Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Slogan dan Deskripsi Toko Online yang Bagus Untuk Meningkatkan Penjualan


Slogan dan Deskripsi Toko Online - Mengapa slogan dan deskripsi toko online perlu ditampilkan pada bagian muka profil? Karena mayoritas pembeli akan melihat kredibilitas toko sebelum memutuskan untuk membuat pesanan. 

Alasan itulah yang mendasari seorang seller tidak bisa mengabaikan pembuatan deskripsi juga slogan. Perlu trik dan cara khusus agar informasi yang diberikan dapat mempengaruhi minat customer. 

Toko-toko besar pun memiliki slogan yang melekat di ingatan konsumennya. Hanya dengan mendengar sekilas, langsung tahu bahwa pemilik dari slogan tersebut adalah toko AB. 

Sama pula peran yang diberikan oleh deskripsi toko. Jika seller memberikan deskripsi yang interaktif dan susunan kalimatnya bagus, pembeli merasa tertarik. 

Lalu Seperti Apa Sih Slogan dan Deskripsi Toko Online yang Bagus itu?

Sebagai panduan, baca penjelasan berikut. 

Tips Membuat Slogan dan Deskripsi yang Bagus

Deskripsi toko online itu tidak serupa dengan keterangan yang ditampilkan di penjelasan produk. Karena yang ditulis hanyalah poin-poin penting, tapi memberikan informasi yang jelas. Biasanya yang dicantumkan oleh seller adalah produk yang dijual, alamat toko, dan jam operasional. Sedangkan kalau slogan harus dibuat semenarik mungkin agar mudah diingat. 

Inilah cara membuatnya:

1. Menyesuaikan dengan Target Pasar

Tips pertama jika ingin membuat deskripsi toko online dan slogan yang “ngena” bagi pelanggan adalah melihat targetnya terlebih dahulu. 

Mengapa demikian? Karena ini akan mempengaruhi pilihan kata yang akan dipadukan. Gaya bahasa dalam penyampaian slogan dan deskripsi juga tergantung market yang ditargetkan.

Misalkan menjual produk berupa pakaian dan perlengkapan bayi. Maka penggunaan bahasanya harus lebih formal, minimal semi formal karena yang disasar adalah ibu-ibu muda. Sedangkan dalam hal panggilan bisa menggunakan kata moms, mommy, atau bunda. Jika targetnya kawula muda, bahasanya lebih santai dan sesekali memakai kosakata slang yang sedang tren.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Kata Kata Promosi Make Up di IG

2. Merangkum Keseluruhan Produk 

Jika ingin memiliki slogan yang berbobot, seller harus menyusunnya dengan baik dan mewakili keseluruhan produk yang tengah dijual. Slogan yang dibuat mewakili dalam hal nama, kualitas, maupun penggunaan. Jadi, customer yang mendengarnya bisa terdistraksi dan keingintahuannya meningkat untuk menelusuri toko online lebih jauh.

Begitu pula saat penulisan deskripsi toko online di halaman utama profil. Tidak perlu menggunakan kalimat bertele-tele dan terlalu hiperbola. Lebih baik, menyampaikan informasi secara singkat, namun mencakup keseluruhan. Misalkan menjelaskan produk dan jenisnya, visi misi, serta layanan.

3. Menggunakan Teknik SEO

Bukan hanya dalam artikel untuk website,  saat pembuatan slogan dan deskripsi toko online juga perlu menggunakan teknik SEO. Mengapa demikian? Karena dari slogan nantinya, pengguna internet bisa menelusurinya di google dan menemukan toko pemilik slogan tersebut. Jadi ini penting untuk meningkatkan kunjungan online shop dan menaikkan penjualan. 

Sedangkan untuk deskripsi, teknik SEO diterapkan dengan mendapatkan kata kunci yang sesuai toko. Misalkan toko online yang dibuat menawarkan produk berupa sepatu. Maka keyword-nya tidak jauh-jauh dari seputar sepatu, seperti sepatu kekinian, sepatu modis, atau lainnya. Sama seperti sebelumnya, ini berperan saat penelusuran di mesin pencari oleh customer.

4. Memudahkan Customer Memahaminya

Tips keempat agar toko online cepat dikenal  oleh customer adalah memiliki keunikan dalam menyampaikan deskripsi dan membuat slogan. Unik di sini bukanlah menggunakan kalimat yang terlalu banyak majas atau sering memasukkan kosakata slang. Tapi yang dimaksud unik yaitu memiliki cara penyampaian yang berbeda dan mudah dipahami customer.

Slogan dibuat agar orang yang pertama kali mendengarnya langsung hafal, bahkan diulang-ulang. Karena itulah, setiap kata dipilih dengan tepat dan pastikan tidak menyontek slogan yang sudah digunakan toko lain. Selain itu, saat menulis informasi deskripsi jangan terlalu panjang. Bisa-bisa pembeli malah bingung dan tidak paham dengan apa yang diharapkan penjual.

5. Menonjolkan Kualitas Toko

Apa tujuan slogan dan deskripsi dibuat? Tentu yang paling utama adalah mempengaruhi minat customer. Salah satu tips yang paling jitu yaitu menuturkan kualitas toko, baik dalam pelayanan atau produk yang ditawarkan. Sangat perlu penggunaan kata-kata persuasif untuk memaksimalkan tujuan seller tersebut. 

6. Menggunakan Bahasa yang Interaktif 

Pembuatan slogan dan deskripsi toko online harus memperhatikan tips yang terakhir ini. Bukan hanya persuasif, bahasa yang dipakai menyampaikannya juga dibuat interaktif. Sehingga seakan-akan antara penjual dengan pembeli bertemu langsung dan bertransaksi secara tatap muka. Trik lainnya yaitu memberikan solusi berupa produk yang dapat menyelesaikan permasalahan konsumen.

Contoh Deskripsi Toko Online 

Sudah membaca trik di atas, tapi masih bingung bagaimana deskripsi toko online yang menarik pembeli? Jangan risau. Berikut diberikan tiga contoh deskripsi yang diambil dari online shop yang ada di beberapa marketplace:

Ailin Kosmetik: Selamat datang di Ailin Kosmetik. Menjual 100% make up original dari brand ternama. Produk BPOM langsung dari perusahaan brand.

Tone: Tone Official Shop adalah akun resmi dari Tone yang merupakan sebuah brand kecantikan dan kesehatan yang mengutamakan kualitas.

Heyho Group: Heyho adalah brand fashion asli dari Indonesia. Memiliki kualitas pakaian terbaik dan desain menarik untuk dipakai sehari-hari.

Contoh Slogan Toko Online

Penjelasan selanjutnya akan memberikan contoh slogan toko online ternama. Seller bisa menjadikannya ide awal dan memodifikasinya sesuai identitas toko. 

Berikut contohnya:

  • Big Choice Big Deals (Bukalapak).
  • Online Shopping Indonesia (Belowcepek).
  • Fashion Is Just Click Away (Berrybenka).
  • The IT Webstore of Indonesia (Belanja Komputer).
  • Asisten Belanja Pria.

Demikian trik pembuatan slogan dan deskripsi toko online untuk meningkatkan penjualan. Para seller harus memaksimalkan keduanya dengan menyusun kalimat yang bagus dan variatif. 

Jika tidak ada ide sama sekali, dapat mencari contoh dari beberapa online shop, lalu memodifikasinya. Setelah itu, tulis slogan menjadi satu dengan deskripsi di halaman utama profil.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Slogan dan Deskripsi Toko Online yang Bagus Untuk Meningkatkan Penjualan"