Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghubungkan Instagram ke FB Untuk Menarik Banyak Audiens



Cara Menghubungkan Instagram ke FB - Instagram dan Facebook merupakan dua platform media sosial yang berada dalam satu naungan. Karena itulah, user-nya bisa mencoba cara menghubungkan Instagram ke FB untuk meningkatkan like dan kunjungan. Dan pastinya ini sangat berguna jika menggunakan IG sebagai media digital marketing.

Menautkan akun Facebook ke dalam Instagram mendatangkan banyak keuntungan. Postingan yang diunggah di IG nantinya dapat dilihat oleh teman-teman di FB. Itu artinya, semakin banyak viewers, meningkat pula jumlah suka dan komentar.

Tapi ternyata masih banyak user IG yang belum paham bagaimana cara menautkan akun Facebook-nya. 

Lalu Gimana Sih Cara Menghubungkan Instagram ke FB Agar Bisa Menarik Banyak Audiens?

Tenang,,, gak usah bingung,,,

Sebagai solusinya, di bawah ini akan diberi penjelasan rincinya. Selain itu, diterangkan pula manfaat yang akan diperoleh jika menghubungkan IG ke FB.

Cara Menautkan Akun Instagram dan Facebook

Ada dua macam cara menghubungkan Instagram ke FB yang dapat dicoba pengguna. Pertama yaitu secara manual lewat postingan dan Instagram Story. Kemudian ada pula cara otomatis yang dilakukan melalui Pengaturan Instagram. 

Berikut penjelasannya:

1. Cara Manual (Lewat Postingan dan Instagram Story)



Pada penjelasan yang pertama, user IG dapat menghubungkan akunnya ke Facebook secara manual saat membuat postingan dan story. Nantinya setelah dihubungkan, foto atau video yang diunggah dapat dilihat pula oleh teman-teman di Facebook. 

Langkah menautkan lewat postingan yaitu:

  • Buka profil dengan menekan ikon display picture di pojok kiri bawah. 
  • Tekan logo plus (+) di menu atas untuk membuat postingan baru.
  • Kemudian tekan opsi Postingan.
  • Tandai foto atau video yang hendak diunggah ke feed Instagram. 
  • Jika sudah, klik centang yang ada di atas untuk menyetujui.
  • Pada pengaturan postingan, lihat opsi Facebook dan geser toggle-nya agar dapat menghubungkan. 
  • Tulis email/nomor telepon berikut kata sandi Facebook jika sebelumnya tidak pernah login lewat Instagram.
  • Lalu klik tombol Izinkan Sekarang.
  • Jika berhasil, akan ada nama akun di bawah opsi Facebook. Pengguna juga bisa menghapusnya sewaktu-waktu dengan menggeser toggle-nya ke kiri.
  • Cara tersebut hanya untuk menghubungkan IG ke FB lewat postingan saja. Jika membuat Instagram story, masih belum terlihat di cerita Facebook. Jadi perlu dihubungkan terpisah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Buat cerita apa pun untuk dibagikan sebagai IGS.
  • Klik tombol panah ke kanan untuk membagikannya.
  • Kemudian pilih opsi Bagikan ke Facebook dan login seperti sebelumnya. 
  • Pengguna juga bisa menghubungkan langsung saat cerita sudah dikirim, yaitu dengan menekan ikon FB di bawah story.

2. Cara Otomatis (Lewat Pengaturan)



Cara menghubungkan Instagram ke FB berikutnya ini melalui menu Pengaturan dalam aplikasi. Nantinya, pengguna IG bisa melakukan setting sendiri dan menentukan story atau feed saja yang tersambung. Tidak perlu menggeser toggle manual, postingan otomatis terbagikan ke Facebook.

Langkah-langkah dari cara ini yaitu:

  • Buka profil Instagram dengan meng-klik ikon foto di bawah. 
  • Lalu klik ikon hamburger (garis tiga) yang ada di bar atas. 
  • Pilih menu Pengaturan yang ditandai logo gear.
  • Klik lagi opsi Akun yang memiliki ikon orang.
  • Setelah itu, klik pilihan Berbagi ke Aplikasi Lainnya pada menu yang ditampilkan. 
  • Untuk menghubungkan ke FB, pilih opsi Facebook di bagian atas.
  • Lakukan login ke Facebook dengan memasukkan email dan password. Jika sebelumnya login ke Instagram lewat FB, tinggal memilih akunnya saja.
  • Setelah tersambung, akan ada tanda berupa centang dan nama akun di samping menu Facebook. Pengguna juga bisa menyambungkan Instagram ke platform lain, seperti Whatsapp, Tumblr, Twitter, Ameba, dan OK.ru.
  • Pada menu Bagikan Ke yang ada dalam dasbor Berbagi Lintas Profil, pilih tujuan akun untuk ditautkan, bisa profil atau halaman Facebook. 
  • Lalu pada menu Dibagikan Otomatis, pilih jenis postingan yang ingin dibagikan ulang dalam Facebook. Jika memilih cerita Instagram dan feed, tinggal geser kedua toggle-nya ke kanan.
  • Coba buat postingan atau IGS dan cek di Facebook. 

Manfaat Menautkan Akun Instagram dan Facebook

Sebenarnya menautkan akun IG ke FB bukan hanya dipakai gaya-gayaan. Tapi ada manfaat yang akan diperoleh pengguna, terutama yang melakukan strategi digital marketing. Apa saja manfaat menghubungkan Instagram ke Facebook? 

Berikut uraiannya:

1. Menambah Jumlah Audien

Manfaat pertama jika kedua akun saling terhubung yaitu lebih banyak menjangkau audien. Kalau sebelumnya hanya follower Instagram saja yang bisa melihat postingan dan story, nantinya teman FB juga mengetahuinya. Kegiatan promosi yang sedang digiatkan dapat maksimal karena menjaring semua target.

Jika jumlah audien bertambah, secara otomatis intensitas dari respon akan naik. Pelanggan yang tidak mempunyai Instagram, tetap bisa ikut berkomunikasi lewat Facebook. Selain itu, kedua akun akan terlihat lebih aktif.

2. Membantu Saat Lupa Password 

Hampir semua user Instagram tidak pernah me-log out akun jika sudah masuk. Jadi saat membukanya, tidak perlu lagi memasukkan username dan kata sandi. Tapi untuk waktu yang lama, pengguna banyak yang lupa password Instagram karena tidak pernah menggunakannya. 

Pada saat itulah user akan merasakan manfaat dari menyambungkan akun IG ke FB. Apabila sewaktu-waktu lupa password dan ingin login dari perangkat lain, bisa masuk dengan akun Facebook yang sudah ditautkan. Caranya yaitu memilih opsi Masuk dengan Facebook. 

Artikel Menarik Lainnya : Cara Menyimpan Reels Instagram Ke Galeri Tanpa Aplikasi

3. Mempersingkat Waktu

Manfaat terakhir dari menyambungkan akun IG ke FB adalah mempersingkat waktu. Melalui pengaturan yang dilakukan, postingan dan story Instagram otomatis akan terbagikan ke Facebook. Jadi tidak perlu lagi mem-posting ulang. 

Demikian penjelasan tentang cara menghubungkan Instagram ke FB dan manfaat yang akan diperoleh. Pengguna bisa melakukan cara manual dengan menautkan lewat postingan dan story. Setelah itu, teman FB dapat melihat juga aktivitas di IG.

User IG juga bisa menautkan kedua akunnya secara otomatis lewat Pengaturan dalam Instagram. Tanpa menggeser toggle, jenis postingan yang dipilih akan terlihat pula di Facebook. Jika sewaktu-waktu ingin menghapus pengaturannya, tinggal matikan menu bagikan otomatis.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Cara Menghubungkan Instagram ke FB Untuk Menarik Banyak Audiens"