Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Mengirim File Lewat Gmail Secara Mudah & Praktis

Cara Mengirim File Lewat Gmail - Google mail alias Gmail adalah layanan surel (surat elektronik) milik mesin pencari terbesar tersebut. Di zaman modern sekarang ini bisa dikatakan hampir semua orang telah memiliki alamat email. Termasuk pengguna email tersebut adalah para siswa, guru, dosen, mahasiswa, pekerja kantoran, dll. 

Bagi mereka alamat email adalah salah satu hal wajib yang harus dimiliki.

Apa sebab?

Ya logikanya mustahil mereka tidak punya alamat email, sedangkan untuk mengaktifkan gadget seperti smartphone aja pasti pake email. Iya 'kan? Hehe 😀   

Belum lagi jika mereka bikin media sosial, jelas sudah pasti membutuhkan email. Oleh karena itulah saya berani menyatakan, bahwa email sudah tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat modern saat ini.


Gmail juga sangat diperlukan untuk mengirim file tertentu kepada orang lain. Sebenarnya banyak media lain yang bisa digunakan untuk berkirim pesan dan file, contohnya Hotmail dan Yahoo. Namun keberadaan Gmail tetap tidak tergantikan. Bahkan saat ini Gmail sudah tidak tertandingi lagi oleh yang lainnya. 

Jadi jangan heran kalau saat ini hampir semua orang telah memiliki akun gmail.

Timbul pertanyaan: "Kenapa Gmail tetap menjadi primadona?"

Banyak faktor yang membuat Gmail tetap banyak digunakan orang. Salah satu penyebab utamanya karena nama besar si mbah Google itu sendiri. Siapa sih orang yang gak kenal sama si mbah serba tau yang satu ini? 😁

Selain itu, Gmail juga punya kelebihan lain, yakni mampu mengirim file dalam jumlah banyak sekaligus (file-nya berukuran besar). Hal ini memang memungkinkan bagi Google, karena raksasa mesin pencari tersebut dikenal memiliki kapasitas penyimpanan yang besar.

Email adalah singkatan dari elektronik mail, yaitu pesan atau surat yang memiliki format digital. 

Beda banget dengan zaman dulu, dimana hampir semua informasi penting mesti disampaikan lewat kantor pos (surat menyurat, faksimile, dan telegram). Namun kini semuanya telah berubah. Sejak adanya email, maka seluruh aktivitas pengiriman dokumen menjadi jauh lebih mudah. 

Bahkan saat ini email seolah telah menjadi kebutuhan dan juga identitas. Karena bisa digunakan sebagai penunjang dalam banyak urusan penting. Salah satunya contohnya yaitu untuk keperluan saat melamar pekerjaan. 

Biasanya kalau orang melamar kerja perlu menyimpan berbagai kelengkapan dokumen. Dan dokumen tersebut pada umumnya disimpan dalam format yang beragam, misal Rar, Zip, Pdf, dsb. Nah untuk menyimpan dan mengirim setiap dokumen tersebut akan diperlukan sebuah alamat email.

Bila ada diantara kamu yang baru membuat dan menggunakan Gmail, maka biasanya kamu akan merasa sedikit bingung dalam menggunakannya. Terutama jika kamu ingin mengirim banyak file sekaligus. Sebenarnya itu adalah hal yang wajar. Namanya juga baru bikin email, tentu gak akan langsung tau caranya. 

Iya 'kan? 😉

Nah untuk membantu kamu semua, maka di artikel ini saya ulas lengkap tentang cara mengirim file lewat Gmail. 

Simak penjelasannya sampai tuntas yuk!

 

Cara Mengirim File Lewat Gmail Secara Mudah & Praktis
Ilustrasi. Foto by : Nafrizal (Youtube).

Cara Mengirim File Lewat Gmail di Perangkat Komputer & Laptop.

Cara mengirim file lewat Gmail yang pertama adalah dengan menggunakan komputer atau laptop. 

Oh iya, sebelum mengirimkan email, maka pastikan terlebih dulu kamu sudah mempunyai akun Gmail ya. Jika belum punya akun, maka kamu bisa membuat akun Gmail dengan melihat tutorialnya yang banyak sekali tersedia di Google.  

Setelah kamu selesai membuat akun, mari lanjut disimak penjelasan berikut! 

Langkah pertama, silahkan masuk ke akun Gmail milikmu di https://www.gmail.com

Jika sudah berhasil login, silahkan kamu lihat ke bagian samping sebelah kiri atas, cari tombol Compose, kemudian klik. Nanti akan ditampilkan jendela berukuran kecil (tepat di bagian sebelah kanan bawah browser yang kamu gunakan). 

Pada kolom To, silahkan kamu isi alamat email tujuan (yang akan kamu kirimkan pesan). Di sana kamu juga bisa memanfaatkan tombol Cc dan juga Bcc (jika ingin menambahkan penerima yang lain).  

Pada kolom Subjek silahkan kamu isi judul email yang akan kamu kirim, contoh: ‘Surat lamaran kerja’. Di bagian bawah kolom Subjek itu kan ada kolom yang ukurannya cukup besar, dibagian itulah kamu bisa menulis perihal apapun. Misalnya kamu sedang mengirimkan lamaran pekerjaan, maka isilah kalimat lamaran sebagaimana mestinya di kolom tersebut. 

Info Menarik Lainnya : Cara Mengetahui Nomor Indihome Secara Mudah, Simak Yuk!

Ketika mengirim lamaran pekerjaan, maka biasanya ada lampiran filenya. Lalu bagaimana cara mengirim file tersebut lewat Gmail? 

Coba kamu perhatikan kembali kolom yang berukuran cukup besar tadi. Nah tepat di bagian bawah kolom itu akan kamu temukan beberapa ikon. 

Nanti semua ikon tersebut bisa kamu gunakan fungsinya untuk disisipkan ke dalam email. Seperti ikon untuk mengedit teks, mengirimkan link lampiran, emoji, file, gift, dan sebagainya. Kamu bebas memilih ikon mana yang akan diperlukan, sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Jika ingin mengirim lampiran berupa file, maka kamu bisa mengklik ikon Attach File atau Lampiran. Ketika ikon itu di klik, nanti kamu akan diarahkan ke folder file kamu. Kamu tinggal cari saja file mana yang ingin kamu kirim. Jika sudah, maka langsung klik Open. Tak lama kemudian, lampiran kamu pun selesai diunggah oleh Gmail. Lalu klik Send atau Kirim. Selesai deh.

Setelah mengirim pesan tersebut, biasanya kamu akan mendapatkan notifikasi. Lokasinya tepat di bagian sebelah tengah atas. Isi notifikasi tersebut mengenai pesan kamu yang sudah berhasil terkirim. 

Jika alamat email yang kamu kirim ternyata salah (misal karena emailnya salah ketik), maka pemberitahuan gagal terkirim biasanya agak lama (pada umumnya bisa lebih dari lima menit). Dan jika ternyata gagal, maka periksa kembali alamat email tujuan kamu. Perbaiki kalau ada kesalahan, kemudian kirim lagi dengan cara yang sama.

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak Nomor Telepon Penipuan, Kita Ulas Tuntas Yuk!

Cara Mengirim File Lewat Gmail di Smartphone.

Yup! Kamu bisa mengirim file dengan memanfaatkan ponsel pintar kamu. Dalam mengirim file lewat Gmail ini kamu bisa melakukannya dengan dua cara. Pertama yaitu dengan menggunakan web resmi. Sementara cara yang kedua dengan menggunakan aplikasi Gmail yang sudah terinstal di ponsel kamu. 

Banyak orang bilang cara yang paling mudah katanya sih dengan menggunakan aplikasi saja. 

Yuk ikuti caranya berikut ini.

Buka aplikasinya dan pastikan kamu sudah login ke akun Gmail. (Tapi biasanya sih akun Gmail di ponsel selalu dalam keadaan login). 

Selanjutnya langsung klik ikon berbentuk (+) yang ada di bagian pojok sebelah kanan bawah.
Lalu masukkan saja alamat email yang akan kamu tuju. Kamu bisa memasukkannya di bagian kolom To atau Kepada

Pada kolom Subjek, isilah judul email yang akan kamu kirim. Misalnya: Surat pengunduran diri, atau yang lainnya. 

Nanti perhatikan pada bagian atas, disana kan ada dua ikon, yang satu untuk memasukkan lampiran, dan ikon satunya lagi untuk mengirim.  Klik ikon Lampiran, lalu masukkan file yang ingin kamu kirim. 

Bila semuanya sudah dilakukan, maka tinggal di kirim saja. Selesai deh. 

Bagaimana menurutmu? Caranya gampang banget 'kan? 

Info Menarik Lainnya : Cara Cek KTP Elektronik Terlengkap ini Perlu Kamu Tahu

Demikianlah informasi tentang cara mengirim file lewat Gmail. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Mengirim File Lewat Gmail Secara Mudah & Praktis "