Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram yang Efektif


Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram - Para pebisnis yang menerapkan strategi digital marketing, harus paham cara meningkatkan penjualan di Instagram secara efektif. Karena jika dioptimasi, akan ada dampak signifikan terhadap kenaikan angka order. Jika sudah begitu, bisa dipastikan omzet selama sebulan semakin besar.

Instagram sendiri mempunyai jumlah user yang sangat banyak. Market yang ditargetkan sangat luas dan kegiatan promosi juga lebih mudah. Jika semua target bisa terjangkau, secara otomatis penjualan dan pesanan akan ikut naik.

Tapi keuntungan tersebut dapat diperoleh jika penjual mau menerapkan cara yang tepat. Instagram tidak hanya dipakai mem-posting foto-foto produk saja tanpa ada strategi khusus. 

Lalu Bagaimana Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram yang Efektif?

Jika masih bingung, simak penjelasan cara berjualan lewat Instagram di bawah:

1. Membuat Profil yang Menarik



Impresi bagus merupakan hal pertama yang perlu dihadirkan oleh seller kepada konsumennya. Jika ingin nilai penjualan naik, sejak awal konsumen harus mampu memberikan kesan yang baik. Caranya yaitu dengan membuat profil IG yang kredibel dan profesional.

Nama akun untuk Instagram sebaiknya disamakan dengan usaha yang tengah dijalankan. Tidak perlu tambahan variabel seperti angka dan simbol lain agar tampak profesional. Jika namanya terlalu panjang, dapat membuat singkatan atau memisah dengan titik dan garis bawah.

Supaya konsumen semakin percaya, berikan bio singkat namun memberikan informasi yang jelas di kolom profil. Sertakan display picture logo atau produk yang dijual. Agar memudahkan komunikasi pengguna, bisa menambahkan kontak. Terakhir, beri tautan website untuk memberikan informasi lebih rinci.

2. Membangun Feed Instagram 




Cara kedua untuk meningkatkan penjualan lewat Instagram yaitu membangun feed yang bagus. Jika konsumen membukanya pertama kali, akan langsung merasa tertarik hanya dengan melihat fotonya saja. Selain itu, kemudahan proses order juga perlu dihadirkan dalam postingan. 

Kontak penjual sebenarnya bisa disertakan dalam bio. Tapi untuk informasi lain seperti harga dan nama produk, lebih baik memanfaatkan fitur IG Shopping. Tujuannya yaitu memudahkan pengguna untuk mengakses price tag hanya dengan satu kali klik.

Ada beberapa syarat untuk mengaktifkan fitur IG Shopping:

  • Memiliki produk fisik untuk dijual.
  • Instagram diubah ke akun bisnis dan dihubungkan ke Facebook bisnis juga.
  • Akun bisnis Instagram dihubungkan dengan katalog di FB. 
  • Memenuhi kebijakan dari IG dan FB.

3. Membuat Kerangka Acuan



Cara meningkatkan penjualan di Instagram selanjutnya yang tidak kalah penting adalah membuat guideline. Dalam setiap aktivitas di IG memerlukan kerangka yang dipakai sebagai acuan. Karena dengan begitu, minat membeli dari customer bisa meningkat. 

Salah satu guideliness yang dibuat yaitu terkait penampilan feed Instagram. Serupa katalog, feed harus dihadirkan semenarik mungkin dengan membuat tone warna yang sama di semua postingan. Hasilnya nanti, pelanggan lebih nyaman saat mencari informasi produk buruannya.

Lebih bagus lagi jika seller membuat templat yang dikhususkan untuk mem-posting produk dan story agar seragam. Ada juga cara menarik lainnya dengan memanfaatkan fitur grid. Jadi seller memotong foto berukuran besar dan dijadikan beberapa feed.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Mengembalikan Foto Instagram Yang Terhapus

4. Memasukkan Hashtag Spesifik



Hashtag juga bisa membantu seller untuk meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, tagar perlu ditambahkan di bawah caption. Gunakan hashtag yang sering dipakai dalam postingan penawaran produk. Caranya yaitu dengan mencari beberapa tagar di akun pesaing.

Setelah tahu tagar yang memiliki interaksi bagus dengan customer, jangan asal menggunakannya. Tapi pilihlah yang lebih spesifik dan relevan dengan produk yang tengah dijual. Tujuannya agar calon pelanggan yang mencari produk lewat fitur hashtag, bisa menemukan informasi yang tepat.

Fitur pencarian lewat hashtag juga bisa dimanfaatkan penjual untuk menemukan target pasar. Seller dapat mengikuti akun customer yang ditargetkan agar bisa berinteraksi lebih dekat. Proses penawaran produk akan lebih mudah dilakukan. 

5. Memaksimalkan Interaksi dengan Pelanggan



Cara kelima jika ingin angka penjualan naik yaitu menumbuhkan kesadaran akan eksistensi bisnis kepada para calon pelanggan. Bagaimana strateginya? Mulailah dengan melakukan interaksi lebih intensif melalui kolom komentar dan Instagram story.

Jika melakukannya lewat Instagram story, bisa memanfaatkan fitur stiker yang memancing interaksi. Contohnya seperti stiker polling, mini quiz, dan Q&A terkait produk yang ditawarkan. Interaksi ini akan menciptakan crowd yang mendorong customer untuk membeli. 

Interaksi juga bisa dilakukan dengan membalas komentar customer secara cepat. Penjual yang tanggap akan memberikan perspektif positif kepada calon pembeli. Cara paling jitu lainnya yaitu mengadakan giveaway berupa kupon diskon pada waktu tertentu.

6. Melakukan Kerja Sama dengan Influencer



Cara meningkatkan penjualan di Instagram keenam ini wajib dijajal jika memiliki anggaran untuk pemasaran produk. Bekerja sama dengan influencer atau selebgram diyakini memberikan hasil signifikan pada usaha. Tingkat kepercayaan konsumen pun akan ikut naik.

Produk-produk yang direferensikan oleh influencer akan meningkatkan keyakinan follower-nya untuk membeli. Audien yang dijangkau juga lebih luas karena jumlah pengikutnya banyak. Seller cukup berkomunikasi dengan influencer mengenai konten promosi yang menarik. 

Cara endorsement memang bisa mengubah angka penjualan dan meningkat cepat. Tapi syaratnya yang diajak kerja sama harus mempunyai niche sama. Misalkan menjual tas-tas berkelas, maka influencer yang diminta mempromosikannya seorang kolektor tas.

Artikel Menarik Lainnya : Aplikasi Pemotong Foto Instagram

7. Memanfaatkan Fitur Instagram 



Instagram menyediakan berbagai fitur yang bisa dipakai untuk mendukung penjualan. Salah satunya yaitu IGS dan stiker yang sudah diterangkan. Selain itu, fitur-fitur berikut perlu dimaksimalkan:

  • Highlight untuk menyimpan informasi penting agar mudah diakses. 
  • Direct purchase yang memudahkan customer untuk beli langsung.
  • IG Ads untuk memasang iklan berbayar.

Itulah 7 cara meningkatkan penjualan di Instagram yang wajib dilakukan oleh semua seller. IG sudah menyediakan fitur-fitur yang mendukung aktivitas promosi. Dibutuhkan kreativitas penjual dalam membuat postingan untuk menarik minat calon pelanggan. Selain itu, interaksi juga bisa menaikkan kepercayaan customer.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "7 Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram yang Efektif"