Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Promosi di Instagram Story yang Wajib Dijajal


Cara Promosi di Instagram Story - Hai para pebisnis, apakah Anda sudah pernah mencoba cara promosi di Instagram story (IGS) untuk meningkatkan angka penjualan? 

Fitur IGS tersebut wajib dimaksimalkan sebagai media marketing secara digital. Meskipun konsep Instagram story itu hanya bertahan selama dua puluh empat jam, tapi terbukti efektif jika dijadikan tempat promosi. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak pengusaha. 

Jika dibandingkan dengan feed, fitur Instagram story lebih difavoritkan pengguna. Banyak yang jauh lebih aktif swipe story daripada scroll postingan di beranda. Karena itulah, kesempatan tersebut bisa dimanfaatkan guna mempromosikan produk atau jasa melalui konten-konten keren. 

Lalu Bagaimana Sih Cara Promosi di Instagram Story yang Paling Tepat?

Untuk memaksimalkan keberadaan IGS, bisa mengikuti cara-cara di bawah:

1. Membuat Konten Kreatif 



Konten menjadi komponen utama yang perlu dipersiapkan jika ingin melakukan promosi secara digital, termasuk di cerita Instagram. 

Sebelum memutuskan untuk membuat konten, sebaiknya menyusun rencana dulu mengenai konsep konten promosi yang sesuai produk. Format konten harus disesuaikan dengan ketentuan IGS, yakni 9:16 atau 1080x1920 piksel.

Durasi dari IG story maksimal 15 detik. Waktu yang singkat tersebut harus dimaksimalkan dengan membuat konten yang menarik. 

Kata-kata promosi yang disertakan di dalamnya tidak perlu terlalu panjang. Seller bisa menuliskannya secara singkat, tapi mengandung persuasif. Lebih penting lagi, mengikuti tren dengan memakai video dan sound yang tengah viral.

2. Menyimpan Instagram Story di Highlight



Tidak semua pengguna memiliki waktu untuk melihat cerita Instagram setiap hari. Guna memenuhi ketertinggalan info dari konsumen, penjual bisa menyimpan story pada highlight. Setelah itu, masing-masing cerita dikategorikan dan dijadikan satu. Misalkan cerita-cerita yang memberi panduan tentang cara pembelian, varian, dan informasi lainnya. 

Agar lebih interaktif, seller dapat mengarahkan pelanggannya untuk melihat konten yang tersimpan di highlight. Misalkan membuat Instagram story tentang produk terbaru. Lalu di dalamnya diberi caption yang menginformasikan jika cara pembelian ada pada highlight. Metode seperti ini juga berpeluang meningkatkan angka kunjungan ke akun Instagram.

3. Memanfaatkan Fitur Stiker



Cara promosi di Instagram story selanjutnya yang wajib dijajal yaitu menghadirkan konten interaktif dengan memanfaatkan stiker. Fitur tersebut memang khusus tersedia dalam cerita Instagram yang membuatnya lebih mudah dipakai untuk promosi. Misalkan menyertakan stiker dukungan bisnis kecil atau lokasi yang dapat diakses oleh konsumen. 

Stiker lain yang mendukung kegiatan promosi adalah tautan. Jika penjual memiliki akun e-commerce atau web online shop, dapat menyertakan link tersebut. Jadi konsumen akan diarahkan langsung ketika ingin melakukan pemesanan atau sekadar melihat produk. Fitur ini tidak lagi dikhususkan bagi pemilik akun followers lebih 10.000, tapi bisa dipakai siapa saja.

4. Menjalin Komunikasi dengan Konsumen



Untuk memberikan hasil yang maksimal, cara promosi tidak lagi dilakukan satu arah. Kesadaran brand bisa dibangun dengan efektif jika promosinya dua arah. Penjual perlu mengajak konsumen berkomunikasi secara tidak langsung melalui Instagram story. Seperti memanfaatkan stiker polling dan countdown agar customer tidak ketinggalan update informasi.

Selain itu, ada strategi lain yang lebih efektif untuk promosi. Cerita Instagram buka hanya dipakai untuk mengenalkan produk saja. Tapi diselingi juga dengan konten-konten yang dapat membangun brand knowledges dari para customer. Contohnya membuat konten Q&A yang membebaskan konsumen bertanya mengenai cara penggunaan produk atau lainnya.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Cek Unfollowers Instagram Web Terlengkap

5. Mengumumkan Potongan Harga



Siapa yang tidak tertarik jika ada informasi potongan harga? Saat pertama kali melihat Instagram story berisi diskon, pasti customer tergugah minatnya untuk membeli. Paling tidak, konsumen akan mencari detailnya di profil akun. Dengan begitu, insight akan naik dan kesadaran brand juga meningkat. 

Pemberian informasi diskon pada cerita Instagram harus dibuat sejelas dan semenarik mungkin. Caranya yaitu meletakkan teksnya di sisi yang kosong dan tidak tercampur dengan objek. Warnanya sendiri perlu dibuat berbeda daripada info lainnya agar dapat terlihat pertama kali serta mudah terbaca oleh pelanggan. 

6. Menggunakan Iklan Instagram Story



Jika memiliki anggaran lebih, sepertinya cara promosi di Instagram story yang keenam ini dapat dimaksimalkan. Iklan berbayar yang ditampilkan pada IGS menghadirkan pengalaman yang lebih mendalam, sebab dihadirkan secara full screen. Bisanya saat dibuka konsumennya,  di sisi atas terdapat keterangan label disponsori.

Cara berlangganan iklan IGS bisa dibuat melalui Facebook Ads, berikut caranya:

  • Bukalah menu Pengelola Iklan pada akun Facebook. 
  • Lalu pilih opsi +Buat.
  • Setelah itu, tentukan tujuan promosi sesuai target audien yang ditentukan sesuai produk.
  • Isikan detail yang mendukung kampanye. 
  • Pada menu Level Penempatan, pilihlah opsi Penempatan Manual
  • Kemudian ceklis kolom Stories yang terletak pada bagian bawah platform Instagram. 
  • Tentukan anggaran yang dipakai selama promosi.
  • Atur pula jadwal penayangan iklan di cerita Instagram.
  • Pilih salah satu jenis konten di antara video tunggal, carousel, atau gambar tunggal. 
  • Unggah konten promosi yang sudah disiapkan. 
  • Terakhir, ketuk tombol Konfirmasi dan coba lihat pratinjaunya.

7. Menyewa Jasa User Generated Content (UGC)



Cara promosi yang terakhir ini juga dapat dicoba oleh para pebisnis yang menyiapkan anggaran tertentu. Memakai jasa User Generated Content memang memberikan pengaruh yang signifikan dalam kegiatan marketing. Apalagi user tidak perlu susah-susah membuat konten sendiri untuk Instagram story. 

Semua urusan promosi cukup diserahkan kepada UGC. Penjual hanya perlu mengungkapkan jenis konten yang ingin diunggah di IGS dan disesuaikan dengan jenis brand-nya. Selain dampaknya besar, cara ini juga lebih menghemat waktu.

Itulah 7 cara promosi di Instagram story yang dapat dimaksimalkan oleh para pebisnis untuk mengenalkan produk dan jasanya. Banyaknya pengguna aktif di cerita IG merupakan peluang besar untuk melakukan marketing. Konten menjadi kunci utama kegiatan promosi bisa berjalan efektif. Selain itu, komunikasi juga perlu dijalin dengan para customer lewat IGS.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "7 Cara Promosi di Instagram Story yang Wajib Dijajal"