Ketika mendapat assignment, akan ada email masuk yang langsung mengarahkan siswa kesana.

Cara mengupload tugas di Google Classroom pun sangat mudah, cukup klik pada link yang diberikan oleh guru. Setelahnya, murid bakal langsung diarahkan ke laman kelas yang sudah di create sebelumnya oleh para pengajar. Disana, sudah ada tugas yang harus dikerjakan, klik.

Lihatlah ketentuan pengerjaan, apakah langsung pada file yang tadi diupload guru, atau melalui cara lain. Misalnya, dalam bentuk paper/makalah. Jika iya, tambahkan file dengan menekan icon +. Pilih sumber penyimpanan, ambil berkas dari sana, kemudian upload. Selesai.

3.  Upload dari Ponsel

Jangan khawatir jika tidak ada komputer atau laptop di rumah. Platform ini bisa diunduh serta dioperasikan dari smartphone masing-masing. Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja mengunduh aplikasi ini di Playstore atau Appstore. Tak perlu takut membayar karena tersedia versi gratisnya.

Setelah itu, lakukan registrasi akun sebagai siswa kemudian login. Caranya yaitu dengan klik Join Class lalu masukkan kode kelas. Setelah itu pengguna sudah bisa masuk dan mengunggah tugas. Mudah saja langkahnya, karena sama dengan cara nomor 2 tadi. Pengguna dapat langsung memasukkan file dari storage atau drive.

Kelemahan Menggunakan Google Classroom

Disamping kemudahan penggunaannya, ternyata platform ini juga memiliki kekurangan. Yang paling utama adalah ketergantungannya pada sambungan internet. Apabila di rumah atau lokasi upload tak tersambung ke jaringan, jelas dipastikan proses belajar mengajar akan terhambat.

Inilah memang yang menjadi tantangan dari pola ajar sistem daring. Keberadaan internet menjadi vital dan harus dipenuhi. Sayangnya, tak semua daerah di Indonesia bisa mengakses internet karena keterbatasan sarana dan prasarana.

Kemudian, salah satu yang menjadi kelemahan Google Classroom adalah apabila diunduh pada ponsel dengan kapasitas penyimpanan minim, maka harus menggeser aplikasi lain. Artinya, harus ada pengurangan app yang sudah terinstal di ponsel. Jika sudah begini, lebih baik mengakses dari web saja.

Itulah tadi cara mengupload tugas di Google Classroom untuk siswa dan guru. Fitur-fitur menariknya serta kemudahan penggunaannya bisa mendukung sistem pembelajaran jarak jauh yang sekarang masih digunakan apalagi di masa pandemic seperti ini.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengupload Tugas di Google Classroom untuk Belajar Daring"