Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Cara Mencari Supplier Dropship Terpercaya & Tipsnya

5 Cara Mencari Supplier Dropship Terpercaya dan Tipsnya


Cara Mencari Supplier Dropship - Banyak orang yang memulai bisnis dengan menjadi dropshipper. Alasannya karena mereka tidak perlu menyiapkan modal sendiri. Mereka juga tidak perlu menyewa gudang penyimpanan barang. 

Memang itulah enaknya jadi dropshipper. Jadi bila Anda menjadi seorang dropshipper, maka Anda tidak usah capek-capek merintis usaha dari awal. Tugas Anda hanya memasarkan produk milik orang lain, dan mendapatkan keuntungan dari usaha (jasa) Anda tersebut.

Meski begitu, kemudahan tersebut harus diiringi dengan pengetahuan tentang cara mencari supplier dropship terpercaya. 

Bagaimana caranya? 

Mari simak selengkapnya!

Peran dari pelaksana kegiatan ini hanya sebagai pihak ketiga, yakni perantara pembeli dengan penjual barang sebenarnya.

Jika sudah lama menjadi dropshipper, biasanya tidak akan bingung lagi dalam mencari pemasok. Tapi bagi Anda yang masih pemula, maka untuk menemukan pemasok yang tepat untuk diajak kerja sama, itu akan menjadi tantangan tersendiri. 

Apabila Anda salah dalam menentukan mitra, resikonya kerjasama itu akan sulit bahkan gagal berkembang. Agar supaya tidak menderita kerugian, yuk simak terus penjelasan di bawah ini.

Cara Mencari Supplier Dropship Terpercaya

Meskipun tergolong sulit bagi pemula, namun sebenarnya ada banyak cara bagi seorang dropshipper pendatang baru untuk mendapatkan pemasok terpercaya. 

Disarankan untuk mencari supplier dari pihak tangan pertama, tujuannya agar selisih harga yang diperoleh tidak terlalu jauh. Sehingga barang yang ditawarkan kepada pembeli lebih murah, namun kualitas terjamin. 

Ada 5 cara mencari supplier dropship, yaitu:

1. Mengunjungi Sentra Industri Dan Bazar


5 Cara Mencari Supplier Dropship Terpercaya dan Tipsnya

Supplier akan lebih mudah ditemukan jika langsung berkunjung ke pusatnya. 

Anda tidak hanya bisa melihat sendiri kegiatan produksi barang, tapi ada keuntungan lain yang akan diperoleh. 

Apa saja keuntungannya?

Sebagai dropshipper, Anda jadi bisa menentukan jenis produk yang berkualitas untuk ditawarkan kepada konsumen. Bahkan cara ini dapat membuat Anda jadi lebih akrab dengan pemasok, sehingga berpeluang mendapatkan harga yang lebih murah.

Selain berkunjung ke sentra industri, cara lainnya yaitu dengan mendatangi bazar bisnis. 

Dalam event tersebut pasti banyak peserta yang menawarkan produk. Jadi Anda bisa mengenal kualitas barang lebih jauh langsung dari pemasoknya. 

Cara ini juga mendatangkan manfaat karena dapat memperluas relasi. Jika ada harga barang yang sesuai, maka Anda dapat membuat kesepakatan dan melakukan kerja sama.

2. Mengikuti Forum dan Komunitas Bisnis


5 Cara Mencari Supplier Dropship Terpercaya dan Tipsnya

Ketika memutuskan untuk memulai bisnis, mau tidak mau Anda harus mendalami dunia tersebut. 

Khususnya bagi seorang dropshipper yang memerlukan pemasok untuk barangnya. Apalagi mencari supplier yang tepat bukanlah aktivitas yang mudah. Kesalahan memilih supplier dapat membuat konsumen tidak puas dengan produk yang ditawarkan. 

Kendala lainnya adalah; tidak semua supplier yang mau bersedia kerja sama dengan sistem penjualan jenis dropship.

Lalu apa solusinya?

Bergabung ke sebuah forum maupun komunitas dapat menjadi jalan untuk menambah relasi dengan para supplier. Anda tidak perlu harus bepergian ke suatu tempat, karena sekarang ini sudah dapat dilakukan secara online. 

Contoh forum yang menyediakan informasi terkait bisnis, supplier, dan jenis produk adalah Bersosial.com dan Kaskus. Anda bisa juga menemukan pemasok dari komunitas berbasis WhatsApp.

3. Mencari di Website Resmi


5 Cara Mencari Supplier Dropship Terpercaya dan Tipsnya

Terlalu repot memang jika mencari supplier dengan mengunjungi langsung tempatnya. Selain karena kendala jarak, belum tentu ada waktu tempuh yang cukup untuk sampai ke lokasinya. 

Karena itulah, maka cara ketiga ini dapat dicoba. Pemasok untuk bisnis dropship bisa ditemukan dengan mengecek website resmi miliknya. Dijamin akan lebih mudah dan menghemat waktu.

Melalui situs resminya, dropshipper bisa melihat langsung detail produk dan kebijakan harganya. Proses kerja sama juga lebih mudah dimulai karena biasanya tertera kontak yang dapat dihubungi. 

Jika Anda belum tahu target supplier yang akan diajak kerja sama, yuk lihat rekomendasinya di beberapa situs berikut:

  • Win Market.
  • Dusdusan.com.
  • Tanah Abang Market.
  • Supplier.id.
  • Dropshipaja.com.
  • Bandros.co.id.
  • Hazastore.
  • Cakning.

4. Melakukan Kerja Sama Lewat Marketplace


5 Cara Mencari Supplier Dropship Terpercaya dan Tipsnya

Mencari supplier dropship secara online juga dapat dilakukan di berbagai marketplace ternama. Ini menjadi langkah yang menguntungkan, karena di dalamnya merupakan tempat berkumpulnya para distributor, reseller, serta dropshipper. Jadi sudah pasti segala jenis barang ada disana.

Melalui marketplace tersebut, Anda bisa melakukan perbandingan harga satu per satu. Meskipun memerlukan waktu lama, tapi Anda akan berpeluang mendapatkan harga paling murah. 

E-commerce seperti Shopee dan Lazada memberikan kemudahan bagi para dropshipper untuk mencari supplier terpercaya. Beberapa pemasok yang mungkin bisa diajak kerja sama yaitu:

  • S-Mart by Shopee.
  • HD Official Shop.
  • Najwa Fashion Muslim.
  • Redtomatoes.
  • Kara.id.
  • Belia Cosmetic.

5. Membandingkan Harga di Sebuah Situs


5 Cara Mencari Supplier Dropship Terpercaya dan Tipsnya

Cara mencari supplier dropship yang terakhir ini mungkin bisa dijadikan opsi praktis dan mudah. Dropshipper dapat melakukan perbandingan harga terlebih dahulu untuk menemukan pemasok.

Cara membandingkan harganya sangat mudah. Cukup memilih salah satu situs, lalu memasukkan jenis barang dan namanya. Selanjutnya bisa melihat daftar harga yang diambil langsung dari brand resminya. 

Dropshipper dapat menggunakan beberapa situs berikut:

  • Priceprice.com.
  • Telunjuk.com.
  • Pricebook.com.
  • Priceza.co.id.
  • Pricearea.com.

Tips Mencari Supplier Terpercaya

Menjadi dropshipper memang mudah karena tidak perlu modal, bekalnya hanya smartphone dan kuota internet. Tapi dari cara-cara yang sudah dijelaskan, mencari pemasok terpercaya harus menggunakan tips khusus. 

Berikut penjelasannya:

1. Memastikan Kualitas Produk

Tips pertama adalah memastikan dulu jika barang yang akan ditawarkan memang berkualitas. Jangan sampai konsumen mengajukan komplain karena produk yang cacat misalnya, padahal dropshipper bukanlah penyedianya. 

Jadi sebelum menawarkan, sebaiknya Anda cek kualitasnya terlebih dulu. Kalau ternyata oke, maka Anda bisa mengajak supplier tersebut untuk bekerja sama.

2. Mencari yang Berpengalaman

Supplier terpercaya dapat dilihat dari pengalamannya melayani pelanggan. Biasanya dibuktikan dengan jarang ada komplain dan punya testimoni yang bagus. 

Selain itu, kecepatan waktu kirim bisa menjadi salah satu parameter. Meskipun tidak memiliki kuasa pengiriman, dropshipper harus memastikan supplier-nya bekerja baik.

3. Memastikan Kebijakan Supplier

Sebelum memutuskan kerja sama, penting untuk memastikan kebijakan supplier. Diantaranya yaitu terkait cara pembayaran dan layanan pengembalian barang. Dropshipper harus memastikan kalau pemasoknya mau mengganti barang yang dikembalikan konsumen (misal karena mengalami kerusakan).

Demikian penjelasan terkait cara mencari supplier dropship secara online maupun offline. 

Menjadi dropshipper memang dapat mendatangkan keuntungan dan kemudahan. Tapi bekerja sama dengan pemasok terpercaya merupakan tantangan paling utamanya. Agar konsumen tidak kecewa dengan produk yang diterima, sebaiknya menerapkan tips yang telah diterangkan.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Cara Mencari Supplier Dropship Terpercaya & Tipsnya"