Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jualan di Facebook Ads Biar Untung Besar


Cara Jualan di Facebook Ads - Sebagai platform media sosial, Facebook tidak hanya difungsikan untuk terhubung dengan teman-teman dekat. Tapi juga menghubungkan penjual dan pembeli sehingga bisa meningkatkan income. 

Langkah praktis yang terbukti efektif yaitu dengan cara jualan di Facebook Ads dan membayar anggaran tertentu. Fitur tersebut sudah dicoba beberapa penjual dan memberikan manfaat bagi bisnisnya. 

Facebook Ads memang termasuk dalam fitur berbayar di FB yang bekerja dengan cara menampilkan iklan yang diatur pengguna. Bagi orang-orang yang bergerak dalam bidang usaha, keberadaannya sangat membantu karena lebih mudah menyampaikan informasi produk kepada target. Karena itulah, di sini akan diterangkan secara lengkap cara menggunakannya untuk berjualan. 

Cara Berjualan Lewat Facebook Ads

Jika ingin mengakses Facebook Ads, pengguna harus memakai aplikasi original FB atau desktop. Selain itu, sebelumnya sudah disiapkan Facebook fanpage yang biasa dipakai untuk berjualan. Dalam penjelasan cara jualan di Facebook Ads ini, nantinya penjual menghubungkannya dengan fanpage agar semakin dikenal customer. 

Berikut penjelasannya:

1. Membuat Kampanye Baru

Langkah awal yang harus dilakukan jika ingin mencoba berjualan secara efektif memakai Facebook Ads yaitu masuk ke Pusat Iklan dulu. Fiturnya terletak pada deretan menu di bawah profil. Bisa juga dengan membukanya dari beranda, lalu memilih Pengelola Iklan. Seller akan dibawa ke halaman tempat mengelola kampanye iklan.

Dalam Facebook Ads penjual perlu melakukan beberapa pengaturan terlebih dahulu sehingga produk yang dijual lewat fanpage bisa ditampilkan. Pada halaman muka Facebook Ads, ada berbagai tab yang menunjukkan kegunaan tertentu. Jika ingin berjualan produk, paling awal harus masuk ke bagian Kampanye

Langkah selanjutnya yaitu:

  • Ketuk tombol +Buat berlatar belakang hijau di sisi kiri layar.
  • Jika diberikan dua pilihan, klik opsi Pembuatan Iklan Terpadu.

2. Memastikan Tujuan

Pada langkah kedua dari cara jualan di Facebook Ads adalah menentukan tujuan diterbitkannya fanpage guna menunjang penjualan. Inilah keistimewaan yang dimiliki fitur dari Facebook tersebut. Penjual bebas mengatur dan mengelolanya sendiri. Ada tiga kategori di dalamnya, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, serta Konversi. Dan masing-masing memiliki pembagian fungsi berbeda. 

Tapi karena tujuan awalnya ingin melakukan penjualan dengan menyebarkan postingan di fanpage, maka memilih Interaksi di bagian Pertimbangan. Kemudian proses selanjutnya yaitu menentukan jenis interaksi yang dikehendaki, misal suka halaman. Penjual juga dapat memilih interaksi suka dan komentar. Karena dengan begitu, proses penjualan produk lebih maksimal karena kunjungan fanpage meningkat.

3. Menentukan Budget

Setelah menetapkan tujuan, sekarang saatnya menentukan besar anggaran selama penggunaan Facebook Ads. Jadi, layanan pengiklanan ini berbayar. Intensitas dan masa penayangan postingan dari fanpage yang dihubungkan tergantung pada budget yang dikeluarkan.

Sebelum ke bagian penentuan anggaran, ada beberapa pengaturan yang perlu diisi. 

Ikuti panduan berikut:

  • Tulis nama kampanye, misal Iklan Fanpage BAG video. BAG merupakan singkatan dari nama fanpage, Bisnis Ayam Goreng, sedang video adalah jenis kontennya.
  • Salin nama tersebut untuk pengaturan selanjutnya. 
  • Gulir layar ke bawah dan aktifkan menu Pengoptimalan Anggaran Kampanye dengan menggeser toggle ke kanan. 
  • Tentukan jenis anggaran, yakni anggaran harian atau anggaran sepanjang promosi.
  • Tulis budget yang sudah disiapkan. 

4. Menentukan Jadwal dan Target

Tahapan inilah yang tidak kalah penting. Karena penjual harus menentukan pengguna Facebook yang akan menjadi target penjualannya. Selain itu, jadwal penayangan fanpage untuk jualan juga ditentukan. Termasuk hari dan waktu dimulai hingga masa berakhirnya iklan sesuai anggaran.

Ada beberapa kolom yang perlu diisi penjual untuk pengaturan ini. 

Berikut panduannya:
  • Paste-kan nama kampanye yang disalin di pengaturan sebelumnya. 
  • Pada kolom di bawahnya, cari fanpage jualan yang hendak ditambahkan, yakni Bisnis Ayam Goreng
  • Gulir layar dan temukan pengaturan jadwal penayangan.
  • Selanjutnya tentukan jadwal mulai dan selesai penayangan iklan sesuai anggaran yang disiapkan. 
  • Pilih menu Buat Pemirsa Baru untuk menentukan audien yang menjadi target jualan. Penentuan dilakukan dengan melihat faktor lokasi, rentang usia, jenis kelamin, dan pengaturan terperinci seperti profesi.
  • Pilih metode penempatan iklan Otomatis.

5. Membuat Konten

Sebenarnya pada pengaturan ini semua kolom sudah diisi sesuai dengan postingan jualan yang ada di fanpage. Hanya saja, untuk menarik pelanggan, lebih baik menghadirkan konten lain yang mendukung pemasaran. 

Pada halaman ini, ikuti saja langkah-langkah berikut:

  • Paste nama kampanye di kolom paling atas.
  • Lalu pilih halaman jualan yang hendak dipromosikan. 
  • Pada bagian media, sebaiknya hapus. Kemudian tambahkan materi video yang sudah disiapkan. Sehingga nantinya iklan bukan lagi berupa gambar seperti di fanpage. 
  • Untuk kolom Teks Utama, penjual bisa mengedit atau membiarkannya sesuai pada fanpage. 
  • Tunggulah video konten diunggah.
  • Terakhir, klik Terbitkan dan tunggu iklan ditinjau oleh Facebook agar bisa aktif.

6. Membayar Facebook Ads

Agar iklan fanpage jualan ditayangkan, maka harus melakukan pembayaran. Pengguna dapat melakukan top-up ke Facebook Ads dan otomatis akan dikurangi saldonya. Cara membayar lainnya yaitu menggunakan kartu kredit dan debit, serta platform pembayaran seperti Doku.

Info Menarik Lainnya : Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook? Yuk Simak Panduan Lengkapnya

Kelebihan Facebook Ads

Sebenarnya apa kelebihan yang dimiliki Facebook Ads sampai-sampai para penjual rela membayar untuk berjualan di sana? Alasan pertama tentu Facebook mampu menghadirkan peluang yang besar karena jumlah penggunanya banyak. Selain itu, demografi yang beragam membuat target pasar lebih luas.

Facebook Ads menyediakan menu untuk menentukan target jualan, yang mana tidak ditemukan di platform lain. Kelebihan berikutnya, fitur remarketing membuat iklan bisa tampil di website atau aplikasi mitra FB. Dan yang pasti, biaya di Facebook Ads sangat murah, mulai dari Rp10.000.

Demikian panduan lengkapnya mengenai cara jualan di Facebook Ads yang bisa dimaksimalkan oleh para seller. Jika ingin produk laku keras dan memiliki target pasar terarah, tidak ada salahnya mencoba berjualan di sana. Meskipun harus menyediakan anggaran, tapi dampak bagi product buying cukup signifikan.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Jualan di Facebook Ads Biar Untung Besar"